Pantai Pasir Putih Parbaba, Pantai Indah dengan Bukit Hijau Eksotis di Samosir

Ide Wisata16 Dilihat


Pantai Pasir Putih Parbaba, pantai surgawi dengan pasir putih yang indah dan pemandangan perbukitan hijau yang eksotis mengelilingi keindahan Danau Toba di Samosir.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00-11.00 WIB, Alamat: Parbaba Dolok, Kecamatan. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Pulau Samosir terkenal tidak hanya karena Danau Tobanya, tetapi juga keindahan lainnya yang wajib Anda nikmati. Keindahan yang dimaksud tak lain adalah pantai Parbaba yang berpasir putih. Padahal, lokasi pantai ini cukup dekat dengan danau terbesar di dunia.

Pada hari-hari biasa hanya sedikit wisatawan yang mengunjungi pantai yang benar-benar menawan ini. Hanya sedikit wisatawan lokal yang menghabiskan liburannya di kawasan pantai.

Namun ketika musim liburan tiba, pantai menakjubkan ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Teman dan kerabat yang Anda ajak bersantai di pantai ini dijamin akan senang. Hal ini akan membuat liburan semakin berkesan dan seru.

Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas menarik. Jika Anda tertarik untuk mengetahui pesona pantai pasir putih Parbaba, bacalah informasi yang tersedia di bawah ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek wisata pantai berpasir putih Parbaba

Pantai Parbaba dengan pasir putih
Foto oleh Asmar Siagyan di Google Maps

Memiliki pemandangan perbukitan hijau yang indah.

Keunikan pantai pasir putih Parbaba adalah panoramanya yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Biasanya jika berada di pinggir pantai, sejauh mata memandang Anda akan melihat lautan bergaris luas dengan langit tak berujung.

Namun di pantai ini Anda bisa melihat deretan bukit yang membelah pantai. Perbukitan hijau tinggi ini mengelilingi kawasan Danau Toba.

Banyak atraksi permainan

Daya tarik lain dari Pantai Parbaba yang berpasir putih adalah terdapatnya beragam permainan air yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Wisatawan bisa bermain jet ski, pedal boat, kano, donut boat, UFO dan babana boat. Setiap perjalanan gaming memiliki biaya yang berbeda-beda.

Misalnya saja wisatawan bisa menyewa banana boat berkapasitas 8-9 penumpang dengan harga mulai dari Rp 250 ribu.

Untuk bermain di perahu UFO Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 350 ribu untuk 8 penumpang. Sedangkan donut boat berkapasitas 5 orang bisa disewa dengan harga Rp 300 ribu.

Baca Juga  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Bagi Anda yang tidak ingin menantang adrenalin, Anda bisa memilih naik perahu kayuh dengan harga sewa Rp 50 ribu selama satu jam. Harga tersebut sama dengan naik perahu dayung atau kano.

Minumlah air segar

Jika dilihat sekilas, pantai pasir putih Parbaba memang mirip dengan pantai ombak besar lainnya. Namun jika dicermati dengan cermat, wisatawan akan memahami bahwa kawasan ini lebih layak disebut sebagai tepian danau.

Ya, letaknya di kawasan Danau Toba, jadi air di sini tenang. Bahkan, air di pantai ini juga terasa segar. Air ini mempunyai debit aliran yang sama dengan Danau Toba. Jadi tidak perlu merasa aneh lagi.

Terletak di tepi Danau Toba.

Namanya pantai dan pasirnya putih, tapi sebenarnya bukan pantai seperti yang sering kita jumpai. Objek wisata ini terletak di kawasan Danau Toba, sehingga angin tidak terlalu kencang bertiup disana.

Perbukitan hijau yang menjadi pembatas antara Danau Toba dan pantai yang indah membuat suasana semakin asri. Ditambah lagi, airnya tenang sehingga wisatawan yang berkunjung bisa bermain-main di objek wisata air dengan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Parbaba
Foto oleh Hesti Octavia Ceterini di Google Maps

Pantai Parbaba yang berpasir putih luar biasa ini terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Lebih tepatnya berada di Desa Khuta Bolon. Bagi wisatawan yang datang ke pantai ini dengan kendaraan pribadi, jalurnya tidak akan terlalu sulit.

Dari kota Medan bisa melalui Berastagi lalu menuju Kabanjahe. Saat di Simpang Sidikalang atau Meka, pilih arah dan belok kanan melewati Taman Wisata Iman. Selanjutnya menuju Persimpangan Desa Samosir yang terletak di Jalan Dolok Sanggul Sidakalang.

Waktu tempuh dari Medan bisa memakan waktu sekitar 5-6 jam. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati suatu tempat berupa menara observasi TV. Dari atas menara Anda bisa menyaksikan keindahan pantai. Jika anda tertarik, anda bisa singgah dulu di tempat ini.

Biaya masuk dan jam buka

Setiap wisatawan yang datang ke pantai pasir putih Parbaba akan dikenai tiket masuk yang relatif murah yakni hanya Rp 5 ribu. Tidak ada perbedaan harga tiket masuk pada hari kerja dan hari libur.

Baca Juga  Pantai Mutiara PIK, Pantai Unik di Jakarta yang Dikelilingi Gedung Pencakar Langit

Sedangkan tarif parkir kendaraan wisata relatif murah yakni Rp 5 ribu. Bagi Anda yang ingin menambah keseruan liburan dengan menaiki objek wisata pilihan Anda, Anda harus membayar tiket tambahan tergantung jenisnya. Pasalnya, biaya tiket masuk wisata belum termasuk dalam fasilitas permainan yang tersedia di sana.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata alam ini adalah pada jam 7 hingga jam 11 pagi. Pasalnya, saat itu cuaca di pantai ini masih sejuk dan tidak terlalu panas.

Dengan demikian, Anda bisa menikmati aktivitas seru di pantai ini. Atau siang hari dari jam 15 sampai jam 18 bisa.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pantai Parbaba
Foto Aldi di Google Maps

1. Fotografi di tempat modern

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilewatkan di pantai pasir putih Parbaba adalah fotografi. Pemandangan hamparan pantai luas yang ditumbuhi bukit-bukit tinggi menjadi spot favorit para wisatawan.

Anda dapat mendownload foto Instagram dan menambahkannya ke koleksi postingan di akun media sosial Anda. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai iklan objek wisata cantik tersebut agar lebih dikenal banyak orang.

2. Berjemur di hamparan pasir putih.

Berjemur di pasir putih pantai ini merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Apalagi bagi wisatawan mancanegara yang biasanya senang berjemur.

Cuaca di Pantai Parbaba cukup panas sehingga Anda bisa berjemur di sini. Ditambah lagi, Anda bisa menyewa tikar seharga Rp 10 ribu untuk berjemur sambil menikmati panorama pantai yang menakjubkan.

3. Belanja berbagai oleh-oleh.

Berwisata rasanya kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas kawasan wisata tersebut. Di pinggir pantai pasir putih Parbaba terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual berbagai pernak-pernik cantik. Beberapa toko suvenir menawarkan segalanya mulai dari harga murah hingga mahal.

4. Makan kuliner yang nikmat

Terdapat beberapa kios dan kantin di sepanjang pantai yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Mulai dari makanan instan, snack, kue dan lain sebagainya. Ada juga minuman kemasan, teh hangat, es teh, kopi, susu dan lain sebagainya.

Baca Juga  Pura Segara Rupek, Destinasi Wisata Religi yang Megah di Buleleng Bali

Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal karena sebagian besar warung di pantai eksotis ini memiliki harga standar. Biasanya penjual memasang spanduk yang menjelaskan harga kuliner yang dijualnya.

5. Berjalan-jalan di sepanjang pantai pasir putih Parbaba.

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas bersantai di pantai ini, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai. Kegiatan ini tidak akan memaksa Anda mengeluarkan banyak tenaga. Berjalan-jalan dan menikmati keindahan pantai akan membuat Anda merasa rileks dan istirahat.

6. Berkemah

Jangan lewatkan hiking di pantai ini. Pasalnya, sayang jika melewatkan suasana kehidupan malam yang nyaman di kawasan ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Parbaba
Foto oleh Arlin Vindaryanti di Google Mpas

Pantai Parbaba merupakan objek wisata dengan infrastruktur umum yang cukup berkembang. Meski letak objek wisata cantik ini cukup jauh dari pusat kota, namun kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi. Terdapat beberapa hotel atau penginapan di pinggir pantai yang bisa dipilih wisatawan.

Di sini juga tersedia model berupa rumah warga sekitar yang diubah menjadi tempat tinggal, bahkan hotel yang terbilang profesional.

Tempat bermalam bagi wisatawan berupa tenda atau gubuk juga disewakan di sini. Harga sewa tenda berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupee, tergantung posisi yang Anda pilih.

Toilet umum juga tersedia dengan membayar Rs 3.000 untuk mandi dan Rs 2.000 untuk buang air besar. Hanya saja kualitas fasilitas ini masih perlu ditingkatkan.

Area parkir di pantai ini luas dan memiliki pasir putih yang indah. Wisatawan secara mandiri menentukan lokasi parkir kendaraannya.

Demikianlah informasi mengenai pantai pasir putih Parbaba yang sangat cocok untuk anda jadikan tujuan liburan bersama teman atau keluarga.

Keindahan pantai yang mempesona dipadukan dengan fasilitas yang memadai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Ayo segera rencanakan liburan ke pantai ini.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *