Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih Menawan di Gunung Kidul

Ide Wisata8 Dilihat


Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantainya. menawan dan menarik untuk dijelajahi di Gunung Kidul. Pantai berpasir putih menawarkan keindahan yang mempesona dan merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Harga tiket: 3000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Tepus, Kets. Tepus, Taksi. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Liburan merupakan waktu yang paling dinantikan oleh banyak orang. Saat hari libur tiba, tempat wisata akan dipenuhi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal yang akan berlibur, wisatawan mancanegara juga akan menghabiskan waktu di tempat-tempat wisata. Salah satu tempat yang akan dipenuhi wisatawan adalah Pantai Pok Tunggal.

Pantai ini sudah dikenal banyak orang, terutama yang tinggal di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini mempunyai daya tarik yang kuat dan mampu menarik banyak wisatawan. Oleh karena itu, pantai ini selalu menjadi andalan Gunung Kidul.

Objek wisata ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur. Banyak orang merekomendasikan mengunjungi Pantai Pok Tunggal ketika berkunjung ke Yogyakarta. Berikut beberapa informasi yang mungkin ingin Anda ketahui tentang tempat ini.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Objek Wisata Pantai Pok Tunggal

Shutterstock Objek Wisata Pantai Pok Tunggal
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

Cantik alami

Tidak bisa dipungkiri kalau pantai ini mempunyai keindahan yang mampu membuat orang tersipu malu ketika melihatnya. Hamparan pasir putih yang luas, segarnya angin pantai, dan jernihnya air pantai akan membuat siapa pun betah berlama-lama berada di tempat ini. Oleh karena itu, banyak wisatawan mancanegara yang juga menghabiskan liburannya di sini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pohon Duras

Nama tempat ini berasal dari sebuah pohon di tepi pantai. Hanya ada satu pohon di sini, jadi penduduk setempat sangat merawat pohon ini. Wisatawan yang datang berlibur dilarang keras merusak pohon ini karena merupakan ciri utama Pantai Pok Tunggal.

Bersihkan puing-puing

Pantai ini cukup bersih dibandingkan pantai lainnya. Pihak pengelola dan warga setempat telah menetapkan aturan yang melarang membuang sampah di kawasan wisata. Mereka tak segan-segan memberikan sanksi keras kepada wisatawan yang tidak membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Tiket murah

Jika anda mencari tempat wisata yang murah maka disinilah tempatnya. Harga tiket masuknya tidak melebihi Rp 10.000,00. Dengan harga segitu Anda bisa bermain di pantai ini sepuasnya. Layanan yang tersedia juga tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya.

Baca Juga  Pantai Watu Leter, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau di Malang

Tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam

Saat tengah hari tiba, banyak wisatawan berbondong-bondong mendatangi pantai utama Gunung Kidul. Suasana dan pemandangan matahari terbenam yang indah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Selain itu, tempat ini bisa dibilang sangat romantis jika dijadikan sebagai tempat liburan bersama pasangan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Pok Tunggal
Foto oleh Zahirul Alwan di Shutterstock

Objek wisata ini terletak di Desa Tepus, salah satu desa di Kecamatan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya di antara Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal dan Pantai Siung. Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor atau angkutan umum.

Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah. Jika Anda berasal dari Wonosari, Yogyakarta, Wonogiri, Klaten, Sukoharjo dan Solo, Anda akan lebih mudah mengakses tempat wisata tersebut. Bagi Anda yang bukan berasal dari kota-kota tersebut, bisa menggunakan jalur Yogyakarta agar lebih mudah.

Jika terbang dari Yogyakarta akan memakan waktu 2 jam atau 80 kilometer. Menuju Wonosari dari Yogyakarta. Kemudian belok ke selatan menuju Tepus. Setelah ini, Anda akan menemukan gerbang pengumpulan dan pertigaan. Setelah itu, belok kiri dan tujuan Anda akan terlihat.

Anda juga bisa menggunakan beberapa moda transportasi umum, seperti bus umum atau angkutan umum lainnya. Carilah angkutan umum yang berhenti di Terminal Bus Kota Gunung Kidul. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau mobil sewaan lainnya untuk mencapai Pantai Pok Tunggal.

➥ Promosi hotel di Gunung Kidul

Biaya masuk dan jam buka

Rata-rata tempat wisata alam di Indonesia mematok harga yang cukup murah bagi wisatawan lokal. Hal ini juga berlaku di Pantai Pok Tunggal. Biaya masuknya sekitar Rp3.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk minibus.

Bagi Anda yang ingin berkemah harus membayar biaya tambahan. Harga sewa tempat perkemahan mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per tenda per malam. Tenda dan perlengkapan camping lainnya wajib Anda bawa dari rumah, karena tidak ada persewaan perlengkapan tersebut di kawasan wisata ini.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock Pok Tunggal
Foto oleh Zahirul Alwan di Shutterstock

1. Berenang

Tentu saja Anda pasti bisa berenang di pantai ini. Air lautnya sangat bersih dan tidak menimbulkan gatal pada kulit. Tempat wisata alam ini juga cukup aman untuk berenang karena ombak di airnya tidak terlalu besar.

2. Bermain dengan pasir

Kebanyakan anak sangat menikmati kegiatan ini. Anda juga bisa mencobanya karena kegiatan ini sangat menyenangkan jika dilakukan oleh orang dewasa. Banyak juga wisatawan yang menuliskan nama atau foto berukuran besar di atas pasir pantai ini, karena cukup menarik untuk difoto.

Baca Juga  5 Pesona Pantai Midodaren di Yogyakarta, Menarik Banget untuk Dikunjungi!

3. Panjat tebing

Jika Anda menyukai tantangan, maka pilihan Anda tepat jika berlibur ke tempat wisata ini. Pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh bebatuan karst. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba memanjat batu ini. Jika ingin mencobanya, harap membawa peralatan dari rumah.

Bagi anda yang ingin mendaki batu ini, sangat disarankan untuk didampingi oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang ini. Meski terkesan sederhana, namun memanjat batu seperti ini membutuhkan keahlian di area tersebut agar berhasil memanjat batu tersebut. Anda juga bisa meminta bantuan warga setempat.

4. Menyelam dan snorkeling di Pantai Pok Tunggal.

Jika Anda tertarik mempelajari keanekaragaman biota laut yang terdapat di pantai ini, cobalah menyelam atau snorkeling. Airnya yang cukup tenang akan memudahkan Anda dalam melakukan langkah-langkah tersebut. Peralatan untuk kegiatan ini harus dibawa dari rumah karena tidak tersedia persewaan peralatan di sini.

Bagi Anda yang ingin mengabadikan momen di bawah air, sangat disarankan untuk membawa kamera tahan air. Dengan membawa kamera tahan air, Anda bisa leluasa menyelam dan memotret keindahan bawah laut pantai ini.

5. Kunjungi sungai bawah tanah.

Salah satu keunikan objek wisata alam ini adalah adanya sungai bawah tanah. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini, karena menurut kepercayaan masyarakat setempat, air bisa menjadi berkah. Air di tempat ini juga menjadi sumber air minum bagi wisatawan dan warga sekitar.

6. Berkemah

Tempat wisata alam ini mempunyai area camping yang sangat luas. Banyak pengunjung yang bermalam di tempat ini karena ingin mencoba dan merasakan pengalaman bermalam di Pantai Pok Tunggal. Anda wajib membawa tenda dan perlengkapan camping lainnya dari rumah karena tidak ada tempat untuk menyewa perlengkapan camping pada tur ini.

7. Ambil foto

Secara umum keindahan tempat wisata ini bisa disamakan dengan pantai-pantai di Bali. Waktu terbaik bagi anda yang ingin memotret pantai ini adalah pada siang hari atau pagi hari. Pada saat ini terdapat matahari terbenam dan matahari terbit yang semakin menambah keindahan tempat ini.

Penginapan murah dekat Pantai Pok Tunggal

1. Hotel Putra Darma

Tempat ini bisa ditemukan di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga menginap satu malam di hotel ini mulai dari Rp 200.000.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah meja, TV, shower, tempat parkir yang luas, dan restoran. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan toko oleh-oleh dan toko serba ada. Tempat ini adalah salah satu hotel murah terbaik di daerah tersebut.

Baca Juga  Pantai Tlangoh, Tempat Terbaik Menikmati Panorama Lautan dengan Beragam Spot Foto Keren di Bangkalan

2. Bambu Lengkung Indrayanti

Tempat ini bisa ditemukan di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga menginap satu malam di hotel ini mulai dari Rp 350.000.

Fasilitas yang akan Anda terima: shower, TV, parkir. Layanan kamar 24 jam, restoran dll. Desain ruangan ini unik karena menggunakan bambu.

3. Homestay “Taman Batu”

Hotel ini terletak di Jalan Raya Sundak, Tepus, Gunung Kidul. Harga menginap satu malam di lokasi ini mulai dari Rp 200.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti TV, kipas angin, kamar mandi pribadi, dll. Meski terlihat seperti rumah biasa, namun tetap cukup nyaman untuk bermalam.

4. Penginapan Jogo Segoro

Akomodasi ini bisa Anda temukan di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga menginap satu malam di lokasi ini mulai dari Rp 275.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas umum seperti Wi-Fi, parkir, layanan kamar, dll. Tempatnya cukup nyaman dan mendapat review bagus dari sebagian besar pelanggan yang pernah menginap di sini semalam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Properti Pantai Shutterstock Pok Tunggal
Foto oleh Ginanjar Ra Widodo di Shutterstock

Secara umum kondisi pantai ini cukup memuaskan. Meski tidak terlalu lengkap, namun fasilitas yang tersedia cukup baik kualitas dan kebersihannya. Beberapa fasilitas yang tersedia:

1. Parkir

Tempat parkir di objek wisata ini cukup luas. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir. Keamanannya juga cukup terjamin sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang Anda bawa.

2. Kamar mandi

Kamar mandi yang dapat diakses mirip dengan toilet umum di tempat wisata lainnya. Jika Anda menggunakan layanan ini, Anda akan dikenakan biaya.

3. Warung makan

Jangan khawatir jika Anda tidak membawa bekal yang cukup saat berlibur ke lokasi ini. Ada banyak warung makan lokal yang menyajikan makanan murah dan enak yang pastinya sesuai dengan selera orang Indonesia.

4. Payung pantai

Payung ini digunakan sebagai tempat berteduh dari terik sinar matahari. Anda juga dapat menyewanya jika Anda tidak memiliki cukup ruang.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi jika ingin berlibur ke Pantai Pok Tunggal. Liburan ke suatu destinasi wisata memerlukan informasi yang akurat dan lengkap agar Anda dapat merencanakannya dengan baik dan membelanjakannya sesuai ekspektasi Anda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *