Puncak Widosari Kulon Progo, Panorama Alam Menawan di Tengah Perbukitan Menoreh

Ide Wisata11 Dilihat


Puncak Vidosari di Kulon Progo merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam mempesona di tengah Perbukitan Menorah.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Tegalsari, Ngargosari, Kecamatan. Samigalukh, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Coulon Progo, kawasan yang menawan, terkenal tidak hanya karena pantainya yang menawan, tetapi juga keindahan alamnya yang mempesona. Hal ini menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi para pecinta wisata.

Di antara berbagai tempat wisata alam, Puncak Vidosari menonjol sebagai salah satu yang terbaik. Terletak di ketinggian tertinggi

Pegunungan Menoreh, dengan ketinggian sekitar 1.017 mdpl, Puncak Widosari terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Keindahan Puncak Vidosari yang mempesona

Puncak Vidosari, Liontin Progo
Foto oleh Antonius J. Haryono di Google Maps

Destinasi wisata Puncak Vidosari menawarkan pemandangan menakjubkan dan udara segar, serta kebun teh hijau yang luas.

Dari puncak ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing di utara, serta Kota Yogyakarta dan Samudera Hindia di selatan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Keindahan alam semakin bertambah dengan hadirnya batu-batu besar yang menambah pesona tempat tersebut. Terdapat juga dek observasi beton dengan pagar besi untuk keselamatan pengunjung.

Puncak Vidosari merupakan titik tertinggi dari Bukit Vidosari yang merupakan bagian dari Pegunungan Menorah yang memiliki keunikan berbentuk wajah manusia dengan tonjolan menyerupai mata, hidung dan mulut.

Pemandangan dari atas bukit ini sungguh luar biasa, dengan hamparan tanaman hijau dan angin sepoi-sepoi. Lambang tempat ini adalah sebuah batu besar yang terlihat dari jauh.

Meski ketinggian Vidosari tidak setinggi puncak lainnya, namun perjalanan menuju puncak memerlukan usaha yang tidak sedikit. Pengunjung disarankan untuk datang dalam kondisi yang baik, namun jangan khawatir karena jalur menuju puncak sudah tertata dengan baik dan aman.

Baca Juga  Pulau Harapan, Menyusuri Kawasan Konservasi Penyu di Kepulauan Seribu yang Menakjubkan

Terdapat sekitar 240 anak tangga menuju puncak, dilengkapi dengan pagar pengaman, serta beberapa tempat untuk beristirahat.

Namun pengunjung tetap harus berhati-hati karena bukit ini dikelilingi jurang yang cukup dalam. Begitu sampai di puncak, segala kelelahan Anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Selain keindahan alamnya, Puncak Vidosari juga mempunyai nilai sejarah, konon Bukit Vidosari dulunya merupakan tempat bersemedinya Pangeran Diponegoro.

Biaya masuk

Biaya masuk untuk anak-anak dan dewasa adalah Rp 6.000. Biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Puncak Vidosari buka setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Jika ingin berkunjung ke Puncak Vidosari sangat disarankan untuk mengecek kondisi cuaca terlebih dahulu.

Sebaiknya hindari berkunjung saat hujan karena jalan menuju puncak menjadi licin dan berisiko terpeleset.

Rute menuju tempat itu

Objek Wisata Puncak Vidosari
Foto oleh Agus San di Google Maps

Puncak Widosari destinasi wisata menarik ini terletak di Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapainya dari Kota Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil jalur langsung melalui Jalan Godin kemudian mengikuti jalan menuju Persimpangan Nanggulan.

Di perempatan ini belok kanan hingga sampai di perempatan Dexo, lalu lurus terus menuju Pasar Plono. Dari sana, jalan setapak akan mengarahkan pengunjung langsung menuju tempat wisata alam ini.

Tempat wisata alam ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2012. Namun karena kondisi lokasinya yang awalnya dianggap ekstrem dan berisiko, hanya sedikit wisatawan yang tertarik mengunjunginya.

Namun Puncak Vidosari mengalami renovasi pada tahun 2017 sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung sehingga lebih menarik dan ramah bagi peneliti.

Fasilitas di Bukit Vidosari

Bukit Vidosari menyediakan segala fasilitasnya antara lain kamar mandi umum, warung makan dan jajanan, musala, tempat parkir dan akomodasi yang luas. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, tersedia gazebo untuk beristirahat dan bersantai.

Baca Juga  Pesona Kuliner Angkringan Puncak Bibis

Salah satu daya tarik utamanya adalah dek observasi yang tidak hanya menjadi tempat menarik untuk berfoto, tetapi juga dibangun dari struktur beton yang kokoh dan luas, dilengkapi dengan bangku panjang untuk duduk menikmati pemandangan.

Dek observasi dilengkapi dengan pagar pelindung besi sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Puncak Widosari merupakan salah satu destinasi wisata eksotik di Yogyakarta yang menawarkan kesempatan menikmati keindahan alam dari atas.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *