Intip Pesona Pantai Menganti Kebumen, Surga Bahari Tersembunyi di Selatan Jawa

Ide Wisata30 Dilihat


Pesona Pantai Menganti Kebumen, surga laut tersembunyi yang menawarkan pengalaman liburan menakjubkan dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kabupaten Karangduvur. Ayah, Taksi. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Pantai Menganti merupakan salah satu pantai terkenal di provinsi Jawa Tengah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Pasalnya pantai ini terkenal tidak hanya karena pemandangan alamnya yang sangat indah, namun juga lautnya yang sangat bersih dan transparan.

Hal ini menjadikan pantai ini sebagai tempat yang cocok untuk menjernihkan pikiran dari penatnya hidup dan pekerjaan.

Apalagi tempat ini juga sangat cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tersayang seperti sahabat, keluarga, atau pasangan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi saat berlibur.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Jika anda ingin mengetahui informasi lengkap mengenai Pantai Menganti di Kebumen, silahkan membaca informasi lengkapnya pada artikel berikut di bawah ini.

Objek Wisata Pantai Menganti

Objek Wisata Pantai Menganti
Foto oleh Utsman Media di Unsplash

Pantai indah yang terletak di Jawa Tengah ini mempunyai daya tarik yang tidak dimiliki pantai lain sehingga menjadi nilai tambah di mata wisatawan. Artinya pantai indah ini tidak pernah sepi wisatawan setiap tahunnya.

Untuk itu agar anda tidak ragu lagi mengunjungi Wisata Pantai Menganti, disarankan untuk mengetahui tempat wisatanya terlebih dahulu. Daya tarik wisata bahari ini adalah sebagai berikut:

Sumber

Menurut penduduk setempat, asal muasal pantai ini bermula dari seorang panglima Majapahit yang mengungsi ke pantai selatan Jawa. Hal ini terjadi karena hubungan panglima dengan kekasihnya tidak disetujui oleh raja.

Baca Juga  Rumah Hobbit Songgo Langit, Sensasi Wisata Ala Negeri Dongeng di Bantul

Sang panglima dan kekasihnya sepakat untuk bertemu di sebuah pantai dengan pasir putih yang lembut dan indah.

Namun, setelah seharian sang panglima menunggu kedatangan kekasihnya, kekasihnya tak kunjung datang menemuinya di tempat yang telah ditentukan.

Setelah kejadian tersebut, pantai tempat panglima menunggu kedatangan kekasihnya mulai disebut Pantai Menganti yang artinya menunggu.

Sebagai tambahan informasi, karena pantai ini juga lekat dengan Nyi Roro Kidul, maka pengunjung pantai tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke pantai.

Keindahan Pantai Menganti

Keindahan ini resmi dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di provinsi Jawa Tengah karena kejernihan airnya. Bahkan banyak wisatawan yang mengaku keindahan pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Samudera Pasifik.

Selain pasir putihnya yang lembut dan indah, pantai ini juga memiliki perbukitan yang memanjakan mata. Batu ini adalah salah satu tempat favorit saya untuk dilihat. matahari terbit DAN matahari terbenam.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan jembatan merah yang bisa dimanfaatkan pengunjung sebagai spot berfoto. Alternatif tempat berfoto lain yang tak kalah cantiknya adalah puncak mercusuar yang tingginya sekitar 20 meter.

Atraksi

  • Balon: Daya tarik pertama di pantai ini adalah balon udara, yang memungkinkan Anda terbang mengelilingi pantai dengan udara. Tarif untuk menikmati perjalanan ini cukup murah yaitu hanya Rp 15.000 saja.
  • Sepeda suspensi: Atraksi selanjutnya yang juga ada di pantai ini dan menjadi atraksi favorit para pecinta olah raga ekstrim adalah sepeda gantung. Keamanan objek wisata ini cukup tinggi sehingga anda tidak perlu khawatir jika ingin mencoba objek wisata ini.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat pantai Menganti
Foto oleh Utsman Media di Unsplash

Pantai menawan ini terletak di desa Karangduvur, Kech. Ayah, Taksi. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Jarak menuju pantai ini hanya sekitar 40 km atau hanya sekitar 1 jam saja.

Baca Juga  Desa Wisata Penglipuran, Menjelajahi Keindahan Desa Terbersih Dunia di Bangli

Sedangkan rute pengunjung terbanyak adalah melalui Kebumen, kemudian menuju Petanahan, melalui Puring menuju Karangbolong dan terakhir ke Pantai Menganti di Kebumen.

Alternatif lain yang bisa ditempuh adalah melalui Kebumen menuju kawasan Gombong, lalu melalui Jatijajar, langsung menuju Menganti.

Harga tiket pantai cantik ini cukup murah dan terjangkau, hanya berkisar Rp 20.000 saja. Sedangkan waktu di sini tidak 24 jam, sehingga Anda bisa leluasa mengunjungi pantai ini kapan saja.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Pantai Menganti
Foto Zulkifli Hidayat di Google Maps

Saat berkunjung ke pantai indah ini, selain bisa bermain air dan pasir, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan lainnya. Beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan pengunjung di Pantai Menganti adalah:

1. Berburu foto

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini tentu saja mencari spot foto. Lagi pula, banyak spot foto menarik di pantai ini yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke pantai ini.

2. Berkemah di dekat Pantai Menganti.

Pihak pengelola pantai menyediakan tempat tenda bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati suasana malam pantai. Untuk dapat berkemah di pantai ini, pengunjung harus membeli paket berkemah yang sudah termasuk.

3. Kunjungi mercusuar

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini adalah mengunjungi mercusuar bersejarah. Kegiatan ini sangat menarik karena pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai ini dari atas menara.

4. Jelajahi Goa

Menjelajahi gua menjadi aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan pengunjung di kawasan wisata Pantai Menganti. Namun gua ini tidak boleh sembarangan dikunjungi karena hanya muncul saat permukaan air laut sedang rendah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Menganti
Foto oleh Herry Qing di Unsplash

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap: tempat makan, menginap, tempat parkir, musala, dan kamar mandi. Kami berharap dengan fasilitas yang cukup lengkap ini pengunjung akan merasa nyaman mengunjungi pantai indah ini.

Baca Juga  8 Tempat Wisata Religi di Padang yang Terkenal dan Wajib Anda Kunjungi

Berikut informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Menganti di Kebumen ketika ingin mengunjungi pantai ini. Semoga informasi yang kami bagikan diatas dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Wisata Pantai Menganti.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *