Pantai Ngetun, Pantai Cantik dengan Pemandangan Eksotis di Gunung Kidul

Ide Wisata90 Dilihat


Nikmati keindahan Pantai Nget Tung, sebuah pantai surga di Gunung Kidul dengan pemandangan eksotis di mana Anda bisa bersantai sambil menikmati kehadiran penyu dan beragam biota laut yang menakjubkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Purvodadi, Kecamatan. Tepus, Taksi. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Nget Tung merupakan tempat wisata pantai dengan ciri khas perbukitan berbatu yang membelahnya. Hotel ini terletak di dekat pantai populer di Gunung Kidul, Yogyakarta. Meski pantainya tidak terlalu luas. Namun keindahan yang dihadirkan mampu membuat mata terbelalak karena pesonanya.

Seperti permata tersembunyi. Wisatawan masih sedikit mengetahui keberadaan pantai indah ini. Dengan begitu, suasana pantai tetap terasa alami. Hamparan pasir putih yang bersih, bebas dari sampah, ditambah dengan biota laut yang melimpah tentu menjadi pemandangan yang sangat indah untuk disaksikan dan sangat memanjakan mata.

Wisatawan yang mencari liburan pantai dengan suasana yang sangat tenang patut mengunjungi pantai ini. Dijamin Anda tidak akan merasa kecewa. Fasilitas di Pantai Nget Tung juga cukup memadai. Sehingga wisatawan merasa lebih nyaman saat melakukan beberapa aktivitas seru.

➥ Cek promosi hotel di Gunung Kidul

Objek Wisata Pantai Nget Tung

Shutterstock Atraksi Pantai Nget Tung
Foto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

1. Pemandangan pantai yang sangat indah

Anda mungkin selalu penasaran sepanjang perjalanan. Khususnya bagi wisatawan yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Nget Tung. Semoga keindahan pantainya tidak mengecewakan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sesampainya di lokasi, apa yang kami bayangkan ternyata benar adanya. Pesona alamnya sangat memanjakan mata. Pantai cantik ini juga menyuguhkan pemandangan yang beragam. Salah satunya adalah dua bukit yang membingkai pantai.

Perbukitannya dihiasi tanaman hijau subur khas pesisir pantai. Sehingga suasana pantai tidak steril. Terlihat bagus dan keren. Siapapun yang berkunjung ke pantai ini pasti akan betah berlama-lama.

2. Ada penyu dan biota lainnya.

Mengingat kondisi Pantai Nget Tung belum terpengaruh oleh aktivitas manusia, maka alamnya masih sangat asri. Oleh karena itu, yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah penyu-penyu yang sedang beristirahat di bibir pantai.

Kawasan alami berpasir putih ini ternyata merupakan sarang penyu bertelur. Jadi wisatawan bisa menyaksikan penyu-penyu kecil tersebut bermain-main di pasir pantai. Anda bahkan bisa mengajaknya berfoto selfie.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

3. Dikelilingi oleh dua bukit

Perbukitan yang mengelilingi pantai indah ini menambah keindahan pemandangan. Ibarat terowongan jalan raya, bukit-bukit ini berada di kiri-kanan pantai. Jadi, jika dilihat dari kejauhan, pemandangannya akan semakin menawan.

Baca Juga  Pantai Klayar Pacitan: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Penginapan Terdekat 2023

Terlepas dari kenyataan bahwa itu ditumbuhi tanaman hijau. Perbukitan ini juga merupakan rumah bagi lobster. Maka tak heran jika Anda menemukan beberapa pemancing di kawasan bukit tersebut. Tak hanya warga sekitar, wisatawan dari berbagai daerah pun banyak yang ikut berburu lobster.

4. Banyak ditemukan biota laut

Jika Anda ingin menemukan beberapa spesies biota laut, tidak akan sulit. Anda tidak perlu menyelam ke dasar laut. Karena ombak di Pantai Nget Tung cukup besar, maka berbahaya jika berenang atau menyelam tanpa pengawasan profesional.

Anda hanya perlu berjalan menyusuri bibir pantai, maka Anda bisa menemukan kepiting berkeliaran. Muncul atau bersembunyi di balik pasir berkat gaya manuvernya. Anda bahkan mungkin menemukan bintang laut dan beberapa jenis kerang.

5. Suasana pantai yang tenang

Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, kurang diketahui masyarakat umum, karena ingin mencari suasana tenang. Jauh dari hiruk pikuk kota dan bebas polusi.

Bahkan ada juga yang ingin menikmati ketenangan pantai lebih lama dengan melakukan pendakian. Biasanya, nuansa ini sering kita jumpai saat musim liburan. Wisatawan cenderung datang dari luar daerah, terutama dari dalam kota.

6. Terdapat tempat untuk tenda.

Tempat yang sering dipilih untuk mendirikan tenda adalah di pinggir Pantai Nget Tung dan di puncak bukit. Kehadiran tenda warna-warni membuat pemandangan pantai semakin unik dan menarik. Apalagi jika dilihat dari atas bukit, pemandangannya terkesan memanjakan mata.

Tidak ada batasan waktu untuk berkemah. Jadi wisatawan bisa melakukan ini kapan saja. Kawasan pantai juga memiliki fasilitas pendukung seperti kios dan toilet. Dengan demikian, wisatawan tidak lagi khawatir akan kelaparan.

➥ Tour ke Gunung Kidul Jogya: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan laut Heha

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Nget Tung
Foto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

Pantai Ngetun terletak di daerah istimewa Yogyakarta, Kecamatan Gunung Kidul, Kabupaten Tepus. Terletak di desa Purwodadi, Dusun Sureng. Jaraknya kurang lebih 70 kilometer dari pusat kota Jogja.

Pengunjung dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi selama kurang lebih 2 jam 20 menit. Dimulai dari pusat kota Yogyakarta menuju Wonosari, Gunung Kidul. Pengunjung juga akan menyusuri jalan menuju Pantai Baron hingga mencapai Tepus.

Sesampainya di kawasan Thepus, perjalanan menuju Indrayanti atau Pulang Sawala. Pengunjung akan melewati Pok Tunggal. Lanjutkan melewati Pantai Seruni. Lalu ada papan petunjuk menuju lokasi Nget Tung.

Selain jalur tersebut, wisatawan juga bisa menjadikan SD Gembuk sebagai landmark. Pertama ambil jalan lingkar menuju Jl. Vonosari. Lanjutkan melalui Piyungan. Lurus terus hingga pertigaan Patuk-Bukit-Bintang. Lanjutkan perjalanan menuju Giri Panggung hingga sampai di pertigaan Balong.

Setelah sampai di pertigaan Balong, Anda menuju ke arah Jalan Purwodadi menuju Gesing. Pertemuan dengan perwakilan Sekolah Dasar Negeri Padlock. Ada jalan aspal kecil. Ini adalah jalan menuju pantai.

Baca Juga  Bukit Candi Lawang Saketeng, Objek Wisata Alam Hits di Majalengka

Biaya masuk dan jam buka

Sejumlah pantai di Gunung Kidul dengan pemandangan menakjubkan bisa dikunjungi dengan harga terjangkau. Termasuk berwisata ke Pantai Nget Tung. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Jika datang dengan mobil, Anda hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk parkir. Sedangkan untuk mobil perlu menyediakan uang tambahan sebesar Rp 5.000 per unit.

Jam buka pantai menawan ini buka setiap hari selama 24 jam. Dengan demikian, wisatawan bisa datang ke sini untuk menikmati keindahan pantai tanpa ada batasan waktu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Nget Tung
Foto oleh Engga Dwi Saputra di Shutterstock

Ambil foto dengan latar belakang yang menawan

Pantai Nget Tung memang tidak sepopuler pantai-pantai di dekatnya. Namun kecantikan yang dimilikinya ibarat perhiasan mahal. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini pasti akan terpesona dengan eksotismenya. Khususnya bagi pecinta fotografi.

Sesampainya di pantai, Anda pasti langsung terpikir untuk berfoto selfie saat melihat perbukitan hijau terjal yang mengelilingi pantai. Latar belakang alam yang hijau dengan pasir putih dan air berwarna kebiruan menciptakan gradasi warna yang sangat menawan.

Apalagi jika ditambah dengan pemandangan burung-burung yang beterbangan di kawasan pantai. Tentu saja hal ini membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih fantastis atau bernilai seni tinggi.

Berjalan di atas pasir putih

Meski tidak seluas pantai pada umumnya, namun pengunjung tetap bisa merasakan lembutnya pasir pantai. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil merasakan angin sepoi-sepoi.

Bahkan di hamparan pasir putih ini, pengunjung bisa menemukan banyak kerang dan bintang laut. Biota langka masih bisa ditemukan di pantai indah ini.

Mancing di Pantai Nget Tung

Selain sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan unik, pengunjung juga bisa memancing di kawasan tersebut. Aktivitas ini juga dapat membantu menghilangkan stres.

Biasanya penduduk setempat juga banyak yang memancing di daerah pegunungan. Bukit berbatu ini merupakan surganya lobster. Oleh karena itu, banyak warga yang memburu biota mahal tersebut. Selain lobster, masih ada beberapa jenis ikan lain yang menjadi ciri khas Pantai Nget Tung.

Mendirikan tenda kemah

Menikmati suasana pantai di lokasi perkemahan sepertinya menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika dilakukan oleh kelompok besar. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seru. Siang dan malam.

Tempat yang biasa dipilih para pelancong untuk mendirikan tenda adalah di atas bukit. Pasalnya di sini aman dari hempasan ombak saat air pasang di malam hari. Namun ada juga yang mendirikan tenda di pinggir pantai.

Baca Juga  Pantai Sawarna, Pantai yang Sarat Mitos di Lebak yang Dikelilingi Pegunungan Eksotis

Jadi, jika Anda akan berkemah untuk merasakan suasana pantai di malam hari, ada baiknya Anda membawa perlengkapan pribadi dari rumah. Tidak ada layanan penyewaan tenda di area tersebut. Yang ada hanya fasilitas camping saja.

Mendaki bukit dari pantai

Jika Anda ingin melihat pemandangan laut yang luas dari atas, maka Anda bisa memilih tempat di puncak bukit. Di sisi Pantai Nget Tung terdapat dua bukit hijau. Dipenuhi tanaman khas pantai dan beberapa pandana laut.

Bukit tersebut dinamakan Bukit Gentong dan Bukit Watu Benku. Bukit yang puncaknya lebih tinggi disebut Bukit Watu Benku. Selain menikmati keindahan pantai yang indah ini, pengunjung juga sering menjadikannya sebagai spot foto karena pemandangannya yang sejuk.

Saksikan matahari terbit dan terbenam yang eksotis

Menjelang pagi, wisatawan khususnya yang berkemah bisa menyaksikan indahnya matahari terbit. Suasana pantai berangsur-angsur menjadi cerah. Birunya air laut dan pasir putihnya pun semakin terlihat jelas. Kicau burung menyambut cerahnya suasana pagi hari.

Seindah saat siang hari, Pantai Nget Tung mempunyai pemandangan matahari terbenam yang mempesona. Langit berwarna kuning keemasan dan matahari perlahan tenggelam, menghilang di balik lautan. Suasana cerah perlahan menjadi gelap. Banyak pengunjung yang ingin menikmati momen ini dengan berfoto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Pantai Nget Tung
Foto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

1. Lokasi parkir mobil

Pengelola Pantai Ngetun telah menyediakan tempat parkir yang nyaman dan aman. Pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir sesuai peraturan. Bahkan mobil yang diparkir pun terlihat rapi.

2. Ruang sholat

Walaupun pantai ini tidak terlalu terkenal, namun fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap. Salah satunya adalah musala yang dilengkapi perlengkapan sholat. Dengan begitu, pengunjung yang ingin salat ketika waktunya tiba tidak perlu lagi mencari musala di luar venue.

3. Warung memasak

Adanya warung-warung di sekitar pantai sangat membantu wisatawan dalam mencari makanan atau minuman. Menu khas warung ini adalah masakan seafood. Harganya juga sangat terjangkau.

4. Toilet

Toilet dapat digunakan sesuai kebutuhan pengunjung. Kondisi toilet juga terjaga. Mulai dari kebersihan dan diakhiri dengan ketersediaan air yang cukup.

5. Berkemah

Jika Anda ingin mendirikan kemah, Anda tidak perlu lagi khawatir mencari tempat yang cocok. Sebab, di sini sudah tersedia spot camping yang nyaman dan aman.

6. Tempat sampah

Setiap pengunjung diharapkan menjaga kebersihan. Oleh karena itu pihak manajemen menyediakan tempat sampah.

Demikianlah gambaran singkat Pantai Ngetun Gunung Kidul. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini bersama orang-orang tercinta. Selamat berlibur.


databaru.my.id