Pulau Bonetambu, Pulau Indah di Makassar dengan Spot Snorkeling Terbaik

Ide Wisata15 Dilihat


Pulau Bonetambu di Makassar merupakan tempat wisata bahari tersembunyi dengan spot snorkeling unggulan dan keindahan bawah laut yang memukau.

Biaya tur: Dari 15.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Barrang Caddy. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Pulau Bonetambu bisa dijadikan destinasi wisata utama di Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, pulau merupakan daratan yang dikelilingi lautan.

Ukuran pulau ini tidak begitu besar, hanya dua kali luas lapangan sepak bola. Namun populasinya cukup padat dan memenuhi hampir setiap sudut pulau.

Profesi penduduknya adalah nelayan, sesuai dengan kondisi geografis. Tempatnya terletak di kota Makassar, dekat balai kota.

Untuk mencapai pulau eksotik ini sangatlah mudah, meski untuk berwisata harus menggunakan kapal atau perahu. Pulau ini memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, dijamin seru dan menarik. Sebut saja snorkeling atau menyelam untuk mengamati biota laut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantainya tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Tersedianya persewaan speedboat juga bisa dijadikan salah satu aktivitas menyenangkan untuk membuat liburan Anda semakin berkesan.

Objek Wisata Pulau Bonetambu

Objek Wisata Pulau Bonetambu
Foto oleh Ryan Leonard di Google Maps

Ada beberapa pemandangan yang bisa dilihat selama tur ini. Pesona alamnya sangat indah, pantainya bersih dengan air yang sangat jernih. Disekitarnya terdapat vegetasi hijau rindang. Tapi bukan itu saja, Anda akan menemukan lebih banyak lagi.

Pulau dengan pantai yang indah

Ada banyak sekali pantai di Indonesia, namun tidak semuanya memiliki keindahan untuk dinikmati. Pulau yang kita bahas ini dilengkapi dengan keindahan pantai yang sungguh menakjubkan.

Pasirnya sangat bersih, berwarna putih halus. Mengelilingi setiap sudut pulau, pengunjung bisa berjalan-jalan santai atau berjemur. Tak hanya itu, pantai di Pulau Bonetambu Makassar ini memiliki air yang jernih berwarna biru.

Sangat jernih sehingga terlihat dasarnya yang berupa batu. Sejauh mata memandang hanya hamparan lautan luas yang terlihat. Kehadiran pohon kelapa dan jenis lainnya membuat pemandangan semakin indah.

Baca Juga  Indahnya Pantai Indrayanti, Surga Bahari yang Eksotis di Jogja

Tempat terbaik untuk snorkeling

Jernihnya air dan jarangnya ombak tinggi menjadikan pulau ini tempat yang cocok untuk snorkeling. Terdapat biota laut yang beragam dengan ciri khas dan keunikan tersendiri.

Anda bisa melihat keunikan Acropora, sejenis terumbu karang. Cantik sekali, warna coklat bercabang, ujung putih.

Kawasan wisata Pulau Bonetambu juga mengandung keanekaragaman hayati laut jenis Porites. Ini juga termasuk terumbu karang yang indah, namun sangat besar dan hampir terlihat seperti bebatuan.

Jenis hewan laut antara lain bulu babi, bintang laut, ubur-ubur dan beberapa ikan kecil. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan, sebab pulau ini masih menjadi bagian dari Segitiga Terumbu Karang.

Tersedia wahana air terintegrasi

Pulau eksotik di Makassar ini tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. Selain pesona alamnya yang menakjubkan, juga memiliki segala fasilitas yang diperlukan.

Beberapa fasilitas yang dimaksud digunakan untuk menggelar acara-acara seru. Misalnya saja ada speedboat atau perahu yang digunakan untuk menyusuri pantai.

Pantai di Pulau Bonetambu Makassar ini sangat indah, perahu ini mampu mengangkut maksimal 2 orang penumpang.

Wisatawan diberikan alat pelindung diri berupa jaket pelampung. Bagi yang belum berpengalaman atau baru pertama kali mencobanya, ada pemandu yang akan menemani. Selain speed boat, terdapat pula persewaan perahu yang digunakan untuk memancing di kawasan khusus.

Fenomena unik Bonebatang

Terdapat gumuk pasir atau perairan dangkal tidak jauh dari pulau. Penduduk setempat menyebutnya Bonebatang. Cukup unik karena datarannya akan terlihat saat air surut.

Sebaliknya, gumuk pasir ini terendam air sehingga tidak terlihat sama sekali. Tanah yang dimaksud adalah pasir yang tekstur dan warnanya mirip dengan pantai.

Fenomena unik di Pulau Bonetambu juga terjadi di sejumlah tempat lainnya. Sebut saja Lampung, Sulawesi Utara, Maluku, Bangka Belitung dan lain-lain.

Baca Juga  Bunut Ngengkang, Pemandian Alami di Lombok Barat yang Kaya Pesona

Namun masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikannya masing-masing. Biasanya fenomena ini terjadi di pinggir pulau, namun kali ini terjadi agak di tengah sehingga terkesan unik.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pulau Bonetambu
Foto oleh Ryan Leonard di Google Maps

Pulau merupakan sebidang tanah yang dikelilingi oleh lautan, tentunya dengan segala keindahannya. Untuk mencapai tempat tersebut, alat transportasi yang dapat digunakan hanyalah kapal laut atau perahu.

Jika Anda juga berniat mengunjungi pulau cantik di Makassar ini, akses satu-satunya yang bisa Anda gunakan adalah melalui transportasi laut.

Kawasan Wisata Pulau Bonetambu terletak di Barrang Kaddi, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya kurang lebih 23 kilometer dari pusat kota, Anda bisa menyeberang ke pelabuhan terdekat.

Misalnya Pelabuhan Paotere yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya tergantung cuaca.

Pulau Bonetambu di Makassar dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Masuknya gratis, satu-satunya biaya yang diperlukan adalah untuk penyeberangan.

Harga berkisar antara 15.000 hingga 20.000 rupee per perjalanan. Jika Anda ingin menyewa perahu dengan segala pelayanan dan fasilitasnya, biayanya sekitar Rp 600.000 – Rp 1.000.000.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Bonetambu
Foto oleh Ryan Leonard di Google Maps

Kegiatan wisata bahari yang menarik sangat bervariasi dan banyak hal yang bisa dilakukan. Tak heran jika wisatawan yang berkunjung merasa betah dan tidak ingin pulang kampung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan!

1. Bersenang-senang bermain di pantai.

Pulau Bonetambu di Makassar memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang luas. Cukup aman karena gelombang tinggi jarang terjadi. Kondisi ini memungkinkan Anda bermain di pantai.

Misalnya saja berenang, bermain air, berjalan-jalan di sepanjang pantai atau sekedar duduk santai menikmati segala pesonanya.

2. Snorkeling mengamati biota laut Pulau Bonetambu.

Karena airnya yang sangat jernih dan biru, Pulau Bonetambu menjadi salah satu tempat terbaik untuk snorkeling. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pulau ini bahkan termasuk dalam kawasan Coral Triangle.

Baca Juga  Kawah Gunung Galunggung, Surga Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Tasikmalaya

Anda bisa menemukan berbagai biota laut yang indah dan unik. Kebanyakan dari karang dan ikan-ikan kecil yang berenang di sekitarnya.

3. Memancing di tempat terbaik

Aktivitas menarik berikutnya adalah memancing, di sini Anda bisa menangkap berbagai jenis ikan. Dari ikan kecil hingga ikan besar semuanya ada di sini.

Namun tentunya tidak sembarang tempat, karena ada tempat khusus untuk olahraga santai ini. Anda bisa menyewa perahu untuk menuju lokasi yang dimaksud di dekat pantai.

4. Menyaksikan matahari terbenam

Keindahan sunset atau matahari terbenam juga bisa dinikmati saat berada di Pulau Bonetambu. Cantik sekali, dengan ciri khas warna oranyenya yang mempesona.

Awan putih dan langit biru membuat pemandangan semakin indah. Dijamin kamu akan terkagum-kagum, apalagi tidak ada halangan apapun kecuali garis cakrawala.

5. Berburu tempat untuk memotret keindahan alam

Aktivitas lain yang tak boleh dilewatkan di Pulau Bonetambu adalah berburu spot foto. Kegiatan ini bahkan wajib dilakukan karena banyak keindahan yang bisa Anda saksikan di sini.

Berbagai noda dapat ditemukan, terutama yang berkaitan dengan alam. Anda bisa mengabadikan momen saat matahari terbenam. Snorkeling di sini pun tak kalah indahnya: Anda bisa memanfaatkan beragam biota laut sebagai objeknya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Infrastruktur Pulau Bonetambu
Foto oleh Ramma Ramma di Facebook

Fasilitas yang tersedia di Pulau Bonetambu cukup lengkap dan memadai. Dermaga tempat berlabuhnya perahu tersebar di beberapa titik.

Ada juga persewaan perahu, speedboat, dan peralatan memancing. Wisatawan yang lapar, silakan mampir ke kiosnya untuk menikmati menu bervariasi, terutama ikan laut matang yang dijamin nikmat.

Keindahan alam Indonesia memang tidak bisa dipungkiri bahkan sudah diakui oleh wisatawan dari berbagai negara. Terutama pantainya yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Meski bukan salah satu daya tarik utama, Pulau Bonetambu memiliki pantai yang indah. Anda bisa mendapatkan banyak kenikmatan alam yang begitu nikmat untuk dinikmati.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *