Pantai Parangendog, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Gunung Kidul

Ide Wisata7 Dilihat


Pantai Parangendog menjadi spot favorit untuk menikmati panorama matahari terbenam Gunung Kidul yang menakjubkan dengan bebatuan berbentuk telur menambah keindahan alamnya.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Parang Reja, Kecamatan Girijati. Purvosari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Saat Anda merasa stres dan tertekan serta kreativitas Anda mulai menurun, itu tandanya Anda butuh liburan. Destinasi liburan yang bisa mengembalikan semuanya adalah Pantai Parangendog. Pasalnya destinasi wisata alam ini menawarkan berbagai atraksi keindahan alam seperti bebatuan endog atau telur, pantai yang indah dan eksotik serta terdapat juga tempat dimana anda bisa menikmati matahari terbenam.

Selain itu, di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang masing-masing akan membantu menghilangkan stres, mendapatkan inspirasi baru bahkan memacu adrenalin para wisatawan. Beberapa kegiatan tersebut antara lain berburu foto Instagram, paralayang, memancing, dan berenang. Jadi simak ulasan yang bisa kami sampaikan.

➥ Cek tiket teras kaca Pantai Nguluran Jogja.

Objek Wisata Pantai Paragendog

Shutterstock Daya Tarik Pantai Parangendog
Foto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Alasan utama mengapa wisatawan tertarik berlibur ke destinasi wisata adalah karena destinasi wisata tersebut mempunyai banyak atraksi yang menakjubkan. Seperti halnya Pantai Parangendog, tempat wisata ini juga menawarkan banyak keindahan alam, terutama panorama pantainya yang mempesona. Berbagai atraksi tersebut antara lain:

Batu berbentuk telur

Saat wisatawan berada di kawasan pantai, jangan kaget, takjub bahkan kaget jika melihat batu besar berbentuk telur. Pasalnya nama Parangendog di tempat ini diambil dari nama endog atau batu berbentuk telur dan kini menjadi simbol dari tempat wisata tersebut. Batu cantik dan eksotik ini terlihat begitu indah jika dilihat dari dekat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Panorama pantai yang sangat indah

Begitu Anda melihat batu berbentuk telur tersebut dan mengabadikannya dengan kamera atau ponsel, daya tarik selanjutnya adalah panorama Pantai Parangendog yang sangat indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di sepanjang garis pantai. Deru ombak terdengar jelas meski ombaknya tidak terlalu tinggi. Perbukitan di pinggir pantai juga tampak hijau karena pepohonan yang tumbuh di sana.

Baca Juga  Tlogo Putri Kaliurang, Spot Foto Keren dengan View Panorama Alam Eksotis di Sleman

Tak hanya banyak pohon kelapa yang tumbuh di kawasan pantai, suara kicauan burung yang berterbangan menambah ketenangan sekaligus menenangkan hati yang tertekan. Jika pengunjung ingin pemandangan yang maksimal dan ingin melihat pemandangan dari atas, terdapat sebuah bukit di kawasan tersebut. Kawasan perbukitan menjadi spot favorit para wisatawan, terlihat dari banyaknya pengunjung yang menyaksikan pantai dari tempat ini.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Tempat untuk menikmati matahari terbenam

Perbukitan di sekitar Pantai Parangendog tidak hanya digunakan untuk melihat pemandangan indah pantai yang mempesona, namun juga terdapat tempat dimana Anda bisa menikmati matahari terbenam. Wisatawan selalu memadati tempat ini menjelang matahari terbenam, yakni pada pukul 17.15 WIB. Tak hanya anak muda, anak kecil hingga orang dewasa saja yang merindukannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Shutterstock Parangendog
Foto oleh Muhana Syafikuddari di Shutterstock

Destinasi wisata alam ini layak dikunjungi oleh siapa pun dari segala usia. Oleh karena itu, sebaiknya anda berlibur ke tempat ini bersama seluruh keluarga. Bagi traveller yang ingin berkunjung ke Pantai Parangendog terletak di Parang Reja, Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika wisatawan memulai perjalanan dari Jalan Raya Pangang Wonosari maka jarak yang harus ditempuh adalah 44 km dan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 12 menit. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Agar perjalanan Anda lebih efisien dan efektif. Namun bagi yang ingin menggunakan angkutan umum, mulailah perjalanan dari Terminal Giwangan hingga Jalan Parangtritis. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai kawasan Pangang.

Selama berada di kawasan Phangang, perjalanan akan lebih mudah karena banyak terdapat tanda penunjuk arah ke tempat tersebut. Ikuti petunjuk berikut hingga Anda mencapai Pantai Parangendog yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat memanfaatkan teknologi Google Maps karena sinyal di kawasan ini kuat dan dapat digunakan untuk mengakses aplikasi.

Baca Juga  Pantai Wediombo, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Gunung Kidul

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan tempat wisata alam Pantai Parangendog ini adalah biaya masuknya yang cukup terjangkau, hanya Rp. 5000 per orang, lebih murah dari harga nasi kemasan. Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya sebesar Rs. 2000 dan untuk mobil Rs. 5000. Yang istimewa dari kawasan wisata ini adalah kawasan wisata ini buka selama 24 jam sehari dan buka sepanjang waktu, tujuh hari dalam seminggu.

Wisata alam untuk menghilangkan stres pekerjaan sehari-hari tidak harus mahal. Meski semua biaya yang dikeluarkan di atas bersifat umum, namun Anda tetap tidak memerlukan anggaran yang besar. Lebih murah bukan berarti kurang menarik, terlihat dari daya tarik yang disebutkan sebelumnya. Ada juga banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai indah ini.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock Parangendog
Foto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Sebelum mengunjungi Pantai Paragendog persiapkan segala perlengkapan dan perbekalan. Karena banyak sekali hal seru yang bisa dilakukan di sini, sayang sekali jika Anda melewatkannya begitu saja. Jika Anda ingin mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tindakan apa saja yang bisa Anda lakukan selama berada di sana.

1. Mancing di Pantai Paragendog.

Ketika jadwal memancing tiba dan keluarga ingin mengajaknya berlibur, tak perlu galau karena wisatawan bisa menikmati pengalaman memancing di tempat ini. Kawasan wisata populer ini sangat cocok untuk memancing karena banyak terdapat karang dan spot mancing yang menarik. Selain itu, setelah ikan ditangkap, aktivitas yang paling menarik dan mengasyikkan adalah membakar ikan di pinggir pantai.

2. Berenang

Selain memancing, aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Parangendog adalah berenang di tepi pantai. Jika berenang di kolam merupakan pengalaman yang lumrah dan sering terjadi, maka sensasi berenang di tepi pantai merupakan sesuatu yang tidak biasa dan wajib dicoba. Wisatawan tidak perlu takut atau bingung, karena gulungan ombaknya tidak terlalu tinggi dan arusnya tidak deras sehingga aman untuk berenang.

Baca Juga  Pantai Tiga Warna, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Malang

3. Pergi paralayang.

Saat keseruan memancing sudah usai dan Anda menginginkan aktivitas menarik lainnya yang lebih seru dan menantang, Anda perlu mencoba paralayang. Pasalnya Pantai Parangendog sering digunakan untuk paralayang. Selain indah dan eksotik, hembusan angin juga relatif stabil. Hal ini membuat perasaan terbang menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Apalagi saat berada jauh di atas lautan, pengguna paralayang bisa menyaksikan keindahan birunya pantai, ombak, hijaunya pepohonan dan keindahan lainnya. Namun pengunjung yang ingin mencoba sendiri aktivitas menarik ini sebaiknya didampingi oleh tenaga profesional.

4. Berburu foto Instagram

Salah satu perlengkapan penting yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung adalah kamera, atau bisa juga menggunakan ponsel definisi tinggi. Karena keindahan panorama alam Pantai Parangendog yang mempesona, sebaiknya Anda tidak melewatkannya begitu saja. Berburu foto Instagram memang menyenangkan. Ambil foto pantai, burung beterbangan, bebatuan, bukit yang ditumbuhi pepohonan, dll.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Shutterstock Parangendog
Foto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Destinasi wisata alam yang dikenal dengan nama Pantai Parangendog ini memiliki fasilitas yang standar untuk kebutuhan wisatawan dan cukup memadai. Tersedia tempat parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung, baik sepeda motor maupun mobil. Bila traveler ingin buang air, terdapat toilet umum di lokasi ini. Bagi yang ingin salat dapat menggunakan musala.

Biasanya sangat sulit untuk membuat program liburan untuk seluruh keluarga, karena harus mengoordinasikan jadwal kerja lokasi wisata dengan staf keluarga. Namun lain halnya ketika Anda bersantai di Pantai Parangendog karena destinasi wisata alam ini buka setiap hari, tujuh hari dalam seminggu, dan beroperasi selama 24 jam nonstop. Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah menjadwalkan liburan keluarga Anda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *