Pulau Onrust, Merasakan Sensasi Liburan Layaknya Pulau Pribadi di Kepulauan Seribu

Ide Wisata10 Dilihat


Nikmati liburan serasa punya pulau pribadi di Kepulauan Seribu dengan mengunjungi Pulau Onrust yang dulunya berfungsi sebagai rumah sakit dan penjara menawarkan pengalaman sejarah yang unik.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Daerah. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasi

Memilih liburan ke destinasi yang unik tentu akan meninggalkan kesan tersendiri. Jika Anda bosan menghabiskan waktu berlibur dan menikmati perjalanan wisata modern, maka alternatif terbaik adalah mengunjungi pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu. Salah satu pulau yang menyimpan banyak kenangan sejarah adalah Pulau Onrrust.

Pulau cantik ini tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, namun juga nilai sejarah yang tak bisa dilupakan. Kejadian memilukan memang sering terjadi di pulau kecil ini.

Saat Anda memutuskan untuk datang ke pulau cantik ini, Anda bisa merasakan bagaimana penderitaan masyarakat pada masa penjajahan yang dilakukan Belanda.

Paket wisata ke pulau Onrust, Chipir dan Kelor

Sejarah Pulau Onrust

Shutterstock Sejarah Pulau Onrast
Foto oleh Dodi Sjailendra di Shutterstock

Jika menilik sejarah kawasan ini, kita bisa mengetahui bahwa wilayah pulau tersembunyi ini pernah dikuasai oleh Sultan Banten dan digunakan sebagai tempat beristirahat atau bersembunyi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun sayang, hal tersebut tidak berlangsung lama karena penguasa Jayakarta saat itu meyakini wilayah pulau indah tersebut masih menjadi miliknya.

Alasan utama penguasa Jayakarta merasa yakin dengan kekuasaannya adalah karena wilayah kepulauan unik ini masih dekat dengan Batavia.

Perebutan kekuasaan ini berakhir tragis karena pulau kecil ini jatuh ke tangan VOC. Tak lama kemudian, VOC menjadikan pulau di tengah lautan ini sebagai tempat persinggahan kapal.

Pemandangan Pulau Onrust

Merasa seperti Anda berada di pulau pribadi

Liburan Pulau Seribu memang menjadi destinasi pilihan bagi siapa saja yang ingin menikmati sensasi berada di pulau pribadi. Kegembiraan itu bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk berwisata ke pulau cantik ini.

Baca Juga  Intip Pesona Pantai Gandoriah, Pantai Indah yang Memukau di Pariaman

Pulau ini berukuran 3,5 kilometer persegi, memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk menikmati sejarah dan pemandangan.

Hotel Murah Kepulauan Seribu

Dikelilingi oleh pemandangan pantai

Mencermati kondisi sekitar justru memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas menarik.

Keindahan pantainya mampu menggoda pengunjung untuk benar-benar menikmati liburannya di pulau cantik ini. Berada jauh dari perkotaan menciptakan pengalaman yang lebih tenang dan menyenangkan.

Setelah Anda menikmati keindahan pulau yang dikelilingi pantai ini, ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan. Mandi atau berenang di kawasan pantai yang agak landai ini juga bisa menjadi alternatif yang lebih baik.

Jika Anda yakin kondisi pantai ini cukup aman dan tidak terdapat ombak yang terlalu besar, maka Anda bisa bermain air sepuasnya.

Pernah digunakan sebagai rumah sakit dan penjara

Bermain air tentunya sudah menjadi hal yang lumrah dan hanya membawa kegembiraan. Agar liburanmu semakin berwarna, kamu bisa berjalan-jalan dan melihat bangunan-bangunan bersejarah yang masih tersisa di kawasan wisata kecil pulau ini.

Nama “Pulau Onrust” tidak pernah disebutkan di masyarakat karena selalu digunakan untuk berbagai acara.

Untuk alasan yang sama pulau ini disebut Onrast. Karena diterjemahkan Onrus dalam bahasa Belanda berarti “Tidak Pernah Istirahat”.

Di sini Anda bisa menemukan sisa-sisa bangunan yang pernah digunakan sebagai penjara, serta rumah sakit bagi penderita penyakit menular, serta pusat karantina bagi jemaah haji.

Paket Wisata Pulau Pramuka 2D1N Pulau Seribu

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Shutterstock Pulau Onrust
Foto oleh Rainaldia di Shutterstock

Jika melihat di Google Maps, pulau cantik ini bisa Anda kunjungi dengan mendatangi Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Baca Juga  Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Rute yang Anda tempuh juga terlihat sangat mudah bahkan Anda bisa menggunakan angkutan umum mulai dari kawasan Muara Angke.

Salah satu moda transportasi yang wajib digunakan untuk menuju kawasan pulau bersejarah ini adalah perahu motor. Namun jika membutuhkan transportasi yang lebih cepat, Anda bisa naik speedboat di Dermaga Marina di Ankole. Untuk perjalanan yang lebih santai, pilihlah perahu kayu dari Pelabuhan Tanjung Pasir.

Harga tiket masuk wisata pulau cantik ini sebenarnya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Menariknya, jika datang secara rombongan akan diberikan diskon spesial sebesar Rp 3.500 per orang. Namun syarat yang harus dipenuhi adalah minimal harus diundang 30 orang dalam satu grup.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Shutterstock di Pulau Onrast
Foto oleh Dani Daniyar di Shutterstock

1. Masuk ke area museum Onrust Archaeological Park dan Museum Square.

Untuk melestarikan kondisi dan nilai sejarah Pulau Onrust, pemerintah berinisiatif membangun Plaza Museum sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi peninggalan unik.

Selain Plaza Museum, Anda juga bisa menjumpai Museum Taman Arkeologi Onrust yang sengaja dibuat sebagai tempat menceritakan kisah zaman penjajahan Belanda.

2. Naiki Menara Keker di Pulau Onrust.

Pemandangan pertama yang Anda lihat saat tiba di Pulau Onrust adalah menara tinggi di dekat dermaga. Keunikannya akan membuat siapapun yang melihatnya tidak akan berpaling dan ingin segera naik ke puncak menara. Dari puncak menara Anda bisa menyaksikan hal-hal luar biasa, seperti menyaksikan kapal-kapal datang dan pergi.

3. Ambil foto dengan latar belakang yang unik.

Karena dulunya digunakan sebagai penjara dan rumah sakit, tentunya banyak tempat unik yang bisa ditemukan di sini. Berwisata tanpa mengambil foto pasti akan membosankan.

Ada banyak spot foto favorit yang sering dipilih wisatawan, seperti kincir angin Onrust, Menara Keker, sisa-sisa bangunan rumah sakit dan penjara, bahkan benteng tua.

Baca Juga  Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi & Terlarang di Malang

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Aset Shutterstock di Pulau Onrast
Foto oleh Romi.Estrada di Shutterstock

Perlu Anda ketahui bahwa kawasan wisata pulau di Kepulauan Seribu ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia yang wajib dilindungi dan dilestarikan.

Oleh karena itu, agar tetap tampil unik dan menarik, kawasan wisata ini mulai dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk menarik minat dan kenyamanan setiap wisatawan.

Hal pertama yang pastinya sayang untuk dilewatkan adalah akomodasi bagi kedatangan objek wisata populer ini. Dermaga di pulau menawan ini masih sangat kokoh dan kokoh.

Jika Anda merasa lapar, Anda bisa pergi ke restoran terdekat. Di sini Anda tidak hanya akan menemukan masakan khas Indonesia, tetapi juga masakan Jepang, Cina, dan Barat.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan Pulau Onrust, seperti menelusuri sejarah kolonial Belanda dan menikmati suasana yang indah.

Kamar mandi dan toilet juga bisa dengan mudah ditemukan di sini. Bahkan hadirnya spot foto unik juga bisa menjadi salah satu tambahan peluang yang diberikan oleh kawasan wisata.

Sejak ditemukan, wilayah kepulauan ini telah beberapa kali mengalami perubahan fungsi. Meski letaknya jauh di Kepulauan Seribu, namun pastinya akan menjadi tempat yang seru untuk dikunjungi siapa pun.

Salah satu keistimewaan pulau ini adalah adanya benteng besar yang pernah digunakan VOC sebagai tempat peluncuran senjata.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *