Pulau Kera, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Kupang

Ide Wisata12 Dilihat


Pulau Kera, surga laut eksotis Kupang, menawarkan pengalaman snorkeling tak terlupakan di perairannya yang mempesona.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Desa Huiasa, Kec. Semau, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Pulau Kera merupakan salah satu tempat rekreasi alam di Kupang yang mampu memanjakan mata Anda. Wisatawan yang menyukai liburan akhir pekan bisa memanfaatkan pulau ini sebagai tempat bertemunya kerabat.

Apalagi selama berada di pulau ini, banyak pantai indah menanti Anda. Hal ini menarik para tamu untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, terutama mencoba menikmati kesegaran air. Laut di sekitar pulau masih alami karena tidak tercemar sampah.

Faktanya, pulau ini masih belum banyak menarik perhatian masyarakat luar daerah. Anda yang datang pasti akan serasa berada di pulau pribadi, apalagi warna pasir dan airnya begitu jernih.

Kebersihan tempat selalu terjamin untuk menjamin kenyamanan para tamu selama menginap di Monkey Island. Apalagi suasana di sekitar pulau terkesan sejuk karena banyak terdapat tanaman seperti bakau, kelapa, dan perbukitan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tempat alami yang satu ini cocok banget buat kamu yang ingin mengajak rombongan keluarga. Tempat yang luas dan jauh dari keramaian akan membuat semua orang betah.

Daya tarik Pulau Monyet

Alamat Pulau Monyet
Foto Karin di Google Maps

Pariwisata yang indah

Pulau Monyet memiliki berbagai jenis tanaman yang terlihat cukup subur. Tanaman hijau ini mampu membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Wisatawan bahkan bisa duduk-duduk di bawah pohon yang rindang saat cuaca panas. Angin dan suara deburan ombak membuat wisata semakin lengkap jika digunakan untuk relaksasi.

Perbukitan yang tampak hijau ini bisa dikagumi karena menghadap langsung ke pulau. Keindahan yang beragam ini akan tampak dari pagi hingga sore hari. Pada malam hari bukit tersebut tidak terlalu terlihat karena matahari mulai terbenam. Anda bisa mengajak keluarga untuk berfoto ditengah keindahan alam yang ada.

Pantai yang eksotis

Pantai-pantai di Pulau Monyet memiliki keindahan yang luar biasa, itulah yang menjadi daya tarik tempat ini. Hamparan pasir putihnya yang luas tampak sangat halus dan sering dijadikan tempat bersantai. Beberapa orang yang ingin melihat matahari terbenam di pulau ini menganggap pantai berpasir ini sebagai tempat terbaik.

Baca Juga  Pantai Sejarah Batubara, Keindahan Tersembunyi dengan Cerita Masa Lalu di Sumatera Utara

Birunya air laut yang terlihat membuat siapapun ingin berenang dan snorkeling. Biota laut sangat terjaga dan sering muncul di permukaan laut yang rendah.

Pantai eksotik ini masih jauh dari sampah karena belum banyak terjamah wisatawan. Sebab, kejernihan airnya tidak akan mengecewakan jika dilihat dari dekat.

Kemurnian Pulau Monyet

Diketahui, di pulau indah yang masih alami ini terdapat tempat-tempat yang masih bersih. Area yang luas selalu tertata rapi dan tidak ada sampah berserakan. Air laut, pasir dan jok terlihat bersih.

Wisatawan diharapkan merasa nyaman saat berkunjung karena setiap sudutnya menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Bahkan panorama alam pun bisa Anda nikmati dengan mata telanjang karena destinasinya dijamin bersih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Biaya tur Pulau Monyet
Foto Karin di Google Maps

Pulau Monyet terletak tepat di Desa Uyasa, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tempat alam ini terletak di antara pulau Semau dan Timor.

Para tamu yang ingin datang ke pulau ini tidak perlu khawatir karena tempatnya cukup mudah dijangkau. Mereka menawarkan penyewaan perahu atau speedboat yang akan membawa Anda ke objek wisata unik ini.

Pelabuhan Pemancingan Oeba adalah rute pertama yang harus diambil pengunjung. Bagi anda yang datang dari kota Kupang akan memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Biasanya pusat kota menyediakan perjalanan dan angkutan umum ke pelabuhan. Namun wisatawan juga bisa mengendarai mobil atau sepeda motor saat berwisata ke pelabuhan ini.

Jika Anda menyewa perahu di pelabuhan, Anda akan didampingi oleh petugas. Hanya dalam beberapa menit, para tamu dapat mencapai pulau tersebut dengan menjelajahi beberapa pantai.

Laut lepas yang Anda seberangi menawarkan keindahan yang memikat hati. Setelah kunjungan selesai, wisatawan juga dapat kembali ke pelabuhan dengan kapal umum atau pribadi.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau Monyet Kupang menjadi tempat wisata hits dan sering dijadikan tempat rekreasi para wisatawan. Perkiraan biayanya tidak terlalu mahal, karena sebanding dengan keindahan pantai di pulau itu.

Jika bepergian dengan kapal laut, Anda perlu merogoh kocek antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000 tergantung jenis yang disewa tamu. Pemerintah menyediakan beberapa pantai di Pulau Monyet secara gratis. Namun ada juga pantai berbayar yang biayanya mulai dari Rp 5.000 saja.

Baca Juga  Pantai Baron, Wisata Bahari Eksotis dengan Sejuta Pesona di Gunung Kidul

Wisatawan yang membawa kendaraan ke pelabuhan juga akan dikenakan biaya mulai dari Rp 5.000 tergantung jam penitipan. Sepeda motor atau mobil dapat diparkir di tempat parkir pelabuhan.

Saat berlibur, masih jarang kita jumpai warung makan yang menjajakan kuliner khas di destinasi. Wisatawan juga perlu memasak makanan sendiri untuk menghemat uang.

Penyewaan peralatan bermain air masih terbatas di setiap pantai. Dengan begitu, bujet yang dibutuhkan untuk berlibur tidak akan menguras kantong dan traveler bisa berkumpul bersama sanak saudara.

Kegiatan yang menarik

Menyenangkan di Pulau Monyet
Foto Viancho Coco di Google Maps

1. Jelajahi

Dengan banyaknya destinasi pantai yang indah, Monkey Island tentu menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Wisatawan bisa menjelajahi setiap pantai dengan perahu sewaan.

Sesampainya di pulau, Anda bahkan bisa berjalan-jalan menyisir pantai. Kegiatan ini sering dilakukan karena kurang lengkap rasanya jika tidak melihat seluruh pantai yang ada di sana.

2. Abadikan momen tersebut

Anda bisa mengabadikan momen liburan pulau Anda dengan mengambil foto. Ada banyak tempat unik yang bisa dimanfaatkan pengunjung selama berlibur.

Bahkan hamparan air laut yang luas dan pasir putih menjadi tempat yang tak pernah sepi karena dijadikan backdrop. Wisatawan bisa menyiapkan ponselnya untuk mengabadikan momen manis.

3. Memancing

Pulau mempesona ini dikenal sebagai rumah bagi beragam biota laut, terutama ikan. Wisatawan kerap membawa peralatan memancing untuk menangkap ikan.

Jika ingin melakukannya sambil duduk di tepi pantai, ada tempat khusus. Ikan hasil tangkapan di sini bisa Anda bakar untuk dinikmati bersama seluruh keluarga karena biota yang masih segar.

4. Snorkeling di Pulau Monyet

Pulau Monyet Kupang terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang sangat menarik. Wisatawan yang sudah memiliki kemampuan menyelam dapat menyiapkan peralatan snorkeling.

Beragam jenis ikan, karang, dan biota lainnya tentu akan membuat Anda betah saat menyelam. Apalagi ombaknya tidak cukup besar untuk mendukung kegiatan tersebut.

5. Berenang

Wisatawan yang menyukai relaksasi bisa merasakan kesegaran air laut sambil berenang. Ombak yang tenang tidak akan merugikan Anda saat bermain air.

Baca Juga  Embung Batara Sriten, Pesona Alam Eksotis yang Memukau di Gunung Kidul

Para tamu dipersilakan untuk membawa pakaian ganti dan jaket pelampung untuk memudahkan berenang. Nikmati kesegaran air sambil mengagumi indahnya panorama pulau yang dikelilingi perbukitan dan pepohonan.

6. Piknik

Ada rumah-rumah di seluruh pulau yang menjual makanan dan minuman khas. Namun jika musafir ingin membawa bekal, diperbolehkan.

Biasanya sebagian masyarakat menyiapkan kompor dan bahan makanan mentah untuk dimasak di tempat. Selain itu, ada juga yang membawa permadani karena ingin mencoba piknik di pulau bersama seluruh keluarga.

7. Bermain pasir

Pulau Monyet Murni menawarkan pantai berpasir di setiap garis pantai. Pasirnya yang bersih membuat wisatawan ingin menghabiskan waktu bermain bola voli.

Tak hanya itu, bagi anda yang mengajak anak-anak dipersilakan membawa cetakan pasir. Jadi jangan lewatkan bermain di pasir halus ini selama berkunjung agar tidak bosan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Monyet
Foto oleh Kiki Irianto di Google Maps

Pulau Monyet masih minim fasilitas karena belum terlalu banyak orang yang berkunjung untuk berwisata. Penyewaan perahu banyak tersedia di pelabuhan dan akan membawa Anda ke pulau.

Pihak administrasi juga secara khusus menyediakan tempat parkir untuk memudahkan para tamu. Lahan yang luas tentunya bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan segala jenis kendaraan.

Beberapa pantai memiliki musala yang bisa digunakan semua wisatawan. Kuilnya tidak terlalu besar, tapi bersih.

Kamar mandi umum dapat dengan mudah ditemukan di setiap area pulau, dilengkapi dengan fasilitas ganti pakaian. Bahkan, kebersihannya terjamin dan air yang mengalir di toilet cukup jernih sangat membantu para pelancong.

Ada banyak tempat yang menghadap ke air laut di mana Anda bisa bersantai. Beberapa rumah penduduk setempat menjual makanan, meski tidak terlalu banyak.

Toko persewaan permainan air di pulau ini masih kekurangan persediaan. Jadi bisa bawa sendiri dari rumah, mulai dari pelampung atau main voli pantai.

Berikut beberapa informasi mengenai Pulau Monyet di Kupang yang bisa Anda pilih sebagai tempat untuk dikunjungi. Anda bisa datang bersama kerabat dekat Anda, karena pulau cantik ini bisa digunakan untuk aktivitas seru.

Pengunjung juga perlu mengunjungi beberapa pantai yang banyak tersebar di kawasan tersebut. Sehingga liburan akan berkesan, apalagi jika diabadikan dengan kamera.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *