8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pesisir Selatan yang Kaya Pesona Bawah Laut

Ide Wisata11 Dilihat


Pulau Mande dianggap sebagai tempat menyelam terbaik di pantai selatan karena panorama bawah lautnya yang menakjubkan.

Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata alam yang terkenal, terutama karena keindahan bawah lautnya, dengan Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mande menjadi daya tarik utamanya.

Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mande dikenal sebagai destinasi wisata pantai selatan yang ideal untuk olahraga air seperti snorkeling dan diving. Kedua olah raga ini sangat digemari karena menggunakan perlengkapan serupa seperti masker, pakaian selam, sarung tangan, dan fin.

Namun menyelam membutuhkan tangki oksigen untuk mencapai kedalaman laut, sedangkan scuba diving dilakukan di permukaan laut dengan menggunakan alat bantu pernapasan yang disebut snorkel.

Pesona Wisata Pulau Mande

8 Spot Dive Terbaik di Pulau Mande, Pesisir Selatan yang Kaya Pesona Bawah Laut
Foto Eva Mary di Google Maps

Kawasan ini juga merupakan surga bagi penggemar olahraga air dan penyelam, dengan banyak lokasi menarik untuk dijelajahi.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Antara dan diterbitkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mande terdiri dari kurang lebih 30 pulau kecil yang terletak di kawasan Koto XI Tarusan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kepulauan ini luasnya sekitar 18.000 hektar, dimana 70 hektar diantaranya berada di bawah air. Selain itu, kawasan ini dikelilingi hutan bakau seluas 389 hektar dan pantai berpasir putih.

Salah satu spot diving terbaik di Pulau Mandeh adalah lokasi bangkai kapal yang dikenal dengan Boelogan Dive Site. Situs ini menawarkan pengalaman menyelam yang unik dan mengesankan di Kepulauan Mande.

Tempat menyelam terbaik di Pulau Mande

1. Bangkai Buelgan

Pulau Mande menawarkan kesempatan menyelam hingga kedalaman tertentu untuk melihat lokasi tenggelamnya kapal perang yang dikenal dengan nama Boeloegan Dive Wreck.

Baca Juga  Tebing Keraton, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Bandung

Penemuan bangkai kapal utuh di kedalaman 25 meter di Pulau Mande menyita banyak perhatian.

Kapal ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1915 sebagai bagian dari upaya penjajahan dan penguasaan perdagangan di Indonesia. Pada tahun 1942, kapal ini dibom dan ditenggelamkan oleh Jepang dalam perebutan penguasaan nusantara.

Bagi yang ingin menyelam dan melihat kapal karam ini, diperlukan peralatan lengkap dan pemandu karena kondisi dasar laut yang berlumpur.

Berbagai paket menyelam Pulau Mande tersedia mulai dari Rs. 500 ribu rupee. 700 ribu, menyediakan jasa fotografi, perlengkapan, makanan dan souvenir.

Sebelum menyelam, biasanya dilakukan ritual sembahyang untuk menjamin keselamatan dan kelancaran pelayaran saat menyelam.

2. Pulau Kubadak

Pulau Kubadak juga menawarkan pengalaman menyelam yang menakjubkan dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Bagi penyuka diving, menginap di pulau ini merupakan pilihan ideal untuk memanfaatkan waktu menikmati keindahan yang ditawarkan.

Pulau Kubadak memiliki beragam lokasi penyelaman, mulai dari perairan dangkal hingga perairan lebih dalam. Menjelajahi berbagai lokasi penyelaman di pulau ini memang memakan waktu, sehingga menginap di sini akan membuat liburan Anda semakin seru.

Bayangkan menyelam seharian lalu bersantai di pantai saat senja sambil menikmati hidangan lezat.

Penginapan di Pulau Kubadak menawarkan cottage dengan suasana alami sehingga membuat Anda benar-benar merasakan sensasi berada di pulau terpencil.

3. Pulau Pagan

Pulau Pagang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, pantai berpasir putih dan cita rasa khas masakan Sumatera Barat. Salah satu aktivitas yang paling populer di tempat ini adalah menyelam dan snorkeling.

Untuk menikmati kegiatan ini, caranya cukup sederhana. Anda dapat menyewa perahu atau mengunjungi toko persewaan di pinggiran kota yang akan membawa Anda ke perairan terbuka.

Baca Juga  Omah Kayu, Menikmati Panorama Alam Kota Batu dari Atas Rumah Pohon

Untuk mengunjungi Pulau Pagan, siapkan budget minimal sekitar Rp 400 ribu yang sudah mencakup sewa perahu, biaya masuk, dan sewa alat selam.

Pulau Pagang sebagai salah satu lokasi penyelaman di Manda juga menawarkan akomodasi nyaman di mana Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari segala sudut. Pulau ini menawarkan udara bersih, langit indah, dan flora yang mempesona.

4. Pulau Sironjong Kecil

Snorkeling di Pulau Mande
Foto Vino Riri di Google Maps

Pulau Sironjong Kecil yang merupakan bagian dari rangkaian Pulau Koto yang indah.

Jika Anda ingin menyelam dan snorkeling, Anda akan menjumpai berbagai jenis hewan laut yang langka dan tidak biasa ditemukan di tempat lain.

Perlengkapan menyelam dapat disewa dari pusat pemantauan dengan harga antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per orang, dengan tarif masuk yang berbeda-beda untuk setiap objek wisata atau tempat wisata di pulau tersebut.

5. Pulau Seronjong Besar

Pulau Seronjong Besar memiliki wilayah yang luas sehingga memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti permainan ayunan, jalan-jalan di luar ruangan, menyelam, dan snorkeling.

Menyelam merupakan kegiatan yang sangat populer di pulau ini karena harga yang terjangkau dan banyaknya peralatan yang disewakan. Perlengkapan menyelam yang tersedia di Pulau Seronjong Besar sangat lengkap, termasuk layanan fotografi saat sesi menyelam.

Tersedia paket menyelam mulai dari Rp 300k, termasuk fotografer, peralatan menyelam lengkap, pemandu, dan beberapa suvenir menyelam untuk dibawa pulang.

Selain itu, Anda juga mempunyai pilihan untuk menyewa perahu untuk menjelajahi area menyelam di sekitar Pulau Seronjong Besar di Manda, biaya sewanya sekitar Rp 200 ribu per kuota.

6. Pulau Marak

Pulau Marak memiliki luas sekitar 500 hektar, memiliki pasir putih bersih dan tidak berpenghuni. Pulau ini menawarkan sederet petualangan seru yang bisa Anda nikmati meski tidak berpenghuni.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Pulau Marak menawarkan keindahan alam yang memukau, termasuk lautnya yang jernih dan mempesona. Ada kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam bawah laut.

Anda akan menyaksikan pemandangan ikan-ikan kecil berenang di antara karang yang masih alami dan belum terjamah karena pulau ini masih menjaga keasliannya dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Keunikan Pulau Marak adalah Anda tidak hanya bisa menyelam di sini, tapi juga menikmatinya dari permukaan laut karena kejernihan air laut di kawasan tersebut sangat cocok bagi para pecinta scuba diving.

7. Pulau Sikuai

Terletak di lahan seluas 44 hektar saja, Pulau Sikuai dikelilingi oleh pantai berpasir putih, hutan tropis yang rimbun, dan pohon kelapa yang tinggi. Pulau Sikuai merupakan destinasi yang cocok bagi para pecinta diving atau mereka yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut.

Pulau ini menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat menarik sehingga menjadikannya salah satu spot diving terkenal di Pulau Mande yang sering dikaitkan dengan julukan “Raja Ampat” di Sumatera Barat.

Di sini Anda bisa menyaksikan beragam ikan hias berenang lincah di antara terumbu karang, menciptakan pengalaman visual yang menarik ditambah dengan hamparan air laut biru jernih sejauh mata memandang.

Inilah spot diving terbaik di Pulau Mande yang ingin Anda jelajahi. Dengan kejernihan air yang memukau dan terumbu karang yang beragam, Pulau Mande menawarkan pengalaman menyelam yang tak terlupakan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *