Pulau Abang, Pulau Indah di Batam yang Menjadi Habitat Terumbu Karang Blue Coral

Ide Wisata13 Dilihat


Pulau Abang di Pulau Batam merupakan destinasi wisata eksotik dengan terumbu karang berwarna biru sehingga menjadikannya surga bagi para penyelam dan pecinta alam.

Harga tiket: Rp 25.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasi

Dari sekian banyak tempat wisata di Batam, Pulau Abang wajib dikunjungi. Keindahan alamnya begitu memukau sehingga pengunjung ingin berlama-lama berada di sini.

Pantainya bersih, dipenuhi hamparan pasir putih berkilau. Air lautnya berwarna biru jernih dan ombaknya cukup tenang. Tempat wisata yang termasuk gugusan pulau Batam yang indah ini memang tidak pernah sepi.

Kebanyakan dari mereka adalah penduduk setempat yang ingin mendapatkan liburan yang menyenangkan. Apalagi, ada juga beberapa wisatawan mancanegara yang tertarik dengan pesona alamnya. Mending kesini bareng rombongan, bakalan lebih menarik.

Pasalnya, Anda bisa melakukan berbagai jenis aktivitas menarik. Anda bisa menikmati semua pemandangan yang ditawarkan, berenang atau bermain air, bermain pasir bahkan snorkeling.

Wisata bahari ini juga menyediakan perahu wisata berbentuk pompong yang biasa disewa pengunjung untuk mengarungi lautan biru luas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Pulau Abang

Objek Wisata Pulau Abang
Foto oleh Krishnendu Sarma di Google Maps

Pulau ini hanyalah salah satu pulau kecil di Batam, artinya masih banyak pulau lain yang bisa dijadikan destinasi wisata. Pulau ini mempunyai luas hanya sekitar 2 x 5 kilometer. Namun jangan salah: ia menyembunyikan banyak daya tarik di balik penampilannya yang mungil.

1. Sejarah Pulau Abang

Mungkin ada yang bertanya kenapa namanya mirip dengan salah satu warna dalam tafsir Jawa yaitu Abang atau Mera. Sebenarnya tidak ada kaitan antara kedua hal tersebut, namun ada sejarah atau sejarah dari nama yang dimaksud.

Ia tidak dapat dipisahkan dari kedua anak raja yang dikenal dengan nama Rata Tak dan Raja Teleng. Mereka berdua melarikan diri dari penganiayaan kolonial Belanda dari tanah Melayu sekitar tahun 1810.

Kaburnya Raja Taka sang kakak berakhir di pulau indah yang sedang kita bicarakan kali ini, sedangkan adiknya Raja Teleng berada di Pulau Petong. Saat hendak menjenguk kakaknya, adiknya berteriak akan mengunjungi Pulau Abang.

Baca Juga  Grace Rose Farm, Menikmati Pemandangan Alam Indah dan Koleksi Bunga Menawan di Bandung

2. Keindahan pantainya penuh pesona.

Kisah di atas bukanlah menjadi daya tarik utama Pulau Abang Batam, namun setidaknya dapat digunakan untuk memahami dan mempelajari sejarah di balik nama objek wisata unik tersebut.

Alasan utama pengunjung datang ke sini setiap hari tak lain adalah keindahan pulau yang mempesona. Pantai misalnya, memiliki pasir putih bersih dan bersinar bagaikan cahaya.

Pasir di sini juga lembut, agak coklat karena pengaruh air laut yang menyentuh garis pantai. Airnya sangat jernih, berwarna biru dan agak kehijauan.

Di sini sangat bersih sehingga Anda bisa melihat bebatuan karang dan pasir yang menghuni dasarnya. Ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi yang sejuk semakin menambah pesonanya.

3. Suasana indah dikelilingi tanaman hijau.

Pulau Abang di Batam berpenghuni, namun jumlahnya tidak banyak. Suasana di sini masih terkesan alami, seolah belum pernah terjamah oleh peradaban. Vegetasi hijau tumbuh subur di sebagian besar pulau.

Suasana ini semakin membuat sejuk, pemandangan terlihat begitu indah dengan oksigen berkualitas dan jauh dari polusi. Pohon kelapa tumbuh di sepanjang garis pantai, daun palemnya bergoyang-goyang.

Ibarat mengibarkan jari ditiup angin, membuat hati terasa lebih sejuk. Jarak antara daratan dan pantai tidak terlalu jauh. Tak jarang wisatawan beristirahat sejenak di bawah rindangnya pepohonan setelah lelah beraktivitas.

4. Tempat terbaik untuk menyelam

Pantai di kawasan wisata Pulau Abang ini memiliki air yang sangat bersih, berwarna kebiruan, tidak ditemukan satupun sampah. Dasar lautnya cukup terlihat dari permukaan air yang tenang. Ombaknya tidak terlalu besar sepanjang musim.

Kondisi ini membuatnya cocok untuk menyelam atau scuba diving. Apalagi olahraga ini mempunyai tempat khusus. Beberapa spot menawarkan keindahan biota laut yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Misalnya saja blue coral, karang jenis ini hanya hidup di perairan yang bersih dan jernih tanpa adanya limbah berbahaya. Anda juga bisa melihat jenis terumbu karang lainnya, serta berbagai ikan kecil yang berenang dengan sangat terampil.

Baca Juga  Pantai Trisik, Objek Wisata Pantai yang Menawan di Kulon Progo

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Abang
Foto oleh Haris Subagya di Google Maps

Sesuai dengan namanya, wisata Pulau Abang merupakan salah satu daratan di tengah lautan yang bisa dikunjungi melalui jalur laut. Batam sendiri merupakan gugusan pulau yang dihubungkan oleh pembatas atau akses laut.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, Anda harus melintasi setidaknya 6 jembatan lalu menyeberang. Secara administratif alamatnya terletak di Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Jarak dari Batam Square sekitar 63 kilometer dan dapat ditempuh dengan transportasi darat menuju kawasan Galang. Gunakan Jembatan Barelang 6 sebagai landmark utama Anda lalu menuju pelabuhan terdekat.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pulau eksotik ini sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu pompong. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pelabuhan dari pusat kota Batam sekitar 2 jam.

Total waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi objek wisata ini sekitar 2 jam 30 menit dengan syarat jalanan tidak macet.

Biaya masuk dan jam buka

Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun saat mengunjungi pulau eksotis ini. Harga tiketnya gratis, tidak ada portal atau gerbang yang berfungsi sebagai loket.

Namun, tentu ada biaya hidup yang harus dikeluarkan. Misalnya untuk menyeberang menggunakan perahu pompong yang disediakan warga sekitar. Biaya mencapai Pulau Abang Batam dengan perahu kecil sekitar 25.000 rupee.

Sedangkan jika memilih kapal yang lebih besar, siapkan uang sebesar Rp 30.000. Akan lebih baik jika menggunakan jasa travel agar lebih hemat. Semua paket perjalanan yang ditawarkan biasanya berharga kurang dari Rp 300.000.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pulau Abang
Foto oleh Dedi Marisson di Google Maps

Sebenarnya ada dua pulau yang namanya mirip dan letaknya pun tak jauh berbeda. Salah satunya dikenal dengan nama Pulau Kechil karena ukurannya yang tidak sebesar yang kita bahas kali ini. Selain itu, keduanya menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa Anda nikmati.

Baca Juga  Coban Jahe, Air Terjun Eksotis yang Sarat Nilai Sejarah di Malang

Berenang dan bermain air

Aktivitas menarik yang pertama di Pulau Abang adalah berenang atau sekedar bermain air. Menyenangkan sekali, apalagi jika dilakukan bersama keluarga, teman atau rombongan.

Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan pelampung atau ban. Berenang ke tengah tidak menjadi masalah, karena tanpa ombak tinggi di sini relatif aman.

Naik perahu mengelilingi Pulau Abang.

Akhiri liburan Pulau Abang Anda dengan naik perahu. Warga sekitar menyewa perahu pompong, belum termasuk penyeberangan tentunya.

Anda bisa berwisata melintasi lautan biru luas untuk pengalaman liburan yang lebih berkesan.

Snorkeling atau menyelam

Airnya yang jernih tanpa ombak yang tinggi menjadikan Pulau Abang Batam cocok untuk menyelam atau snorkeling.

Tindakan ini bahkan bersifat wajib dan jika Anda gagal melakukannya, Anda akan dianggap tidak hadir. Biota lautnya sangat indah mulai dari terumbu karang, ikan-ikan kecil, udang, kepiting dan masih banyak lagi.

Mencari tempat untuk foto

Tidak ada tempat khusus, namun bukan berarti Anda tidak bisa menemukan peluang berfoto terbaik. Pemandangannya yang indah dijamin cocok untuk dijadikan backdrop foto.

Airnya yang jernih dan tenang, pasir putih halus yang berkilau serta gugusan pulau di seberangnya menciptakan keindahan sempurna yang layak dijadikan spot foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Abang
Foto oleh Krishnendu Sarma di Google Maps

Dari segi fasilitas, Pulau Abang memang tidak banyak mempunyai kawasan wisata. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Yang diwajibkan masih bisa ditemukan di sini, seperti warung, toilet, atau tempat ibadah.

Mencari penginapan dengan harga terjangkau tidaklah sulit. Jika Anda ingin menyelam, sewalah situs yang menawarkannya.

Keindahan alam yang mempesona akan selalu membantu mengisi waktu liburan Anda. Wisata bahari sendiri merupakan tugas yang menantang, terutama bagi para pelancong sejati.

Batam mempunyai potensi wisata alam yang sangat beragam. Misalnya Pulau Abang yang daya tarik pasir putihnya, airnya yang jernih, dan nuansa alamnya membuatnya layak untuk dikunjungi.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *