Pantai Mirota, Pantai Indah di Batam yang Menyuguhkan Suasana Asri Khas Perbukitan

Ide Wisata14 Dilihat


Temukan ketenangan dan keindahan alam di Pantai Mirota Batam, dimana indahnya suasana perbukitan berpadu sempurna dengan pesona pantai yang menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 06.00-19.00 WIB, Alamat: Sijantung, Kecamatan Galang Barelang. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasi

Keindahan pantai Batam memang sudah tidak perlu diragukan lagi, sangat cocok dijadikan destinasi wisata. Selain itu, masih banyak tempat yang bisa Anda jelajahi, salah satunya Pantai Mirota.

Kemungkinan besar, banyak yang sudah mengetahuinya karena popularitasnya di kalangan wisatawan. Keindahan dan pesonanya menjadi faktor utama yang membuat tempat ini begitu istimewa.

Pantai Batam yang trendi ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya. Pasir putihnya begitu lembut saat disentuh, meski tidak terlalu luas.

Garis pantainya cukup panjang dan di beberapa tempat dihiasi bebatuan karang yang menawan. Seperti biasanya, air laut di sini sangat jernih sehingga memungkinkan Anda melihat dasar laut hingga kedalaman tertentu.

Pantai Mirota di Batam selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik di hari biasa maupun di akhir pekan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah pengunjung mencapai puncaknya pada saat hari libur, baik itu akhir pekan maupun hari libur nasional.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjungnya tidak hanya warga lokal, namun juga sejumlah wisatawan mancanegara dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Atraksi Pantai Mirota

Atraksi Pantai Mirota
Foto oleh Matti Hopponen di Google Maps

Wisatawan yang datang dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri mungkin kurang masuk akal untuk mengunjungi pantai ini. Seperti kita ketahui, setiap objek wisata mempunyai nilai tambah daya tarik. Karena itulah pantai-pantai indah di Batam selalu ramai dikunjungi.

1. Ciri-ciri pantai yang tenang

Hampir seluruh pantai indah di Batam bernuansa tenang. Artinya tidak ada gelombang tinggi sepanjang musim. Kalaupun ada, ini bukanlah pantai di Bali atau Pantai Selatan di Jawa.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri karena wisatawan bisa memanfaatkannya untuk berbagai aktivitas air. Misalnya saja berenang di Pantai Mirota yang merupakan kegiatan yang cukup seru dan banyak dilakukan pengunjung.

Karena ombaknya kecil, berenang di sini relatif lebih aman. Jika masih ragu, tak ada salahnya menggunakan jaket pelampung yang disewa dari petugas. Atau sekedar bermain air di pinggir pantai sepertinya tak kalah seru.

Baca Juga  Pantai Parangendog, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Gunung Kidul

2. Hamparan pasir putih yang luas

Tak hanya tenang, pantai-pantai indah di Batam kerap dihiasi hamparan pasir putih yang luas. Namun, jika Anda membangunkannya dengan yang lain, kali ini tidak terlalu lebar.

Hanya saja masih memenuhi setiap pantai dengan bentuk yang agak melengkung. Butiran pasir yang lembut sering dijadikan sebagai lingkungan bermain atau bersantai. Anak-anak lebih suka bermain pasir di Pantai Mirota Batam, sedangkan orang dewasa lebih suka berjemur.

Ada juga yang berjalan menyusuri garis pantai yang luas sambil merasakan lembutnya butiran pasir. Apa pun yang Anda lakukan di sini dijamin akan semakin menarik jika Anda meluangkan waktu untuk menikmati pemandangan dan pesona alam yang terpampang di sini.

3. Air bening berwarna kebiruan.

Daya tarik selanjutnya adalah airnya yang sangat jernih, kadang berwarna hijau dan kadang kebiruan. Perairan berwarna hijau ini biasanya bisa kita temukan di pinggir Pantai Mirota karena perairan di sini dangkal.

Sedangkan warna birunya berada di tengah pantai karena cukup dalam. Tampilannya semakin eksotis ketika dipadukan membentuk gradasi yang cantik.

4. Suasana indah khas perbukitan.

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang terasa kering dan panas. Kawasan wisata Pantai Mirota tidak seperti itu, disini sejuk banget dan udaranya menyegarkan.

Pasalnya, banyak pepohonan yang berjajar rapi di sepanjang bibir pantai. Tumbuhan yang menjulur ke laut juga ada, meski jumlahnya tidak banyak, yaitu pohon bakau.

5. Tersedia perjalanan perahu.

Daya tarik Pantai Mirota di Batam yang lebih lengkap adalah perjalanan perahunya. Sebagian besar penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan.

Jika hasil tangkapan ikan sedikit maka perahu dijadikan sebagai objek wisata. Anda bisa berlayar melintasi lautan luas untuk petualangan seru sambil menikmati pesona alam.

6. Video foto gratis

Pantai Mirota memang tidak memiliki banyak spot foto, namun memiliki backdrop yang sangat unik. Anda bisa menggunakan ayunan yang letaknya agak di tengah laut.

Baca Juga  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Kekinian, Murah dan Tahan Lama

Saat air pasang, ayunan ini hampir menyentuh permukaan air. Lokasi lain yang mungkin bisa menjadi pilihan adalah kawasan yang bentuknya seperti dermaga kecil yang menjorok ke tepi pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Mirota
Foto oleh Arif Amrizal di Google Maps

Batam merupakan gugusan pulau yang dihubungkan oleh beberapa jembatan. Tidak perlu menyeberangi lautan jika ingin mengunjungi pantai indah ini.

Jalan-jalan saja menggunakan mobil atau sepeda motor. Anda juga bisa menggunakan jasa travel jika tidak memiliki kedua jenis kendaraan tersebut.

Secara administratif kawasan wisata Pantai Mirota terletak di Sijantung, Galang Barelang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Jika memulai dari Batam Square, jarak yang harus ditempuh cukup jauh yakni sekitar 54 kilometer. Dengan kecepatan mobil normal dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Agar lebih mudah, gunakanlah Jembatan Barelang 5 sebagai referensi utama Anda. Jarak lokasi wisata dengan jembatan ini adalah 1 kilometer.

Jadi, sebelumnya Anda menempuh jarak 53 kilometer. Setelah Anda menyeberangi jembatan, menuju Jalan Trans Barelang dan ikuti rambu.

Biaya masuk dan jam buka

Siapkan biaya pembelian tiket, karena wisata bahari ini tidak gratis. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk Pantai Mirota Batam cukup murah dan terjangkau.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupee untuk memasuki kawasan wisata ini. Biaya tambahan hanya wajib bagi wisatawan yang datang dengan transportasi pribadi.

Jika sepeda motor, tarif bea masuk yang berlaku adalah Rs 2.000 dan untuk mobil Rs 5.000. Pantai ini menawarkan wahana air dengan harga berbeda-beda.

Beberapa paviliun atau gazebo berjejer rapi untuk disewakan. Tentu saja tidak terlalu mahal dibandingkan fiturnya, hanya sekitar Rp 50.000 untuk satu jam.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Mirota
Foto saluran Yutas di Google Maps

Agar liburan Anda di pantai ini semakin berkesan, usahakan untuk melakukan aktivitas sebanyak-banyaknya.

Misalnya berenang, karena ombaknya relatif kecil sehingga aman. Anda juga bisa bermain air atau pasir di pinggir pantai. Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini!

Berenang atau bermain air

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ombak di Pantai Mirota relatif aman sehingga cocok untuk olahraga air. Misalnya saja berenang yang juga banyak dilakukan wisatawan. Pantainya dangkal cukup luas, terlihat dasarnya berpasir.

Baca Juga  Pantai Kerandangan, Pesona Pantai Pasir Putih Indah di Lombok

Namun, jika Anda ragu dan khawatir, tak ada salahnya menggunakan jaket pelampung atau sekadar bermain air di pinggirnya.

Bersantai sambil menikmati pesona alam Pantai Mirota.

Hal menarik berikutnya yang bisa dilakukan di Pantai Mirota Batam adalah relaksasi. Tentunya bukan sekedar relaksasi, tapi menikmati suasana alam di sekitar Anda.

Udara sejuk sangat terasa karena masih banyak tumbuh-tumbuhan hijau di balik pantai. Kegiatan ini bisa dilakukan di atas pasir putih, berjalan kaki atau menyewa pendopo.

Cobalah wahana yang mengasyikkan

Wahana perahu yang dijelaskan di atas hanyalah salah satu, masih banyak lagi yang bisa Anda temukan. Misalnya, sebuah kano dapat menampung maksimal 2 orang.

Wisata Pantai Mirota bisa menjadi pilihan utama jika Anda datang bersama pasangan agar semakin romantis. Jika Anda datang bersama keluarga, naik pompong boat atau banana boat sepertinya lebih seru.

Mencari tempat terbaik untuk berfoto

Untuk melengkapi aktivitas Anda selama berkunjung ke Pantai Mirota, jangan lupa abadikan momen tersebut dalam sebuah foto atau video.

Tempat paling menarik dan populer di kalangan wisatawan adalah ayunan yang menjorok ke laut. Anda juga bisa menggunakan dermaga mini atau segala keindahan alam sebagai background foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Mirota
Foto oleh Mega Supriyani di Google Maps

Pengelolaan yang baik ditunjukkan dengan segala fasilitas yang ada di pantai indah ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir selama berkunjung, semua kebutuhan Anda pasti akan terpenuhi.

Bagi mereka yang datang dengan mobil, tersedia tempat parkir yang luas. Mushola, toilet, gazebo, warung makan dan masih banyak fasilitas lainnya bisa dilengkapi.

Cukup informasi mengenai objek wisata, lokasi dan tarif masuk wisata bahari di Batam yang dikenal dengan Wisata Pantai Mirota.

Dari semua ulasan di atas, kemungkinan besar Anda akan setuju kalau ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Agar lebih menarik, sebaiknya datang bersama keluarga atau rombongan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *