Pantai Viovio, Pantai Pasir Putih di Batam yang Dihiasi Gugusan Pulau Eksotis

Ide Wisata14 Dilihat


Jelajahi keindahan Pantai Vivio di Pulau Batam, pantai pasir putih menawan yang dikelilingi gugusan pulau eksotis, menawarkan pengalaman liburan tak terlupakan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 13.00-23.00 WIB, Alamat: Sijantung, Kecamatan. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasi

Batam merupakan daerah yang dikelilingi banyak pulau, sehingga wajar jika banyak pantainya yang dijadikan tempat wisata. Misalnya saja Pantai Vivio, tempat ini menawarkan panorama alam yang indah dan suasana khas lautan.

Disarankan datang ke sini bersama seluruh keluarga, karena banyak hiburan menarik yang dijamin disukai anak-anak.

Air lautnya yang berwarna biru jernih menandakan bahwa pantai ini masih alami. Anda bisa melihat dasar laut berupa pasir dan bebatuan kecil, serta beberapa terumbu karang.

Seperti halnya pantai-pantai di Batam, pasir putih di sini terbentang luas di sepanjang garis pantai. Tidak hanya indah, tetapi banyak orang yang memanfaatkannya sebagai lingkungan bermain game.

Suasananya terkesan asri berkat kehadiran pohon bakau yang ukurannya cukup besar. Pohon ini biasa digunakan oleh para pecinta fotografi sebagai lokasi berfoto.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Menjelang malam, latar belakang foto membentuk siluet yang indah. Destinasi wisata keluarga ini letaknya strategis dan mudah dijangkau sehingga mudah ditemukan.

Atraksi Pantai Vivio

Atraksi Pantai Vivio
Foto oleh Christina Howard di Google Maps

Namanya unik, namun ternyata pantai ini memiliki berbagai daya tarik yang mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Tak hanya wisatawan lokal, beberapa wisatawan mancanegara juga datang ke sini.

1. Pantai bersih dengan air jernih

Wisata bahari ini terbentang luas, bisa dikatakan merupakan lautan biru yang indah. Keindahannya terlihat dari airnya yang sangat jernih berwarna kebiruan. Pantainya sedikit hijau di bagian tepinya, namun tetap jernih hingga bagian bawahnya terlihat.

Kedua warna ini menciptakan gradasi yang indah jika dilihat dari atas. Pantai Vivio di Batam merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi penduduk lokal dan sebagian wisatawan yang datang dari luar daerah.

Selain air bersih, tidak ada sampah sama sekali di sekitar lokasi. Hal ini membuat pantai menjadi lebih bersih, apalagi di beberapa daerah terdapat tempat sampah untuk menjaga kebersihannya.

Baca Juga  HeHa Sky View, Destinasi Wisata Unik di Gunung Kidul Jogja

2. Hamparan pasir putih halus

Sebagian besar pantai Batam ditutupi pasir putih dengan tekstur yang sangat lembut. Mirip dengan yang kita bicarakan kali ini, terdapat pasir di sepanjang garis pantai.

Lebarnya pun cukup lebar, mencapai puluhan meter sebelum akhirnya berbatasan dengan pinggir jalan. Garis pantainya juga panjang dan cocok untuk berolahraga pagi.

Pasir putih Pantai Vivio yang panjang dan lebar kerap dimanfaatkan pengunjung untuk beraktivitas seru.

Terutama anak-anak menggunakannya untuk bermain pasir dan membentuk benda. Ada pula yang ingin merasakan kelembutannya sambil berjalan santai menyusuri butiran pasir halus.

3. Ombak yang relatif tenang

Secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan indahnya pantai-pantai di Batam, juga relatif tenang karena jarang datang ombak besar. Permukaan air terlihat cukup mulus, menandakan angin tidak bertiup kencang.

Tak heran jika banyak wisatawan yang meluangkan waktu untuk berenang dan bermain air meski berada di tengah Pantai Vivio.

4. Berkemah di tepi pantai

Bosan berkemah di gunung atau perbukitan? Solusinya mungkin Pantai Vivio di Batam. Tentu saja berbeda dengan pantai di tempat lain yang kurang cocok untuk berkemah.

Sebaliknya di sini pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda bahkan ada tempat yang disewakan. Kondisi ini disebabkan oleh garis pantai yang cukup luas.

5. Tanaman bakau yang indah

Bukan hutan bakau, melainkan beberapa tanaman bakau di pinggir pantai. Letaknya agak menjorok ke laut sehingga sering tergenang air saat air pasang.

Tanaman ini membuat tampilan pantai sedikit berbeda dari yang lain. Tampaknya merupakan formasi yang unik karena agak terpisah dari satu pohon ke pohon lainnya.

6. Dihiasi gugusan pulau-pulau eksotik

Pantai Vivio terletak di dataran tinggi, sehingga Anda bisa naik dan turun bukit selama perjalanan. Dari ketinggian tertentu Anda bisa melihat gugusan pulau-pulau eksotis yang indah.

Tidak terlalu banyak, namun cukup untuk membuat tampilan semakin sempurna. Pulau cantik ini juga terlihat jelas saat pengunjung berada di tepi pantai.

Baca Juga  Pantai Cemara Kembar, Pantai Pasir Puith yang Menakjubkan di Serdang Bedagai

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Vivio
Foto oleh K. Sasaki di Google Maps

Meski letaknya jauh dari pusat kota Batam, pantai indah ini sebenarnya terletak di lokasi yang strategis. Artinya tidak sulit menemukannya karena banyak tes yang bisa dijadikan panduan. Apalagi sampai sampai di tempat tersebut, akan banyak rambu-rambu di pinggir jalan.

Secara administratif alamatnya terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Jalur menuju kawasan wisata Pantai Viovio ini cukup sederhana, anggap saja Anda kini sedang berada di Batam Square.

Jarak yang harus ditempuh sekitar 58 kilometer dengan waktu tempuh minimal 2 jam. Pantai ini berada di dekat Jembatan Barelang 5, jadikanlah ini sebagai landmark utama anda.

Setelah melintasi jembatan menuju Jalan Trans Barelang sepanjang 4 km. Belok kanan setelah menemukan pertigaan, lalu ikuti jalan utama. Setelah kurang lebih 1 kilometer perjalanan anda akan sampai di tempat tujuan wisata anda.

Temukan tempat yang aman untuk parkir lalu lanjutkan berjalan. Agar tidak tersesat, gunakan rambu jalan dan tanyakan pada warga sekitar.

Biaya masuk dan jam buka

Selanjutnya kita akan membahas berapa harga tiket masuk Pantai Vivio Batam, murah atau mahal. Jika melihat wisata Batam secara umum yang terjangkau, situasinya tak jauh berbeda kali ini.

Bagaimana tidak, sediakan saja uang sebesar Rp 10.000 sebagai syarat pokok untuk memasuki kawasan wisata tersebut. Harga tersebut berlaku untuk dewasa dan anak-anak dengan usia tertentu.

Jika wisatawan membawa kendaraan bermotor, harus dikenakan biaya tambahan wajib. Biayanya juga tidak mahal, karena biaya parkir mobil hanya Rp 5.000, dan untuk sepeda motor Rp 2.000.

Di sini tersedia gazebo berbayar dengan harga Rp 200.000 untuk gazebo biasa, dan Rp 300.000 untuk gazebo kanopi.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Vivio
Foto oleh Phoebe Chieng di Google Maps

Agar liburan Anda semakin menarik dan berkesan, pastikan untuk mengikuti berbagai aktivitas yang tersedia.

Pantai eksotik ini merupakan destinasi wisata tepi laut yang menawarkan pemandangan laut yang indah. Oleh karena itu, mengenai aktivitas, hal-hal berikut ini tidak boleh diabaikan!

Baca Juga  Pantai Ngeden, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Bersantai di pantai

Tidak harus aktivitas yang melelahkan, aktivitas santai juga cocok untuk wisata di Pantai Viovio. Anda bisa duduk-duduk di tepi pantai, berjalan-jalan di sepanjang pasir putih, atau bahkan mendirikan tenda.

Sambil bersantai menikmati pemandangan alam yang mempesona. Perpaduan pasir putih, laut biru, awan menggantung, pulau-pulau eksotis tampak sempurna dan tanpa trauma sedikit pun.

Berenang atau bermain air di Pantai Vivio.

Wisata laut ini merupakan pantai yang tenang karena ombak tinggi jarang datang. Dalam keadaan ini, berenang atau bermain air sangat mungkin dilakukan.

Beberapa wisatawan terlihat asyik berenang di tengah Pantai Vivio Batam. Anda juga bisa melakukan ini, tetapi sebaiknya gunakan jaket pelampung untuk memastikan keamanan.

Menonton matahari terbenam

Salah satu momen terindah di pantai adalah pada sore hari. Saat matahari hendak kembali ke puncaknya, keindahan Pantai Vivio semakin memukau.

Kuning cerah berangsur-angsur berubah menjadi oranye, terkadang agak kemerahan. Meski harus menunggu, banyak pengunjung yang selalu melewatkan pesona matahari terbenam.

Berburu foto

Pantai Viovio menawarkan aktivitas yang lebih lengkap dengan spot foto. Bukan dalam bentuk props atau miniatur seperti tempat wisata selfie.

Tempat yang dimaksud nampaknya sederhana: itu adalah ayunan yang menghadap ke pantai. Pohon bakau yang unik dengan latar belakang lautan biru juga menjadi spot foto yang bagus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Vivio
Foto oleh Anya Ekade di Google Maps

Tempat wisata tepi pantai di Batam ini selalu ramai apalagi di akhir pekan. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas penting.

Baik berbayar maupun gratis, semuanya ada di sini. Misalnya saja tempat parkir, toilet, tempat ibadah, gazebo, tempat duduk, spot foto, dan warung makan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Batam yang cukup populer yaitu Pantai Vivio.

Kami berharap ulasan ini memberi Anda wawasan sebelum menuju ke tempat ini. Harap pertimbangkan jarak atau lokasi, harga tiket masuk, aktivitas dan fasilitas.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *