Air Terjun Siluman, Pesona Alam Eksotis Nan Alami di Langkat

Ide Wisata44 Dilihat


Air Terjun Siluman pesona alam yang eksotik dan alami di Langkat, memukau dengan keindahan telaga birunya yang mempesona, menambah daya tarik dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Desa Rumah Galukh, Kec. Katakanlah Bingay, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Mendengar nama Air Terjun Siluman, wajar jika muncul hal-hal mistis dan menakutkan di benak Anda.

Namun ternyata tidak demikian, justru keindahan alam itulah yang Anda dapatkan ketika berkunjung ke salah satu air terjun di Langkat ini. Pesonanya terletak tak jauh dari struktur air terjun itu sendiri dan kolam tempat jatuhnya air.

Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang mempesona. Kebanyakan dari gunung, bukit dan air terjun. Kondisi ini disebabkan letak geografisnya yang lebih banyak terdapat perbukitan yang berupa pegunungan dibandingkan dataran rendah.

Seperti halnya di pegunungan, tentunya terdapat berbagai macam air terjun yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Air Terjun Siluman bukan satu-satunya objek wisata alam yang patut dikunjungi di Langkat.

Namun masih banyak lagi yang memiliki panorama alam yang indah. Kali ini tidak bisa dianggap remeh karena di sini ada keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik air terjun Siluman

Objek wisata air terjun Siluman.
Foto Tito di Instagram

Nama lain dari air terjun cantik ini adalah Air Terjun Namo Belanga. Beberapa warga juga menyebutnya Air Terjun Bidadari. Terlepas dari namanya, faktanya memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan menempuh jarak jauh untuk menyaksikan pesonanya.

1. Keindahan Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman tak kalah indahnya dengan air terjun di tempat lain. Bahkan mungkin memiliki keindahan yang tak tertandingi karena unik. Bayangkan, batu yang dilalui air itu tampak seperti bongkahan batu.

Artinya, batu-batu tersebut terlihat seperti tersusun menjadi satu, bukan menjadi satu kesatuan. Anda bisa melihat dengan jelas tumpukan bebatuan yang menimbulkan riak-riak kecil saat air mengalir melewatinya. Di sela-sela tumpukan batu tumbuh tanaman liar yang tidak akan bertahan lama. Penyebabnya adalah tanaman tersebut lama kelamaan hilang terbawa aliran air.

Lain halnya dengan tumbuhan di sisi kiri dan kanan bebatuan yang berfungsi sebagai jalur utama lewatnya air. Tumbuhan ini tumbuh subur dan menutupi hampir seluruh bagian batuan, seolah tak ingin memperlihatkan keindahannya. Tumbuhnya lumut membuat area sekitar air terjun terlihat hijau menyegarkan.

Baca Juga  Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

2. Telaga Biru yang Menawan

Aliran air yang melewati Air Terjun Siluman nantinya akan ditempatkan di sebuah reservoir yang disebut dengan kolam. Menarik adalah apa yang bisa Anda katakan ketika Anda datang melihatnya.

Warnanya biru bersih sehingga dasar danau terlihat jelas. Meski bagian terdalam danau ini sekitar 2 meter, namun bebatuan di bawahnya masih terlihat jelas.

Saat cuaca cerah, saat matahari bersinar terik, kolam cantik ini terlihat semakin memukau. Sinar matahari yang berada di permukaan kolam tampak seperti telah kembali dan sulit dilihat dengan jelas.

Pesona ini bisa Anda saksikan meski tidak ada pengunjung yang menggunakannya untuk berenang, karena dasar kolam yang terbuat dari tanah dan batu tidak ditinggikan.

3. Air terjun musiman

Pada umumnya air di air terjun selalu mengalir, setiap musim. Namun berbeda dengan Air Terjun Siluman yang merupakan air terjun musiman. Artinya tidak selalu ada aliran air; kadang muncul dan kadang hilang. Munculnya air yang mengalir dipengaruhi oleh waktu dalam setahun.

Saat musim kemarau, aliran air biasanya tidak terlalu deras, bahkan bisa hilang jika musim kemarau panjang. Namun saat musim hujan, aliran air dipastikan akan deras dan tidak hanya menggenangi kolam atau danau saja, tapi juga area sekitarnya. Keunikan tersebut rupanya membuat penasaran wisatawan untuk datang dan mencoba peruntungan.

4. Manfaat air kolam renang

Percaya atau tidak, air di cekungan Air Terjun Siluman terbilang bergizi. Khasiat yang dimaksud adalah dapat mengobati berbagai penyakit, terutama yang ringan.

Pasalnya, kolam di air terjun eksotik ini dulunya digunakan sebagai tempat mandi para bidadari. Atas dasar itulah muncullah nama lain Air Terjun Bidadari.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Siluman
Foto oleh Travellingsumut di Instagram

Objek wisata cantik ini terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Perjalanan dengan kendaraan bermotor akan memakan waktu kurang lebih 1 jam jika menuju BiƱay.

Jarak yang harus ditempuh sekitar 30 kilometer, dan kondisi jalan setelah memasuki kawasan pegunungan kurang baik.

Jika Anda akan mengunjungi Air Terjun Siluman, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua. Perlu melewati dua pos perhentian.

Baca Juga  Pantai Ngetun, Pantai Cantik dengan Pemandangan Eksotis di Gunung Kidul

Untuk mencapai pos pertama ini medannya tidak terlalu luas dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Bagi yang terpaksa membawa kendaraan roda empat sebaiknya meninggalkannya di tempat parkir dan menggunakan jasa ojek di sekitar tempat wisata.

Perjalanan dari pos pertama ke pos kedua memakan waktu yang cukup lama. Setibanya di pos pemeriksaan kedua, Anda harus memarkir mobil dan memulai perjalanan dengan berjalan kaki. Sebaiknya sewa pemandu untuk melindungi diri Anda dan menjaga situasi tetap terkendali.

Pasalnya, jalan yang harus dilalui cukup sulit, landai dan tanah licin. Apalagi jika Anda baru pertama kali datang dan tentunya belum mengetahui di mana letak air terjun Siluman.

Memiliki pemandu atau guide lokal memang menguntungkan, namun Anda harus mengeluarkan biaya yang sudah ditentukan.

Biaya masuk ke tempat wisata

Dari segi harga memang berbeda dengan air terjun di tempat lain, kali ini bisa dikatakan cukup mahal. Umumnya wisata air terjun mematok harga tiket masuk sebesar INR 5.000 atau INR 10.000 saja. Namun tiket masuk air terjun di Langkat ini dibanderol dengan harga 50.000 per orang.

Biaya masuk Air Terjun Siluman sudah termasuk pemandu yang akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Itu tidak mutlak, Anda tetap bisa menawar jika dirasa terlalu mahal. Yang datang rombongan biasanya diuntungkan karena mendapat harga 150.000 untuk lima orang.

Aktivitas menarik di air terjun Siluman

Aktivitas menarik di air terjun Siluman
Foto Tito di Instagram

Pesonanya sayang untuk dilewatkan, apalagi banyak hal menarik yang bisa dilihat di sini. Seperti halnya wisata air terjun, itu adalah kegiatan yang menyenangkan. Buat kamu yang baru pertama kali datang, bisa jadikan aktivitas berikut ini sebagai inspirasi!

Berenang dan bermain air

Kedalaman air di cekungan Air Terjun Siluman berkisar antara 1,5 hingga 2 meter. Kedalaman ini sangat tidak aman bagi mereka yang tidak bisa berenang. Jika Anda salah satunya, alangkah menyenangkannya bermain air di pinggir kolam. Kedalaman di tepiannya cukup dangkal dan tidak terlalu berbahaya untuk sekedar bermain air.

Sebaliknya jika Anda jago berenang, silakan berenang sepuasnya di kolam yang konon dulunya digunakan sebagai tempat mandi para bidadari. Air tawar akan membuat Anda betah berlama-lama, mengasah kemampuan berenang.

Sayangnya kolam tersebut tidak bisa digunakan untuk lompat tebing karena hampir tidak ada batu besar di pinggir kolam. Kalaupun ada, ditumbuhi lumut dan cukup sulit untuk didaki.

Baca Juga  Pesona Kuliner Angkringan Puncak Bibis

Menikmati keindahan Air Terjun Siluman.

Tidak harus bermain air atau berenang, dan mereka yang karena alasan tertentu tidak ingin melakukan kedua aktivitas tersebut tetap bisa menikmati pemandangan indah. Pepohonan hijau, kolam biru, dan air terjun yang eksotis pasti memanjakan mata. Apalagi suasana sekitar sangat asri dengan cuaca yang sejuk.

Berburu foto

Jangan terlalu terpesona dengan keindahan Air Terjun Siluman hingga lupa mengabaikannya. Kegiatan ini wajib dilakukan saat sedang berlibur. Apalagi kali ini Anda akan mengunjungi salah satu tempat wisata alam terbaik di Langkat. Tentu sayang jika semua panorama yang disajikan dilewatkan begitu saja.

Bersantailah dalam wisata kuliner

Lelah beraktivitas, baik itu berenang maupun berfoto untuk konten media sosial, singgahlah sejenak di kios yang telah disediakan.

Jumlahnya tidak banyak, kini hanya ada dua lapak semi permanen. Namun, Anda bisa menikmati hidangan di sana baik sebagai santapan lezat atau sekadar camilan.

Menu yang biasa terdapat di warung Siluman Falls adalah mie instan. Jika beruntung, ada juga gorengan dan jajanan tradisional. Minuman juga tersedia, baik dingin maupun hangat. Disarankan untuk menikmati minuman hangat karena kondisi cuaca di sana cukup dingin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Air Terjun Siluman
Foto oleh Yanhzs di Instagram

Fasilitas yang ada di tempat wisata alam ini tidak banyak. Hanya musuh-musuh yang disebutkan di atas saja yang ditemukan di lokasi utama. Begitu pula dengan toilet yang masih menempel di bilik. Bagi yang ingin melakukan hal serupa, ada baiknya membawa perlengkapan sendiri dari rumah, termasuk sajadah.

Infrastruktur Air Terjun Siluman yang cukup lengkap terdapat di tempat parkir yang juga menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. Ada juga banyak kios dengan berbagai produk. Ada juga toilet yang lebih baik di area tersebut jika Anda perlu membersihkannya.

Meski pilihannya masih minim, setidaknya ada alternatif yang bisa digunakan. Dengan demikian, objek wisata cantik ini masih layak untuk dikunjungi dan menduduki peringkat teratas dalam daftar kunjungan wisatawan.

Bagi Anda yang saat ini sedang berada di Langkat Residency atau Binjai, tak ada salahnya jika Anda mengunjungi Air Terjun Siluman dan melihat langsung keindahannya.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *