Pantai Mandorak, Pantai Cantik dengan Fenomena Water Blow di Sumba Barat Daya

Ide Wisata150 Dilihat


Pantai Mandorak di barat daya Sumba merupakan pantai indah yang menawarkan fenomena hantaman air sehingga menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan menakjubkan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kalena Rongo, Kecamatan. Cody Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Nusa Tenggara Timur, khususnya Sumba barat daya, mempunyai beragam wisata bahari yang menjanjikan. Air terjun indah, pantai eksotik, gunung dan perbukitan mudah ditemukan di sini.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pantai Mandorak yang menawarkan banyak atraksi sehingga layak untuk dikunjungi saat liburan anda. Berbeda sekali dengan pantai pada umumnya yang memiliki hamparan pasir putih yang luas.

Pantai ini tidak terlalu besar, bahkan bisa dikatakan sangat kecil. Namun, ada keindahan inti yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pesona utamanya adalah bebatuan yang membingkainya sehingga memberikan tampilan yang eksotis.

Ini adalah tebing karang yang berbentuk alami. Mereka berdua tampak saling berpandangan dan bergerak mendekat satu sama lain. Wisatawan bisa mendakinya karena tidak terlalu tinggi.

Keindahan lainnya terpancar dari airnya yang begitu jernih dan biru. Pasir putihnya yang lembut melengkapi semua warna di sini sehingga semakin sempurna.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Pantai Mandorak

Atraksi Pantai Mandorak
Foto oleh Henry Saputra di Google Maps

Pesona objek wisata ini terletak pada keindahan alamnya yang menakjubkan. Jika dilihat sekilas, unsur yang membuatnya indah adalah bebatuan yang juga menjadi pembatas, pasir putih, dan jernihnya air. Lebih jelasnya dapat dilihat pada pembahasan berikut!

1. Pantai bersih dengan air jernih

Sebagian besar pantai di barat daya Sumba memiliki air biru yang jernih dan indah. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengunjungi tempat wisata yang sedang kita bicarakan kali ini. Airnya tampak begitu jernih dan kebiruan, bahkan semakin indah dihiasi buih-buih ombak yang datang.

Saking bersihnya, Anda bisa melihat dasar laut yang dipenuhi pasir putih. Pesona Pantai Mandorak di barat daya Sumba semakin menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang menghiasi garis pantainya.

Baca Juga  5 Pesona Pantai Midodaren di Yogyakarta, Menarik Banget untuk Dikunjungi!

Seperti disebutkan sebelumnya, ukurannya tidak terlalu besar. Namun bentuknya unik karena terdapat pembatas batu di depannya. Di sisi kanan dan kirinya juga dibatasi oleh tebing yang sama, yang merupakan kelanjutan dari tebing di depannya.

2. Dikelilingi oleh dua batu karang yang eksotik

Hiasan terindah yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke pantai ini adalah bebatuan karang. Sungguh menakjubkan dan terlihat eksotis memiliki pantai dengan batu karang ini. Anda bisa menemukannya saat berada di pantai indah di barat daya Mbala.

Ukurannya cukup besar, menjulang tinggi dan berdiri di tengah lautan. Daya tarik wisata Pantai Mandorak belum tentu terdapat di pantai lain. Melalui celah antara dua batu samping, air laut mengalir ke pantai.

Pada waktu-waktu tertentu arusnya cukup deras. Ombaknya relatif tinggi seperti di pesisir selatan Sumba. Tak heran jika banyak peselancar yang mulai meliriknya karena dianggap ideal.

3. Keunikan serangan air

Daya tarik lain yang belum tentu Anda temukan di tempat lain, meski konsep wisatanya sama, adalah fenomena palu air. Hal ini tidak dapat dilihat di mana pun dan kapan pun.

Hanya mereka yang beruntung yang berakhir di dekat tiang atau gazebo yang letaknya tidak jauh dari tempat parkir. Bagi yang belum tahu tentang dampak air, itu adalah fenomena gelombang tinggi yang menghantam bebatuan karang.

Diketahui Pantai Mandorak terdapat karang di beberapa tempat, salah satunya berukuran cukup besar yaitu di dekat gazebo. Ketika ombak menghantam bebatuan, timbullah semburan air yang sangat tinggi, inilah yang disebut water hammer.

4. Tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam

Suatu objek wisata dikatakan layak untuk dikunjungi apabila mempunyai banyak objek wisata. Selain yang disebutkan di atas, pantai eksotis ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Posisinya ideal, memanjang ke utara dan selatan.

Apalagi di depan pantai tidak ada halangan sehingga fenomena matahari terbenam terlihat semakin sempurna. Indahnya tebing-tebing di Pantai Mandorak bukan menjadi penghalang, justru menjadi tempat terbaik untuk melihat keindahan saat senja.

Baca Juga  Air Terjun Tanggedu, Air Terjun Eksotis di Sumba Timur yang Berjuluk Twin Canyon

Namun, Anda bisa mendakinya untuk melihat dengan jelas indahnya pesona matahari terbenam. Tidak sulit untuk mencapainya; ada jalan menuju puncak.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mandorak
Foto oleh Alfi Falah di Google Maps

Untuk mencapai pantai eksotik ini tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan jarak tempuh dari pusat kota sangat jauh dan perjalanan dari Tambolaki memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Kali ini kita akan menempuh jarak 42 kilometer di medan terjal dan sedikit ketinggian. Kawasan wisata Pantai Mandorak sendiri terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Meski jauh, sebagian besar jalan sudah memadai. Banyak daya tarik yang didapat selama perjalanan yaitu keindahan alam perbukitan, sabana, rerumputan yang terhampar dan tumbuh-tumbuhan hijau lainnya.

Wisata bahari ini terletak di dekat Danau Veekuri yang juga merupakan salah satu tempat wisata terbaik, silahkan dijadikan sebagai referensi utama anda.

Jaraknya sekitar 5 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dengan mobil. Agar perjalanan Anda lebih mudah dan nyaman, sebaiknya gunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk ke Pantai Mandorak di Sumba barat daya ini relatif murah karena tidak dikenakan biaya per orang. Biaya dihitung per kendaraan, berapa pun jumlah penumpangnya. Sepeda motor dikenakan tarif 20.000 rupee.

Sedangkan jika membawa mobil yang sedikit lebih besar, total biayanya adalah Rs 50.000. Biaya di atas sudah termasuk parkir tetapi belum termasuk beberapa fasilitas yang tersedia.

Dilihat dari harganya, akan lebih baik jika datang bersama rombongan. Beragam kegiatan tidak hanya lebih hemat, namun juga lebih menarik jika dilakukan secara berkelompok. Tempat wisata ini buka setiap hari, tidak disarankan datang ke sini pada malam hari karena minim penerangan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Mandorak
Foto oleh Erisia Auli’i Amispa di Google Maps

Liburan Anda akan semakin menarik dan berkesan jika terdapat banyak hiburan. Pantai Mandorak menawarkan beragam aktivitas seru baik untuk pasangan maupun solo traveler. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa melakukannya bersama-sama jauh lebih menyenangkan dibandingkan melakukannya sendiri.

Baca Juga  Air Terjun Waimarang, Air Terjun Tiga Tingkat di Sumba Timur yang Diapit Tebing Eksotis

Berenang atau bermain air di Pantai Mandorak.

Ombak di Pantai Sumba umumnya tinggi karena menghadap ke laut lepas. Namun karena Pantai Mandorak terhalang bebatuan, ombak tidak bisa menembus pantai.

Jadi Anda bisa berenang atau sekedar bermain air. Namun, terkadang arusnya cukup kuat, jadi Anda harus berhati-hati.

Naiki tebing untuk melihat panorama alam yang indah.

Menariknya tidak hanya mendaki bukit atau gunung saja, tapi juga memanjat bebatuan. Pantai Mandorak di barat daya Sumba menawarkan keindahan pesona alam yang semakin sempurna jika dilihat dari atas.

Hamparan laut lepas berwarna biru, pasir putih, dan bebatuan karang terlihat semakin eksotis. Puncak tebing juga menjadi tempat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam.

Mencari tempat yang tepat untuk foto

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah berburu tempat untuk berfoto. Minimnya objek khusus bukan berarti Anda tidak bisa mencari koleksi foto.

Segala keindahan yang ditawarkan di Pantai Mandorak sangat cocok dijadikan backdrop untuk berfoto. Banyak wisatawan yang menantikan kesempatan untuk mengabadikan momen matahari terbenam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Mandorak
Foto oleh Fadil M. Alzufri di Google Maps

Infrastruktur kawasan wisata Pantai Mandorak memang belum bisa dikatakan lengkap, namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Terdapat beberapa fasilitas penting di sini, mulai dari tempat parkir, toilet, gazebo, dan bangku untuk duduk bersantai.

Sebaiknya bawa perbekalan secukupnya karena masih belum ada warung makan atau minuman di sini.

Letaknya yang terpencil dan jauh dari pusat kota bukan berarti wisata bahari ini tidak layak untuk dikunjungi. Dengan beragamnya atraksi yang ditawarkan, wajar jika Anda harus berpikir lebih jauh.

Pantai Mandorak tetap menjadi destinasi liburan yang cocok bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan damai ditambah dengan pemandangan yang indah.


databaru.my.id