Pantai Kukup, Pantai Cantik Andalan Gunung Kidul Jogja

Ide Wisata7 Dilihat


Pantai Kukup merupakan salah satu objek wisata pantai. Eksotis yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul, Jogya. Sebuah pantai indah yang memadukan pesona pulau karang dan keindahan alam yang memanjakan mata.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 05.00-21.00, Alamat: Jl. Ngepung, Kecamatan Kemadang. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Sebagai negara kepulauan, sebagian besar bentang alam Indonesia berupa perairan. Itulah sebabnya negara ini mempunyai kekayaan laut yang tiada duanya. Menariknya, kini banyak juga tempat yang dijadikan sebagai sektor wisata pantai unggulan di Indonesia. Di salah satu provinsi yaitu Yogyakarta terdapat sebuah pantai indah bernama Pantai Kukup.

Pantai indah ini terletak di kawasan Gunung Kidul, itulah sebabnya banyak orang menyebutnya Pantai Kukup. Pantai ini merupakan destinasi alam yang indah untuk wisata bahari. Dimana terdapat panorama alam yang tiada duanya. Tak heran jika saat liburan banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata alam.

Bahkan, daftar pengunjungnya tidak hanya wisatawan dalam negeri, tapi juga mancanegara. Hal ini tidak lepas dari daya tarik dan keunikan Pantai Kukup. Nampaknya segala isinya mampu menggugah hasrat untuk berlibur. Berwisata ke pantai memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan menikmati berbagai aktivitas pantai.

➥ Tour ke Gunung Kidul Jogya: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan laut Heha

Atraksi Pantai Kukup

Shutterstock Atraksi Pantai Kukup
Foto oleh Lucky Vectorstudio di Shutterstock

1. Pemandangan laut yang eksotis

Daya tarik Pantai Kukup memang beragam, namun pemandangan alam berupa laut biru yang memanjakan mata tidak bisa diabaikan begitu saja. Jangan lupa, sekitar pantai ini ditumbuhi pepohonan rindang sehingga membuat suasana sejuk semakin terasa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Meski tempat wisata ini tidak memiliki garis pantai yang luas, namun Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar dalam waktu singkat. Pengunjung dijamin betah berada di sini. Apalagi saat cuaca cerah, Anda akan melihat langit biru di antara gemerlap air laut. Tampaknya dibiaskan menjadi tetesan air, mirip dengan permata laut.

Pantai di Gunung Kidul dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi seperti pantai Laut Selatan pada umumnya. Angin sepoi-sepoi yang menyelimuti tubuhmu seakan mampu menghilangkan penat yang kamu rasakan.

2. Terumbu karang yang masih asli

Keindahan Pantai Kukup yang tidak boleh Anda lewatkan adalah keindahan terumbu karang bawah lautnya. Inilah diva di Pantai Gunung Kidul Yogyakarta. Bagaimana tidak di permukaan air laut yang begitu jernih terlihat ikan-ikan berenang kesana kemari di antara terumbu karang.

Baca Juga  Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

Jika diperhatikan lebih dekat, pantai ini merupakan kawasan yang dangkal bahkan terdapat bebatuan karang yang sepertinya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Selain itu di pinggir pantai juga kita bisa melihat batu-batu besar yang hampir menjorok ke laut, terkadang batu-batu tersebut menjadi sasaran hempasan ombak laut yang kuat.

Kawasan terumbu karangnya sendiri terletak sekitar 100 meter dari kawasan pantai. Jadi, untuk bisa melihat biota laut pastikan menggunakan pelindung seperti pelampung.

Apalagi saat berada di pinggir pantai saat air laut sedang surut, Anda bisa menunggu objek ini. Karena saat itulah terumbu karang bisa terlihat di luar permukaan air. Biasanya, beberapa biota laut terdampar akibat surutnya air.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

3. Pulau karang di kawasan pantai

Pantai Kukup sendiri menawarkan pemandangan mirip Tanah Lot Bali. Yakni di sebelah timur pantai terdapat sebuah pulau bernama Karang. Ya, pulau ini menjadi tempat menarik untuk menikmati keindahan laut di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pengunjung juga dapat dengan mudah mencapai Pulau Karang hanya dengan melintasi jembatan penghubung. Di titik Pulau Karang inilah Anda bisa menjumpai sebuah pos pengamatan yang seolah menggoda pandangan Anda sehingga yang tercipta hanyalah rasa kagum terhadap ciptaan Tuhan.

Selain itu, di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan fenomena alam terbitnya matahari yang seolah muncul perlahan dari ufuk timur. Tak heran jika menjelang hari libur, pantai populer ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati liburan keluarga.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Shutterstock Alamat Pantai Kukup
Foto oleh Lucky Vectorstudio di Shutterstock

Wisata Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini sangat mudah ditemukan karena dekat dengan tempat wisata pantai lainnya. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi pantai yang terkenal memiliki hamparan pasir putih yang indah dan cukup luas ini. Apalagi bagi pecinta wisata alam, kalau datang ke tempat ini pasti betah.

Anda bisa terlebih dahulu mengambil jalur Jogja – Solo menuju monumen Candi Prambanan. Setelah bertemu pertigaan, ambil jalur yang benar dan lurus saja hingga mencapai Jalan Baron. Nah, pantai ini terletak 1 km setelah Pantai Baron. Akses jalan menuju Pantai Kukup cukup baik sehingga mudah untuk dilalui.

Seperti halnya tempat wisata pada umumnya, pengunjung dikenakan biaya masuk untuk mengakses seluruh keindahan alam pantai ini. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000.

Baca Juga  Pantai Sejarah Batubara, Keindahan Tersembunyi dengan Cerita Masa Lalu di Sumatera Utara

➥ Promosi hotel di Gunung Kidul

Bahkan hanya dengan membayar tiket di pintu masuk, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan Pantai Kukup saja. Namun di tempat yang sama ada dua pantai lagi: Krakal dan Sudak.

Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri akan dikenakan biaya parkir. Untuk pengangkut sepeda motor biayanya sekitar Rp 2.000, untuk mobil – Rp 5.000. Sedangkan untuk minibus dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai Kukup
Foto oleh Elshawi di Shutterstock

Mengikuti tradisi lokal

Jika Anda datang kesini saat bulan Muharram, Anda akan melihat budaya berupa sedekah yang dilakukan oleh penduduk setempat. Dengan demikian, di Pantai Kukup berbagai sesaji akan dihanyutkan ke laut sebagai persembahan kepada Ratu Pantai Selatan.

Seorang pemimpin atau pengurus adat akan memimpin upacara bagi warga. Sehingga acara tersebut sakral. Jika beruntung, Anda juga bisa mengikuti upacara yang hanya berlangsung setahun sekali ini.

Snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang

Seperti yang telah disebutkan di awal, pantai ini memiliki panorama bawah laut yang indah. Letaknya dekat pantai. Oleh karena itu, pengunjung dipersilakan membawa peralatan snorkeling sendiri dan menikmati pemandangan bawah laut.

Namun, hal menarik akan terjadi saat air laut mulai sedikit surut. Sehingga pengunjung tidak perlu menyelam untuk melihat gugusan terumbu karang. Pasalnya biota laut tersebut seolah tersebar di perairan dangkal dekat pantai indah tersebut. Berbagai macam biota laut juga terdampar di pasir, seperti bulu babi, rumput laut, kerang, bahkan ikan-ikan kecil.

Berburu foto keren di Pantai Kukup

Selama berada di Pantai Kukup, jangan lewatkan mengunjungi tempat-tempat menarik. Anda bisa memilih Pulau Karang yang memiliki pos pengamatan menakjubkan. Atau berpose di atas pasir sambil memandang ke laut lepas. Atau pengunjung bisa menunggu hingga matahari perlahan terbenam di bawah ufuk barat. Kemudian berfoto dengan latar langit senja yang eksotis.

Akomodasi murah terdekat dekat pantai Kukup

1. Resor Ines

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di Pantai Kukup secara maksimal, Anda bisa menginap di Inez Resort. Hotel ini merupakan salah satu hotel yang terdekat dengan kawasan pantai. Ines Resort dibangun secara strategis sehingga pengunjung tidak hanya disuguhkan keindahan Pantai Kukup, namun juga indahnya pemandangan alam Pantai Baron.

Apalagi saat Anda bangun di pagi hari dan melihat ke timur dari jendela kamar tidur Anda, Anda akan melihat indahnya matahari terbit di tepi pantai. Cahayanya seolah terpantul di kaca, memukau mata.

Baca Juga  Pantai Cemara Kembar, Pantai Pasir Puith yang Menakjubkan di Serdang Bedagai

Lambat laun tubuh Anda akan merasakan hangatnya sinar matahari pagi. Dari segi fasilitas, Inez Resort cukup memadai antara lain kolam renang, area camping, restoran dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kolam renang dan area berkemah resor ini terletak di atas tebing. Dengan demikian, pengunjung bisa berenang di tepi tebing sambil menikmati keindahan laut di Pantai Kukup. Berkemah pun menjadi lebih berkesan karena Anda bisa langsung menikmati semilir angin pantai yang khas. Kami yakin para tamu akan selalu betah berada di sini.

2. Hotel Kukup Inda

Akomodasi terdekat selanjutnya adalah Kukup Indah Inn. Tempat ini terletak di Tanjungsari yang bangunannya dirancang dengan desain yang epik. Bagaimana tidak, sesampainya di sana Anda akan menemukan sebuah bangunan berwarna-warni dengan warna dominan merah jambu.

Kukup Indah Inn saat ini memiliki 30 kamar yang tersedia untuk digunakan oleh pengunjung pantai. Bagi anda yang tidak tahan panas bisa memilih kamar yang ber-AC, kamar yang ber-AC hanya ada 8 buah.

Sedangkan ruangan lainnya hanya terdapat kipas angin. Meski begitu, terdapat fasilitas lain seperti TV, ruang tamu, dan kursi yang nyaman.

3. Rumah wisata “Kup”

Kukup Tourism Lodge terletak di desa Kambit-Avit dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Bisa jadi, harga per malamnya mulai dari Rp 100.000 – 250.000. Namun hotel ini juga memiliki kamar ber-AC. Letaknya yang dekat dengan Pantai Kukup membuat wisatawan pun memilih Pondok Wisata Kukup sebagai tempat bermalam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Kukup
Foto oleh Riddo Andrian Hasan di Shutterstock

Berkunjung ke Pantai Kukup akan kurang menyenangkan jika tidak membawa oleh-oleh dari sana. Oleh karena itu, pantai ini juga menjadi rumah bagi beberapa penjual suvenir yang berjejer di tepi pantai. Selain itu, ada juga restoran yang bisa mengisi perut saat lapar melanda.

Fasilitas lain yang ada di pantai ini antara lain toilet, tempat parkir pengunjung, dan tempat ibadah. Anda boleh mengenakan pelindung kaki seperti sandal atau sepatu saat berkunjung ke sini. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan cedera kaki akibat menginjak biota laut.

Nah, ada yang berbeda dari Pantai Kukup di Gunung Kidul Yogyakarta. Jika Anda tertarik, cukup periksa kembali ke sini saat liburan tiba. Merevitalisasi tempat wisata Indonesia untuk membantu perekonomian negara. Selamat berlibur.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *