Pantai Glagah, Pantai yang Menawan di Kulon Progo Jogja

Ide Wisata141 Dilihat


Pantai Glaga merupakan salah satu pantai menakjubkan di Kulon Progo, Yogya yang asyik untuk dijelajahi karena keindahannya. Pantai berpasir hitam ini memiliki laguna yang dijadikan sebagai objek wisata air.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Glaga, kabupaten Temon, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Kami berharap dalam proses pengembangan sektor pariwisata di Indonesia, masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam setiap prosesnya. Caranya, kunjungilah semua tempat wisata yang ada di setiap daerah. Yogyakarta misalnya, kini memiliki pantai yang terletak di kawasan Kulon Progo. Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Siapa sangka kawasan ini juga mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Hal ini terbukti dengan adanya tempat wisata pantai yang layak dijadikan tujuan liburan. Dengan pemandangan alam yang memukau, Pantai Glaga menjadi salah satu tempat wisata favorit di dekat bandara. Di sini Anda dapat menikmati suasana pantai yang indah.

Belum lagi gulungan ombak yang seolah memecah garis pantai. Selain itu, Pantai Glaga juga memiliki berbagai daya tarik yang akan dibahas secara lengkap pada artikel kali ini. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sendiri merupakan wilayah kepulauan. Tak heran jika negara ini menawarkan banyak pemandangan laut dan pantai.

Atraksi Pantai Glaga

Shutterstock Atraksi Pantai Glaga
Foto oleh Hendropranyoto di Shutterstock

Tempat berburu saat matahari terbenam

Daya tarik Pantai Glaga memang beragam, namun ada satu fenomena alam yang menjadi favorit tempat ini. Apalagi kalau bukan keindahan matahari terbenamnya. Ya, lokasi pantai yang menghadap ke barat ini membuat pengunjung bisa merasakan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Sejenak mata Anda akan terpikat oleh cahaya jingga yang perlahan muncul di ufuk barat. Langit senja kemudian akan dibiaskan melalui air laut, menampakkan pantulan yang indah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Garis pantai yang indah

Keunikan lain dari pantai populer di Jogja ini adalah pasirnya yang berbeda dari yang lain. Bagaimana tidak pasirnya berwarna kehitaman, seolah bercampur butiran belerang. Apalagi garis pantainya juga didesain dengan indah. Pengunjung dapat berjalan-jalan menikmati tekstur pasir yang halus.

Di beberapa kawasan, Pantai Glaga dikelilingi pepohonan lebat. Itu sebabnya udaranya terasa sangat sejuk. Rasakan pula semilir angin khas pantai yang menyelimuti tubuh Anda. Rasa lelah akan seketika hilang karena yang tersisa hanya rasa nyaman, seolah beban baru saja terangkat dari pikiran.

Laguna pantai Glaga yang indah

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Lagoon”. Ya, laguna juga bisa diartikan sebagai kolam yang terbentuk pada sebagian wilayah pantai dan mirip dengan kolam alami. Begitu pula dengan Pantai Kulon Progo yang juga memiliki laguna berisi air laut.

Baca Juga  Cagar Alam Leuweung Sancang, Destinasi Wisata Hits yang Sarat Mitos di Garut

Air laut masuk ke laguna saat permukaan air sedang tinggi. Pengunjung bisa menikmati keindahan laguna ini sambil berlatih berbagai olahraga air.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Glaga Shutterstock
Foto oleh Haryanta.p di Shutterstock

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke destinasi wisata alam Kulon Progo bisa datang langsung ke Desa Glaga, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Anda bisa menuju lokasi wisata di sepanjang jalur pusat kota Yogyakarta. Selanjutnya berkendara menuju jalur Purworejo yaitu menuju Jalan Bantul. Belok kanan setelah Anda melihat lampu merah di kawasan Palbapang.

Untuk menuju Pantai Glaga, Anda juga harus menyeberangi Jembatan Shrandakan dan berbelok ke kiri saat melihat lampu merah. Waktu tempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju lokasi pantai adalah 1 jam 30 menit dengan jarak yang harus ditempuh 45 km.

Seperti tempat wisata pada umumnya, pantai ini juga memungut biaya masuk bagi pengunjungnya. Meski begitu, harga tiketnya tidak terlalu mahal untuk sebuah objek wisata yang menawarkan banyak keunikan. Cukup dengan mengeluarkan uang Rp 5.000, Anda sudah bisa mengakses segala bentuk keindahan alam.

Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir. Rp3.000 untuk kendaraan roda dua, Rp10.000 untuk roda empat, dan Rp20.000 untuk bus. Dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati indahnya deburan ombak laut di kawasan Lagoon.

Kegiatan yang menarik

Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

1. Kelilingi laguna

Menjadi salah satu destinasi wisata populer, Pantai Glaga menawarkan berbagai aktivitas pantai yang menarik. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi Laguna Wisata Air. Perlu anda ketahui bahwa pantai ini mempunyai laguna yang indah.

Tempat ini merupakan sebuah kolam yang terbentuk secara alami berisi air laut yang digulung oleh ombak. Di pinggir laguna Anda akan melihat deretan rumput liar yang tumbuh di sekitar kolam.

Laguna ini memang sangat identik dengan pantai ini. Jadi jangan sampai ketinggalan jika Anda memutuskan untuk pergi ke Pantai Jogya. Untuk berkeliling laguna, pengunjung bisa menyewa perahu. Perahu ini biasanya disewakan oleh pengelola pantai.

2. Berkano

Kano merupakan perahu kecil yang biasanya hanya digunakan oleh perorangan. Untuk dapat mengemudikan sampan, Anda dapat menggunakan dayung yang sudah disertakan dalam paket.

Nah, bermain kano menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Glaga. Game ini akan memungkinkan Anda melakukan perjalanan bebas di atas air. Namun, hindari mendayung terlalu jauh ke arah tengah.

Baca Juga  Kolam Renang THB, Wisata Air di Bekasi yang Menawarkan Berbagai Wahana Seru

Berkano juga menjadi kegiatan favorit menikmati semilir angin laut. Pengunjung pasti akan betah jika berwisata dengan perahu ini. Apalagi jika Anda memutuskan untuk ikut balap kano bersama teman atau keluarga, maka aktivitasnya akan semakin menyenangkan.

3. Naik perahu bebek

Anda mungkin sudah familiar dengan perahu bebek yang biasa digunakan untuk bermain air. Di Pantai Glaga sendiri pengunjung bisa menaiki perahu bebek ini. Untuk bisa menaiki perahu tentunya Anda harus melakukan transaksi sewa terlebih dahulu.

Dua orang bisa menaiki perahu bebek secara bersamaan. Untuk pengendalian yang paling teknis, perahu bebek dilengkapi dengan pedal yang perlu diputar pemain agar perahu dapat berjalan di atas air. Mengayuhnya juga harus selaras dengan rekan bermainnya.

4. Mancing di pantai Glaga.

Bagi pengunjung yang suka memancing, pantai ini juga memiliki spot memancing. Tempat ini terletak di dekat pantai itu sendiri. Anda hanya perlu membawa alat pancing dan umpan sendiri.

Memancing memang bisa menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Perlu diketahui juga bahwa kegiatan ini juga memerlukan kesabaran ekstra. Spot mancing di sepanjang pantai dipenuhi ikan-ikan segar yang siap menyantap umpan yang Anda berikan.

5. Naik motorcross di pantai.

Ingin bertingkah seolah Anda seorang pembalap harian? Kini di Pantai Glagach Anda bisa mewujudkan impian tersebut. Pasalnya di sinilah Anda bisa berkeliling pantai dengan sepeda motorcross. Terkenal dengan lapisan pasir besinya, pantai cantik ini akan memacu adrenalin Anda. Jadi, kamu harus menguji keberanianmu dengan melakukan trekking yang cukup keren.

6. Pengamatan hewan berkaki empat

Pantai indah ini memiliki bagian laut dengan ombak yang cukup kuat. Agar ombak tidak terlalu keras menghantam kawasan pantai, maka dibangunlah jalan panjang yang dilengkapi dengan hewan berkaki empat. Hewan berkaki empat ini bertindak sebagai pemecah gelombang. Tetrapoda yang ada di pantai ini dibangun mengelilingi jalan yang menjorok ke laut.

7. Tur kebun

Pusat Pengunjung Pantai Glagah juga dekat dengan lokasi agrowisata yang memiliki kebun buah-buahan. Taman ini disebut Kusuma Vanadri. Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis tanaman buah-buahan yang menggugah selera, antara lain buah naga, melon, dan semangka.

Di tempat ini pengunjung bisa memetik dan memakan buah-buahan secara gratis. Bagi Anda yang ingin membawa pulang buah-buahan favorit Anda, Anda bisa membelinya di bagian pemasaran.

Di Taman Wanadri, pengunjung dapat memilih sendiri buah-buahan dan langsung memetiknya. Untuk menikmati panen buah, datanglah ke sini saat musim panas tiba. Karena saat ini sedang masa panen.

Baca Juga  Indahnya Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

Akomodasi murah dekat pantai

1. Wisma Lovina

Perumahan terdekat pertama di Kulon Progo adalah Visma Lovina. Dekatnya tempat ini dengan Pantai Glaga bisa dirasakan pengunjung karena deru ombak laut masih terdengar sampai ke hotel. Tempatnya bersih dan cukup luas. Perumahan Wisma Lovina masih berada di Desa Glaga, Temon, Kulon Progo.

Anda mungkin juga melihat beberapa anjing berkeliaran di sekitar area tersebut. Namun dalam hal ini pun Anda tidak perlu takut, karena hewan ini adalah hewan peliharaan manusia. Pekerjanya ramah dan fasilitasnya memadai untuk ukuran guest house.

2. Penginapan OYO 2314 Hapsari

Akomodasi terdekat adalah OYO 2314 Hapsari Homestay. Tempat ini dibandrol dengan harga kurang dari Rp 300.000 per malam sehingga tetap ramah di kantong. Hotel ini memiliki kamar-kamar ber-AC, tempat parkir, dan Wi-Fi gratis.

Tempat ini dibangun secara strategis sehingga ketika pagi hari tiba, Anda bisa menikmati matahari terbit dari belakang hotel, sedangkan pengunjung di depan bisa melihat matahari terbenam. Para tamu juga dapat menikmati layanan kamar dan kolam renang.

3. Rumah Tamu Lumintu

Terakhir ada Lumintu Guest House yang masih berlokasi di Desa Glaga. Dari fasadnya Anda bisa melihat kemewahan hotel ini. Hotel ini juga menawarkan berbagai fasilitas, termasuk parkir gratis, zona Wi-Fi gratis, dan kamar-kamar ber-AC. Bagi yang ingin bersepeda santai, fasilitas ini bisa disewa di kawasan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Glagah
Foto oleh Zakki Ahmad di Shutterstock

Liontin Progo yang juga memiliki keindahan alam yang luar biasa menjadi destinasi wisata favorit, sehingga terdapat beberapa fasilitas pendukung di sini. Tentu saja fasilitas tersebut membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Berbagai fasilitas tersebut antara lain atraksi bermain seperti motorcross, perahu, kano, dan kano.

Sedangkan fasilitas umum yang dapat menunjang relaksasi Anda antara lain toilet, tempat makan, tempat duduk, dan tempat ibadah berupa musala. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu keluar pantai untuk berganti pakaian usai beraktivitas di Pantai Glaga Kulon Progo.

Berbagai fakta Pantai Glaga di Kulon Progo membuktikan bahwa Indonesia juga memiliki tempat wisata yang tak kalah indahnya. Pantai ini bisa Anda jadikan tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga tercinta. Dengan pemandangan alamnya yang indah, pengunjung dijamin akan betah tanpa merasa hari sudah hampir senja.


databaru.my.id