Aek Sipitu Dai, Menyelami Legenda dan Keajaiban Mata Air Tujuh Rasa di Samosir

Ide Wisata20 Dilihat


Jelajahi sejarah unik Aek Sipitu Dai di Samosir, sumber air legendaris dengan tujuh rasa berbeda, menawarkan pengalaman yang memadukan sejarah dan misteri.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 06.00-23.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sianjur Mula Mula, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Saat berkunjung ke Pulau Samosir, pastinya Anda pernah mendengar kata-kata Aek Sipitu Dai. Pasalnya, tempat wisata di Samosir ini terkenal dengan pesonanya yang indah. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai bathtub ini, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Atraksi Aek Sipitu Dai

Atraksi Aek Sipitu Dai
Foto oleh Ridwan Rahardjo di Google Maps

Aek Sipitu Dai bisa dikatakan merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang sangat terkenal, terutama bagi masyarakat pecinta wisata alam. Hal ini tidak mengherankan, karena pemandian ini merupakan sebuah sumber mata air yang dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah.

Tak hanya pemandangannya yang memukau, objek wisata alam ini juga mempunyai daya tarik yang tak kalah menakjubkan. Berikut beberapa daya tarik yang membedakan Aek Sipitu Dai Samosir dengan pemandian atau tempat wisata lainnya:

1. Air memiliki banyak manfaat

Daya tarik pertama yang bisa ditemukan ketika mengunjungi objek wisata alam ini adalah tempat ini memiliki air yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Hal ini bukan sekadar legenda atau fiksi belaka, namun sudah sering dibuktikan selama bertahun-tahun oleh warga setempat. Dengan demikian, efisiensi air di tempat wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Penduduk setempat percaya bahwa air ini dapat membantu ibu hamil agar proses persalinannya lebih lancar. Tak hanya itu, air ini juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit tertentu dan membantu relaksasi tubuh agar tidak lagi terasa stres.

2. Air dengan 7 rasa berbeda

Tak hanya air di Aek Sipitu Dai yang memiliki banyak manfaat, air di Aek Sipitu Dai konon memiliki rasa yang berbeda-beda. Mata air ini memiliki sumber mata air yang berbeda-beda, dan jumlahnya mencapai tujuh. Menurut pengunjung, air mancur dari sumber ini mereka rasakan silih berganti.

Mereka juga menyatakan bahwa rasa ketujuh air mancur itu sebenarnya hampir seperti rasa minuman. Mulai dari asam dan manis, bahkan ada air mancur yang konon rasanya seperti soda.

3. Menjadi sumber air bagi warga

Ternyata sebelum menjadi objek wisata yang populer di berbagai kalangan, Aek Sipitu Dai Samosir sudah menjadi sumber air bagi warga di sekitarnya. Warga sekitar memanfaatkan air dari sumber ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mulai dari air mandi hingga air minum, warga memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena dianggap bersih. Tak hanya itu, adanya sumber air ini juga membuat warga sekitar tidak perlu terlalu khawatir ketika cuaca sudah memasuki musim kemarau karena kehadiran objek wisata alam ini akan selalu membuat mereka tenang.

Legenda Aek Sipitu Dai

Legenda Aek Sipitu Dai
Foto oleh Franataa June di Google Maps

Legenda seputar tempat wisata populer di Samosir ini bisa dikatakan cukup kental dan masih banyak yang mempercayainya. Alkisah ada seorang laki-laki bernama Ompung Limbung yang sedang berusaha mencari sumber air, kemudian ia berdoa dan menancapkan tongkat yang dibawanya ke dalam tanah.

Saat sedang berdoa, tiba-tiba muncul mata air yang mengalir deras dari sebatang tongkat. Dalam bahasa Batak, Aek Sipitu Dai berarti udara yang memiliki tujuh rasa berbeda. Selain sebagai tempat wisata, sumber air ini juga merupakan situs sejarah yang mempunyai nilai sejarah yang besar khususnya dalam kaitannya dengan perkembangan suku batak.

Baca Juga  Bukit Bintang Bandung, Pesona Keindahan Alam di Puncak Paris Van Java

Di tempat ini juga terdapat legenda tertentu yang berhubungan dengan hal mistis, yaitu jika seseorang terjatuh dengan kepala pasti mati. Sedangkan siapapun yang terpeleset dan terjatuh dan berakhir di depan puncak atau gunung Pusuk Buhit pasti akan selamat.

Kesucian Aek Sipitu Dai di Samosir, Sumatera Utara, tidak boleh dianggap enteng oleh siapa pun yang mengunjunginya, bahkan warga sekitar. Air di tempat ini menjadi bertaruh DAN pagar, Penduduk setempat percaya bahwa ini adalah pesta yang menguatkan kehidupan dan menyembuhkan penyakit.

Masing-masing dari ketujuh air mancur Aek Sipitu Dai ini memiliki nama yang berbeda-beda namun memiliki makna yang unik. Di bawah ini daftar nama tujuh air mancur yang mungkin Anda ketahui beserta artinya:

  • Pankur Aek Sibaso : Orang pintar atau paranormal.
  • Pankur Aek Nasae : Seorang ibu yang tidak memiliki anak.
  • Daging Pankur Aek Ini Mardenggan : Ibu hamil.
  • Pankur Aek Ini Poso : Bayi yang baru lahir.
  • Pankur Aek Pangulu : Orang yang sudah tua.
  • Pankur Aek Doli : Virgo.
  • Pankur Aek Khela : Menantu laki-laki.

Kegiatan yang menarik

Acara menarik Aek Sipitu Dai
Foto oleh Raja Simamora di Google Maps

Jika anda tertarik dengan nilai dan keindahan objek wisata alam ini, maka anda bisa segera mengunjungi tempat ini. Namun, sebelum melakukannya, Anda mungkin tidak yakin apa yang dapat Anda lakukan di sana. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Aek Sipitu Dai Samosir:

Memotret Pemandangan Alam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, objek wisata populer ini dikelilingi banyak pepohonan rindang dan udaranya sangat segar. Tentu saja berkat suasananya yang tenang dan hijau, ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengabadikan keseluruhan pemandangan dengan kamera.

Bahkan, Anda juga diperbolehkan memotret sumber secara bebas. Terdapat patung-patung dan air mancur menarik di sekitar sumber air sehingga terlihat sangat unik. Namun, sebaiknya berhati-hati saat ingin mengambil foto saat mandi agar tidak terpeleset, dan usahakan menggunakan kamera tahan air agar tidak rusak.

Baca Juga  Citra Raya Water World, Taman Rekreasi Air dengan Kolam Renang dan Wahana Menarik di Tangerang

Cobalah air mancur di Aek Sipitu Dai.

Kekuatan magis yang terdapat di tempat ini sudah ada sejak lama, sehingga tak ada salahnya Anda mencoba sendiri air dari pancuran di Aek Sipitu Dai. Anda bisa meminumnya langsung dengan tangan atau menyimpan air mandi Anda di dalam botol atau gelas.

Tidak perlu khawatir dengan tingkat higienis air ini, karena Anda bisa meminumnya tanpa rasa takut. Namun saat berada di area ini, Anda harus melepas sepatu agar kaki Anda bisa berjalan lebih leluasa. Pasalnya di kawasan ini terdapat lumut yang tumbuh sehingga licin sehingga berbahaya jika tidak berhati-hati.

Nah itulah beberapa tempat wisata dan informasi menarik tentang Aek Sipitu Dai di Samosir yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan saat ingin mengunjunginya. Tak perlu diragukan lagi, sumber air ini begitu mempesona sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja saat berada di Pulau Samosir.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *