Pantai Ngeden, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Ide Wisata82 Dilihat

Terpesona dengan eksotiknya Pantai Ngeden di Gunung Kidul dengan pasir putihnya yang memukau dan nikmati keindahan perbukitan yang mempesona melengkapi pesona alamnya.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Crumb-Savit, distrik. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Jika berbicara mengenai pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pasti banyak sekali yang ingin dibicarakan. Salah satu pantai indah yang ada di kawasan tersebut adalah Pantai Ngeden yang terletak di desa Cramb Savit. Pantai menawan ini terkenal dengan keindahan alamnya.

Saat Anda melangkah ke tempat wisata alam ini, Anda akan menemukan pantai yang indah dengan pasir putih yang sangat indah, laut biru cemerlang dan bukit-bukit menakjubkan di pinggir pantai. Dengan segala keindahan alam ini, Anda bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Dari pinggir Pantai Ngeden yang populer Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari. Tempat wisata alam populer ini telah dibuka sejak tahun 2015 dan saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit banyak orang. Kali ini kita akan melihat sekilas pantai indah yang ada di Pulau Jawa bagian selatan.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Objek Wisata Pantai Ngeden

Shutterstock Atraksi Pantai Ngue Den
Foto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

1. Pantai pasir putih

Jika berbicara mengenai daya tarik Pantai Ngeden, maka yang menjadi daya tarik tersendiri adalah pantai itu sendiri. Dimana pasir pantai Kabupaten Gunung Kidul ini berwarna putih dan bercampur dengan cangkang karang yang membuatnya begitu indah. Selain itu, bebatuan karang juga banyak ditemui di hamparan pasir putih ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Perpaduan pasir putih dan bebatuan karang menjadi spot foto yang bagus. Namun dengan adanya karang ini membuat anda yang ingin bermain air atau berenang harus berhati-hati agar tidak terluka.

2. Laut

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata alam ini adalah lautan luas yang ada di depannya. Lautan ini memiliki ombak yang cukup besar karena masih masuk ke dalam Samudera Hindia, sehingga selain bebatuan karang, ombak laut juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus berhati-hati jika ingin bermain air laut di pantai populer ini.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Meski ombaknya lumayan besar, Samudera Hindia sangat bagus untuk fotografi atau sekedar menikmati alam. Keindahannya akan semakin terlihat ketika deburan ombak laut menghantam bebatuan dan menyebabkan air laut pecah-pecah.

3. Bukit yang menawan

Kita lanjut ke daya tarik Pantai Ngeden selanjutnya yaitu bukit menakjubkan yang berada di ujung pantai. Bukitnya cukup tinggi dan menjulang ke tengah laut, sehingga jika berada di atasnya maka seluruh kawasan pantai Desa Crumb Savit akan terlihat sangat jelas.

Untuk mencapai bukit cantik ini tidaklah sulit karena terdapat beberapa anak tangga yang akan membantu Anda mencapai puncak tertinggi bukit yang jika dilihat dari jauh akan terlihat seperti penyu. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengambil foto, menikmati pemandangan sekitar dan menyaksikan matahari terbenam di sore hari.

➥ Tour ke Gunung Kidul Jogya: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan laut Heha

4. Panorama matahari terbenam

Daya tarik terakhir dari tempat wisata alam ini adalah matahari terbenamnya. Momen matahari terbenam akan terlihat sangat indah jika Anda menyaksikannya dari atas bukit di garis pantai populer ini. Jadi, ketika Anda datang ke tempat wisata menakjubkan ini, pastikan untuk menyaksikan matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Ngue Den
Foto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

Pantai Ngeden sendiri terletak di Kecamatan Gunung Kidul, Desa Kramb Sawit, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kecamatan Saptosari. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan Monumen Jogya di Jalan St. Jenderal Sudirman, kawasan Jetis sebagai landmark.

Jadi, dari Jl. Jenderal Sudirman, silakan ikuti rute tersebut sampai perempatan jalan tersebut. Kemudian Suroto belok kanan, lalu di pertigaan dekat Manna Bakery Tart belok kiri dan terus menyusuri jalan tersebut hingga mencapai pertigaan di Jl. Vardhani. Belok kanan dan ikuti Jl. Wardhani hingga sampai di pertigaan Jl. Trimo.

Dari persimpangan st. Trimo silakan belok kiri lalu lurus terus hingga masuk Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo dan belok kanan mengikuti jalan tersebut lalu teruskan sampai masuk Jl. Dr.Sutomo. Ketika sampai di perempatan dekat Kursus Komputer, terus lurus ke Jl. Ki Mangunsarkoro dan sampai di pertigaan jalan tersebut. Sultan Agung.

Belok kiri di pertigaan, lalu langsung belok kanan menuju Jl. Berbalik dan terus menyusuri jalur utama hingga memasuki Jl. Veteran. Belok kiri ke jalan. Kemudian belok kanan di pertigaan menuju Jalan Veteran. Menteri Supeno yang letaknya dekat pertigaan sebelumnya.

Baca Juga  Kalisuci Cave Tubing, Objek Wisata Susur Gua yang Menakjubkan di Gunung Kidul

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Ikuti Jl. Menteri Supeno, sampai ketemu pertigaan di jalan itu. Pramuka silahkan belok kanan dan ikuti J. Pramuka sampai masuk Jl. Imogiri Tim kemudian melintasi Jembatan Karang Semut dan sampai di pertigaan patung berkuda Sultan Agung Imogiri. Silakan belok kanan di persimpangan dan ikuti Jl. Imogiri.

Tak jauh dari ketiga simpang sebelumnya Anda akan menemukan Jl. Imogiri Siluk yang mengharuskan Anda belok kiri dan ikuti jalan utama hingga melewati Jl. Siluk Pangang kemudian memasuki Jl. Raya Pangang Wonosari dan sampai di pertigaan dekat gedung administrasi Jetis Saptosari. Silakan belok kanan di pertigaan untuk masuk ke Jl. jetis.

Ikuti terus Jl. Jetis menuju pintu masuk Jl. Crumb Savit dan menemukan pertigaan di jalan tersebut. Pantai Ngueden. Silakan ikuti jalan tersebut hingga tiba di pantai yang berada tepat di ujung jalan. Panjang rute ini diperkirakan kurang lebih 53 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 38 menit.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Ngeden, Anda harus membayar kepada pengelola tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang. Selain itu, wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp3.000 per unit untuk sepeda motor dan Rp5.000 per unit untuk mobil.

Pantai populer ini buka setiap hari Senin hingga Jumat, buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, dan pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Ngueden
Foto oleh Purno A. di Shutterstock

Ambil foto di pantai Ngueden.

Aktivitas menyenangkan pertama yang bisa Anda lakukan di pantai indah ini adalah fotografi. Kegiatan ini difasilitasi oleh alam yang sangat indah, mulai dari pantai berpasir putih, bebatuan karang, laut biru dan bukit indah yang menjulang di tengah laut. Jadi pastikan kamera Anda siap mengambil gambar sebanyak-banyaknya.

Nikmati pemandangan sekitarnya

Karena alamnya yang begitu menakjubkan, banyak orang yang datang ke Pantai Ngueden untuk menikmati pemandangan sekitar yang masih alami. Selain itu, ada juga wisatawan yang sengaja datang ke pantai ini dari Kabupaten Gunung Kidul untuk menyegarkan pikiran.

Baca Juga  Pantai Koka, Pesona Pantai Indah yang Diapit Dua Bukit Eksotis di Flores

Hal ini dimungkinkan karena alam di pantai populer ini masih perawan sehingga udara di sekitarnya juga akan sangat segar. Selain itu, suara alam seperti suara deburan ombak yang menghantam bebatuan dan desiran angin dedaunan menjadi semacam obat penenang bagi wisatawan.

Menyaksikan matahari terbenam yang indah

Mari kita lanjutkan ke aktivitas menarik selanjutnya yaitu menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari. Keindahan sebuah matahari terbenam selalu mampu membuat siapa pun terpesona dengan keindahannya, sehingga tak heran jika banyak orang yang selalu menantikan momen indah tersebut untuk menikmati tempat wisata alam tersebut.

Berkemah

Aktivitas menyenangkan terakhir yang bisa Anda lakukan di Pantai Ngeden adalah berkemah atau bermalam di alam. Kegiatan ini cukup populer di kalangan wisatawan, namun sebelum melakukan kegiatan trekking sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Pantai Ngueden
Foto oleh Herukru di Shutterstock

1. Parkir kendaraan

Hal pertama yang dapat Anda temukan di Pantai Ngueden yang menakjubkan adalah tempat parkir mobil. Fasilitas ini berukuran cukup besar dan mampu menampung beberapa jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil. Seluruh kendaraan tersebut juga akan dijaga oleh petugas parkir sehingga terjamin keamanannya.

2. Warung makan

Pantai Ngeden juga mempunyai warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Warung makan ini menjual beberapa jenis makanan mulai dari makanan berat hingga ringan, serta minuman panas dan dingin. Fasilitas ini dapat membantu wisatawan yang datang berlibur tanpa membawa perbekalan.

3. Toilet umum

Fasilitas terakhir yang dimiliki pantai populer ini adalah toilet umum yang dipisahkan menjadi toilet pria dan toilet wanita. Wisatawan yang ingin buang air atau buang air kecil bisa memanfaatkan fasilitas ini. Perhatikan juga kebersihan toilet umum untuk mengevaluasi penggunaannya di kemudian hari.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Ngeden menawan yang terletak di Desa Kramb Sawit, Kecamatan Gunung Kidul. Menjelajahi pantai ini tentu dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjungnya, apalagi saat sedang berlibur bersama orang tercinta.