Leuwi Jurig, Pesona Alam Eksotis yang Super Jernih di Garut

Ide Wisata37 Dilihat


Terpesona dengan eksotisme alam Leeuwi Jurig di Garuta, dimana airnya yang super jernih dan tanaman hijau subur menciptakan suasana alam yang menenangkan dan mempesona.

Harga tiket Leeuwi Jurig: Gratis, Jam kerja: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Chihiqueu, Distrik. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Potensi wisata Garut selalu menarik untuk dibahas, terutama berupa wisata alam yang menawarkan panorama alam yang indah.

Kali ini kita akan membahas Leeuwi Jurig yang merupakan bagian dari sungai. Namanya memang cukup seram, namun dibalik itu tersimpan pesona alam menakjubkan yang juga menjadi salah satu daya tariknya.

Objek wisata yang dulunya indah ini ditutup sementara karena banyaknya korban jiwa. Beberapa di antaranya terjadi akibat kecelakaan lalu lintas di atas tebing, serta di sekitar jembatan yang menghubungkan dua tebing terpisah. Sebagian lainnya tenggelam di aliran sungai.

Sekilas aliran sungai ini cukup tenang jika dilihat dari permukaan. Namun siapa sangka di bagian terdalam justru terdapat arus yang kuat. Perlu diketahui, kedalaman sungai yang menjadi salah satu tempat wisata Garut ini mencapai 2 hingga 10 meter.

Dengan kedalaman seperti itu, wisatawan yang tidak bisa berenang tidak disarankan untuk berenang di sungai ini, apalagi di tengah sungai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik Levi Jurig

Daya Tarik Levi Jurig
Foto oleh Jajang Yusup di Google Maps

Daya tarik Levi Jurig tak jauh dari kecantikan. Tidak ada salahnya karena objek wisata ini menawarkan pesona alam yang sangat indah. Meski cukup sulit untuk mencapainya karena harus turun dari tebing yang curam, namun tetap tidak membuat wisatawan takut dengan daya tariknya.

Pesona Alam Levi Jurig

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari objek wisata cantik ini. Anda hanya akan menemukan pepohonan, bebatuan, dan sungai dengan air yang mengalir.

Namun, pembentukan dan penataan semua elemen ini unik sehingga memberikan keindahannya. Misalnya, batu-batuan tinggi tampaknya melindungi aliran sungai, mencegahnya agar tidak tertinggal di jalurnya.

Bentuk bebatuan yang tidak beraturan membuat tempat ini semakin eksotis. Seperti halnya bebatuan, tekstur yang ditemui kali ini juga berlapis-lapis, seperti struktur batu hasil karya manusia. Namun tentunya semua yang Anda lihat adalah hasil alam tanpa adanya campur tangan manusia.

Suasana indah dengan pepohonan

Leuvi Jurig memiliki suasana asri dan nyaman yang pastinya akan dirasakan oleh setiap pengunjungnya. Suasana ini tercipta dari banyaknya pepohonan disekitarnya.

Baca Juga  Kawah Gunung Galunggung, Surga Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Tasikmalaya

Pepohonan bergerombol di tempat teduh, seperti di hutan. Bahkan masyarakat menyebut tempat ini sebagai hutan belantara karena banyaknya tumbuhan liar yang mengelilinginya.

Warna hijau tidak hanya menciptakan suasana asri namun juga menyejukkan pemandangan. Selain itu fungsi pepohonan yang ada adalah untuk memberikan udara segar bagi pengunjung dan sekitarnya. Begitu sampai di tempatnya, nama seram yang diberikan pada objek wisata Garuta ini pasti sudah tidak terpikirkan lagi.

Kemurnian air sungai

Airnya yang hijau jernih menjadi daya tarik lain dari Leeuwi-Jurig. Bahkan ada yang menyebutnya Grand Canyon karena keindahannya secara keseluruhan.

Permukaan air yang tenang seolah menggoda siapa pun untuk terjun dan berenang di sungai. Meski demikian, tetap disarankan untuk berhati-hati saat berenang di dalamnya.

Panjang sungai sekitar 500 meter, warna airnya sama. Namun tepiannya tidak terlalu jelas karena cukup dekat dengan dasar sungai tempat lahan tersebut berada.

Dibalik keindahannya, di bagian terdalam terdapat arus yang cukup deras. Pengunjung sebenarnya bisa melihat tanda itu dari air yang sedikit keruh di dalamnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Levi Jurig
Foto Pilihan Resmi Musik Mpo / Google Maps

Leuwi Jurig terletak di Desa Cihikeu, Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Jika saat ini Anda berada di pusat kota Garut, perjalanan dengan mobil akan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Sebab, jarak dari pusat kota sekitar 70 kilometer. Objek wisata ini terletak di dekat tempat wisata lain yang dikenal dengan nama Situ Chikabuyutan.

Rute yang bisa Anda tempuh dari pusat kota Garut melewati desa Bojong. Sesampainya di tempat ini lanjutkan perjalanan menuju kawasan Bungbualang.

Anda juga bisa mengendarai mobil langsung ke Sasak Rumpit. Lokasinya berdekatan dengan kedua kawasan tersebut. Akan lebih baik jika Anda membuka Google Maps jika masih bingung.

Biaya masuk ke tempat wisata

Biasanya, setiap destinasi wisata mengharuskan setiap pengunjungnya membayar biaya masuk. Namun ternyata di Leuwi Jurig tidak demikian, karena bisa dibilang harganya gratis. Anda hanya perlu membayar tiket parkir jika datang dengan mobil sendiri.

Siapkan uang Rp 3.000 untuk sepeda motor atau roda dua. Sedangkan harga mobil jauh lebih mahal, yakni Rp 10.000. Meski gratis, banyak hal yang bisa didapat dari destinasi wisata eksotik ini, terutama pengalaman baru. Anda bisa datang kapan saja sepanjang hari, namun tidak disarankan berkunjung pada malam hari.

Baca Juga  Intip Pesona Candi Ijo, Candi Hindu Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Sleman

Untuk memastikan keamanan dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pengelola Levi Jurig, warga setempat, biasanya menutup tempat ini pada pukul 17.00 atau 18.00. Namun, toko ini mungkin tutup lebih awal dalam kondisi tertentu, seperti hujan lebat atau cuaca buruk.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Leeuwi-Jüriga

Liburan aktif di Leeuwi-Jurig
Foto: Arsndafv/Instagram

Selain jalan-jalan, wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata biasanya melihat-lihat apa saja yang bisa dilakukan. Tentu saja percuma, padahal tempatnya bagus tapi tidak ada yang bisa dilakukan di sana. Hal ini juga berlaku bagi wisatawan sebelum berkunjung ke Leeuwi-Jurig.

1. Menikmati pesona alam

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati pesona indahnya. Bukan hanya saat berada di lokasi utama saja, namun juga saat dalam perjalanan menuju lokasi. Bahkan Anda bisa menyaksikan keindahannya saat bepergian dengan kendaraan bermotor.

Secara umum, tempat wisata alam Garuta berada di dataran tinggi, setidaknya di perbukitan. Jadi tak ada salahnya Anda tetap bisa merasakan pesonanya meski berada di dalam mobil. Apalagi saat sampai di lokasi utama Levi-Jurig, formasi bebatuan dan pepohonan hijau seolah menyatu dengan jernihnya air sungai.

Bebatuan bertingkat dan berlapis menawarkan pemandangan indah daerah sekitarnya. Jarak antar bebatuannya tidak terlalu jauh, namun hal ini menambah eksotisme objek wisata Garuta ini. Beberapa pohon hijau tak malu tumbuh di bebatuan dengan ciri khas warna hijaunya.

2. Berenang di Leeuwi Jurig.

Apalagi berenang bukanlah kegiatan yang menarik jika mengunjungi sungai, dalam hal ini Levi-Jurig.

Setiap pengunjung yang datang pasti akan mengikuti kegiatan ini, apalagi yang paham akan hal ini. Namun, jika Anda belum terlalu berpengalaman atau bahkan tahu cara berenang, sebaiknya jangan mencoba aktivitas ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedalaman Lubuk atau bagian sungai terdalam mencapai 10 meter. Di permukaan arusnya tampak tenang, namun di bawahnya cukup kuat. Oleh karena itu, pengelola setempat memperingatkan pengunjung untuk tidak berenang kecuali mereka memiliki keterampilan.

3. Bermain air

Meski tidak bisa berenang, bukan berarti tidak ada aktivitas lain yang berhubungan dengan air. Anda bisa bermain air di tepi sungai sambil duduk di atas batu. Anda juga dapat memilih tepian yang tidak lebih dalam dari lutut orang dewasa. Jika Anda membawa serta anak-anak Anda, kegiatan ini tentu akan semakin menarik.

Baca Juga  Pantai Krui, Surganya Peselancar di Bandar Lampung yang Lagi Hits

4. Foto selfie

Salah satu aktivitas menarik yang wajib Anda lakukan saat traveling adalah selfie. Apalagi jika objek wisata yang Anda kunjungi memiliki keindahan alam, seperti Leeuwi Jurig. Sayang sekali jika keindahannya dilewatkan begitu saja, tidak diabadikan. Tentunya setiap hari libur mempunyai momen-momen penting, baik saat acara maupun acara lainnya.

Momen ini layak untuk diabadikan. Selain itu, tujuan lain mengambil foto selfie adalah untuk diunggah ke media sosial. Sambil pamer, tak ada salahnya jika Anda turut mempromosikan keindahan tempat wisata yang Anda kunjungi.

Hampir setiap sudut lokasi menawarkan keindahan alam yang berbeda-beda, salah satunya adalah foto dari atas tebing dengan panorama kejernihan air sungai.

5. Trekking sederhana menuju lokasi

Untuk menuju lokasi utama Levi Yurig sebenarnya tidak terlalu jauh. Setelah Anda memarkir mobil, perjalanan dengan berjalan kaki akan memakan waktu tidak lebih dari 20 menit.

Trekkingnya cukup seru karena harus melewati beberapa tebing terjal. Medan yang harus dilalui juga sulit, sebagian besar licin, apalagi saat musim hujan.

6. Lompat tebing

Saat berada di tempat wisata indah ini, Anda bisa melakukan lebih dari sekedar berenang dan bermain air. Kebanyakan orang yang bisa berenang menambahkan aktivitas lain yaitu lompat tebing.

Tebing berbatu dengan ketinggian yang bervariasi memudahkan kegiatan ini. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena batunya sangat licin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Benda Leuwi Juering
Foto Kota Hajar F di Google Maps

Dari segi infrastruktur, Leeuwi-Jurig belum terlalu berkembang dibandingkan tempat wisata lain di perkotaan. Situs alam ini memiliki tempat parkir, musala dan toilet yang juga digunakan untuk berganti pakaian. Memang tidak banyak benda yang ditemukan karena lokasi tersebut dikelola secara mandiri oleh warga sekitar.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan selama berada di sana karena banyak kios yang berjejer adalah milik penduduk setempat. Menu makanannya bervariasi, terutama masakan tradisional dan masakan modern. Sejauh ini belum ada objek lain di tempat ini selain yang disebutkan di atas.

Itulah sederet hal menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Leuwi Jurig yang populer di Garut Residency. Menginap di tempat alami yang menyegarkan ini bisa membuat akhir pekan Anda semakin menyenangkan.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *