Selang Pangeran, Pesona Air Terjun & Pemandian Alami Eksotis di Langkat

Ide Wisata58 Dilihat


Selang Pangeran, air terjun mempesona dan pemandian alam eksotis di Langkat, menawarkan pengalaman menakjubkan di kawasan hutan lindung dengan suasana asri yang mempesona.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Penimbangan lawan, distrik. Bokhorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Wisata alam menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin berlibur tanpa penat. Di Sumatera Utara, terdapat objek wisata Langkat dengan pemandangan yang indah dan mempesona bernama Selang Pangeran. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya menikmati keindahan alam namun juga keanekaragaman flora dan fauna.

Lokasi objek wisata cantik ini masih sama dengan Wisata Batu Katak yaitu di Taman Nasional Gunung Leuser. Lokasinya yang sebagian besar berhutan membuat pengunjung akan disambut oleh beragam spesies satwa liar.

Ada pula jenis flora atau tumbuhan langka yang keunikannya bisa dilihat yaitu bunga Rafflesia dan bunga bangkai.

Objek wisata utama yaitu Selang Pangeran memiliki dua objek wisata utama yang menjadi incaran pengunjung. Kita berbicara tentang dua hal: air terjun dan pemandian alami.

Keindahan keduanya semakin lengkap dengan banyaknya pepohonan rindang yang menghiasinya. Jika saat ini Anda sedang berada di Sumatera Utara, khususnya Langkat, tak ada salahnya mampir untuk menikmati pesonanya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Pangeran Jose

Pesona Pangeran Jose
Foto oleh Ricky Febriancia di Google Maps

Sebelum mengunjungi suatu objek wisata, pastikan Anda mengetahui apa saja objek wisata tersebut. Hal ini juga berlaku saat Anda berkunjung ke Selang Pangeran. Biar penasaran, berikut berbagai atraksi yang mereka miliki!

Keindahan air terjun Selang Pangeran

Daya tarik pertama dari tempat wisata ini adalah air terjunnya. Bukan satu air terjun, melainkan terdiri dari dua air terjun. Banyak orang menyebutnya sebagai air terjun yang mengalir.

Pasalnya, posisi kedua air terjun ini memang berbentuk bertingkat. Air terjun pertama tingginya sekitar 30 meter dan aliran airnya tidak terlalu deras.

Dari dekat terlihat air yang mengalir dari atas tebing seperti tirai, dan bagian belakang tebing terlihat samar-samar. Air yang jatuh dari ketinggian tersebut membentuk aliran lain, yang akhirnya jatuh ke dalam cekungan bersama bebatuan di sekitarnya.

Inilah yang disebut air terjun tingkat kedua dengan ketinggian yang sama. Bukan fakta keindahan ini bisa dilihat di tempat lain selain Selang Pangeran.

Berbeda dengan air terjun pertama, aliran air terjun kedua lebih deras dan arusnya deras. Pasalnya, tidak ada penghalang berupa batu sebelum air masuk ke dalam kolam. Selain itu, lebar batuan yang lebih sempit menyebabkan air menggenang lebih rapat dan menimbulkan arus yang kuat.

Baca Juga  Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih Menawan di Gunung Kidul

Pemandian alami dengan air murni

Selain air terjun, Selang Pangeran juga memiliki pemandian alami dengan air jernih yang menyegarkan. Pemandian ini terletak di Desa Timbang Lawan dengan aliran yang tenang dan pemandangan alam yang indah di sekelilingnya. Tidak hanya dihiasi dengan pepohonan hijau, tetapi juga dengan bebatuan di sekitar sungai.

Di tepi sungai, pada ketinggian yang lumayan, terdapat sebuah batu besar. Ada wisatawan yang memanfaatkannya sebagai spot foto, ada pula yang memanfaatkannya untuk melompat dari tebing menuju sungai. Apa pun yang Anda lakukan di objek wisata cantik ini, pasti menyenangkan dan meninggalkan kesan yang sangat berbeda.

Kawasan hutan lindung dengan suasana yang indah

Daya tarik Selang Pangeran berikutnya terletak di kawasan hutan lindung. Masyarakat yang tinggal di pedesaan mungkin sudah terbiasa melihat pemandangan hijau dari pepohonan. Namun, bagi penduduk kota hal ini tergolong jarang dan sesuatu yang istimewa.

Lokasi objek wisata yang indah ini menciptakan suasana asri dan sejuk dengan pepohonan rindang disekitarnya. Polusi udara tidak terasa, apalagi sampai di lokasi harus berjalan kaki cukup jauh.

Artinya, hanya sedikit kendaraan yang bisa mengakses lokasi wisata ini, kecuali pengelola dan warga sekitar untuk keperluan tertentu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Hawes Prince
Foto oleh Rizka Maharbi di Google Maps

Selang Pangeran terletak di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jika saat ini Anda berada di Kota Medan, Anda memerlukan waktu 3 jam untuk mencapai kawasan Timbang Lawan. Rute termudah adalah melewati Binjai dan menuju ke Bakhorok.

Dari Bakhorok lanjutkan perjalanan hingga tiba di Timbang Lawan. Silakan gunakan Google map atau rambu agar lebih mudah. Perjalanan harus dilanjutkan sesampainya di Bakhorok.

Silakan pergi ke arah pasar untuk referensi selanjutnya. Sesampainya di pasar, perjalanan menuju gerbang hutan masih memakan waktu sekitar 3 jam. Silakan parkir kendaraan Anda pada saat kedatangan dan lanjutkan berjalan kaki menuju lokasi utama.

Biaya masuk dan jam buka

Seperti tempat wisata lainnya, Selang Pangeran juga memungut biaya masuk bagi wisatawan yang berkunjung. Tiket masuk untuk satu pengunjung adalah 15.000 rupee.

Baca Juga  Pantai Watu Lumbung, Pesona Pantai Indah & Batu Karang Eksotis di Gunung Kidul

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir sepeda motor sebesar INR 2.000. Sementara mobil masih belum memiliki akses menuju gerbang hutan.

Jalan yang dibutuhkan untuk mencapai tempat wisata utama ini memakan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki. Bagi anda yang berkeberatan atau tidak mampu, anda bisa menggunakan jasa ojek yang lokasinya dekat dengan tempat parkir.

Secara keseluruhan harga yang disarankan adalah sekitar 100.000, namun Anda bisa menawar terlebih dahulu untuk memastikan harganya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Selang Pangeran
Foto oleh Ricky Febriancia di Google Maps

Setiap objek wisata alam tidak hanya memiliki keindahan saja, namun juga berbagai aktivitas seru. Saat Anda mengunjungi Selang Pangeran, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan yang pasti akan membuat Anda bahagia!

1. Pelacakan lokasi

Dalam waktu satu jam Anda harus berjalan kaki ke tempat wisata. Jalannya tidak mudah, seperti gunung yang naik turun. Sebagian jalan melewati bebatuan terjal di kiri dan kanannya. Saat memasuki hutan, tugas beralih ke pepohonan dan semak-semak.

Hal inilah yang membuat menarik wisatawan yang berkunjung ke Selang Pangeran. Anda tidak akan lelah, namun pikiran Anda akan segar berkat pemandangan yang menghiasi setiap sudut. Alam hutan yang hijau berpadu dengan suasana asri membuat berburu semakin menyenangkan dan mudah.

2. Melihat keindahan air terjun yang mengalir

Kegiatan selanjutnya terkait keindahan air terjun yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Keindahan air yang mengalir dari satu aliran ke aliran lainnya menampakkan keindahan alam yang mempesona. Deru air yang jatuh ke dalam kolam dan sebagian menyentuh bebatuan terdengar seperti musik alam.

Untuk menuju air terjun bertingkat ini, Anda harus melalui jalan yang berbeda dari objek wisata utama. Namun dari segi waktu semuanya sama yaitu perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 1 jam. Di Air Terjun Selang Pangeran, pengunjung bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati keindahan dan rimbunnya suasana hutan.

3. Berenang di pemandian alami.

Lepas penat juga layak dilakukan sambil bersantai dan mandi di pemandian alam Langkat. Airnya yang jernih dan menyegarkan membuat Anda ingin ngompol.

Cukup dingin tentunya bagi yang benci cuaca pegunungan. Namun tetap asyik dan seru, apalagi jika datang bersama seluruh keluarga.

Jika berenang tidak cukup memberi Anda kesenangan, berenanglah dengan santai. Bebatuan besar di sebelah kiri kolam bisa digunakan sebagai tempat lompat tebing. Namun hati-hati karena ada kemungkinan menjadi licin karena sering terendam air.

Baca Juga  Taman Kertha Gosa, Wisata Edukasi Sejarah & Hukum Adat Bali di Klungkung

4. Arung jeram memacu adrenalin

Selang Pangeran memiliki wisata air yang menantang dan pastinya cocok bagi anda yang menyukai petualangan. Arung jeram di tempat ini cukup seru karena rutenya cukup panjang.

Apalagi sungai yang digunakan untuk olahraga ini memiliki arus yang cukup deras. Bebatuan yang berserakan di sepanjang bantaran dan tengah sungai menjadi tantangan lain yang perlu diatasi.

5. Berkemah yang menyenangkan

Tempat wisata di Langkat ini buka pada pagi hari dan tutup pada sore hari. Bukan berarti tidak bisa digunakan untuk berkemah. Hal ini dapat dilakukan dengan izin pengelola di tempat yang telah ditentukan secara khusus.

Camping di Selang Pangeran seru banget karena suasana sekitar tercipta dari rindangnya pepohonan hutan. Alih-alih memberikan suasana sepi di malam hari, malah berisik akibat kicauan binatang malam.

6. Cari spot foto di Selang Pangeran.

Aktivitas terakhir yang harus dilakukan setiap pengunjung adalah berburu spot foto. Keindahan alamnya lengkap mulai dari bebatuan, pepohonan, air terjun hingga aliran sungai. Tentu sayang jika semua keindahan ini diabaikan begitu saja tanpa diabadikan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Selang Pangeran
Foto Broto Kisovo di Google Maps

Fasilitas Selang Pangeran cukup lengkap dan masih menjadi standar diantara beberapa tempat wisata alam yang ada di Indonesia. Saat berada di lokasi, harap menggunakan toilet sebagai kamar mandi umum dan berganti pakaian. Objek wisata cantik ini menyediakan tempat parkir yang luas bagi mereka yang datang menggunakan sepeda motor.

Ada juga area berkemah khusus dan akomodasi yang tersedia. Untuk akomodasi lokasinya di sekitar tempat parkir. Sedangkan tempat kemahnya masih di dalam hutan dan perlu mendapat izin dari pengelola.

Anda tidak bisa mengakses musala jika sudah memasuki kawasan hutan, jadi harap membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Keindahan dan beragam aktivitas seru di Selang Pangeran membuatnya selalu ramai dikunjungi pengunjung. Jika Anda mencari suasana yang lebih santai dan tidak terlalu ramai, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada hari yang aktif. Pasalnya pada hari libur selalu ramai dan kurang leluasa beraktivitas.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *