Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi & Terlarang di Malang

Ide Wisata8 Dilihat


Pulau Sempu terkenal sebagai cagar alam di Malang dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan terutama laguna. Meski dilarang bagi wisatawan, namun Anda bisa mengunjunginya jika memiliki izin dari pemerintah.

Biaya tur: Mulai dari Rp 20.000. Jam kerja: 24 jam, Alamat: Tambacredgio, Distrik. Sumbermanjing, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Kota Malang terkenal dengan kebun apel hijaunya. Selain tempat wisata yang bisa Anda kunjungi tersebut, ada satu lagi tempat wisata baru yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota ini, yaitu Pulau Sempu.

Tempat wisata Malang ini menghadap ke pulau kecil yang kaya akan sumber daya laut. Pengunjung yang ingin mengikuti wisata ini harus melintasi lautan terlebih dahulu karena letak pulau ini terpisah dari Pulau Jawa.

Saat mengunjungi objek wisata ini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Kegiatan tersebut akan didukung dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh dinas pariwisata. Di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai wisata Pulau Sempu di Kabupaten Malang.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Pemandangan Pulau Sempu

Shutterstock Tempat Wisata Pulau Sempu
Foto oleh Denis Moskvinov di Shutterstock

Seperti cagar alam

Sejak tahun 1928, Pulau Sempu di Malang ditetapkan sebagai cagar alam yang dikelola pemerintah setempat. Berbagai jenis flora dan fauna di pulau ini dilindungi karena terancam punah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Awalnya wilayah pulau ini tidak diperuntukkan sebagai kawasan wisata, namun belakangan pulau ini dibuka untuk wisatawan biasa. Untuk saat ini pengunjung yang ingin mengikuti wisata tersebut harus memiliki izin dari BKSDA.

Pengunjung yang berencana mengunjungi pulau ini dapat berwisata sambil melihat kekayaan flora dan fauna yang terdapat di sana. Selain mengetahui jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang dilindungi, Anda juga bisa mengetahui lebih jauh ciri-cirinya.

Tempat sunyi

Pulau Sempu mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang mencari tempat menyendiri. Letak pulau yang jauh dari pusat kota membuat suasana wilayah pulau semakin tenang dari hiruk pikuk kota.

Selain sebagai tempat berlibur yang asyik, pulau ini juga bisa membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks. Anda bisa datang pada malam hari atau siang hari jika ingin merasakan ketenangan pulau di pagi hari.

Kicauan burung yang masih hidup di alam liar akan menambah ketenangan selama Anda berada di pulau ini. Suara deburan ombak di laguna terdengar hingga ke tengah pulau. Sungguh perpaduan melodi alami yang mampu memikat pikiran dan hati.

Baca Juga  Pantai Pasir Dua, Pantai Pasir Putih dengan Panorama Pegunungan yang Memukau di Jayapura

➥ Hotel murah di Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pulau Sempu
Foto oleh Shandya Fajar di Shutterstock

Pengunjung yang merencanakan destinasi wisata di Pulau Sempu dapat menempuh rute dari kota yang tidak terlalu sulit.

Jika Anda datang dari luar Kota Malang, Terminal Bungrasih akan menjadi titik kedatangan pertama Anda. Perjalanan Anda berikutnya akan dilakukan dengan transportasi umum, yang dapat Anda sewa dengan sedikit biaya.

Jika menggunakan angkutan umum tujuan pertama adalah Pantai Sendang Biru, jangan harap bisa langsung dibawa ke pulau ini. Pulau ini belum memiliki akses jalan untuk kendaraan darat.

Setelah berkendara kurang lebih 2 jam dari pusat kota, Anda akan sampai di pantai yang menjadi pintu masuk wisata pulau lindung ini. Agar lebih cepat sampai tujuan utama, carilah teman yang akan pergi ke pulau bersama.

Mengapa perlu mencari teman? Pasalnya, perahu yang akan Anda gunakan mampu menampung hingga 10 orang. Sementara itu, biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa perahu tidak terlalu mahal. Jika dibagi rata, biaya sewa perahu per orang hanya Rp 15.000.

Jika Anda dan rombongan tiba di Pulau Sempu, pastikan untuk menanyakan informasi kontak kepada pemilik perahu. Pasalnya, pemilik perahu akan bisa menjemput Anda kapan pun Anda selesai mengunjungi pulau ini.

Saat memasuki pulau ini, jalan setapak yang akan Anda lalui cukup tajam, berlumpur dan berbatu. Menyusuri jalan ini akan membawa Anda ke ikon utama pulau eksotis ini.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk pulau cantik di Malang ini dibanderol Rp 20.000. Biayanya memang tidak terlalu kompetitif, namun jika Anda ingin melihat keindahan pulau ini, tidak ada salahnya mencoba mengunjunginya.

Sebelum sampai di Pulau Sempu, pengunjung sebaiknya mengunjungi Pantai Sendang Biru yang merupakan pintu masuk pulau. Biaya masuk ke pantai ini dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Terdapat biaya parkir mobil yang harus dibayar pengunjung jika memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah berhasil memasuki pantai, Anda akan bisa menggunakan perahu motor dengan sistem sewa. Agar lebih berhemat, Anda bisa mengajak pengunjung lain saat berlayar dengan kapal ini. Biaya sewa perahu sebesar Rp 150.000 dan mampu menampung hingga 10 orang.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Entertainment di Pulau Sempu
Foto oleh Shandya Fajar di Shutterstock

1. Berkemah di sekitar pulau

Aktivitas ini menjadi favorit pengunjung yang ingin merasakan berada di pedalaman Pulau Sempu. Namun perlu diingat terlebih dahulu bahwa pengunjung yang ingin melakukan perkemahan ini harus mendapat izin dari dinas cagar budaya setempat.

Baca Juga  8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pesisir Selatan yang Kaya Pesona Bawah Laut

Anda bisa membawa perlengkapan camping sendiri, karena tidak ada orang yang menyewakan perlengkapan camping apapun di pulau ini. Tak perlu membawa banyak barang, cukup bawa apa saja yang diperlukan selama camping di pulau ini.

Carilah tempat yang permukaannya rata, hal ini akan memudahkan anda dalam mendirikan tenda. Memilih tempat perkemahan di tepi laguna juga bisa menjadi pilihan lain untuk bermalam lagi di pulau ini.

Saat mendirikan kemah di pulau ini, perlu diingat bahwa lingkungan harus bersih. Cadangan tersebut harus dijaga agar tetap bersih dan indah alami.

2. Jelajahi pulau

Keindahan setiap sudut pulau yang luasnya 877 hektar ini bisa Anda jelajahi dengan berjalan kaki. Tindakan ini tidak dapat dilakukan oleh pengunjung mana pun. Kesiapan khususnya kesiapan fisik harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan ini.

Perlengkapan penjelajahan Pulau Sempu harus dipersiapkan dengan baik. Jalan setapak yang akan Anda lalui di pulau ini dihiasi dengan bebatuan karang yang tajam. Untuk menghindari cedera akibat goresan pada batu, gunakanlah sepatu khusus untuk trekking.

Konsumsi adalah perlengkapan lain yang harus benar-benar Anda persiapkan. Jika Anda lupa membawa air minum tambahan, hal ini akan berakibat fatal. Dehidrasi akibat kekurangan air akan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan kehilangan kekuatan untuk berjalan.

3. Berenang di laguna

Luangkan waktu untuk berenang dan rasakan kesegaran Samudera Hindia. Julukan “Blue Lagoon” diberikan pada kolam berisi air asin alami yang menawarkan panorama layaknya lautan.

Saat berenang di laguna, Anda perlu berhati-hati karena bebatuan karang yang ada di dasarnya dapat mengenai kaki Anda dan menyebabkan cedera. Anda bisa menyelam dangkal di tepi laguna untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Air asin di laguna ini berasal dari air laut yang melewati bebatuan karang di sekitar pulau. Ombak ganas dari laut lepas menghantam bebatuan karang dan meninggalkan sisa air di kolam yang kini menjadi laguna.

4. Mengunjungi Wisata Pulau Sempu.

Kesegaran air tidak hanya bisa Anda nikmati di laguna yang indah saja. Masih ada tempat lain di Pulau Sempu yang wajib dikunjungi wisatawan.

Salah satu tempatnya bernama Telaga Lele, sesuai dengan namanya danau air tawar ini banyak dihuni oleh ikan lele. Pengunjung bisa membantu memberi makan ikan air tawar tersebut.

Selain itu, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai eksotis di setiap tepian pulau. Anda bisa mengabadikan hamparan pasir putih yang menambah keindahan pantai dengan bingkai foto.

Baca Juga  Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Akomodasi murah terdekat dari Pulau Sempu

1. Penginapan Wisata Alam Berkah Istimewa

Menawarkan dapur di setiap kamar, hotel ini terletak hanya 1,3 km dari Pulau Sempu. Pengunjung hotel ini hanya membutuhkan waktu 4 menit jika ingin mengunjungi pulau tersebut.

Terdapat layanan antar-jemput dari hotel, sehingga pengunjung tidak perlu mencari mobil untuk pulang pergi dari hotel. Biaya sewa kamar juga tidak terlalu mahal, hal ini tentunya akan menghemat biaya liburan anda.

2. Penginapan Ariesta

Bagi Anda yang mencari akomodasi pulau yang tenang, Ariestra Homestay mungkin bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Karena fasilitas akomodasinya cukup luas, pengunjung yang menginap di sini tidak akan terganggu dengan kebisingan kendaraan bermotor.

Kenyamanan yang diberikan akan membuat setiap orang yang bermalam di tempat ini akan merasa betah. Jarak hotel menuju pulau sekitar 1,2 km, pengunjung yang akan mengunjungi wisata bahari ini hanya membutuhkan waktu 4 menit saja.

3. Vila Asmara Bukit

Model akomodasi pedesaan ini terletak 5,5 km dari kawasan pulau yang indah ini. Pemandangan dari hotel ini mampu memikat mata siapapun yang melihatnya.

Lautan biru dengan pepohonan hijau akan menyambut pagi Anda saat menginap di Asmara Hills Villa. Udara di sekitar lokasi juga lebih segar karena banyak ditumbuhi pepohonan rindang.

Tersedia pula tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung, baik roda dua maupun empat. Tentunya karena berbagai kelebihan yang dimiliki hotel ini akan mampu menarik perhatian para pengunjung hotel.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Pulau Sempu
Foto oleh Denis Moskvinov di Shutterstock

Salah satu fasilitas yang akan dinikmati pengunjung saat berwisata ke Pulau Sempu adalah restoran. Anda bisa menikmati menu spesial ikan laut yang menggugah selera dengan harga yang cukup terjangkau.

Ada juga toilet di berbagai bagian pulau. Karena luasnya pulau, pengelola setempat banyak membangun toilet agar pengunjung mudah menemukannya.

Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling laguna atau pantai pulau ini. Tentunya hal ini akan menunjang aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di pulau eksotis ini.

Demikianlah informasi dari berbagai aspek mengenai Pulau Sempu di Malang. Cagar alam di provinsi Jawa Timur ini bisa dijadikan tempat wisata yang berbeda dari yang lain. Namun dengan menjaga kebersihan, pulau ini selalu terlihat indah dan alami.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *