Air Panas Pincara, Kolam Pemandian Air Panas Alami di Luwu Utara yang Lagi Hits

Ide Wisata8 Dilihat


Temukan kehangatan dan pesona alami Pemandian Air Panas Pinkara, sumber air panas populer di Luwu Utara, destinasi ideal untuk relaksasi dan petualangan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pinkara, Kec. Masamba, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Pemandian Air Panas Pinkara merupakan salah satu tempat wisata populer di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Popularitasnya tidak muncul begitu saja, dan alasan utamanya adalah karena tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Saat musim liburan, tempat ini menjadi sangat ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Hal ini wajar saja mengingat banyaknya kenikmatan yang ditawarkan.

Sulit dipungkiri bahwa Kabupaten Luwu adalah pilihan yang tepat untuk liburan Anda. Dengan potensi wisata alam yang kaya dan beragam, setiap destinasi menawarkan keunikan tersendiri.

Jika berbicara tentang alam, keindahan tentu menjadi prioritas utama. Diantaranya keindahan perbukitan, gunung, sungai dan air terjun.

Kawasan ini memiliki ciri topografi yang sebagian besar merupakan dataran tinggi, termasuk destinasi wisata Pemandian Air Panas Pinkara yang kami ulas yang terletak di lereng pegunungan dan menawarkan suasana segar dan alami.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Seolah belum pernah disentuh tangan peradaban, pemandangan alam di sekitar kawasan wisata dipenuhi pepohonan indah dan tanaman berbunga yang tumbuh subur.

Atraksi Pemandian Air Panas Pinkara

Alamat Pemandian Air Panas Pinkara
Foto oleh Andi Isal Zulkarnaen di Google Maps

Saat berada di lokasi, Anda bisa melihat berbagai atraksi wisata pemandian ini. Tapi, tentu saja tidak semua orang berkunjung, bukan? Itu sebabnya kami memberikan beberapa informasi mengenai hal ini dan juga membuatnya menarik untuk dikunjungi.

1. Pemandangan alam yang indah dan suasana yang indah.

Pemandangan indah adalah hal pertama yang akan Anda lihat selama berada di sini. Keindahan ini sebenarnya alami karena letaknya di sisi gunung.

Gugusan perbukitan tersebut terlihat begitu eksotis dan semakin dipercantik dengan beragamnya vegetasi hijau yang menyelimutinya. Tanaman hias tak mau kehilangan pesonanya. Selain keindahannya, Pemandian Air Panas Pinkara di Luwu Utara tampil asri karena banyaknya pepohonan di sekitar objek wisata.

Baca Juga  Pantai Trisik, Objek Wisata Pantai yang Menawan di Kulon Progo

Bukan satu atau dua spesies, melainkan beberapa spesies dari banyak spesies. Semuanya tinggi dan subur, sehingga menaungi area sekitarnya. Udaranya sejuk, terasa saat menarik napas.

2. Sungai dengan air berwarna hijau jernih

Keindahan dan indahnya suasana objek wisata alam ini semakin sempurna dengan adanya sungai yang sangat jernih. Warnanya kehijauan, seolah tidak terganggu oleh aliran air yang cukup deras.

Beberapa batu berfungsi sebagai hiasan sehingga memberikan kesan eksotis dan memukau. Sungai ini biasa digunakan pengunjung untuk bersantai sambil bermain air. Air panas pincara tidak hanya sebagai pemandian alami, tetapi juga sebagai obat penyembuh.

Di sekitar sungai tumbuh subur tanaman-tanaman sehingga menimbulkan suasana yang indah. Beberapa helaian pohon mencuat di permukaan sungai, seolah ingin merasakan kesegaran air. Pantulan yang cukup jernih menandakan kejernihan air.

3. Kolam renang dengan air panas dan dingin.

Daya tarik utama yang banyak dikunjungi wisatawan adalah kolam renang alami. Sumber airnya berasal dari pegunungan sekitar yang tidak pernah kering.

Salah satu lokasi kolam tersebut letaknya dekat dengan sungai, bahkan berbatasan langsung dengannya. Anda juga bisa berenang, karena kedalaman kolamnya mencapai lebih dari 1 meter. Menariknya, Pemandian Air Panas Pinkara tidak hanya memiliki genangan air hangat saja, seperti namanya.

Selain itu, wisatawan juga bisa memilih kolam air dingin seperti waterpark atau kolam renang umum. Untuk kolam air hangat, Anda bisa memilih setidaknya tiga lokasi. Masing-masing berbeda dalam kedalaman, luas dan bentuknya.

4. Mitos dan kepercayaan warga sekitar

Benar atau tidaknya, satu hal yang jelas: saat ini beredar mitos-mitos yang diyakini warga sekitar. Bahkan sebagian wisatawan pun percaya dengan mitos yang dimaksud. Konon, mandi di kolam air hangat bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Misalnya saja pitiriasis versikolor, kudis, kurap, bahkan ada yang bilang digunakan untuk rematik. Jika dilihat dari segi medis, air alami yang berasal dari pegunungan memang mengandung berbagai zat penting untuk kesehatan kulit.

Baca Juga  Taman Sabda Alam, Wisata Air Favorit dengan Beragam Wahana Menarik di Garut

Tak heran jika mitos Sumber Air Panas Pinkara semakin berkembang. Meski belum bisa dibuktikan, namun satu hal yang pasti: kesegaran air bisa Anda rasakan saat berenang atau mandi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi Pemandian Air Panas Pinkara
Foto oleh Hadi Lumar di Google Maps

Lokasinya berada di perbukitan, tepat di lereng gunung. Namun bukan berarti sulit menemukannya, justru sebaliknya. Tempat wisata alam ini terletak di dekat pusat kota, hanya berjarak 14 kilometer dari Bupati Luwu Utara.

Akses jalan bagus, jarang terjadi kemacetan, sehingga diperkirakan bisa sampai dalam waktu 30 menit. Secara administratif Kawasan Wisata Air Panas Pinkara terletak di Desa Pinkara, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Rute teraman dan tercepat jika berangkat dari pusat kota adalah melalui Jalan Suhada, Jalan Pelangi dan Jalan Cendana. Ikuti terus jalan utama hingga menemukan kantor desa Langtang Tallang.

Setelah kurang lebih 1 kilometer anda akan melewati desa Sepacat dan terus lurus hingga sampai di pemerintahan desa Pinkara. Silakan menyeberangi jembatan lalu belok kiri di pertigaan.

Ikuti rambu-rambunya dan Anda akan segera tiba di lokasi. Agar lebih jelas dan tidak tersesat, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati pemandian air hangat atau dingin, Anda perlu menyiapkan biayanya terlebih dahulu. Harga tiket masuk Sumber Air Panas Pinkara di Luwu Utara cukup terjangkau.

Satu pengunjung hanya perlu membayar 10.000 rupee dan memilih semua jenis kolam yang tersedia secara gratis. Biaya parkir tambahan tergantung jenis kendaraan.

Wisatawan yang membawa sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan mobil dikenakan biaya Rp 5.000. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu, namun biasanya tidak terlalu mahal.

Kemungkinan total biaya yang akan Anda keluarkan mencapai Rp 15.000. Dibandingkan keseruan yang akan didapat, biayanya masih sangat murah.

Kegiatan yang menarik

Menyenangkan di Pemandian Air Panas Pinkara
Foto Syahrul Alam di Google Maps

Kita sudah membahas tentang tempat wisata, lokasi dan harga tiket masuknya, sekarang mari kita beralih ke apa saja hal menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi sumber air panas tersebut. Tentu saja ada cukup banyak, di bawah ini kami telah merangkum beberapa yang paling penting!

Baca Juga  Danau Tamblingan, Wisata Alam di Buleleng yang Pesonanya Memiliki Tiga Danau Kembar

Berjalan-jalan dan nikmati pemandangan

Jika Anda bertanya-tanya seberapa besar Pemandian Air Panas Luwu Pinkara Utara, Anda dapat berjalan-jalan dengan mudah. Ada sungai yang mengalir di sebelahnya, jadi kecil kemungkinannya tersesat.

Berjalan-jalan santai dan nikmati pemandangan. Perbukitan terlihat indah, sungai yang menenangkan, dan pepohonan menciptakan suasana yang indah.

Berenang atau berendam di Kolam Air Panas Pinkara

Setelah Anda menikmati pemandangan alam selama berjalan-jalan, mandilah untuk menghilangkan rasa lelah. Inilah kegiatan utama yang ada di objek wisata Sumber Air Panas Pinkara.

Anda dapat memilih kolam pilihan Anda, yang kedalamannya berbeda. Berenang atau bermain air dijamin makin seru, apalagi jika datang bersama rombongan.

Berburu foto

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencari tempat untuk foto yang bisa Anda jadikan kenang-kenangan. Anda bisa memilih sungai atau pemandangan alam sebagai background foto Anda.

Selain itu, saat berada di Pemandian Air Panas Pinkara, aliran alami air panasnya sangat cocok dijadikan subjek fotografi. Untuk mendapatkan foto terbaik, Anda tidak perlu berpose berlebihan, karena keindahan lokasi sudah lebih dari cukup.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Peralatan penyediaan air panas Pinkara
Foto oleh Yahya Hidai di Google Maps

Sebagai tambahan informasi, kami juga memberikan informasi fasilitas apa saja yang tersedia di Sumber Air Panas Luwu Pinkara Utara. Kawasan wisata ini selalu ramai sehingga fasilitasnya semakin lengkap.

Tempat parkirnya luas, ada beberapa toilet, dan cukup bersih. Fasilitas lainnya antara lain gazebo, pura, kamar mandi, serta penginapan murah dan nyaman dekat dengan kawasan wisata.

Tempat wisata yang memadukan pemandian alam dan pesona alam selalu banyak diminati. Pengunjung bisa bersantai, berendam atau bermain air sambil menikmati pemandangan.

Seperti halnya Pemandian Air Panas Pinkara, tak heran jika setiap harinya selalu banyak wisatawan yang datang ke sini. Jumlah pengunjung meningkat pada akhir pekan dan hari libur.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *