Pantai Watu Leter, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau di Malang

Ide Wisata102 Dilihat


Pantai Watu Leter merupakan pantai indah di Malang dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dan hamparan pasir lembut.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Rovotrate, Sitiarjo, Kab. Sumbermanjing, Cab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Dikenal tidak hanya sebagai destinasi pendidikan yang ramai bagi pelajar dari berbagai kota, tetapi juga sebagai tempat yang indah dengan beberapa pantai yang menawan. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Vatu Leter, dan untuk alasan yang bagus.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dan membuat pengunjungnya betah berlama-lama. Jarang sekali kita melihat sampah atau kotoran yang dibuang sembarangan oleh pengunjung, itulah sebabnya pantai ini terlihat sangat bersih.

Tak heran jika Pantai Watu Leter menjadi tempat yang paling wajib dikunjungi saat berlibur di Malang. Berikut beberapa informasi menarik mengenai pantai ini yang sayang untuk Anda lewatkan.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Atraksi Pantai Vatu Leter

Shutterstock Daya Tarik Pantai Vatu Liter
Foto oleh Wizhnuxx di Shutterstock

Konon segala sesuatu yang ada disekitarnya sangat menawan, mulai dari garis pantai, laut, bahkan pepohonan disekitarnya menambah keindahannya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Seperti halnya kunjungan pantai pada umumnya, wisatawan yang menginap di Pantai Watu Leter juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang mempesona. Matahari akan terlihat begitu cerah di sore hari dan cahayanya yang perlahan meredup terlihat saat berada di pantai ini.

Oleh karena itu, banyak anak muda yang sangat menyukai kondisi pantai ini dan memilihnya sebagai tempat ideal untuk menikmati pemandangan. matahari terbenam bersama dengan teman atau orang yang Anda cintai. Suasana romantis yang tercipta pastinya akan membuat siapa pun merasa terharu dan tidak akan pernah melupakan pemandangan sang mentari.

➥ Cek promosi hotel di Malang

2. Batu yang menarik

Di pantai ini terdapat kumpulan batu karang yang ukurannya bisa dikatakan cukup bervariasi. Batunya ada yang sangat besar, namun ada juga yang berukuran sangat kecil dibandingkan batu lainnya. Semuanya terletak strategis dan masih bisa dijangkau oleh pengunjung.

Walaupun batu ini tidak terlalu berbahaya untuk dikunjungi, namun alangkah baiknya jika pengunjung tetap memperhatikan keselamatannya di atas batu ini. Pasalnya, kumpulan bebatuan tersebut cenderung cukup licin sehingga jika tidak hati-hati, pengunjung berisiko terluka dan terkena bahaya yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Jurang Tembelan Kanigoro, Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian di Bantul

3. Dikelilingi pepohonan

Daya tarik Pantai Vatu Leter selanjutnya adalah pepohonan yang melimpah dan rimbun. Hal ini difasilitasi dengan banyaknya pohon pinus yang mengelilingi kawasan pantai, sehingga pengunjung tidak akan merasakan panasnya sinar matahari saat berkunjung ke pantai ini.

Tidak hanya pohon pinus saja, pengunjung yang datang ke pantai ini akan menjumpai hutan bakau yang sangat lebat. Hutan inilah yang menjadi alasan mengapa udara di pantai ini begitu sejuk dan berbeda dengan udara kotor yang biasa terdapat di kota-kota besar.

4. Suasana tenang

Yang membuat Vatu Leter begitu unggul dibandingkan lainnya adalah suasana di sini begitu tenang dan damai. Tidak akan ada kebisingan akibat lalu lintas yang padat seperti di dalam kota, atau suara keras yang mengganggu kenyamanan pengunjung. Karena pantai ini banyak pengunjungnya dan tidak terlalu ramai.

Namun bukan berarti pantai ini tidak menarik. Sebaliknya, masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan tersembunyi di pantai ini. Oleh karena itu lebih disukai pengunjung yang ingin menikmati liburan bersama orang tercinta dalam keheningan.

5. Pantai berpasir lembut.

Mampir ke Pantai Watu Leter, pengunjung akan langsung dibuat terkesima dengan hamparan pasir pantai yang luas dan mempesona. Warnanya yang perpaduan antara putih dan kecoklatan, serta tidak adanya puing-puing membuat pasirnya tidak menarik.

Pasirnya memiliki tekstur yang cukup lembut dan tidak akan melukai kaki Anda jika berjalan di atasnya tanpa alas kaki. Pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa mengajaknya bermain pasir dengan membuat mainan istana.

6. Air laut yang bersih

Daya tarik terakhir dari pantai ini tentu saja air lautnya yang sangat bersih dan bening tidak tercemar kotoran. Air laut mempunyai warna yang sangat menarik yaitu perpaduan warna biru tua dan hijau toska sehingga menimbulkan pantulan air yang menarik.

Saking jelasnya, pengunjung yang ingin menaiki kapal dapat melihat dengan jelas ikan-ikan kecil dan makhluk hidup lainnya yang berenang di bawah kapal tanpa perlu menyelam terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena pihak pengelola pantai sangat memperhatikan kebersihan pantai ini.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Surat Watu
Foto oleh Icham Adrian di Shutterstock

Pantai Watu Leter terletak di lokasi yang cukup mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang, Jawa Timur. Terletak di Kecamatan Sumbermanjing, objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dalam waktu sekitar dua jam dari pusat kota.

Baca Juga  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini disarankan untuk memulai perjalanan dari pusat kota Malang agar lebih cepat sampai. Mulailah perjalanan Anda dengan menuju ke arah Malang Selatan. Setelah melewati Pantai Sendang Biru, Anda harus melewati Pantai Goa Sina terlebih dahulu. Kemudian Anda berjalan selama 20 menit dan tiba di tempat tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya mengunjungi pantai Vatu Leter biasanya tidak terlalu mahal. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu saja, Anda sudah bisa pergi ke pantai dan menikmati segala keindahan yang ditawarkan tempat ini. Biaya parkir juga rendah, kendaraan roda dua seharga 5K dan mobil 10K.

Lain halnya jika Anda berencana berkemah di pantai ini bersama teman atau rombongan. Anda tidak perlu membayar tiket lagi dan hanya perlu membayar biaya parkir tambahan sebesar 3k jika ingin menginap.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock Vatu-Liter
Foto oleh Nabilahaliban di Shutterstock

Bersantai di gubuk

Di pinggir pantai anda akan menemukan beberapa gubuk yang berdiri di sekitar pantai. Gubuk tersebut terbuat dari bahan yang awet dan kuat sehingga pengunjung dapat menggunakannya saat ingin beristirahat.

Anda bisa berbaring atau duduk santai sambil menikmati sejuknya panorama pantai. Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk menggunakan pondok ini, sehingga Anda bisa bersantai selama mungkin.

Lihat penyu bertelur

Salah satu keunikan Pantai Watu Leter adalah penyu yang sering melintasi pantai untuk bertelur. Pada waktu-waktu tertentu, penyu datang ke pantai dan bertelur banyak di pasir.

Fenomena ini terlihat jelas ketika berkunjung ke pantai ini. Dengan semakin langkanya satwa tersebut, tak heran jika pengelola pantai menjaga keberadaan penyu tersebut agar bisa segera bertelur tanpa mengalami tekanan apa pun.

Berkemah di malam hari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengunjung dapat memanfaatkan ketenangan garis pantai untuk mendirikan kemah dan membangun tenda sendiri. Tentunya tenda harus ditempatkan tidak terlalu dekat dengan air laut untuk mengantisipasi kenaikan air laut secara tiba-tiba.

Pada malam hari, suasana di pantai ini masih tenang dan tidak akan terdengar suara-suara bising yang mengganggu. Karena itulah pantai ini disebut sebagai tempat ideal jika Anda ingin rehat sejenak dari pekerjaan atau rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Baca Juga  Pantai Ngeden, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Snorkeling

Pengunjung Pantai Vatu Leter bisa melakukan hal ini. menyelam atau mengapung bebas di air. Meski hanya diperbolehkan berenang sampai titik tertentu, namun keindahan lautnya sangat memanjakan mata.

Anda bisa membawa peralatan menyelam dari rumah atau membeli perlengkapan dari perusahaan yang menjual perlengkapan di pantai. Rasakan indahnya biota laut yang keindahannya masih terjaga dari sentuhan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Kami berfoto dan bermain-main di pinggir pantai Vatu Leter.

Aktivitas terakhir yang tidak boleh dilupakan saat berada di pantai ini tentu saja memotret segala keindahan yang disuguhkan. Bawalah kamera Anda atau gunakan kamera ponsel Anda untuk mengabadikan momen-momen menakjubkan yang bisa Anda nikmati di pantai ini, terutama pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Selain fotografi, Anda juga bisa bermain bebas di area pantai.

Akomodasi murah dekat pantai

Selama berada di Pantai Vatu Leter, Anda memiliki beberapa pilihan akomodasi terdekat yang bisa Anda pilih, antara lain:

1. Pondok Bambu

Pondok Bamboe adalah tempat yang tepat untuk bersantai di pantai indah ini. Jarak dari pantai tidak terlalu jauh, hanya sekitar 5 kilometer. Pengunjung dapat memanfaatkan layanan eksklusif hotel ini.

2. Penginapan Ariesta

Selanjutnya adalah Ariesta Homestay. Jarak dari pantai hanya 4 kilometer, sehingga mengunjungi pantai ini tidak memakan banyak waktu. Harganya pun cukup murah, dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan orang yang dibawa.

3.Labda Asri, homestay

Terakhir, Labda Asri Homestay bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung. Berjarak hanya 3 kilometer, penginapan ini menawarkan fasilitas mewah meski biaya akomodasinya tidak terlalu mahal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Watu Letterer
Foto oleh Maspriya di Shutterstock

Pantai Watu Leter mempunyai beberapa fasilitas yang cukup memadai dan memuaskan bagi pengunjung. Mulai dari toilet bersih, musala untuk salat, dan parkir dekat pantai.

Jika pengunjung merasa lapar, tidak perlu khawatir karena di pinggir pantai banyak terdapat warung yang menjual makanan tertentu. Makanan yang disajikan sangat lezat dan dijamin dapat membantu meringankan sakit perut.

Berikut informasi mengenai Pantai Watu Leter yang bisa anda simak jika anda berencana mengunjungi pantai ini. Jika Anda masih ragu cara terbaik menuju pantai, gunakan rambu jalan di sepanjang jalan.


databaru.my.id