Pulau Harapan, Menyusuri Kawasan Konservasi Penyu di Kepulauan Seribu yang Menakjubkan

Ide Wisata175 Dilihat


Pulau Harapan di Kepulauan Seribu menawarkan pengalaman penangkaran penyu unik yang memadukan keindahan alam tropis dengan upaya konservasi.

Harga tiket: Rp 52.000, Jam kerja: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Cab. Pemerintahan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasi

Dari ratusan gugusan pulau di Pulau Seribu, Pulau Harapan menjadi salah satu pulau yang sering dikunjungi wisatawan. Hal ini tidak mengherankan, sebab pulau eksotik ini terkenal dengan pemandangannya yang mempesona.

Saat akhir pekan, pulau cantik ini ramai dikunjungi wisatawan yang datang ke sini bersama kerabat atau keluarganya. Pulau seluas 6,7 hektar ini menawarkan keragaman keindahan yang tiada tandingannya.

Berwisata ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari. Tak hanya indah, pulau ini menyimpan banyak hal unik yang akan memikat hati Anda.

Pemandangan Pulau Harapan

Pemandangan Pulau Harapan
Foto oleh Christian Vinata di Google Maps

Ada banyak alasan mengapa pulau ini banyak dicari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Faktanya, ada beberapa hal yang tidak bisa ditemukan di destinasi wisata bahari lainnya.

Konservasi Penyu

Daya tarik wisata Pulau Harapan yang pertama adalah adanya penangkaran penyu yang mempesona. Suaka penyu ini sangat populer di kalangan wisatawan dan banyak orang yang mengeluarkan banyak uang untuk melihat penyu beraksi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung bisa melihat dengan mata kepala sendiri betapa lucunya bayi penyu yang dilepasliarkan ke laut. Wisatawan juga bisa berperan besar dengan menyumbangkan uang agar penyu yang dipeliharanya lebih aman dan bisa berkembang biak.

Ketersediaan hewan unik

Tak hanya penyu, pulau eksotik ini juga menjadi tempat para wisatawan bisa melihat berbagai jenis hewan unik.

Terdapat berbagai jenis hewan laut yang dapat dengan mudah dilihat terutama saat pengunjung berkunjung ke Taman Biota Laut.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Selain biota laut, beberapa hewan lain yang mudah dilihat di pulau ini adalah elang. Burung agung ini sering berkeliaran di sekitar pulau dan mengeluarkan suara-suara yang keras sehingga menambah eksotisme suasana pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Harapan
foto Rodien Kumbara di Twitter

Untuk mencapai pulau cantik ini, pengunjung dapat menaiki jasa kapal feri yang disediakan Pelabuhan Kali Adem Muara Angke.

Kapal feri ini akan membantu wisatawan berwisata ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu, salah satunya Pulau Harapan, DKI Jakarta.

Selain kapal feri, pengunjung juga bisa memanfaatkannya perahu cepat yang bisa disewa di kawasan Marina Taman Ancol. Dari kawasan ini, pengunjung bisa memanfaatkan perahu cepat untuk tiba di tempat itu.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya tiket yang perlu dipersiapkan untuk menuju Wisata Pulau Harapan cukup terjangkau, namun pengunjung harus menyiapkan tiket kendaraan. Jika pengunjung mengunjungi pulau itu dengan kapal feri, mereka harus membayar sekitar Rs. 52 ribu

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan perahu cepat Marina Ankol kemudian harus membayar Rp. 180 ribu. Pengunjung menyewa perahu cepat Perlengkapan tambahan berupa jaket pelampung akan disediakan untuk memastikan perjalanan aman.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan hiburan di Pulau Harapan
Foto oleh Septian Aja di Google Maps

Banyak orang yang masih merasa ragu dan bingung selama berada di Pulau Harapan, Pulau Seribu karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan.

Siapa pun yang berada di pulau ini tidak akan bosan karena hadirnya atraksi dan tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi.

1. Wisata kuliner

Aktivitas menyenangkan pertama yang bisa Anda lakukan di Pulau Harapan adalah wisata kuliner. Pulau cantik ini menawarkan beragam kuliner. makanan laut rasanya lezat dan memikat pengunjung untuk mencobanya.

Baca Juga  Pantai Walakiri, Pantai Pasir Putih di Sumba Timur yang Dihiasi Tumbuhan Bakau Eksotis

Kawasan ini merupakan pulau yang dikelilingi laut lepas sehingga memudahkan para nelayan untuk menangkap ikan dan hewan laut lainnya.

Pilihan menu yang tersedia mulai dari ikan, udang, cumi dan berbagai jenis. makanan laut yang lainnya diambil langsung dari laut.

2. Snorkeling dan Diving di Pulau Harapan.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati olahraga air seperti menyelam DAN menyelam yang menyenangkan. Tempat wisata ini menyediakan persewaan alat selam, sehingga pengunjung yang tidak membawa perlengkapan tidak perlu khawatir.

Dengan berlatih olahraga air bawah air, pengunjung bisa menyaksikan sendiri pemandangan laut yang menakjubkan. Keindahan alam laut pulau ini masih sangat terjaga sehingga pengunjung akan selalu merasa nyaman.

3. Ambil foto

Selama berada di Pulau Harapan, Anda wajib mengabadikan setiap momen dengan kamera Anda. Pemandangan matahari terbenam atau matahari terbit yang bisa disaksikan di pulau ini akan sangat memukau untuk difoto.

Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki beberapa spot foto cantik yang bisa Anda manfaatkan. Foto yang dihasilkan akan berkualitas, apalagi dengan latar belakang yang memukau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Harapan
foto Jalang_Jakarta_id di Twitter

Fasilitas yang tersedia di Wisata Pulau Harapan cukup lengkap karena mengutamakan kenyamanan setiap pengunjung yang berkunjung. Beberapa fasilitas yang bisa digunakan adalah toilet umum, masjid, restoran dan masih banyak lagi lainnya.

Semua tempat yang disediakan dijaga dalam kondisi baik, sehingga Anda dapat yakin akan kebersihannya. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki fasilitas akomodasi yang bisa dijadikan tempat menginap jika ingin berlama-lama di pulau ini.

Kekayaan pesona alam dan keunikan Pulau Harapan (Kepulauan Seribu) menjadikannya destinasi wisata yang membuat banyak orang terpesona. Berlibur di pulau ini merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat dan menikmati keindahan pulau yang mempesona.

Baca Juga  Goa Kidang Kencana, Goa Bersejarah di Kulon Progo yang Memiliki Sungai Didalam Tanah




databaru.my.id