Rumah Hobbit Songgo Langit, Sensasi Wisata Ala Negeri Dongeng di Bantul

Ide Wisata53 Dilihat


Rumah Hobbit Songgo Langit, sensasi wisata ala dongeng di Bantul, dibuat takjub dengan hadirnya rumah hobbit yang memberikan pengalaman magis dan magis.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 05.00-22.00 WIB, Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Kecamatan Mangunan. Longo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Rumah Hobbit Songgo Langit merupakan objek wisata di Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Taman wisata ini juga sering disebut dengan “Seribu Batu Songgo Langit” karena banyaknya bebatuan yang ada di tempat ini. Sedangkan istilah Songgo Langit berarti penyangga langit.

Objek wisata Bantul ini merupakan tiruan rumah hobbit yang ada di New Zealand. Tempat pertama yang menarik wisatawan adalah rumah kayu kecil berbentuk kerucut tempat tinggal para kurcaci. Seolah-olah pemandangan itu menimbulkan kesan seperti berada di negeri dongeng.

Taman liburan unik ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan. Selain keunikan rumah ini, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas lain yang tak kalah menarik. Misalnya saja bermain outdoor atau berfoto di beberapa spot selfie yang terletak di tengah rindangnya hutan pinus.

Landmark rumah hobbit Songo Langit.

Shutterstock Daya Tarik Rumah Hobbit Songo Langita
Foto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Keberadaan Rumah Hobbit

Daya tarik utama dari objek wisata alam yang indah ini adalah rumah-rumah hobbit yang lucu dan unik. Ada 3 rumah hobbit di kawasan ini. Sedangkan di halamannya terdapat patung kurcaci atau orang kurcaci yang memakai topi berbentuk kerucut.

Seolah mengingatkan pengunjung pada film Lord of the Rings asal Selandia Baru. Film ini bercerita tentang para kurcaci yang tinggal di rumah kayu dengan atap yang sangat rendah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pohon pinus yang rindang

Kawasan Mangunan Dlingo identik dengan pohon pinus. Termasuk di tempat wisata unik ini. Keberadaannya terletak di tengah hutan pinus. Jadi pengunjung yang bersantai di Rumah Hobbit Songgo Langit juga bisa menikmati sensasi rindangnya pepohonan pinus.

Petualangan di Seribu Batu Songgo Langit

Untuk sampai ke tempat wisata yang mengingatkan pengunjung pada film dongeng ini, Anda harus melakukan trekking melalui medan yang cukup lumayan.

Mengingat lokasinya yang berada di daerah perbukitan dan jauh dari pusat kota, pengunjung harus mempersiapkan fisik dan matang dengan baik. Namun meski medannya cukup menantang, namun pemandangan di kedua sisi jalan cukup memanjakan mata. Itu sebabnya Anda tidak merasa terlalu lelah.

Tempat keren untuk foto

Spot favorit untuk foto atau selfie di objek wisata Bantul yang menawan ini adalah Rumah Hobbit. Meski hanya replika dan tidak ada kurcaci sungguhan yang tinggal di dalamnya, pengalamannya nyata.

Baca Juga  Palembang Bird Park, Taman Indah yang Menjadi Rumah Berbagai Jenis Satwa

Pengunjung pun rela mengantri untuk berfoto di spot favorit ini. Terkadang Anda juga bisa menemukan pasangan calon pengantin yang mengambil foto prewedding di sini. Karena sensasinya sungguh unik. Berbeda dari yang lain.

Perasaan alami yang sejuk

Memiliki taman liburan rumah hobbit di tengah hutan pinus membuat suasana alam menjadi asri. Udaranya segar, alamnya sejuk.

Apalagi jika pengunjung memutuskan untuk datang pada pagi hari atau bermalam di tempat ini. Terlihat kabut dan embun masih menggantung di dedaunan. Tentu saja hal ini menambah rasa sejuk dan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Rumah Hobbit Songgo Langit
Foto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Rumah hobbit Songgo Langit terletak di kawasan perbukitan Gunung Kidul, Yogyakarta. Detailnya di kawasan Dlingo desa Mangunan. Tidak jauh dari pusat rekreasi Taman Buah Mangunan. Atau sepanjang jalan dari hutan pinus Nganjir.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 21 kilometer. Pengunjung dapat menempuh perjalanan dengan mobil, waktu perjalanan kurang lebih 45 menit. Dari sisi pusat kota Yogya, pengunjung bisa menuju ke arah selatan.

Lanjutkan berkendara menuju Jalan Imogiri Barat. Selanjutnya belok kiri menuju Jalan Bakulan Imogiri dan melewati Alun-Alun Imogiri. Setelah itu menuju ke Mangunan. Ikuti Jalan Mangunan yang khas dengan pepohonan pinusnya. Anda akan mengetahui lokasi rumah unik ini.

Biaya masuk dan jam buka

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Rumah Hobbit Songgo Langit akan mendapatkan biaya masuk yang harus dibayar. Harganya cukup murah yaitu Rp 5000 per orang. Tidak ada perbedaan harga pada hari libur dan hari kerja.

Untuk parkir kendaraan, pengunjung hanya perlu membayar Rp2.000 per kendaraan bermotor, Rp5.000 per mobil, dan wisatawan yang datang rombongan seperti bus dikenakan biaya parkir sebesar Rp20.000 per unit.

Tempat wisata ini juga memiliki tempat perkemahan dengan fasilitas mewah layaknya hotel berbintang. Jika ingin merasakan pengalaman glamping, cukup membayar Rp 500.000 untuk menyewa kamar bermalam. Harga sudah termasuk makanan dan minuman selamat datang.

Jam buka tur Rumah Hobbit: 05:00 hingga 22:00 WIB. Namun berikut beberapa tipsnya: Jika Anda ingin datang menikmati keindahan tempat wisata ini, sebaiknya datang pada pagi hari atau bahkan sore hari.

Hal ini dilakukan untuk menghindari panasnya sinar matahari. Jadi Anda bisa menikmati alam hijau dan udara segar. Selama trekking, Anda tidak mengeluarkan banyak tenaga karena cuaca yang panas.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Songgo Langit Rumah Hobbit
Foto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

1. Nikmati nuansa negeri dongeng.

Sesampainya di lokasi Rumah Hobbit Songgo Langit, tanpa disadari Anda akan langsung teringat dengan film dongeng asal Selandia Baru.

Baca Juga  Negeri Suah, Melihat Lebih Dekat Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Deli Serdang

Ternyata keberadaan rumah unik ini tidak hanya ada di dunia imajinasi saja. Namun, itu benar-benar ada di depan Anda. Meski tidak mirip aslinya seperti di film Lord of the Rings.

Apalagi patung kurcaci sengaja dibangun di wilayah taman hobbit. Tentu saja hal ini membuat tampilannya semakin unik dan menarik.

2. Berfoto di Rumah Hobbit.

Memutuskan untuk pergi ke tempat ini tak lain adalah tujuan utama untuk mendapatkan foto dengan latar belakang yang unik. Dengan begitu, pengunjung bisa mengabadikan setiap sudut rumah hobbit Songo Langit dengan menggunakan kamera terbaiknya.

Jika ingin mendapatkan sudut kamera yang tepat, pastikan memilih fotografer berpengalaman. Hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Nah, tempat ini juga mempunyai jasa sewa fotografer. Biasanya Anda akan diminta menatanya agar sesuai dengan lanskap yang ada.

Anda dapat memilih foto terbaik yang diambil oleh fotografer. Ini kemudian akan ditransfer sebagai file. Anda juga dapat mencetak secara langsung. Tergantung pada permintaan Anda.

3. Kajian kawasan hutan pinus.

Setelah puas menikmati keindahan rumah hobbit, pengunjung bisa menikmati aktivitas wisata lainnya yang masih berlangsung di tempat tersebut. Yakni berjalan-jalan melewati hutan pinus.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pohon pinus, bersantai dan melepas penat, berburu bunga pinus dan masih banyak lagi. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan pada pagi hari. Anda bisa menghirup udara segar bebas polusi.

4. Berburu kuliner lezat

Meski Rumah Hobbit Songgo Langit terletak di tengah hutan, namun Anda tak perlu khawatir akan merasa lapar. Objek wisata menawan ini memiliki beragam warung makan yang menjual berbagai macam makanan, minuman, jajanan dan jajanan lainnya.

Anda bisa membelinya sesuai selera dan kebutuhan. Mengingat harganya, Anda tidak perlu khawatir akan mahal. Karena pedagang memberikan harga standar.

Bahkan pada malam hari, warung makan tetap buka. Anda bisa memesan minuman seperti secangkir kopi atau teh. Nikmati sambil menyaksikan pemandangan malam khas rumah hobbit.

5. Bermalam di glamping.

Selain keunikan rumah hobbit, tempat wisata ini juga menawarkan kesempatan berkemah. Pengunjung bahkan mungkin merasakan keinginan untuk bermalam di hotel. Ya, tempat perkemahan menawan ini dilengkapi dengan lampu malam, tempat tidur, lemari pakaian, kursi sofa, dan televisi.

Satu ruang perkemahan glamor dapat menampung 4 orang. Jadi Anda bisa menikmatinya bersama seluruh keluarga. Atau bahkan wisatawan yang membawa rombongan belajar, dll juga bisa menikmati pengalaman bermalam.

Pemandangan malam di tempat ini justru terkesan lebih menawan. Ada banyak lampu hias yang tergantung di setiap sudut. Pemandangan rumah hobbit pun tampak semakin indah karena cahayanya yang terang.

Baca Juga  Lava Tour Merapi, Menikmati Pesona Alam Eksotis & Batu Alien Unik di Jogja

6. Berjalan menyusuri jembatan kayu.

Jembatan yang terbuat dari kayu ini cukup panjang. Pada malam hari, bagian pinggir jembatan yang pagarnya terbuat dari kayu akan dihiasi lampu.

Wisatawan bisa memanfaatkan momen ini untuk berfoto selfie. Tentu saja hasilnya sangat Instagrammable. Cocok sekali jika Anda upload ke akun media sosial Anda sebagai tambahan koleksi liburan Anda.

Orang yang melihatnya mungkin akan tertarik untuk mengetahui keberadaan tempat indah ini. Hal ini membuatnya penasaran atau ingin mengetahui lokasi tempat tersebut. Nah, hal ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi keberadaan Rumah Hobbit Songgo Langit agar lebih dikenal wisatawan dari berbagai penjuru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Songgo Langit Rumah Hobbit
Foto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

1. Lokasi parkir

Sedangkan untuk area parkir sudah tidak perlu diragukan lagi keberadaannya. Lokasinya cukup memadai dan luas. Bahkan dapat menampung kendaraan besar seperti bus, yang biasanya digunakan oleh rombongan wisata.

2. Ruang sholat

Pengunjung muslim yang ingin melaksanakan ibadah salat dapat menggunakan fasilitas musala. Tempatnya cukup bersih dan terawat. Namun sebaiknya membawa perlengkapan sholat sendiri. Selain tidak adanya antrian, kebersihan pun lebih terjaga.

3. Warung memasak

Kehadiran warung makan di tempat wisata yang berdiri sejak tahun 2017 ini menawarkan beragam menu yang lezat. Pengunjung dapat memesan produk olahan makanan dengan harga terjangkau.

4. Berkemah

Jika Anda tidak ingin menjelajahi tempat-tempat wisata di siang hari, Anda dapat bermalam di tempat perkemahan yang mudah diakses. Bahkan ada tempat perkemahan glamor yang dilengkapi dengan fasilitas yang mengingatkan kita pada hotel bergaya.

5. Gazebo

Terdapat gazebo-gazebo di sekitar objek wisata yang dapat dijadikan tempat bersantai. Selain itu juga dapat menjadi tempat berteduh dari cuaca panas atau hujan. Di gazebo Anda bahkan bisa menikmati kuliner atau minum secangkir kopi. Jangan lupa melihat pemandangan alam yang indah.

6. Jasa penyewaan jip

Jasa penyewaan jeep juga tersedia di tempat wisata ini. Jika Anda ingin menjelajahi kawasan atau mengunjungi tempat wisata terdekat, Anda bisa menyewa mobil jeep. Tentunya ada driver jeep yang siap mengantar Anda ke lokasi yang Anda inginkan.

Demikian ulasan singkat mengenai keindahan rumah hobbit Songgo Langit. Jika Anda penasaran setelah membaca informasi ini, yuk segera jadwalkan waktu yang tepat untuk berkunjung. Jika Anda sedang mencari suasana meriah, Anda bisa datang saat liburan. Dan sebaliknya.


databaru.my.id