Lembah Cilengkrang, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Kuningan

Ide Wisata28 Dilihat


Terpesona dengan keajaiban alam Lembah Chilengkrang, Kuningan yang mempesona dengan keanekaragaman hayatinya yang mempesona menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp12.500, Jam kerja: 06.00-16.00 WIB, Alamat: Pazhambon, distrik. Kramatmulya, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Kabupaten Kuningan memang tidak kekurangan pemandangan alam yang mempesona. Salah satu destinasi wisatanya adalah Lembah Chilenkrang yang sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan. Suasana di lembah ini masih sangat asri, udaranya segar dan tidak tercemar.

Keberadaannya terletak di kawasan lindung Taman Nasional Gunung Siremai yang merupakan kawasan hutan hujan. Hal ini membuat suasana wisata menjadi lebih sejuk dan memberikan perasaan tenang. Selain itu, terdapat juga ekosistem unik yang masih langka.

Bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata penuh ketenangan, jauh dari hiruk pikuk kota dan suasana asri, berkunjung ke Chilengkrang Natural Valley sangat direkomendasikan. Anda akan disuguhi pemandangan alam terbuka menakjubkan yang akan menghidupkan kembali pikiran Anda. Di bawah ini adalah informasi yang dapat dijadikan referensi.

Atraksi Lembah Chilenkrang

Atraksi Lembah Chilenkrang
Foto Arinda di Google Maps

Lembah Alam

Lembah Chilengkrang memiliki luas sekitar 30 hektar. Berbatasan langsung dengan Desa Pejambon. Suasana di lembah ini sangat alami. Banyaknya pepohonan hijau, perbukitan dan pemandangan khas kota Kuningan membuat suasana semakin memanjakan mata.

Kawasan wisata ini terbagi menjadi tiga

Wisata lembah indah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu pada bagian pertama terdapat kawasan wisata sehari-hari berupa tenda kemah, serta elang jawa dan jenis burung lainnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Zona kedua meliputi sabuk dan lembah Kurug. Sedangkan untuk zona ketiga terdapat kolam air panas khusus untuk wisatawan. Terutama pecinta hiking.

Keanekaragaman hayati

Mengingat keberadaan lembah yang berada di zona hujan tropis Gunung Chiremai, pemandangan Lembah Chilengkrang pun tak kalah mempesona. Ekosistem lembah indah ini juga beragam. Dimulai dengan keanekaragaman flora dan fauna.

Jenis tumbuhan yang dilindungi antara lain bambu tamyang, rotan, anggrek tanah, kaliandra, kecubung, kantong semara dan masih banyak lagi.

Sedangkan jenis fauna yang dapat ditemui wisatawan saat berkunjung ke lembah tersebut adalah lutung jawa, kukang, kera ekor panjang, biawak air, perkutut. Semua jenis fauna berada di bawah perlindungan ketat karena keberadaannya yang langka.

Baca Juga  The Lost World Castle, Objek Wisata Hits Mirip Benteng Takeshi di Sleman Jogja

Oleh karena itu, selama berkunjung, disarankan untuk tetap berhati-hati dan tidak melanggar aturan yang ada.

Ada sumber air panas

Salah satu keunikan Lembah Chilengkrang adalah adanya sumber air panas alami yang langsung dari dalam bumi. Air panas ini mengalir di antara air terjun. Wisatawan yang ingin merasakan hangatnya pemandian air panas ini bisa berenang di kolam-kolam yang tersedia.

Terdapat air terjun dari 3 air terjun

Lembah eksotis ini memiliki tiga air terjun yang letaknya bersebelahan. Setiap orang mempunyai tinggi badan yang berbeda-beda. Sabuk Kurug memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air Terjun Sauer memiliki ketinggian 50 hingga 60 meter. Yang ketiga adalah Kurug Chitapa yang tingginya kurang lebih 40 hingga 60 meter.

Perasaan air yang mengalir di setiap air terjun juga berbeda-beda. Wisatawan bisa menikmati aliran ketiga air terjun ini dengan berenang, berdiri di bawah semburan air terjun, mencelupkan tangan dan kaki, serta mencuci muka.

Lokasi Hutan Kopi Hebat

Keindahan panorama kawasan hutan Kopi Gede menjadi salah satu tempat yang cocok untuk mencari ketenangan. Udaranya yang segar dan alamnya yang sejuk membuat wisatawan semakin merasa damai. Selain itu, dari ketinggian Hutan Kopi Gede wisatawan bisa menyaksikan pemandangan kota Kuningan dan Cirebon yang menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket ke Lembah Chilenkrang
Foto Oka Dvi di Google Maps

Lembah Cilengkrang terletak di Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Jika perjalanan dimulai dari kota Cirebon lurus menuju Kuningan, melalui Silimus menuju ke arah selatan. Selanjutnya melewati pasar Kramatmul. Ketika kami sampai di sini, lembahnya tidak jauh.

Setelah melewati pasar Kramatmul, Anda akan berbelok ke kanan, melewati desa Kalapagunung menuju desa Pejambon yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Sedangkan jika menggunakan angkutan umum dari Terminal Chirendang melalui Desa Raghavankana. Namun jika masih merasa bingung, Anda bisa membuka aplikasi Google Maps yang akan memandu Anda menuju lokasi lembah tersebut.

Biaya masuk dan jam buka

Sebelum memasuki Lembah Chilengkrang, Anda harus mengetahui jam buka terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengatur waktu kedatangan di lokasi yang Anda inginkan hingga Anda ingin kembali ke rumah.

Baca Juga  Pantai Sawangan, Pantai Indah dengan Pasir Putih Eksotis di Badung Bali

Jam buka lembah cantik ini dimulai dari pukul 06:00 hingga 16:00 WIB. Namun jika wisatawan ingin mendaki, Wisata Lembah tersedia 24 jam sehari. Sebelum mendirikan tenda, biasanya para pekemah diminta mengisi buku wisata.

Jadi, harga tiket masuk lembah cantik ini sedemikian rupa sehingga wisatawan hanya perlu membayar Rp 12.500 per orang di akhir pekan. Namun harga tiket masuk di hari biasa juga cukup murah. Jika orang dewasa harus membayar Rp10.000 dan anak-anak harus membayar Rp8.000.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Lembah Chilenkrang
Foto oleh Sukarti Suket Liserta di Facebook

1. Menikmati pemandangan lembah

Pemandangan Lembah Chilengkrang merupakan objek wisata alam yang indah dihiasi pepohonan hijau, perbukitan, serta flora dan fauna yang beragam sehingga menciptakan pesona yang sangat memanjakan mata.

Bahkan rasa penat selama perjalanan menuju lembah yang cukup melelahkan seakan hilang seketika begitu sampai di tempat tujuan. Keindahan alamnya mampu mengimbangi kepenatan perjalanan.

2. Berkemah di Lembah Chilenkrang.

Lembah indah ini memiliki tempat perkemahan yang khusus disediakan oleh pengelola setempat.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah hutan, bangunan cantik ini kini memungkinkan Anda untuk berkemah. Namun dengan catatan tetap berhati-hati dan menjaga kebersihan lingkungan.

3. Berenang di kolam air panas.

Inilah titik yang paling menarik minat wisatawan. Berendam di sumber air panas alami. Banyak orang yang beranggapan bahwa mandi di sumber air panas dapat menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit.

4. Berburu foto

Para pecinta fotografi yang menyukai gaya pasti tidak akan melewatkan kegiatan ini. Selain berswafoto di spot-spot terbaik, wisatawan juga bisa berfoto bersama rombongan.

Pemandangan Lembah Chilengkrang dengan nuansa perbukitan hijau menjadi daya tarik yang mengenangnya. Selain itu, wisatawan juga mempunyai tempat favorit untuk berfoto, seperti duduk di atas bebatuan dan menikmati gemericik air terjun yang tidak terlalu deras.

5. Melihat flora dan fauna langka

Selain memberikan nuansa alam yang hijau dan memanjakan mata, wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut juga bisa mendapatkan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan keanekaragaman flora dan fauna yang masih terjaga kelestariannya.

Wisatawan bisa melihat langsung berbagai flora untuk menambah pengetahuannya. Jika datang pada waktu yang tepat, wisatawan juga bisa melihat berbagai hewan langka di lembah tersebut.

Baca Juga  Pantai Congot, Pantai Indah Dibaluti Hutan Mengarove di Kulon Progo

6. Berburu masakan lezat

Saat berwisata ke Lembah Chilengkrang, Anda tidak perlu membawa makanan atau minuman terlalu banyak. Berbagai makanan dan minuman tersedia di tempat wisata dan dijual di warung-warung terdekat.

Anda bisa memesan beragam menu lezat untuk mengisi perut saat lapar atau memesan minuman hangat agar tubuh tidak terasa terlalu dingin. Harga yang dipatok penjual juga cukup standar. Satu hal yang jelas: harganya terjangkau bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Lembah Chilenkrang
Foto Br14n 1m4g3s di Google Maps

1. Parkir

Area parkir di Lembah Chilengkrang cukup luas. Wisatawan dapat memarkir kendaraannya secara terorganisir. Pihak manajemen sengaja memisahkan area parkir sepeda motor dan mobil untuk memastikan kondisi parkir lebih rapi dan tepat sasaran.

2. Ruang sholat

Wisatawan muslim yang ingin menunaikan salat tidak perlu lagi mencari musala di luar tempat wisata. Wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

3. Toilet

Keberadaan fasilitas umum ini sangat sederhana dan diperlukan bagi wisatawan. Selain digunakan di toilet, Anda juga bisa menggunakannya untuk berganti pakaian. Baik saat mandi maupun setelah mandi.

4. Tempat berkemah

Perkemahan yang terletak di lembah ini sering digunakan oleh wisatawan yang ingin mendirikan kemah. Tenda warna-warni yang berjejer memberikan kesan menakjubkan. Suasana berkemah menjadi lebih semarak apalagi saat musim liburan tiba.

5. TPA

Ada warung-warung sederhana yang berjejer rapi di sekitar lembah. Vendor menawarkan berbagai makanan dan minuman. Mulai dari makanan kemasan hingga gorengan atau minuman panas. Wisatawan bisa memesan sesuai selera.

6. Akomodasi

Jadi, wisatawan yang tidak ingin menikmati sensasi berada di alam terbuka bisa memesan akomodasi yang paling dekat dengan tempat wisata lembah tersebut. Anda dapat memilih hotel yang berbeda dengan harga yang berbeda. Anda dapat memesan semuanya sesuai anggaran Anda.

Demikian gambaran keindahan Lembah Chilengkrang dan dapat dijadikan panduan liburan keluarga. Jika Anda berada di dalam atau sekitar Kota Kuningan, Anda bisa langsung mengunjungi lembah indah ini. Sesampainya di sana, Anda pasti tidak akan menyesalinya. Semoga ini bermanfaat.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *