Pantai Lemo, Pantai Pasir Putih di Luwu Timur yang Dihiasi Berbagai Vegetasi Hijau Eksotis

Ide Wisata8 Dilihat


Pantai Lemo di Luwu Timur menawarkan panorama pantai berpasir putih yang mempesona dikelilingi vegetasi hijau eksotis yang melengkapi keindahan alamnya.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Mabonta, kabupaten. Burau, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Kalau bicara wisata bahari di Sulawesi Selatan, destinasi teratasnya mungkin adalah Kabupaten Luwu Timur. Ada banyak pantai di kawasan ini dengan segala daya tarik dan ciri khasnya.

Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Lemo yang tidak pernah sepi peminatnya dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tak heran jika menjadi objek wisata populer, karena kaya akan potensi alam. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Laut lepas dengan airnya yang jernih terbentang luas dan selalu memanjakan mata. Bagian tepinya dihiasi berbagai tumbuh-tumbuhan hijau sehingga sejuk dan asri. Setidaknya ratusan pengunjung datang setiap harinya, pada hari libur dan akhir pekan akan lebih ramai.

Kebanyakan dari mereka datang secara rombongan, baik itu keluarga, teman kantor atau bahkan pasangan muda yang ingin bersenang-senang selama liburan. Hal ini wajar, karena kebahagiaan dan kegembiraan tidak bisa dinikmati sendirian.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Pantai Lemo

Atraksi Pantai Lemo
Foto oleh Masa Ono di Google Maps

Untuk mengetahui lebih jauh sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengetahui apa saja daya tarik dari pantai ini. Cukup banyak tentunya karena hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa wisatawan datang dari berbagai daerah.

1. Pasir putih bersih dan halus

Saat memasuki kawasan wisata, yang pertama kali terlihat adalah hamparan pasir putih yang bersih dan halus. Tidak terlalu lebar, namun memanjang hingga ke bibir pantai dan berbentuk lurus.

Pasir ini dibatasi oleh tanggul beton dan letaknya sedikit lebih tinggi. Kalau permukaan air laut sedang tinggi, yang terlihat hanya sedikit. Hal ini bukan suatu kekurangan, justru menjadi kelebihan dan daya tarik wisata Pantai Lemo.

Air laut yang meresap ke dalam pasir justru tampak lebih lembut dan halus dari sebelumnya. Tempat ini bahkan dijadikan tempat bermain anak-anak, mereka berlarian menyusuri tanggul ketika air hampir menyentuh bibir pantai karena terbawa ombak.

Baca Juga  Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

2. Pantai dengan air yang jernih

Bukan kebiruan, atau pantai dengan air biru, tapi sedikit kehijauan. Tentu saja sangat bersih seperti pantai-pantai Luvu pada umumnya. Saat permukaan air tenang, dasar pantai terlihat jelas.

Anda langsung sadar bahwa yang terendam di dalam air adalah tumpukan pasir putih, sama seperti di pinggir pantai. Pantai Lemo di Luwu Timur tenang sehingga jarang terjadi gelombang tinggi.

Seringkali hanya ombak kecil yang terlihat, termasuk saat perahu nelayan melintas. Biasanya permukaan air hanya dihiasi riak-riak kecil saja. Anginnya tidak terlalu kencang, hembusan anginnya sepoi-sepoi mampu membangkitkan semangat.

3. Suasana asri dan sejuk

Seperti yang telah disebutkan pada pendahuluan di atas, pantai ini dihiasi dengan beragam vegetasi hijau di sepanjang tepinya. Hal ini membuat suasana semakin asri dan sejuk seperti di pegunungan.

Kebanyakan didominasi oleh pucuk-pucuk pohon yang daunnya melambai-lambai seolah memanggil siapa pun yang melihatnya. Pohon ini sangat tinggi dan terlihat jelas dari jauh. Selain kelapa, tanaman bakau atau biasa disebut bakau tumbuh di sudut Pantai Lemo.

Saat ini jumlahnya tidak banyak dan jumlahnya tidak tinggi. Namun diharapkan nantinya akan berubah menjadi hutan sehingga menambah kesan asri. Rerumputan dan semak pun turut serta membantu menjadikan pantai ini terlihat lebih hijau.

4. Dermaga kayu yang menjorok ke laut

Daya tarik selanjutnya belum tentu bisa ditemukan di pantai lain, meski lokasinya sama atau masih antri. Dermaga kayunya membuat Pantai Lemo di Luwu Timur semakin unik.

Posisinya menjorok ke laut dengan jarak puluhan meter. Mirip dengan jembatan, wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai akses menuju tengah pantai sambil menikmati suasana.

5. Keramahan penduduk setempat

Keramahan penduduk setempat semakin menambah daya tarik Pantai Lemo di Luwu Timur. Sebagai pengunjung, Anda tidak perlu merasa malu untuk berinteraksi dengan mereka.

Baca Juga  Megahnya Masjid Tiban di Malang, Dibangun Tanpa Arahan Arsitek

Sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, sebagian lagi bermata pencaharian sebagai wisatawan yang berkunjung. Sikap mereka yang sopan membuat liburan Anda semakin menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Lemo
Foto Viet Thanh Duong di Google Maps

Pantai cantik ini memang tidak tersembunyi, namun jaraknya dari pusat kota cukup jauh. Jika anda berangkat dari Kabupaten Malili akan memakan waktu sekitar 2 jam. Waktu yang sama harus ditempuh jika berangkat dari pusat kota Luwu Timur.

Anda cukup mempunyai akses yang cukup baik selama perjalanan, sehingga kemungkinan akan lebih cepat. Kawasan Wisata Pantai Lemo terletak di Desa Mabonta, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Selain akses jalan yang bagus, tempat ini tidak sulit ditemukan. Anda dapat mencapainya dengan transportasi pribadi atau layanan wisata. Beberapa titik melewati angkutan umum, silakan gunakan ini sebagai alternatif.

Biaya masuk dan jam buka

Tidak perlu banyak waktu untuk menikmati semua keindahan objek wisata tepi pantai ini. Anda hanya perlu membeli tiket masuk seharga 5000 rupee per orang.

Biaya di atas belum termasuk biaya parkir dan beberapa layanan berbayar. Kalau datang naik sepeda motor siapkan uang 2000 rupee, kalau mobil 5000 rupee. Pastinya semua orang pasti setuju kalau harga tiket masuk Pantai Lemo yang tertera di atas sangatlah terjangkau.

Hal ini memerlukan biaya tambahan untuk beberapa tujuan, salah satunya wisata kuliner. Namun jangan khawatir, harga makanan dan minuman di sini relatif terjangkau. Kunjungi kapan saja, pantai indah ini buka setiap hari, tujuh hari seminggu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Lemo
Foto oleh Ahmad Kamal di Google Maps

Sebagai objek wisata ramah keluarga, pantai ini tidak hanya menarik karena keindahan dan keistimewaan alamnya. Banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di sini, dijamin seru dan menyenangkan. Apalagi jika Anda berkunjung bersama keluarga.

Berenang atau bermain air

Aktivitas asyik yang pertama kali dilakukan di Pantai Lemo Luwu Timur pastinya adalah berenang. Pantai ini relatif aman untuk aktivitas seperti itu karena jarang terjadi ombak tinggi di sini.

Baca Juga  Alun-Alun Kota Malang, Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Selain itu, arusnya tidak terlalu kuat dan kedalamannya dangkal. Tak hanya berenang, bermain air atau pasir di pinggir pantai juga seru.

Berburu Spot Fotografi di Pantai Lemo

Selanjutnya Anda bisa mencari tempat untuk koleksi foto atau video. Kegiatan ini tentu saja cukup menarik, apalagi bagi mereka yang suka berpose di depan kamera.

Salah satu tempat yang paling populer adalah dermaga yang menjorok ke laut. Ada pula yang mencantumkan nama objek wisata tersebut di depan gerbang dekat pinggir Pantai Lemo.

Menunggu matahari terbenam, menyaksikan matahari terbenam

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Lemo adalah pada sore hari, menjelang senja. Pasalnya, ada keindahan yang pasti akan membuat Anda takjub.

Apalagi jika saat itu bukan matahari terbenam atau sundown. Pesonanya mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Sungguh indah sekali, apalagi jika menyentuh permukaan laut yang kehijauan.

Wisata kuliner

Di sekitar pantai banyak terdapat warung dan restoran yang cocok untuk wisata kuliner. Makanan yang disajikan sebagian besar berasal dari menu lokal, ada pula yang berupa jajanan.

Berbagai jenis minuman juga tersedia di sini, pilih sesuai selera. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir, seperti yang disebutkan sebelumnya, harganya tidak terlalu mahal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Lemo
Foto oleh Anisti R. Rahardjo di Google Maps

Fasilitas di Pantai Lemo cukup memadai dengan tempat parkir, toilet dan tempat ibadah. Kios yang bisa dijadikan sarana wisata kuliner juga menjadi fasilitas penting.

Terdapat gazebo di sepanjang jalan pejalan kaki tempat Anda dapat bersantai dan melepas penat. Semua fasilitas ini dirancang untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan betah lebih lama.

Cukup sekian pembahasan dan gambaran singkat tentang salah satu tempat wisata pantai Luwu Timur. Silakan menilai sendiri mulai dari daya tariknya, lokasinya yang strategis, dan tarif masuknya yang murah.

Menurut kami pribadi, Pantai Lemo masih layak menyandang predikat sebagai destinasi wisata utama untuk liburan keluarga.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *