Sumber Maron Malang, Pemandian Alami yang Dilengkapi Wahana Seru

Ide Wisata6 Dilihat


Sambert Maron merupakan tempat wisata favorit di Malang untuk berenang. Pesona air terjun mini, pepohonan hijau, dan berbagai atraksi menarik mulai dari arung jeram hingga Sungai Berak.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Dusun Adi Luwi, Kecamatan Karangsuko. Kinerja, Area. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Sambert Maron merupakan destinasi wisata di Malang yang memiliki mata air dengan air terjun kecil yang menghiasinya. Tempat ini berada di tengah desa dan masih memiliki suasana yang asri. Air yang dikelilingi persawahan dan rumah warga ini menjadi sumber air utama bagi warga sekitar untuk mengairi sawahnya dan keperluan lainnya.

Dahulu pemandian ini hanya sekedar tempat bersantai warga setelah selesai bekerja atau sebagai tempat menanam kangkung. Namun setelah beberapa pihak menyadari potensi wisata di sana, perairan tersebut berkembang menjadi destinasi liburan seperti sekarang. Mata air yang jernih dan pemandangan persawahan yang indah menjadi salah satu daya tarik Sambert Maron.

Tak hanya pemandiannya saja yang menarik di sini, pemandangan persawahan juga menakjubkan, serta beragam fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berada di sini. Tamasya ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan luar kota, sehingga selalu banyak pengunjung di sini.

➥ Hotel murah di Malang

Atraksi Sambert Maron Malang

Shutterstock Atraksi Sambert Maron Malang
Foto oleh Fajar Hengka Wijay di Shutterstock

Pemandian ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Malang. Pemandian wisata yang berada di tengah desa, menawarkan suasana alam pedesaan yang asri serta pemandangan hijau yang menyejukkan. Hal ini menjadikan tempat ini direkomendasikan oleh wisatawan dan traveller yang mengunjunginya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Mata air yang bersih dan sejuk

Air di pemandian yang dulunya merupakan sumber air utama bagi warga Desa Karangsuko ini begitu jernih hingga dasar sungai terlihat. Berenang di tempat ini akan memberikan perasaan sejuk dan segar. Di sini Anda juga bisa membuat booth foto bawah air yaitu berfoto di bawah air.

Selain itu, terdapat air terjun kecil dengan kemiringan 60 derajat yang menghiasi Sambert-Maron dan menjadi daya tarik tersendiri setelah perairannya. Anda juga bisa menaiki air terjun yang tingginya sekitar 5 meter ini dan berdiri di puncaknya. Arus di sini bergantung pada banyaknya curah hujan, semakin sering hujan maka semakin kuat arusnya.

Memiliki wisata edukasi

Sumber wisata favorit di Malang ini selain terkenal dengan wisata renangnya juga menawarkan wisata edukasi. Pengetahuan yang ada di sini berkaitan dengan keberadaan pembangkit listrik tenaga mikro hidro atau PLTMH.

Baca Juga  Pantai Jodo, Menikmati Panorama Pantai Eksotis dari Ketinggian Bukit Cinta di Batang

Menggunakan aliran air terjun mini, pembangkit listrik tenaga air ini berhasil menerangi 4 desa terdekat secara bersamaan. Pencapaian tersebut tentunya menjadikan tempat wisata ini sering dikunjungi oleh para praktisi atau pelajar yang ingin mempelajarinya.

Pemandangan sekitar yang indah

Sawah hijau dan pepohonan akan menyambut Anda begitu tiba di tempat ini. Sambert Maron sendiri terletak di tengah desa sehingga terdapat suasana damai dan tenang. Di hari biasa atau saat pengunjung sedang sepi, ketenangan ini bisa Anda manfaatkan sebagai sarana penyembuhan diri.

➥ Tur satu hari ke air terjun Tumpak Sewu dan pelangi berkabut

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat asli Maron Malang
Foto oleh Mazkebo Nagano di Shutterstock

Tidak hanya menyuguhkan suasana pedesaan Desa Adiluwih di Desa Karangsuko, namun juga dilengkapi dengan segala fasilitas yang diperlukan agar Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman. Sumber mata air ini terletak di Kecamatan Paglaran, Malang, Jawa Timur. Anda bisa mengunjungi objek wisata Sambert-Maron untuk menghilangkan kebosanan atau sekedar rehat sejenak dari penatnya pekerjaan.

Anda bisa mendekati pemandian ini dari rute mana pun. Kondisi jalan bagus dan perjalanan aman. Jika memulai perjalanan dari Kota Malang akan menempuh jarak kurang lebih 27,8 km dan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Menuju tenggara menuju Jalan JA Suprapto, Anda harus berkendara sejauh 500 meter melalui Jalan WR Supratman. Setelah itu ikuti supermarket di kanan jalan, di bundaran sana Anda perlu mengambil jalur 3 dan terus ke Jalan Gatot Subroto.

Jalan Lakshamana Martadinata juga menjadi jalur yang akan anda lalui, tentunya setelah ini anda akan terus melewati Jalan Kolonel Sugiono dengan supermarket di sisi kiri jalan yang terletak 400 meter di ujung jalan. Lanjutkan menuju Adi Mulya dan Jalan Raya Bulu.

Setelah itu tinggal berkendara menuju Krebet Sengrong, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Sukonolo. Dari semua rute ini, Anda harus mengambil tiga jalur lagi hingga mencapai tujuan. Rute: Jalan Raya Bulupitu Panjang 600 meter, lurus ke Jalan Pahlawan lalu belok kiri ke Jalan Nasional III.

Anda memerlukan waktu beberapa menit untuk mencapai Jalan Sumber Maron di Desa Adiluwi, Kecamatan Paglaran, Malang. Selama kurang lebih 1 jam perjalanan, jalurnya cukup datar dan nyaman, sehingga Anda bisa menikmati perjalanan waktu.

➥ Tur satu hari ke air terjun Koban Sriti dan Tumpak Sevu dari Malang

Selain itu, ada jalur lain yang biasa digunakan wisatawan yang ingin datang ke sini. Rute ini dikenal sederhana dan cukup mudah untuk diikuti. Dimulai dari Stasiun Kanjurukhan, Anda cukup berkendara lurus menyusuri Jalan Nasional III. Belok sedikit ke kanan sambil terus menyusuri jalan yang sama dan terus lurus, Anda akan menemukan Samber Maron di desa Adiluwih.

Baca Juga  Pantai Sri Mersing, Pantai Indah di Serdang Bedagai dengan Berbagai Watersport Menarik

Perjalanannya tidak memakan banyak waktu, hanya 8 menit dan jarak stasiun menuju pemandian 4,5 kilometer. Berkat jalannya yang lurus dan mulus, wisatawan yang melewati jalur ini tidak perlu khawatir tersesat.

Biaya masuk dan jam buka

Ada beberapa biaya yang terkait dengan fasilitas yang tersedia di sini. Selain biaya masuk yang hanya Rp 5.000 per orang, Anda akan disuguhi beragam fasilitas untuk melengkapi liburan Anda.

Anda harus membayar parkir saat memasuki area kolam. Sepeda motor hanya berharga Rp 3.000 dan kendaraan sejenis mobil berharga Rp 5.000. Jam buka tempat ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 waktu Indonesia Barat. Dengan cara ini Anda akan punya waktu untuk menyaksikan matahari terbenam di tempat ini.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Kegiatan Sumber Maron Malang
Foto oleh Fajar Hengka Wijay di Shutterstock

1. Berenang

Seperti yang kalian ketahui, wisatawan datang ke sini karena sumber mata air di sini terkenal bersih dan segar untuk berenang. Sensasi sejuk akan Anda rasakan begitu air menyentuh permukaan kulit Anda. Karena suhu airnya yang masih sejuk, tempat ini direkomendasikan sebagai tempat yang cocok untuk berenang saat cuaca panas.

Sambil berenang di sini, Anda juga bisa menyelam bersama ikan. Airnya yang jernih memudahkan kita melihat dasar sungai. Sungai yang berada di bawah air terjun ini juga cukup dalam sehingga perlu berhati-hati. Semakin ke tengah, dasar sungai semakin dalam hingga mencapai 2 meter.

Tempat ini menyediakan fasilitas tambahan seperti ban dalam untuk anak-anak dan pengunjung yang belum bisa berenang. Biaya sewanya juga tidak terlalu mahal: sekitar Rp3.000 untuk ban kecil dan Rp5.000 untuk ban sedang.

2. Tempat foto bawah air

Mengabadikan momen liburan memang menjadi aktivitas wajib yang dilakukan setiap wisatawan yang berkunjung ke Sambert-Maron. Apalagi karena pesona hijaunya, spesies ini sangat cocok untuk diabadikan dalam foto.

Jernihnya air juga menciptakan daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung berlomba-lomba mengambil foto saat berada di dalam air. Pengunjung memperagakan berbagai pose unik dan menarik sambil mengambil foto. Gambar background yang indah akan menambah minat wisatawan untuk bersantai di objek wisata alam yang indah ini.

3. Jelajahi sungai dengan tubing.

River tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Pengunjung akan menaiki ban dan mengikuti arus sambil mengagumi pemandangan sekitar. Panjang jalur river tubing yang disediakan pengelola sekitar 500 meter.

Baca Juga  Pulau Kapuk, Pulau Tersembunyi di Aceh Besar yang Kaya Nilai Sejarah

Biasanya pengunjung berpegangan tangan dan tentunya ditemani oleh penjaga yang mengawasi tepian sungai dan titik-titik tertentu untuk berjaga-jaga jika ada pengunjung yang tenggelam atau ban terguling.

Di Hotel Sumber Maron Anda bebas menggunakan fasilitas tersebut. Biaya sewa ban untuk acara ini adalah Rp 10.000. Dengan sedikit uang, Anda bisa bermain tubing di sumber air.

4. Menyeberang menggunakan Flying Fox

Atraksi ini paling populer di kalangan pengunjung. Hanya dengan Rp 3.000, Anda sudah bisa menikmati wahana Flying Fox yang akan membawa Anda melewati persawahan dan sungai. Wisata ini sedikit menantang dan banyak orang yang ingin mencobanya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir terjatuh karena tersedia perlengkapan dan peralatan keselamatan yang sangat lengkap.

5. Nikmati suguhan amis

Nama lainnya adalah iktioterapi, yaitu terapi khusus yang dilakukan dengan cara merendam bagian tubuh dalam air yang berisi ikan-ikan kecil. Ikan-ikan ini nantinya akan memakan bagian kaki atau sel kulit mati dari bagian tubuh tersebut.

Terapi ini bermanfaat untuk meredakan nyeri dan penyakit tertentu serta digunakan juga sebagai pelembut kulit. Di perairan ini Anda akan menemukan tempat-tempat seperti itu. Saking banyaknya pengunjung yang datang ke sini, banyak juga yang tertarik dimanjakan dengan ikan warna-warni.

6. Menikmati matahari terbenam di Sambert Maron

Jam tutup tempat ini adalah pukul 18.00. Anda bisa melihat matahari terbenam dengan guratan warna oranye membelah langit. Ditambah indahnya persawahan dan pepohonan hijau akan meninggalkan kesan nostalgia. Kesan yang membuat Anda ingin mengunjungi tempat ini lagi.

Fasilitas yang tersedia di Sambert Maron

Shutterstock Origin Center di Malang Maron
Shutterstock Kegiatan Sumber Maron Malang

Mata air yang menjadi lokasi objek wisata ini memiliki segala fasilitas yang diperlukan. Mulai dari fasilitas umum seperti toilet, mushola hingga tempat makan. Ada juga banyak tempat di mana Anda bisa bersantai sejenak setelah berenang.

Beberapa atraksi berbayar seperti Flying Fox dan River Tubing dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman menyenangkan selama berlibur di objek wisata alam tercinta ini.

Sambert Maron merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang memiliki air terjun kecil yang menjadi sumber listrik utama pembangkit listrik tenaga air. Wisata ini menawarkan sensasi berlayar dalam suasana pedesaan yang tenang dan asri. Persawahan yang mengelilingi sungai ini seolah menambah nilai indah pemandangan untuk dinikmati.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *