Pura Segara Rupek, Destinasi Wisata Religi yang Megah di Buleleng Bali

Ide Wisata11 Dilihat


Pura Segara Rupek memadukan kemegahan destinasi wisata religi di Buleleng, Bali dengan kekayaan budaya yang mempesona.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sumber Clumpock, Kets. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasi

Kebanyakan orang mengira ujung barat Bali ada di Gilimanuk, padahal sebenarnya tidak demikian. Pasalnya, Pura Segara Rupek masih ada di Kabupaten Buleleng.

Menurut Susastra Babad, dari sinilah sejarah terpisahnya Jawa dan Bali bermula dan merupakan jarak terdekat antara kedua pulau tersebut.

Pura yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu ini terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat atau disingkat TNBB, dan untuk mencapai tempat ini bisa dikatakan cukup sulit.

Namun keindahan tempat bersejarah ini begitu menakjubkan sehingga cocok dijadikan tempat wisata.

Meski Pura Segara Rupek yang terletak di ujung barat Bali masih sering digunakan umat Hindu untuk berdoa, namun wisatawan non-Hindu juga bisa mengunjunginya untuk jalan-jalan. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang pura – tempat terpisahnya Pulau Jawa dan Bali.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan Pura Segara Rupek

Pemandangan Pura Segara Rupek
Foto Putrayas Wayan di Google Maps

Bangunan kuil

Bali memang sudah terkenal dengan pesona pantainya dan bangunan-bangunannya yang unik dan menarik. Salah satu contoh bangunan unik di Bali adalah Pura Segara Rupek yang berada di Kabupaten Buleleng.

Bangunan yang digunakan masyarakat setempat sebagai tempat peribadahan ini sangat menakjubkan karena terbuat dari ukiran batu yang bertumpuk.

Ukiran batu ini dibuat sejak lama dan masih dalam kondisi baik. Tidak hanya ada satu atau dua bangunan saja di sini, namun wisatawan bisa menemukan banyak bangunan menakjubkan di destinasi wisata budaya ini.

Panorama alam

Daya tarik pura yang terletak di sebelah barat Bali ini selanjutnya adalah alamnya. Karena tempat ibadah umat Hindu ini terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat, terdapat beberapa pohon peneduh yang bisa digunakan untuk melindungi Anda dari teriknya sinar matahari.

Tak hanya itu, karena lokasinya yang cukup jauh dari perkotaan, wisatawan bisa merasa lebih tenang dan tidak terdistraksi dari hiruk pikuk dunia perkotaan. Hal ini dapat membantu wisatawan bersantai dan melepaskan diri dari beban permasalahan.

Baca Juga  Merapi Park, Destinasi Wisata Hits Jogja & Replika Landmark Terkenal Dunia

Budaya

Lanjut ke daya tarik Pura Segara Rupek selanjutnya adalah budaya masyarakat setempat. Selain pesona pantainya yang indah dan bangunannya yang unik, Bali juga terkenal dengan budayanya yang sangat menarik. Di lokasi pura yang indah ini, wisatawan juga dapat mempelajari bagaimana kebudayaan Bali berkembang.

Bahkan, jika Anda mengunjungi pura menakjubkan ini di waktu yang tepat, Anda akan melihat upacara adat dan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Seluruh wisatawan yang menghadiri upacara tersebut tetap dapat menyaksikannya, asalkan tidak mengganggu penyelenggara acara.

Pesona laut

Letak pura cantik ini dekat dengan pantai sehingga memungkinkan wisatawan melihat laut dari kejauhan. Ada beberapa wisatawan yang tidak melewatkan kesempatan ini lalu mengeluarkan kameranya dan mengambil foto sebanyak-banyaknya sebelum meninggalkan tempat wisata budaya ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Pemandangan Pura Segara Rupek
Foto Krishna Dwipayan di Google Maps

Pura Segara Rupek terletak di Kecamatan Buleleng, Samber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Provinsi Bali. Rute perjalanan dari Denpasar (ibukota Bali) menuju Kabupaten Buleleng (tempat Pura Segara Rupek berada) dapat ditempuh dengan mobil dengan jarak 143 km dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 4 jam 4 menit.

Rute perjalanannya bisa menggunakan Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, melewati Selemadeg, Badjeru, Pulukan, Jembang, Negara, Belimbinsari, Penginoman dan sampai di Gilimanuk.

Namun Anda tidak perlu berkendara terlalu jauh menuju Gilimanuk karena setelah sampai di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali Anda harus memperlambat laju kendaraan.

Sebab, tak jauh dari Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali terdapat pertigaan Tugu Cekik. Di pertigaan ini Anda perlu belok kanan menuju Jl. Singaraja – Gilimanuk, lalu sampai di pertigaan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), lalu belok kiri di pertigaan TNBB.

Ikuti jalan dari pertigaan Taman Nasional Bali Barat hingga berhenti, lalu belok kiri lagi dan terus lurus menyusuri pantai Selat Bali. Setelah melewati Pantai 2 Taman Nasional Bali Barat, Anda akan menemukan lokasi wisata tersebut di sisi kanan jalan.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Pura Segara Rupek bisa dikatakan cukup mahal. Namun wisatawan asing (bukan penduduk lokal) harus membayar biaya masuk sebesar Rp 200.000 per orang pada hari biasa (Senin hingga Jumat), dan pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu) biaya masuk sebesar Rp 300.000 per orang.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Namun bagi warga lokal, biaya masuk ke pura cantik ini berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per orang. Sedangkan bagi umat Hindu yang ingin berdoa atau beribadah kepada Tuhan, bisa memasuki tempat bersejarah ini tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket Segara Rupek
Foto oleh I Nyoman Suardana di Google Maps

1. Ibadah

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata indah ini adalah beribadah (khusus bagi umat Hindu).

Memang sebagian besar masyarakat yang datang ke tempat wisata religi ini sedang berlibur, namun jika salah satu wisatawan tersebut beragama Hindu maka anda bisa sekaligus berlibur sekaligus beribadah.

2. Memeriksa bangunan Pura Segara Rupek.

Pura Segara Rupek memiliki beberapa bangunan menakjubkan yang terbuat dari batu dengan ukiran berbeda-beda, yang kemudian disatukan.

Bangunan-bangunan tersebut masih dalam kondisi baik hingga kini sehingga wisatawan masih bisa menyaksikan keindahan candi cantik ini meski usianya sudah tidak muda lagi.

3. Menikmati pesona alam sekitar.

Karena terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat atau TNBB, kawasan di sekitar pura cantik ini sangat damai.

Wisatawan yang berkunjung dapat melihat keindahan hutan, gunung dan laut dari jauh. Tak hanya itu, ada beberapa burung yang menjadikan TNBB sebagai rumahnya.

Hasilnya adalah siulan burung yang membuat wisatawan semakin nyaman. Dengan pemandangan yang indah dan burung yang gemar terbang, wisatawan bisa mendapatkan spot foto yang Instagrammable.

4. Ambil foto

Sebelumnya disebutkan ada beberapa spot foto menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan untuk Instagram.

Misalnya hutan, gunung, dan laut bisa dijadikan background. Di sini juga terdapat bangunan Pura Segara Rupek yang menjadi spot foto terbaik di tempat wisata paling barat di Bali ini.

Setiap wisatawan yang menginjakkan kaki di tempat wisata indah ini pasti akan menyempatkan diri untuk memotret candi yang menakjubkan ini atau menggunakannya sebagai backdrop fotografinya.

Baca Juga  Aek Sipitu Dai, Menyelami Legenda dan Keajaiban Mata Air Tujuh Rasa di Samosir

Tempat wisata di Kabupaten Buleleng ini masih tergolong sepi sehingga wisatawan bisa berfoto dimana saja tanpa perlu khawatir akan keramaian.

5. Santai

Lanjut ke aktivitas menyenangkan berikutnya yang bisa dilakukan wisatawan di objek wisata budaya ini adalah bersantai. Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat wisatawan tidak akan mendengar banyak kebisingan, apalagi bangunan menakjubkan ini merupakan tempat ibadah umat Hindu sehingga sangat sepi.

Hal inilah yang membuat liburan santai dapat diakses oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Jadi bagi anda yang ingin berlibur ke Bali namun mencari tempat wisata yang bagus namun pengunjungnya sedikit, Pura Segara Rupek bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

6. Wisata kuliner

Aktivitas menarik terakhir yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata Sumber Klampok yang indah ini adalah wisata kuliner.

Hal ini mungkin dikarenakan terdapat beberapa warung makan di sekitar tempat wisata religi tersebut yang menyajikan masakan khas Bali, sehingga wisatawan bisa sekaligus mencoba masakan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di lingkungan kuil

Bangunan Pura Segara Rupek
Foto oleh Agus Satria Wigun di Google Maps

1. Parkir mobil

Hal pertama yang bisa dimanfaatkan wisatawan di tempat wisata indah ini adalah area kosong yang digunakan untuk memarkir mobilnya. Di lahan kosong ini, wisatawan bisa memarkir berbagai jenis kendaraan bermotor, mulai dari roda dua hingga roda empat.

2. Jalur pejalan kaki

Selanjutnya terdapat jalan setapak yang dilalui wisatawan untuk menjelajahi Pura Segara Rupek. Jalur ini menghubungkan gedung satu dengan gedung lainnya, jadi untuk menuju gedung satu dan gedung lainnya, Anda bisa mengikuti jalan tersebut.

3. Warung makan

Terdapat juga warung makan yang terletak di sekitar tempat wisata di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Wisatawan yang tidak membawa bekal dari rumah tidak perlu khawatir karena warung makan ini menawarkan menu bervariasi mulai dari makanan hingga minuman.

Demikian ulasan singkat tentang Pura Segara Rupek yang terletak di kabupaten Buleleng Bali. Meskipun bangunan menakjubkan ini merupakan tempat wisata, namun merupakan tempat ibadah umat Hindu, jadi selalu jaga sopan santun saat berada di kawasan pura yang indah ini.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *