Pusuk Buhit, Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Danau Toba di Samosir

Ide Wisata14 Dilihat


Pusuk Buhit Samosir menawarkan panorama Danau Toba yang menakjubkan dari atas, menjadikannya tempat ideal untuk menikmati keindahan alam.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pardugul, Kecamatan. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Ingin menikmati keajaiban Danau Toba? Pusuk Buhit adalah tempat yang tepat. Tempat ini merupakan destinasi wisata pegunungan yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Danau Toba Samosir di Sumatera Utara.

Selain itu, gunung ini dianggap sebagai tempat lahirnya suku Batak sehingga memiliki makna sakral bagi masyarakat setempat. Hal ini menambah rasa misteri dan juga menjadikan gunung ini sebagai daya tarik yang unik.

Pemandangan alam yang dikelilingi pohon pinus dan bebatuan besar sungguh luar biasa. Jika Anda ingin berkunjung, pastikan untuk membaca ulasan lebih lanjut terlebih dahulu.

Objek Wisata Pusuk Buhit

Objek Wisata Pusuk Buhit
Foto oleh Simson Salou di Google Maps

Selama beberapa tahun terakhir, objek wisata ini menjadi tujuan utama sebagian besar wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Pasalnya, puncak gunung merupakan tempat menarik untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas. Sebab, ada sejumlah objek wisata yang menarik untuk dijelajahi, diantaranya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Keindahan Kaldera Toba

Kawasan wisata Pusuk Buhit terletak di Kabupaten Samosir, satu tempat dengan Bukit Holbung yang juga sangat indah. Puncak gunung ini berada pada ketinggian sekitar tahun 1972 dan merupakan puncak tertinggi di sekitar Danau Toba.

Dari atas terlihat mahakarya Sang Pencipta berupa kaldera Toba yang terbentuk akibat rangkaian letusan Gunung Toba beberapa tahun lalu.

Selain menikmati keindahan Danau Toba, dari atas Anda juga bisa melihat bukit-bukit yang menjadi latar belakang danau tersebut.

2. Sangat berkaitan dengan sejarah suku Batak.

Salah satu daya tarik Pusuk Buhit Samosir adalah dikaitkan dengan sejarah suku Perbatasan. Banyak orang yang percaya bahwa Si Raja Batak diutus ke bumi dari Hayangan oleh Muladjadi Nabolon di kaki gunung.

Baca Juga  8 Tempat Wisata Religi di Padang yang Terkenal dan Wajib Anda Kunjungi

Tak heran jika sebagian besar masyarakat menganggap gunung ini sebagai tempat suci. Karena diyakini dapat memberikan perlindungan dan keberkahan bagi yang menghadiri dan melantunkan doa.

3. Keindahan alam yang menakjubkan.

Daya tarik lainnya adalah keindahannya yang luar biasa mempesona. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dari atas wisatawan bisa menikmati panorama Danau Toba dengan latar belakang perbukitan yang dijamin bakal memanjakan mata.

4. Menampilkan keindahan Matahari terbit

Meluangkan waktu beberapa menit untuk mendaki ke puncak dijamin tidak mengecewakan. Karena bukit ini juga menjadi tempat paling cocok untuk melihat keindahannya. matahari terbit alias matahari terbit.

kecantikan matahari terbit apa yang dipajang juga sangat tidak biasa dan akan menimbulkan kesan magis tersendiri. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indahnya matahari terbit dengan kamera kesayangan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pusuk Buhit
Foto Hardian di Google Maps

Kawasan Wisata Pusuk Buhit terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Untuk mengunjungi kawasan ini, Anda bisa memilih titik awal yaitu kota Medan terlebih dahulu.

Setelah itu anda bisa menuju Kabupaten Karo, kemudian dilanjutkan ke Sidikalang di Kabupaten Dairan, dilanjutkan ke TV Tower dan menuju Pangururan. Perjalanan harus dilakukan melalui jalur laut untuk mencapai kota Parapat.

Anda kemudian dapat menuju ke Pelabuhan Tigaraj untuk menyeberangi Pelabuhan Tomok. Ambil jalur bus darat menuju Pangururan, setelah itu Anda akan sampai di tempat tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Sama seperti tempat wisata di Danau Toba dan sekitarnya, wisatawan juga dikenakan biaya masuk. Biaya masuk per orangnya relatif terjangkau yaitu Rp 10.000.

Selain biaya masuk, dikenakan biaya lain yaitu parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan parkir mobil sebesar Rp 10.000. Biaya masuk dan biaya parkir dapat berubah sehingga sebaiknya menghubungi petugas terkait.

Baca Juga  Curug Payung, Menikmati Panorama Air Terjun dengan Bebatuan yang Mempesona di Kuningan

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Pusuk Buhit
Foto oleh Rudy Chandra Sambas di Google Maps

Di puncak gunung, wisatawan bisa menikmati sejumlah aktivitas. Jika Anda bingung, coba simak beberapa langkah di bawah ini:

Trekking

Trekking merupakan aktivitas paling populer di Pusuk Buhit Samosir. Trekkingnya sendiri cukup sulit dan berkelok-kelok untuk mencapai puncak gunung, sehingga menjadi tantangan tersendiri.

Tapi jangan khawatir! Saat trekking, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Oleh karena itu, kami jamin kelelahan itu akan terbayar dengan uang.

Berkemah di sekitar Pusuk Buhit

Jika Anda ingin merasakan keindahan Pusuk Buhit dengan cara berbeda, cobalah mengikuti trekking. Dengan udara yang segar dan suasana yang tenang, dijamin tidur Anda akan nyenyak saat berkemah.

Difoto

Tak lengkap rasanya jika sudah berhasil mencapai puncak namun tidak mengabadikan momen saat berada di sana. Apalagi terdapat panorama estetik hampir di setiap sudut puncak sehingga sangat nyaman untuk digunakan. latar belakang difoto

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Benda Pusuk Buhit
Foto Najam di Google Maps

Fasilitas yang tersedia di sekitar tempat wisata relatif lengkap dan dapat menunjang aktivitas wisata pengunjung. Misalnya saja ada toilet, musala, dan restoran.

Selain itu, terdapat juga akomodasi dengan harga berbeda-beda. Dengan menginap di hotel, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa sehingga pastinya tidak akan bosan.

Selama bersantai di tempat ini, wisatawan disarankan untuk selalu menjaga semangat. Apalagi situs tersebut dianggap keramat bagi masyarakat setempat karena diyakini sebagai rumah suku Batak.

Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir sudah dikenal hingga ke seluruh dunia, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai tujuan wisata. Jika ingin menikmati keindahannya kembali, datanglah ke puncak Pusuk Buhit di Samosir dan bersiaplah untuk pendakian.


databaru.my.id

Baca Juga  Aek Sipitu Dai, Menyelami Legenda dan Keajaiban Mata Air Tujuh Rasa di Samosir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *