9 Tips Liburan Akhir Tahun Hemat dan Nyaman, Siapkan Anggaran Agar Tidak Boncos

Ide Wisata134 Dilihat


Berikut tips menghabiskan liburan akhir tahun secara hemat, aman dan nyaman tanpa menguras isi dompet.

Menjelang libur akhir tahun atau tahun baru, banyak wisatawan yang menantikan untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata dan menikmati kemeriahan tahun baru.

Namun perencanaan liburan seringkali tidak dilakukan secara maksimal, terutama oleh para traveller muda yang terkadang terlalu boros dan asal-asalan dalam persiapannya.

Penting untuk diingat bahwa persiapan yang baik diperlukan baik bagi mereka yang ingin bersantai dengan gaya mewah maupun bagi mereka yang lebih menyukai gaya turis.

Agar terhindar dari kekecewaan akibat liburan yang kurang menyenangkan, berikut kami bagikan beberapa tips liburan akhir tahun hemat dan nyaman yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Persiapkan diri Anda secara matang untuk liburan

Persiapkan liburan dengan matang
Foto oleh Natalia Zaritskaya di Unsplash

Mengorganisir pesta bisa menjadi tugas yang menakutkan. Beberapa orang mungkin memiliki dana yang cukup tetapi kesulitan menemukan waktu yang tepat, atau sebaliknya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Generasi milenial sering menghadapi dilema ini. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan liburan Anda dengan matang sebelum berangkat.

Hal yang perlu dipersiapkan antara lain memastikan budget yang cukup, memilih destinasi yang diinginkan, memutuskan siapa yang akan menemani Anda berlibur, dan memilih akomodasi yang menjamin kenyamanan.

2. Siapkan anggaran khusus

Dari penghasilan bulanan Anda, cobalah menabung sedikit untuk liburan. Setelah uang terkumpul, pilih waktu yang tepat untuk membeli tiket transportasi dan mengatur akomodasi hotel.

Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan untuk membeli paket wisata selama pameran pariwisata berlangsung. Mendekati musim liburan, banyak agen perjalanan dan maskapai penerbangan yang mengadakan pameran dengan penawaran promosi yang sangat menarik.

Ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk mendapatkan banyak keuntungan, jadi jangan lewatkan kesempatan ini!

Baca Juga  Pulau Semau, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Kupang

3. Tetapkan jadwal liburan

Membuat jadwal merupakan tips penting menjelang liburan akhir tahun, karena perbedaan jadwal bisa berdampak besar pada perencanaan anggaran Anda.

Bagi yang bekerja, penting untuk menentukan terlebih dahulu tanggal dan durasi perjalanan guna mengatur liburan. Memiliki jadwal yang terorganisir sangat membantu ketika merencanakan rencana perjalanan Anda.

Sebelum berangkat, penting juga untuk mengecek musim atau cuaca tujuan liburan Anda sesuai jadwal.

Hal ini memungkinkan Anda menyiapkan barang tambahan seperti payung atau jas hujan, serta mengidentifikasi alternatif tempat wisata dalam ruangan yang dapat dikunjungi jika cuaca buruk.

Pastikan untuk menyiapkan obat-obatan dan perlengkapan pribadi lainnya yang mungkin Anda perlukan selama perjalanan.

4. Tetap sehat

Berlibur dalam kondisi badan yang tidak sehat dapat mengurangi kenyamanan perjalanan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda baik sebelum maupun selama perjalanan.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, dan melakukan olahraga ringan seperti jogging.

Dengan menjaga kesehatan, stamina Anda akan terjaga sehingga liburan Anda akan berjalan lebih lancar dan menyenangkan.

5. Tetap berpegang pada rencana

Saat berlibur, sangat penting untuk merencanakan rute Anda dengan benar. Hindari tiba-tiba mengubah rencana mengunjungi tempat wisata yang tidak terduga atau tidak direncanakan sebelumnya.

Perubahan mendadak seperti ini dapat menyebabkan tambahan kebutuhan anggaran dan membuang-buang waktu.

Sebaiknya jangan meremehkan pentingnya perencanaan yang matang karena dapat menjadi faktor penentu keberhasilan liburan Anda.

6. Menghemat uang selama liburan

Penting bagi para pelancong, terutama kaum muda, untuk mempraktikkan perjalanan hemat.

Menghemat uang untuk makanan, akomodasi, transportasi umum, dan banyak lagi.

Hindari pemborosan, seperti menghabiskan uang di kafe trendi hanya demi gaya atau popularitas.

Baca Juga  Columbus Waterpark, Destinasi Wisata Air di Bekasi yang Bertema Kepulauan Karibia

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mulai memikirkan cara menghemat uang sambil tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

7. Pesan tiket dan akomodasi terlebih dahulu

Pesan tiket dan akomodasi Anda terlebih dahulu
Foto oleh Botlin di Pixabay

Setelah Anda sudah menentukan tempat dan waktu liburan Anda, langkah selanjutnya adalah segera dan jauh-jauh hari memesan tiket transportasi dan akomodasi.

Misalnya, jika Anda merencanakan liburan pada tanggal 1 Desember, sebaiknya pesan tiket transportasi kurang lebih 2-4 minggu sebelumnya, serta pesan hotel atau akomodasi.

Sering terjadi jika pemesanan transportasi dan akomodasi dilakukan mendekati waktu keberangkatan, harga cenderung lebih tinggi.

Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan anggaran liburan Anda menjadi lebih besar dari perkiraan.

8. Berburu promosi dan diskon

Keuntungan pre-order tiket transportasi dan akomodasi adalah kesempatan mendapatkan promosi dan diskon.

Saat ini sudah banyak penyedia layanan pemesanan tiket transportasi seperti pesawat, kereta api, bus dan kendaraan wisata, serta pemesanan akomodasi atau hotel yang dapat diakses secara online.

Biasanya setiap penyedia layanan menawarkan program promosi atau diskon yang berbeda-beda setiap bulannya dengan syarat dan besaran diskon yang berbeda-beda.

Jadi, sebaiknya Anda segera menanyakan promosi atau diskon tersebut untuk menekan biaya akomodasi Anda selama liburan.

9. Usahakan membawa bekal

Membawa perbekalan saat berlibur bisa menjadi cara efektif untuk menghemat uang, selama tidak ada aturan yang melarangnya. Tak perlu membawa banyak perbekalan, cukup sediakan makanan sederhana yang mudah disiapkan.

Misalnya saja membawa makanan instan yang tinggal dipanaskan, sambal atau mie instan, apalagi jika Anda sedang berlibur ke luar negeri, agar tidak kesulitan mencari makanan.

Berikut beberapa tips liburan akhir tahun hemat yang bisa Anda coba. Ingat, berlibur tidak selalu berarti harus mengeluarkan banyak uang. Anda bisa menikmati liburan menyenangkan dengan lebih hemat. Nikmati liburan Anda!

Baca Juga  Pantai Krui, Surganya Peselancar di Bandar Lampung yang Lagi Hits


databaru.my.id