Sunrise Point Cukul, Spot Terbaik Menikmati Panorama Matahari Terbit di Bandung

Ide Wisata137 Dilihat


Nikmati momen spektakuler matahari terbit di Bandung dengan mengunjungi Sunrise Point Cukul, destinasi unggulan yang menawarkan panorama alam menakjubkan dan pengalaman liburan yang mempesona.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Chukul, Sukaluyu, Kecamatan. Pangalengan, Kab. Bandung Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Para pecinta Sunrise di Jawa Barat khususnya Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan hotspot wisata Sunrise Point Kukul yang ada di Kecamatan Pangalengan. Di tempat wisata alam ini Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dari ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.

Banyaknya bukit dan gunung di sekitar tempat wisata indah ini juga membuat momen matahari terbit menjadi sangat menakjubkan. Belum lagi alam disekitarnya yang kaya akan tanaman hijau, mulai dari sawah dengan padi dan hutan dengan pepohonan. Semua keindahan alam ini bahkan mungkin bisa meyakinkan wisatawan.

Resor populer Sunrise Point Cukul tak hanya menyuguhkan pemandangan matahari terbit dan keindahan alam, namun juga sejumlah hal menarik lainnya yang membuat wisatawan ingin berlibur ke sini. Baca selengkapnya di rangkuman tempat wisata alam di kawasan Pangalengan ini.

Cek tiket Taman Lembah Dewata Bandung

Objek Wisata Sunrise Point Cukul

Shutterstock Atraksi Sunrise Point Chucul
Foto oleh Semprio di Shutterstock

Tempat terbaik di Jawa Barat untuk menikmati matahari terbit

Melihat nama tempat wisata asal Bandung ini, kebanyakan orang pasti langsung menyadari bahwa salah satu daya tariknya adalah pemandangan matahari terbit. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang berlibur ke objek wisata menakjubkan ini hanya untuk melihat matahari terbit.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Mereka bahkan rela mendirikan tenda dan bermalam di alam agar tidak melewatkan sedetik pun momen terbitnya matahari yang telah lama ditunggu-tunggu. Jadi pastikan untuk membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen matahari terbit di ufuk timur objek wisata indah ini.

Panorama ekologi

Berbicara mengenai daya tarik Sunrise Point Kukul, lingkungan alamnya akan sangat disukai wisatawan. Pasalnya dari puncak tempat wisata dataran tinggi ini terlihat banyak bukit dan gunung dari jauh, serta warna alam yang dominan adalah hijau.

Warna hijaunya ibarat sawah dengan ribuan padi yang tumbuh di hutan yang banyak pepohonan rindang. Tak hanya pemandangannya yang kaya akan pepohonan, namun di sekitar tempat wisata populer ini juga terdapat beberapa pohon rindang. Artinya, wisatawan tidak perlu khawatir dengan panasnya sinar matahari di siang hari.

Padahal, dengan segala keindahan alam yang dipadukan dengan kesejukan udara yang dirasakan, setiap wisatawan bisa merasakan suasana damai yang tidak bisa didapatkan di kota-kota besar. Oleh karena itu, tak heran jika ada beberapa wisatawan yang sengaja berlibur ke objek wisata alam indah ini hanya untuk sekedar mencari refreshing.

Baca Juga  Air Terjun Grenjengan Kembar, Pesona Air Terjun di Tengah Panorama Hutan Pinus Magelang

Video foto

Daya tarik selanjutnya adalah spot foto yang bisa Anda temukan di beberapa lokasi tempat wisata menakjubkan tersebut. Spot foto ini sengaja dibangun oleh pengelola Sunrise Point Cukul untuk membantu wisatawan mengambil foto agar hasilnya maksimal karena jika senang dengan fotonya pasti akan diposting di media sosial.

Oleh karena itu, banyak wisatawan terutama remaja yang datang berlibur hanya untuk sekedar foto Instagram. Beberapa spot foto yang populer adalah jembatan kayu, puncak dan beberapa tempat menarik lainnya.

Tiket Pool Pandiga Pendidikan

Vila Merah

Di dekat tempat wisata matahari terbit terdapat sebuah vila angker yang dikenal dengan nama Villa Mera. Menurut cerita populer, Villa Mera merupakan sebuah bangunan tua yang ditinggalkan Belanda pada masa penjajahan yang diyakini pernah terjadi pembunuhan.

Bahkan ada beberapa wisatawan yang mengaku melihat seorang wanita di vila angker tersebut yang mereka yakini sebagai korban pembunuhan. Kisah horornya ternyata begitu populer sehingga dibuatlah film horor Indonesia berjudul Pengabdi Setan yang tayang pada tahun 2017 dan pengambilan gambarnya di gedung lama Villa Mera.

Alamat dan rute menuju lokasi

Foto oleh Vit Julian Isela di Shutterstock
Foto oleh Vit Julian Isela di Shutterstock

Sunrise Point Chucul terletak di Jl. Cukul, Kabupaten Bandung, Kecamatan Pangalengan, Provinsi Jawa Barat atau kurang lebih 67 km dari pusat kota Bandung. Anda bisa memulai rute perjalanan sendiri dari alun-alun kota bandung di jalan tersebut. Asia Afrika searah persimpangan jalan. Otto Iskandar Dinata lalu belok kiri.

Ikuti Jl. Otto Iskandar Dinata hingga menemukan pertigaan jalan tersebut. Kemudian Kalipa Apo belok kanan terus lurus hingga masuk Jl. Pagarsih kemudian masuk kembali ke Jl. saluran Suriah. Lanjutkan di Jl. Terusan Suriani sampai masuk Jl. Ir. Sukarno Hatta kemudian berbelok ke kanan menuju pintu keluar Tol Pasir Koja.

Berhenti di pintu keluar Tol Pasir Koja hingga melewati Jl. Tol Soroja lalu belok kiri dan keluar ke Jl. Raya Gading Thutuka setelah melewati pintu tol Soreng. Ikuti terus Jl. Raya Gading Tutuka hingga menemui jalan buntu, lalu belok kiri dan ikuti jalan hingga menemukan pertigaan Dangdeur dekat SRGC Playstation Banjaran.

Dari pertigaan belok kanan menuju Pintu Masuk Jl. Dunder lalu masuk ke Jl. Pahlavan kemudian berbelok ke kanan di pertigaan Jl. Kebon Kelapa dan sampai di pertigaan Jl. Raya Pangalengan. Ikuti terus Jl. Raya Pangalengan sampai pintu masuk Jl. Raya Menunggu.

Baca Juga  Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Ikuti Jl. Raya Tunggu sampai masuk Jl. Cukul dan belok kanan di pertigaan dekat Bumi Perkemahan Pangalengan Sky Park. Tak jauh dari tikungan di ujung jalan Anda akan menemukan sebuah lokasi wisata. Rute ini memakan waktu kurang lebih 2 jam 21 menit jika ditempuh dengan mobil (karena terhubung dengan jalan tol).

Promosi di hotel bandung

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk ke Sunrise Point Cukul adalah Rp 10.000 per orang dan berlaku baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Awalnya tempat wisata alam ini hanya buka pada pukul 08:00 hingga 18:00 WIB, namun karena pesona matahari terbitnya yang menakjubkan, kini buka 24 jam.

Saking populernya Sunrise di tempat wisata cantik ini, mulai ramai dikunjungi wisatawan mulai pukul 03.00. Bahkan ada pula yang rela bermalam di tempat wisata populer ini agar tidak melewatkan sedetik pun momen matahari terbit.

Kegiatan yang menarik

Acara Shutterstock Sunrise Point Kukul
Foto oleh Fuzirianto di Shutterstock

1. Melihat indahnya matahari terbit di Tanjung Chukul.

Tidak dapat dipungkiri jika matahari terbit di tempat wisata populer ini sangatlah indah. Kehadiran pegunungan dan perbukitan di kejauhan membuat momen matahari terbit semakin menakjubkan, apalagi cahaya dari pusat tata surya perlahan mulai menyinari alam sekitar melalui perbukitan.

Momen luar biasa ini akan membuat siapa pun langsung tertidur. Bahkan untuk berpaling pun sangat sulit karena saya masih terpesona dengan indahnya matahari terbit.

2. Melihat keindahan bintang di malam hari

Selain pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, Sunrise Point Cukul juga menyuguhkan pemandangan bintang yang sangat indah di malam hari. Bahkan, tempat wisata alam ini dianggap sebagai salah satu tempat melihat galaksi Bimasakti di Jawa Barat terbaik.

Oleh karena itu, bagi Anda pecinta astronomi bisa datang ke tempat wisata di Bandung ini untuk melihat keindahan rasi bintang dan objek luar angkasa lainnya. Jika Anda tiba di waktu yang tepat, planet Mars dan Venus bisa terlihat dengan cukup mudah.

3. Nikmati pemandangan alam di sekitar Anda.

Beralih dari pemandangan benda-benda luar angkasa, kita beralih ke pemandangan bumi itu sendiri yaitu lingkungan alam tempat wisata yang menakjubkan, sangat kaya akan tumbuhan. Dari atas tempat wisata populer ini, Anda juga bisa menyaksikan hutan yang kaya akan pepohonan dan persawahan yang terletak tepat di bawah tempat wisata alam ini.

Bahkan meski semua tanaman tumbuh, suasana semakin sejuk dan tenang di sekitar lokasi Sunrise Point Cukul. Tak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah, wisatawan juga bisa melakukan healing atau bersantai dan melepaskan diri dari beban permasalahan.

Baca Juga  Cantiknya Pantai Sobo, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Banyuwangi

4. Ambil foto

Aktivitas seru selanjutnya yang patut Anda lakukan di tempat wisata di Kecamatan Pangalengan ini adalah fotografi. Pasalnya, alamnya sungguh menakjubkan dan terdapat spot-spot foto menarik yang dibuat oleh pihak pengelola. Dari sinilah jiwa narsis seseorang langsung tergerak untuk segera berpose di depan kamera.

5. Berkemah

Sebelumnya telah disebutkan bahwa di sini ada beberapa wisatawan yang melakukan hiking atau bermalam di alam liar menunggu matahari terbit. Namun ada pula wisatawan yang berkemah di Sunrise Point Chucul karena ingin merasakan bagaimana bermalam di objek wisata populer tersebut.

6. Kunjungi Vila Merah.

Villa Mera atau lokasi syuting film horor Indonesia berjudul “Pengabdi Setan” menjadi populer berkat kesuksesan film yang disutradarai oleh Joko Anwar. Alhasil, ada beberapa wisatawan yang sengaja mengunjungi situs bekas peninggalan Belanda ini untuk berfoto atau sekedar melihat-lihat.

7. Kunjungi Sita Chukul.

Tidak jauh dari lokasi wisata Sunrise Point dari Kabupaten Bandung terdapat sebuah danau kecil bernama Situ Chukul. Danau ini memang tidak terlalu populer, namun Anda bisa mengunjunginya untuk berfoto atau melihat pemandangan sekitar yang juga sangat indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Parkir

Hal pertama yang dapat Anda temukan adalah tempat parkir mobil. Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, dapat memarkir mobilnya di fasilitas ini. Luas lahan parkirnya juga cukup luas bahkan bisa menampung bus wisata.

Pujasera

Lanjut ke fasilitas selanjutnya yang dimiliki Sunrise Point Cukul yaitu Foodcourt atau area kuliner. Jadi wisatawan yang tidak membawa bekal dan merasa lapar bisa membeli makanan dan minuman di food area ini, food court ini tidak hanya menjual makanan berat, namun juga makanan ringan atau snack.

Toilet umum

Fasilitas terakhir adalah toilet umum yang bisa digunakan wisatawan untuk buang air atau buang air kecil. Soal kebersihannya jangan khawatir karena di sini juga terdapat petugas kebersihan, namun untuk menghormati pengguna di masa mendatang, alangkah baiknya jika Anda meninggalkan toilet umum dalam kondisi bersih.

Demikian sekilas tentang Sunrise Point Cukul. Tempat wisata alam yang satu ini sangat populer di kalangan warga Bandung, khususnya para remaja yang gemar berburu foto Instagram dan matahari terbit.


databaru.my.id