Saksikan Keindahan Pantai Tembles, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Jembrana

Ide Wisata12 Dilihat


Rasakan pesona Pantai Tembles di Jembrana, tempat terbaik untuk menikmati keindahan pantai pasir hitam eksotis yang memanjakan mata dan jiwa.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pemutaran, Kecamatan. Mendoyo, Cab. Jembrana, Bali; Map: Periksa lokasi

Kumpulan pantai di Jembrana, Bali memang tidak pernah mengecewakan. Ke mana pun Anda pergi, masing-masing memiliki ciri dan ciri khasnya masing-masing.

Termasuk Pantai Pura yang keunikannya terletak pada warna dan tekstur pasirnya. Jika biasanya pasirnya berwarna putih, kali ini berwarna hitam dan teksturnya berubah.

Pantai ini tidak setiap hari banyak dikunjungi wisatawan, hanya pada waktu tertentu saja ada pengunjungnya. Kebanyakan dari mereka adalah penduduk lokal atau mereka yang melakukan perjalanan dan menjelajahi pantai.

Namun keindahan alam yang dihadirkan tidak kalah dengan pantai-pantai populer di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Garis pantainya terbentang cukup panjang, namun dimensinya tidak terlalu lebar. Anda memerlukan waktu setidaknya 30 menit untuk berpindah dari satu ujung ke ujung lainnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di sepanjang garis pantai terdapat tanggul batu yang dibangun rapi. Tampilan ini bahkan lebih eksotis: pasir hitam seolah menyatu dengan batu, mencegah abrasi.

Atraksi Pantai Pura

Atraksi Pantai Pura
Foto Pradnya Pradeep di Google Maps

Pantai cantik ini mempunyai beberapa daya tarik yang tidak dimiliki pantai lainnya. Memang tidak terlalu ramai, namun selalu ada wisatawan yang datang untuk menikmati keindahannya.

Pesona utamanya adalah keunikan pasir hitamnya, garis pantai yang panjang, dan suasananya yang tenang.

Keindahan Pantai Thambles

Dibandingkan pantai Bali lainnya, mungkin kali ini kurang menawan. Namun tetap memiliki ciri dan keindahan tersendiri. Misalnya saja dari garis pantainya yang membentang hampir lurus.

Di sekitar pantai terdapat tanggul batu alam berbentuk bendungan yang berfungsi mencegah abrasi dan pasang surut.

Pemandangan Pantai Tembles Jembrana sangat indah apalagi dipadukan dengan pasir hitamnya yang halus. Saat Anda berjalan di atasnya, sebagian pasirnya beterbangan karena lembut sekali.

Baca Juga  Pulau Kapuk, Pulau Tersembunyi di Aceh Besar yang Kaya Nilai Sejarah

Pasir ini juga mempunyai keistimewaan yang unik yaitu ketika terkena sinar matahari. Saat itu tampak berkilau seperti kristal karena kandungan garam yang masih tersimpan.

Warna airnya yang tidak kebiruan atau hijau semakin menonjolkan pesona laut lepas. Pantai cantik ini berwarna agak kecoklatan namun bersih dan enak dipandang.

Ombak yang datang relatif tenang, angin kencang hanya bertiup pada waktu-waktu tertentu. Juga tidak mampu menimbulkan gelombang tinggi sehingga cocok untuk olahraga air.

Suasana damai dan tenang

Pengunjung Pantai Tembles belum banyak sehingga suasananya cukup tenang dan damai. Wisatawan yang suka keramaian kurang cocok kesini.

Namun bagi yang mendambakan suasana tenang, pantai ini layak menjadi destinasi unggulan. Selain itu, banyak tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar kawasan wisata sehingga menambah keindahan.

Bersantai di pinggir pantai menjadi pilihan tepat sambil menikmati suasana alam. Hembusan angin tak hanya membuat daun bergoyang, tapi juga menghaluskan permukaan kulit.

Apalagi beberapa pantai memiliki gazebo dan tempat rekreasi. Anda dapat menggunakannya sambil merasakan kedamaian sejati sebagai alat penyembuhan.

Pantai yang bersih dan terawat

Minimnya jumlah pengunjung bukan berarti Pantai Tambles tidak memiliki kelebihan apa pun. Faktanya, ini bisa menjadi keuntungan potensial bagi sebagian wisatawan.

Selain suasananya yang damai dan tenang, pantai ini relatif bersih. Pengunjung tidak akan menemukan sampah berserakan di sepanjang bibir pantai.

Anda juga tidak akan melihat sampah terapung di permukaan laut. Hanya beberapa daun yang tertiup angin menjadi sampah di sini. Selain kebersihan, kondisinya juga terlihat terawat dan cukup rapi.

Terdapat gazebo dan bangku, dibangun rapi dan dalam kondisi baik. Untuk kenyamanan wisatawan, akses menuju pantai disediakan berupa tangga.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Kuil
Foto Hanami Bali di Google Maps

Tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Pantai Pura setelah membaca pembahasan di atas? Pertama, Anda perlu mengetahui lokasinya yaitu di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

Baca Juga  Indahnya Pantai Indrayanti, Surga Bahari yang Eksotis di Jogja

Jarak dari Alun Alan Kota Negara tidak terlalu jauh, hanya sekitar 13 kilometer yang bisa ditempuh melalui jalan darat.

Anda bisa mengunjunginya dengan angkutan pribadi, jasa wisata atau bahkan angkutan umum. Namun untuk menghemat biaya, lebih disarankan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Tak perlu khawatir soal rutenya karena dijamin mudah ditemukan. Jika Anda terbang dari pusat kota, silakan menuju ke Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk.

Sesampainya di Alun-Alun Pergung, berjalanlah ke arah menuju Pasar Tegal Kangkring. Jalur selanjutnya menuju Pantai Candi Jembrana adalah Jalan Pudak, sekitar 4 kilometer dari pasar.

Berjalan lurus menyusuri jalur utama sekitar 600 meter dan Anda akan sampai di pura Jalan Setre, tempat pantai indah ini berada. Segala pesona dan keindahan pantai ini bisa dinikmati kapan saja, bahkan setiap hari.

Sebab, tidak ada jam buka yang berlaku, atau bisa dikatakan buka setiap hari selama 24 jam. Tidak perlu membeli tiket, karena masuk ke kawasan pantai ini masih gratis.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Thambles
Foto oleh Kadek Asek di Google Maps

Tiket masuk ke kawasan wisata bahari ini memang gratis, namun bukan berarti Anda tidak akan melihat sesuatu yang menarik.

Sebaliknya, selain berbagai atraksi yang disebutkan di atas, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Semuanya menarik dan mengasyikkan, pilihannya tergantung individu masing-masing.

1. Menikmati suasana khas pantai.

Tidak terlalu cantik, tapi masih layak untuk dilihat dan dinikmati. Apalagi bagi yang belum pernah ke pantai, pantai ini bisa menjadi pilihan pertama.

Anda akan benar-benar merasakan suasana Pantai Pura, suara deburan ombak, semilir angin sepoi-sepoi, dan aroma laut yang khas. Keadaan hening membuat pikiran menjadi tenang dan damai.

2. Berjemur di pinggir Pantai Tembles.

Tak ketinggalan wisatawan mancanegara yang gemar berjemur di pantai, hal serupa juga bisa Anda lakukan di Pantai Temples.

Namun berbeda dengan pantai populer lainnya di Bali yang terdapat tikar, bangku atau payung. Stok di sini habis, jadi bawa sendiri dari rumah.

Baca Juga  Bunut Ngengkang, Pemandian Alami di Lombok Barat yang Kaya Pesona

3. Bermain pasir

Selain dua aktivitas seru di atas, Anda juga bisa bermain pasir di pinggir Pantai Tembles Jembrana. Teksturnya yang lembut cocok sebagai lingkungan bermain.

Anda bisa menggali lubang yang akan terisi air saat ombak datang. Kegiatan ini akan semakin seru jika Anda datang bersama seluruh keluarga, terutama anak-anak.

4. Bersantai di gazebo.

Lautan, pasir hitam, tanggul batu – begitulah urutan pemandangan yang terbuka di Pantai Temples. Di belakang kawasan pejalan kaki terdapat jalan setapak menuju keindahan pantai.

Beberapa gazebo berjejer rapi di samping jalan setapak ini, tempat Anda bisa bersantai, berlindung di bawah naungan dan menikmati suasana.

5. Aktivitas foto

Jika selama liburan Anda tidak berburu spot foto, maka aktivitas Anda bisa disebut belum selesai. Apapun tempat wisata yang Anda tuju, terutama pantai. Sebenarnya tidak ada sebidang tanah tertentu yang bisa dijadikan lokasi berfoto.

Keindahan alam dan suasana sekitar pantai saja bisa dijadikan backdrop untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Thambles
Foto oleh Agung Nursabil di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Pura ini tidak memiliki banyak fasilitas, namun cukup memadai. Pengemudi mobil dan sepeda motor disediakan tempat parkir yang nyaman. Terdapat kedai makanan dan minuman di daerah sekitarnya.

Jika perlu, Anda bisa menggunakan toilet yang letaknya tidak jauh dari kabin. Fasilitas lainnya berupa gazebo dan bangku untuk bersantai.

Bali selalu terkenal dengan alamnya yang indah dan mempesona. Apalagi kalau bicara soal pantai, ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengisi liburan. Semuanya mempunyai daya tarik dan ciri khas tersendiri.

Jika Anda mencari suasana tenang dan damai, Pantai Tembles di Jembrana mungkin bisa menjadi pilihan pertama Anda karena pengunjungnya masih sangat sedikit.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *