Pantai Teluk Asmara, Pantai Indah dengan View Alam yang Memesona di Malang

Ide Wisata6 Dilihat


Pantai Teluk Asmara di Malang memadukan keindahan dua jenis pantai dalam satu kawasan, menawarkan pemandangan alam sepanjang laut yang indah yang mempesona.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kecamatan. Sumbermanjing, Cab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Bermalam di Malang belum lengkap rasanya tanpa menjelajahi salah satu dari berbagai destinasi wisata bahari yang ditawarkan di kawasan tersebut. Pantai Teluk Asmara adalah salah satunya. Berkat keindahan alamnya yang sejuk dan pantainya yang sangat indah, selalu banyak pengunjungnya.

Pantai berpasir putih ini dihiasi hamparan laut biru dengan ombak yang relatif tenang, serta gugusan pulau-pulau kecil di sekitar kawasan pantai, semakin menambah keindahan yang ditawarkan. Keberadaan pulau kecil ini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri yang jarang ditemukan di kawasan wisata lainnya.

Objek wisata pantai ini sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan akibat aktivitas sehari-hari, seperti kelelahan karena lembur atau kelelahan karena aktivitas sekolah. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk bersantai bersama orang tersayang, seperti keluarga atau teman.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Objek Wisata Pantai Teluk Asmara

Shutterstock Objek Wisata Pantai Teluk Asmara
Foto oleh Sony Herdiana di Shutterstock

Pemandangan alam yang begitu indah

Anda tidak akan kecewa jika menikmati pemandangan kawasan pantai ini karena Anda akan disuguhkan berbagai kenikmatan alam yang menakjubkan. Kenikmatan alam tersebut antara lain hamparan laut biru dan pasir yang luas dengan karakteristik berbeda-beda di setiap pantainya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantai ini juga memiliki berbagai keunikan antara lain tebing batu karang, gugusan karang hidup yang indah, serta pantai laut yang landai. Semua itu bisa Anda temukan jika berkunjung ke kawasan wisata pantai di Malang ini.

Keindahan dua jenis pantai dalam satu tempat

Di tengah garis pantai Teluk Asmara terdapat sebuah bukit yang seolah menjadi pembatas antara ujung pantai yang satu dengan ujung lainnya. Anda akan bisa menikmati panorama gugusan karang yang landai dengan air laut yang hampir tidak ada ombaknya.

Di sisi kiri bukit pantai Anda bisa bermain hingga 50m dari bibir pantai karena airnya cukup dangkal. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat permukaan air laut sedang rendah. Sedangkan di sisi kanan bukit pantai Anda akan menjumpai pantai berpasir putih yang indah. Area ini memungkinkan Anda bermain air dan pasir lembut.

Baca Juga  Museum Dirgantara, Wisata Edukatif di Bantul dengan Beragam Koleksi Pesawat Bersejarah

Memiliki ombak yang tenang dan cepat

Ombak di objek wisata pantai ini cukup tenang karena banyaknya bebatuan yang landai. Di kawasan ini Anda bisa bermain di genangan air yang membanjiri kawasan pantai.

Berbeda dengan pantai sebelah kanan, pada bagian ini ombak pantai terlihat cukup kencang sehingga tidak disarankan untuk bermain air di area pantai ini. Meski berenang dan bermain air diperbolehkan di sini, Anda tetap perlu memperhatikan keselamatan setiap saat.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Keindahan pasirnya begitu mempesona

Pasir yang ada di pantai ini mempunyai keindahan yang mampu membuat siapapun yang melihatnya terkagum-kagum. Warnanya yang putih kekuningan membuat kawasan pantai semakin hangat dan eksotis.

Bagi Anda yang berwisata bersama anak-anak, bermain pasir bisa menjadi aktivitas yang bisa dilakukan seluruh keluarga. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman perjalanan Anda ke Pantai Teluk Asmara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Asmara Teluk
Foto oleh Mastique87 di Shutterstock

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Teluk Asmara letaknya berdekatan dengan pantai Malang lainnya yaitu Pantai Goa Sina dan Pantai Klungup. Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Malang, pantai ini memiliki dua jalur perjalanan terbaik yang bisa Anda pilih.

Rute pertama: dari kota Malang bisa menuju arah Touraine. Kemudian menuju kawasan Sumbermanjing Wetan, berbelok ke selatan. Anda bisa terus menyusuri jalan menuju Sendang Biru hingga tiba di sebuah pertigaan. Dari sini Anda hanya perlu memperhatikan rambu-rambu jalan yang tersedia dan mengikutinya hingga mencapai pantai.

Rute Kedua: dari kota Malang bisa menuju ke arah Kepanjen. Kemudian lanjutkan perjalanan anda menuju daerah Pagak menuju daerah Bantur. Dari kawasan Bantur, perjalanan dapat dilanjutkan menuju Pantai Balekambang hingga mencapai pertigaan. Dari sini Anda hanya perlu belok kiri dan ikuti rambu jalan yang ditunjukkan.

Untuk jalur kedua, Anda juga bisa menempuh jalur lain untuk mencapai kawasan Bantur yaitu dari pusat kota Malang menuju Gondangleggi lalu menuju kawasan Bantur.

➥ Cek hotel murah di Malang

Biaya masuk dan jam buka

Untuk bisa menikmati beragam keindahan Pantai Teluk Asmara Malang ini anda tidak akan dipungut biaya apapun yang mahal, bahkan bisa dikatakan biaya yang akan anda bayarkan cukup bersahabat. Oleh karena itu, objek wisata tepi pantai ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari objek wisata dengan budget minim.

Baca Juga  Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

Biaya lain yang harus Anda keluarkan selama berada di tempat wisata ini adalah biaya parkir mobil. Papan ini juga cukup murah dan masuk akal. Harganya sekitar 10 hingga 20 ribu rupee per mobil. Namun biaya tersebut belum ditentukan dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Teluk Asmara
Foto oleh Anoma Harja di Shutterstock

1. Menikmati keindahan matahari terbenam

Bukan rahasia lagi kalau pantai merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam. Tak terkecuali Pantai Teluk Asmara. Sayang sekali jika Anda melewatkan momen matahari terbenam ini karena ketika momen matahari terbenam tiba, kawasan pantai tiba-tiba menjadi hangat dan eksotis.

2. Snorkeling di Pantai Teluk Asmara.

Pantai ini memiliki ombak atau arus lepas pantai yang cukup tenang, meskipun terletak di Pulau Jawa bagian selatan yang terkenal dengan ombaknya yang kasar. Anda dapat menggunakan ini untuk scuba diving.

Sembari melakukan snorkeling, Anda akan bisa menikmati berbagai keindahan bawah laut yang ditawarkan di pantai ini. Mulai dari keindahan terumbu karang hingga keindahan ragam ikan-ikan kecil yang bisa Anda nikmati saat snorkeling. Ini dapat menciptakan pengalaman unik bagi Anda.

3. Berkemah

Aktivitas menyenangkan berikutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata pantai ini adalah berkemah. Saat Anda memutuskan untuk mendirikan kemah, Anda bisa merasakan indahnya malam dengan suara deburan ombak yang tenang dan suara alam sekitar yang benar-benar akan menyegarkan pikiran Anda.

Memiliki area pantai yang luas akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak khawatir dengan ombak yang tinggi. Alternatifnya, jika Anda terlalu malas untuk berkemas atau tidak memiliki perlengkapan berkemah, Anda bisa menyewa berbagai perlengkapan berkemah dan tenda dari penduduk setempat yang menawarkan berbagai jasa persewaan.

4. Mengumpulkan cangkang

Anda yang senang mengoleksi barang-barang unik mungkin bisa menyelesaikan tantangan ini. Di Pantai Teluk Asmara, Anda bisa mengoleksi berbagai macam kerang yang bisa dijadikan koleksi menarik. Cangkang kerang tersedia dalam berbagai bentuk dan warna dan sangat indah. Di pantai ini banyak ditemukan kerang-kerang mati yang belum tersentuh.

5. Jalan-jalan melihat terumbu karang.

Terumbu karang di pantai ini sangat bersih. Di sisi kiri bukit Anda bisa berjalan menyusuri hamparan karang untuk melihat seluruh biota laut yang ada di pantai ini.

Beberapa hal yang mungkin Anda lihat antara lain terumbu karang hidup, gurita, siput laut, dan lumba-lumba yang cukup berbahaya. Jika Anda memutuskan untuk bermain di pantai cantik ini tentunya harus mempersiapkan perlindungan yang baik.

Baca Juga  Pantai Congot, Pantai Indah Dibaluti Hutan Mengarove di Kulon Progo

Akomodasi murah dekat pantai

1. Penginapan Ariesta

Penginapan pertama yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Teluk Asmara adalah Ariesta Homestay. Guest house ini memiliki berbagai fasilitas menarik yang pastinya akan membantu pengunjung merasa nyaman berada di sini. Meski tidak dilengkapi AC, namun udara di hotel ini bisa dibilang sangat sejuk. Tempat ini juga cocok untuk wisatawan.

2. Penginapan wisata “Berkah Alam”

Penginapan di Sendang Biru ini cukup bagus meski tampilannya masih terbilang standar. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain kulkas, AC, Wi-Fi, tempat parkir, TV, air bersih, kasur empuk dan masih banyak fasilitas lainnya.

3. Vila Asmara Bukit

Villa ini memiliki desain interior yang cukup menarik dengan dominasi kayu sehingga menciptakan suasana sejuk. Letak villa yang dekat dengan Pantai Teluk Asmara ini bisa membuat perjalanan Anda lebih hemat. Beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan di sini antara lain sarapan gratis, Wi-Fi, parkir, dan layanan mobil dengan biaya tambahan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pantai Shutterstock terletak di Teluk Asmara
Foto oleh Rizka Chandra Febiyanto di Shutterstock

Fasilitas di Pantai Teluk Asmara belum berkembang seperti di kawasan wisata lainnya. Sebab pantai ini masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Meski tidak terlalu lengkap, namun menyediakan beberapa fasilitas penting yang bisa Anda manfaatkan.

Fasilitas utama yang tersedia antara lain lahan parkir yang cukup luas, tempat ibadah umat Islam, dan kamar mandi yang masih terjaga kebersihannya. Selain itu, terdapat warung makan yang bisa Anda manfaatkan jika tiba-tiba merasa lapar. Anda bisa bersantai menikmati keindahan alam pantai sambil menyantap makanan dari warung ini.

Jika ingin bermalam di pantai, Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda. Fasilitas yang menunjang kegiatan ini antara lain tersedianya perlengkapan berkemah dan persewaan tenda. Fasilitas lain yang perlahan mulai bermunculan di situs ini adalah wahana fly fox, gazebo, dek observasi, spot foto dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang sedang dibangun.

Mengetahui beberapa informasi mengenai Pantai Teluk Asmara, objek wisata tepi laut ini tentu bisa Anda masukkan ke dalam daftar pilihan liburan Anda khususnya di Kabupaten Malang. Kawasan wisata ini menawarkan beragam aktivitas menarik serta keindahan pemandangan alam dan sayang sekali jika Anda lewatkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *