Bukit Kubu Berastagi, Bukit yang Dikelilingi Bangunan Bersejarah Peninggalan Belanda

Ide Wisata142 Dilihat


Bukit Kubu di Berastagi merupakan lereng bukit yang dikelilingi bangunan bersejarah Belanda, menawarkan pemandangan indah dan pengalaman wisata yang kaya akan sejarah.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Jamin Ginting, Kecamatan Sempajaya. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Bukit Kubu Berastagi di Sumatera Utara merupakan tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan menikmati berbagai aktivitas menyenangkan.

Bukit ini menawarkan pemandangan luas dan udara segar sehingga menjadi lokasi ideal untuk liburan keluarga.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama seluruh keluarga. Anak-anak bisa berlarian dan bermain dengan leluasa di padang rumput yang hijau dan luas. Udara sejuk dan bersih di perosotan ini juga memberikan kenyamanan bermain bagi anak-anak.

Keistimewaan lain dari wisata alam di Karo adalah kemudahan dalam membawa bekal sendiri sehingga memberikan kesempatan pengunjung untuk piknik.

Namun, bagi Anda yang tidak punya waktu untuk membawa bekal, terdapat kantin yang menawarkan berbagai pilihan hidangan lezat untuk memenuhi setiap selera.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Bukit Kubu Berastagi

Objek Wisata Bukit Kubu Berastagi
Foto oleh Drago Satoseka di Google Maps

Peninggalan Belanda di sekitar bukit

Di sekitar objek wisata Bukit Kubu Berastagi terdapat bangunan bersejarah peninggalan Belanda seperti gedung pertemuan dan beberapa rumah penduduk. Salah satu rumah tersebut pernah menjadi tempat persinggahan Bunga Karno saat berkunjung ke Berastagi.

Bangunan bersejarah ini masih dirawat dengan baik dan dikelola oleh pengelola setempat. Meski sudah tua, bangunan-bangunan ini telah direnovasi untuk mempertahankan gaya arsitektur masa lalu sehingga nilai sejarahnya tetap terjaga.

Tempat rekreasi keluarga

Bukit Kubu Berastagi didesain sebagai destinasi liburan keluarga. Dengan hamparan lahan hijau yang luas, pengunjung yang datang bersama keluarga bisa menikmati piknik di tengah indahnya alam.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Pengunjung hanya perlu membawa tikar untuk bersantai menikmati pemandangan. Jika Anda tidak membawa keset, pihak pengelola akan menyediakan keset di pintu masuk untuk Anda gunakan.

Sembari menikmati alam, pengunjung dapat menyantap makanan dan minuman yang dibawa dari rumah atau dibeli dari kantin yang ada di lokasi.

Tempat-tempat menarik untuk foto

Banyak spot foto menarik di Bukit Kubu Berastagi. Tempat wisata ini memiliki hotel tua yang terlihat kuno dengan hamparan rumput hijau yang indah.

Pemandangan ini sering dijadikan backdrop cantik untuk berfoto dan juga sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Dengan keindahan alam dan nuansa sejarah yang kental, lereng bukit eksotis ini menjadi tempat yang tepat untuk mengabadikan momen berharga.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat: Bukit Kubu Berastagi.
Foto oleh Charis Martin Phurba di Google Maps

Bukit Kubu terletak di Jalan Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Letaknya kurang lebih 68 kilometer dari pusat kota Medan, dengan perkiraan waktu tempuh 2 hingga 3 jam. Sedangkan jarak tempuh dari Pematang Sianthar sekitar 110 kilometer dan waktu tempuh kurang lebih 3 hingga 4 jam.

Untuk menikmati wisata Bukit Berastagi, pengunjung perlu membayar biaya masuk. Pada hari biasa harga tiketnya Rp 100.000 untuk mobil atau minibus, Rp 30.000 untuk sepeda motor.

Untuk rombongan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 untuk bus 14 kursi, Rp 300.000 untuk bus 24 kursi, dan Rp 500.000 untuk bus lebih dari 30 kursi.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Bukit Kubu Berastagi
Foto oleh Yunus Hardy Silaban di Google Maps

Selain menikmati keindahan dan ketenangan taman, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Piknik bersama orang tersayang

Wisata Bukit Kubu Berastagi menyuguhkan pemandangan bukit dengan kontur tanah yang naik turun dan dijajari deretan pohon pinus. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati hamparan rumput hijau yang luas dan pemandangan alam yang indah.

Baca Juga  Gua Maria Sendangsono, Destinaso Wisata Religi di Kulon yang Kaya Pesona

Dengan membawa tikar di pintu masuk, pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati sejuknya udara. Mereka sering mengadakan pesta makan malam bersama sebagai bagian dari piknik keluarga.

Pengunjung yang tidak membawa bekal bisa menikmati beragam makanan dan minuman di kafe dan kantin backpacker ini. Beragam menu tersedia untuk menemani piknik santai.

2. Menerbangkan layang-layang di lapangan hijau Bukit Kubu Berastagi.

Bukit Kubu Berastagi dengan padang rumput yang luas dan udara yang sejuk merupakan tempat yang ideal bagi para pecinta kitesurfing. Kegiatan ini merupakan bagian dari paket yang diberikan kepada pengunjung setelah pembayaran tiket masuk.

Kehadiran area yang luas membuat pengunjung bisa leluasa menikmati permainan fisik seru tersebut. Berbagai motif layang-layang juga tersedia sebagai pilihan, menambah kemeriahan suasana taman liburan ini.

3. Menikmati panorama Bulit Kubu.

Di titik ini pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan rumput landai dengan kontur yang luas. Kawasan wisata ini dikelola dengan cermat dan dihiasi berbagai jenis tanaman dan bunga.

Pohon-pohon besar dan pohon pinus tumbuh di sekitar dan di tengah padang rumput, menciptakan bingkai indah untuk panorama yang disajikan.

Bersantai di atas tikar di tengah rerumputan luas, pengunjung akan disambut dengan hembusan udara sejuk yang menyenangkan.

4. Bepergian dengan kuda atau kereta

Aktivitas menarik lainnya adalah berkuda di perbukitan. Pengunjung berkesempatan memanfaatkan jasa penyewaan kuda yang tersedia di kawasan wisata ini.

Ditemani pengelola, pengunjung dapat menjelajahi kawasan wisata Bukit Kubu Berastagi melalui rute yang telah ditentukan. Selama berjalan, pengunjung akan bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalur yang dilalui kereta.

5. Menyusuri jejak sejarah peninggalan Belanda.

Berbagai bangunan tua bergaya kolonial tersebar di seluruh taman liburan ini. Sembari menjelajahi kawasan, pengunjung dapat melihat bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Belanda.

Baca Juga  Bukit Candi Lawang Saketeng, Objek Wisata Alam Hits di Majalengka

Beberapa bangunan bersejarah seperti Gedung Pertemuan dan Bung Karno singgah saat berkunjung ke Berastagi. Manajemen terus merenovasi gedung-gedung tersebut dengan tetap mempertahankan gaya dan suasana masa lalu.

6. Area bermain keluarga

Dengan wilayahnya yang luas, Bukit Kubu memberikan keleluasaan bagi wisatawan untuk menikmati beragam aktivitas wisata. Tempat ini menyajikan berbagai permainan menarik yang bisa Anda mainkan bersama.

Udara yang sejuk dan bersih membuat wisatawan terutama yang membawa anak-anak bisa merasa nyaman dan betah berada di sini sambil bermain.

7. Wahana ATV

Bukit ini menawarkan wahana ATV yang memungkinkan wisatawan menjelajahi hamparan rumput dengan kendaraan roda empat mini. Pengunjung dapat merasakan serunya naik ATV dengan menyewanya selama 10 menit.

8. Rubah terbang

Bagi yang mencari sensasi memacu adrenalin, wahana fly fox juga tersedia di Bukit Kubu Berastagi. Meluncur di sepanjang lingkaran baja, wisatawan dapat menikmati pengalaman yang menegangkan dan menegangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan Bukit Kubu Berastagi
Foto oleh Ai Kok di Google Maps

Bukit ini dikelola dengan baik dan profesional. Ada banyak pedagang yang tertata rapi dan terorganisir dengan baik di seluruh area.

Tempat umum seperti toilet juga tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, seluruh area dilengkapi dengan mesin pembersih dalam jumlah besar.

Bukit Kubu di Berastagi dengan keindahan alam dan berbagai aktivitas menariknya menjadi pilihan tepat untuk piknik bersama keluarga. Jelajahi hamparan rumput hijau, manfaatkan berbagai atraksi dan fasilitas, serta abadikan momen-momen indah di media sosial.


databaru.my.id