Taman Kertha Gosa, Wisata Edukasi Sejarah & Hukum Adat Bali di Klungkung

Ide Wisata7 Dilihat


Jelajahi Taman Kerta Gosa di Klungkung Bali, destinasi wisata edukasi yang memperkaya pengetahuan sejarah dan hukum adat Bali melalui arsitektur yang memukau.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 08.00-17.00 VITA, Alamat: Jl. Kenanga No. 11, Semarapura Kelod, Kech. Klungkung, Kab. Klungkung, Bali; Map: Periksa lokasi

Pesona Bali tidak hanya terletak pada keindahan pantai, gua, dan air terjunnya saja. Apalagi masih banyak yang bisa dijelajahi bagi traveler sejati. Kekayaan budayanya juga patut ditelusuri karena selalu menarik.

Taman Kerta Gosa adalah tempat yang tepat jika Anda ingin mempelajari lebih jauh tentang budaya, hukum, dan adat istiadat Bali. Taman ini merupakan salah satu situs warisan budaya Keraton Klungkung yang kini juga dijadikan sebagai objek wisata.

Suasananya cukup sejuk dan kondisinya bagus. Di dalamnya terdapat berbagai bangunan penuh makna. Nilai seni yang tinggi, ukiran dan kemewahan menjadi elemen bangunan yang dimaksud.

Ida dan Dewa Agung Jambe, beliaulah pemegang kekuasaan pertama sekaligus dalang pembangunan taman ini.

Taman indah berdasarkan Chandra Sengkal berupa Cakra, Yuyu dan Paxi Paxi ini dibangun pada tahun 1622 di masa Saka atau tahun 1700 Masehi. Meski terkesan privat, objek wisata ini terbuka untuk umum tanpa terkecuali.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Taman Kerta Gosa

Atraksi Taman Kerta Gosa
Foto oleh Andy Behrendz di Google Maps

Taman ini memiliki daya tarik yang tidak akan Anda temukan di antara tempat wisata di Bali pada umumnya. Tempat ini masih beroperasi pada masa penjajahan Belanda. Di dalamnya terdapat Bale Kambang, Taman Gili dan Gerbang Istana.

1. Keindahan arsitektur penuh makna

Tidak dapat dipungkiri bahwa daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah arsitektur bangunannya yang indah. Tak hanya indah tentunya, tapi juga penuh makna.

Di sini Anda bisa melihat struktur Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang sebagai bangunan induk.

Keduanya memiliki ciri khas dan sarat dengan arsitektur khas Bali. Misalnya saja Bale Kerta Gosa, bangunan utama di Taman Kerta Gosa Klungkung. Bangunan ini tergolong pendopo terbuka yang atapnya dihiasi alang-alang.

Baca Juga  Puncak Guha, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Panorama Laut di Garut

Di dalamnya terdapat lukisan Wayang Suchi atau Wayang Puchuk. Lukisan ini menggambarkan hukum dan adat istiadat yang dianut masyarakat setempat saat ini.

Lukisan itu dibuat dengan sangat indah, dengan gaya khas Bali, dengan warna-warna cerah. Masing-masing mempunyai makna filosofis yang mendalam.

Beberapa lukisan menceritakan kisah epik mitologi Hindu yang memberikan pelajaran hidup. Di Bale Kambang, bangunan ini berdiri di tepi sungai yang tenang dan dihiasi bunga teratai.

2. Susana cantik dan alami

Susana yang tenang dan asri menjadi objek wisata Taman Kerta Gosa berikutnya yang perlu Anda ketahui. Masih banyak semak belukar yang mengelilingi setiap sudut lokasi.

Warna hijau tidak hanya berasal dari pepohonan, tetapi juga dari tanaman hias yang mekar dengan indah. Bale Kambang, bagian dari taman ini, berdiri di atas sebuah danau yang cukup luas.

Air yang tenang tanpa arus menciptakan nuansa yang lebih alami. Keindahan semakin terasa dimana permukaan air tampak hijau menyegarkan. Danau ini dihiasi bunga teratai dengan bunga berwarna ungu yang indah.

3. Sebagai daya tarik wisata edukasi dan sejarah.

Fungsi utama Taman Kerta Gosa pada masa itu tak lain adalah sebagai istana kerajaan Klungkung. Di sini, para pejabat kerajaan mengadakan pertemuan untuk membahas keselamatan, keadilan, dan kesejahteraan masyarakat Klungkung, Bali.

Bangunan dan perabotan di dalamnya masih dalam kondisi baik. Di Bale Kerta Gosa pengunjung dapat melihat 6 buah kursi yang digunakan sebagai halaman sesuai adat istiadat masa lalu.

Kursi ini digunakan oleh para hakim, raja, pendeta, juru tulis dan beberapa pihak berkepentingan lainnya. Anda dapat menonton semua ini untuk memperluas pemahaman Anda dan mempelajari hukum tradisional di masa lalu.

4. Koleksi Prasejarah di Museum Semarapura.

Daya tarik Taman Kerta Gosa selanjutnya adalah museum yang menyimpan beberapa peninggalan prasejarah. Namanya Museum Semarapura yang dibangun pada tahun 1942.

Baca Juga  Pantai Lemo, Pantai Pasir Putih di Luwu Timur yang Dihiasi Berbagai Vegetasi Hijau Eksotis

Anda bisa melihat koleksi Kerajaan Klungkung, termasuk yang digunakan di istana. Bahan batu dan alat tenun hanyalah sebagian dari yang bisa dilihat.

Apalagi wisatawan bisa melihat sisa-sisa senjata yang digunakan Raja Klungkung dan prajuritnya. Anda bisa melihat keris, tombak, pedang, dan tandu yang masih terpelihara dengan baik.

Di kawasan yang sama juga pengunjung dapat melihat koleksi alat-alat seni seperti gamelan, gong, kendang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Kerta Gosa
Foto oleh Jacek Postawy di Google Maps

Kawasan wisata Taman Kerta Gosa dibangun di lokasi yang sangat strategis karena merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Klungkung Bali. Kalau keluar dari Denpasar jaraknya lumayan jauh, jaraknya sekitar 40 kilometer.

Pada kecepatan kendaraan normal, waktu tersebut dapat dicapai dalam waktu 1 jam 15 menit jika kondisi jalan lancar. Namun jika anda berangkat dari pusat kota Klungkung atau dari Alun Alun Ida-i-Deva Agung Jambe hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Pasalnya, jarak yang harus ditempuh sekitar 200 meter. Lokasi dekat dengan kantor Kabupaten Klungkung. Alamat lengkap : Jalan Kenanga Semarapura Kelod, Klungkung, Klungkung, Bali.

Biaya masuk dan jam buka

Sebagai salah satu alternatif objek wisata, Taman Kerta Gosa Klungkung tidak mematok harga mahal bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Cukup sediakan uang sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan lokal dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Wisatawan asing sedikit lebih mahal, tiket masuknya 50.000 untuk dewasa dan 25.000 untuk anak-anak. Lain halnya jika Anda ingin memanfaatkan taman ini sebagai lokasi perencanaan pernikahan atau syuting.

Tamu lokal harus membayar Rp 300.000 untuk foto prewedding, sedangkan turis asing harus membayar Rp 500.000. Pameran film 2.000.000, lalu untuk keperluan pendidikan Rp 250.000.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Taman Kerta Gosa
Foto oleh Andy Behrendz di Google Maps

Taman Kerta Gosa merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan dan nilai sejarah masa lalu. Pastinya banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di sini. Apa artinya? Dibawah ini ulasan lengkap yang bisa kami bagikan, silahkan disimak!

Baca Juga  Embung Batara Sriten, Pesona Alam Eksotis yang Memukau di Gunung Kidul

Berjalan-jalanlah di taman dan nikmati suasana yang indah

Meski bukan tempat wisata alam, namun keindahan Taman Kerta Gosa bisa disamakan dengan pantai atau pegunungan. Alamnya yang asri dan masih asri cocok dijadikan sebagai obat pelepas penat.

Anda bisa berjalan-jalan di taman sambil menikmati udara segar dan asri. Anda juga bisa duduk bersantai di bale atau bangku yang telah disediakan, dijamin tak kalah menghibur.

Pelajari sejarah Bali dan hukum adat di Taman Kerta Gosa

Karena Taman Kerta Gosa di Klungkung termasuk wisata edukasi dan sejarah, maka dapat dijadikan sebagai lembaga pendidikan. Anda dapat mempelajari tentang hukum adat yang berlaku pada saat itu.

Semua itu bisa Anda pelajari melalui lukisan dan patung di Bale Kerta Gosa. Anda juga bisa langsung menghubungi petugasnya agar lebih mudah dan jelas untuk Anda pahami.

Koleksi foto dan video

Keindahan alam dan keunikan arsitektur yang beragam tentu saja bukan sekadar hiasan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat koleksi foto dan video.

Taman Kerta Gosa Klungkung cocok dijadikan backdrop untuk mengambil foto terbaik. Misalnya telaga besar atau bisa juga bangunan induk berupa Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Kerta Gosa
Foto 06_Sindhu Wedana di Google Maps

Untuk menambah kenyamanan wisatawan saat berkunjung, objek wisata “Taman Kerta Gosa” dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Anda dapat memanfaatkan tempat parkir yang luas, toilet yang nyaman, serta kedai makanan dan minuman.

Di area taman terdapat banyak gazebo dan bale-bale kecil yang dapat digunakan untuk bersantai atau piknik ringan.

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Bali ini. Pulau Dewata tidak hanya memiliki pantai yang indah dan eksotis, namun juga berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Misalnya saja di Taman Kerta Gosa Anda bisa menikmati indahnya alam, belajar sejarah, dan mengagumi arsitektur.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *