Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Nan Eksotis di Bandung

Ide Wisata50 Dilihat


Kurug Cimahi menawarkan wisata air terjun tertinggi dan eksotik di Bandung yang memikat pengunjung dengan keindahan alamnya.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Kertavangi, Kec. Chisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Kurug atau dikenal juga dengan air terjun merupakan salah satu objek wisata alam yang cocok untuk rekreasi. Ada sebuah air terjun di Bandung yang cukup terkenal dengan keunikannya yaitu Kurug Cimahi.

Letaknya di Cimahi, diambil dari nama air terjun tersebut. Ketinggiannya yang mencapai 87 meter menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Kota Bandung.

Nama tersebut diberikan bukan karena letaknya di Cimahi, melainkan karena air terjun tersebut merupakan aliran Sungai Cimahi yang berasal dari Danau Situ Lembang. Meski berada di perkotaan, udaranya tetap sejuk menyegarkan bahkan suhunya bisa mencapai 18 hingga 22 derajat Celcius.

Sebab, ketinggiannya mencapai 1.050 meter di atas permukaan laut. Jadi pastikan untuk membawa peralatan penghangat saat Anda berkunjung!

Perjalanan ke Bandung: Kawah Putih, Ranka Upas, Lakeside Glamping dan masih banyak lagi

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Curug Cimahi

Shutterstock Daya Tarik Curug Cimahi
Foto oleh Fresli Budiman di Shutterstock

Setiap tempat wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang kesini. Apa sajakah daya tarik utama Curug Cimahi? Kami telah merangkumnya secara lengkap di bawah ini!

Air terjun tertinggi

Daya tarik pertama yang menarik banyak wisatawan ke sini adalah ketinggiannya. Ketinggian 87 meter cukup memukau wisatawan dengan air yang jatuh dari atas.

Semburan airnya yang bisa mencapai beberapa meter dari titik utama memberikan pesona tersendiri. Suasana sejuk seakan menyelimutiku, meski aku tidak menginginkannya.

Apalagi banyaknya pepohonan air terjun di kawasan Kertavanga mampu menambah suasana asri dan alami. Suara gemericik air dari atas seolah mengabaikan suara mobil yang lewat di balik batu.

Juga tidak boleh diabaikan adalah banyaknya hewan yang menambah pesona alam. Monyet, serangga dan beberapa jenis hewan lainnya menambah keindahan alam yang tak terlupakan.

Bahkan terkadang pengunjung bisa melihat hewan tersebut dari dekat. Khusus monyet di habitat liar, petugas melarang memberi makan karena dapat membahayakan diri sendiri.

Pesona air terjun pelangi

Perum Perhutani Bandung Utara sebagai pihak resmi yang mengelola Kurug Cimahi telah memperkenalkan inovasi-inovasi yang tidak ditemukan di tempat lain. Kreativitas panduan ini patut dipuji dan diapresiasi.

Pasalnya di sekitar air terjun disediakan beberapa lampu. Berkat efek pancaran cahaya lampu, air terjun ini tampak memancarkan pelangi saat malam tiba.

Itulah sebabnya air terjun di Cimahi disebut juga Kurug Pelangi. Kecanggihan teknologi juga membantu dalam penyebaran berita. Kemudian banyak wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dan ingin melihatnya dengan mata kepala sendiri.

Baca Juga  Taman Alam Lumbini, Taman Wisata Hits dengan Replika Pagoda Shwedagon di Karo

Karena fenomena buatan manusia ini hanya bisa dilihat saat matahari terbenam, sebaiknya Anda tetap berada di tempat ini selama waktu tersebut. Kami berharap cuaca saat berkunjung cukup cerah sehingga pihak pengelola tidak menutup tempat wisata tersebut. Ya, demi keselamatan pengunjung, pengelola akan segera menutup lokasi jika cuaca dirasa tidak mendukung pariwisata.

Mitos Air Terjun Cimahi

Mitos Air Terjun Cimahi yang beredar di masyarakat juga menjadi salah satu bentuk hiburan yang menguntungkan. Entah siapa yang memulai cerita ini, namun pada akhirnya banyak orang yang mempercayainya.

Mereka mengatakan pengunjung yang datang ke lokasi tidak boleh berpasangan karena diyakini hubungan mereka tidak akan bertahan lama, yakni putus.

Secara ilmiah hal tersebut belum dapat dibuktikan dan banyak pengunjung yang masih bertahan setelah mengunjungi tempat wisata ini. Pada akhirnya, cerita tersebut masih menjadi mitos hingga saat ini.

Memang hal inilah yang perlu dipertahankan demi meningkatkan daya tarik tersendiri. Sebagai warga negara yang menjaga nilai-nilai sejarah dan budaya, ada baiknya kita menghormati mitos-mitos yang diyakini masyarakat setempat.

Kemudahan akses lokasi

Daya tarik terakhir adalah kemudahan akses menuju lokasinya, masih dalam lingkup peradaban perkotaan. Berbeda dengan air terjun lainnya, pengunjung harus menempuh jalan terjal, berkelok-kelok, dan penuh tantangan. Di sini Anda bisa langsung menuju gerbang kawasan wisata begitu turun dari mobil.

Wisata Sehari Bandung: Tangkuban Perahu, Maribaya Lodge, Pasar Terapung dan masih banyak lagi

Alamat dan rute menuju lokasi

Bagi anda yang tertarik dengan pesona alam Kurug Cimahi, kunjungilah tempat yang terletak di Jl. Kolonel Masturi No. 325, Kertawangi, Sisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Anda dapat berkunjung dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Untuk mobil pribadi bisa mengambil jalur alternatif termudah yaitu Lembang – Parongpong yang masih searah dengan Dusun Bambu. Silakan ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan Universitas Advent Indonesia. Ini adalah hal yang harus Anda ingat karena letaknya dekat dengan universitas.

Setelah itu Anda harus melewati turunan, tanjakan dan jembatan, saat melewatinya hati-hati dan waspada. Sesampainya di Terminal Chisarua berarti Anda sudah sampai di Air Terjun Cimahi karena pintu gerbangnya terletak di sebelah terminal.

Kenyamanan juga tersedia meski menggunakan transportasi umum. Landmarknya pun sama yakni terminal Cisarua. Naik angkutan umum jalur Ledeng-Parongpong yang bisa diakses di Jalan Setiabudi, tepat di luar Terminal Ledeng. Kemudian dilanjutkan menyusuri jalur angkutan umum Parongpong-Padalarang dan berakhir di Terminal Chisarua.

Baca Juga  Pantai Gondo Mayit, Pantai Indah di Blitar yang Memiliki Sejarah Kelam

Biaya masuk dan jam buka

Untuk mengunjungi kawasan wisata Kurug Pelangi, Anda tidak perlu membawa banyak uang. Biaya masuknya hanya 15.000 rupee per orang, ditambah parkir sepeda motor 2.000 rupee dan mobil 5.000 rupee. Dengan biaya tersebut, Anda bisa menikmati beragam aktivitas seru dan menikmati pemandangan alam liar sepuasnya.

Sedangkan untuk jam bukanya, Anda bisa tiba pada pukul 07.00 atau lebih awal. Jam tutupnya berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya yang kebanyakan pada sore hari yaitu pada pukul 20.00. Hal ini disebabkan adanya perasaan pelangi yang hanya bisa dilihat pada malam hari.

Cek hotel murah di bandung

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Shutterstock
Foto oleh Devon Daniel di Shutterstock

Banyak hal menarik menanti Anda dan grup. Sebagian besar aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan masih berkisar pada atraksi yang kami sebutkan di atas.

1. Menikmati keindahan Air Terjun Cimahi.

Tujuan utama Anda mengunjungi air terjun setinggi 87 meter ini tentunya untuk menikmati pesona alam yang diberikannya. Ini merupakan kegiatan yang menarik, meski hanya membutuhkan mata dan indera. Terkadang Anda bisa bermain air atau sekadar basah kuyup.

Pihak manajemen sudah menulis aturan untuk berenang, yakni tidak boleh melakukannya. Pasalnya, kedalaman airnya mencapai 2 meter dengan arus yang cukup deras.

Selain itu, air yang mengalir dari atas air terjun juga dapat membahayakan pengunjung yang berenang. Demi keselamatan Anda sendiri, Anda disarankan untuk mengikuti aturan ini.

2. Perjalanan yang mengasyikkan

Tidak sulit menemukan tempatnya karena masih di dalam kota. Namun untuk menuju air terjun yang dimaksud, Anda harus berjalan kaki cukup jauh dan menurun.

Total, Anda perlu menaiki 587 anak tangga untuk sampai ke lokasi. Tentu saja banyak, karena untuk melewatinya dibutuhkan stamina dan tenaga.

Perjalanan menjadi semakin seru ketika monyet-monyet liar menemani setiap langkah Anda. Terkadang mereka juga mengeluarkan suara khas untuk menunjukkan lokasinya. Jika lelah dalam perjalanan, di sini ada pos yang bisa dijadikan tempat peristirahatan sementara.

Agar lebih aman dan tidak berbahaya, gunakanlah alas kaki anti slip berupa sepatu atau sandal. Tidak disarankan untuk tidak memakai sepatu karena dapat membuat lebih licin.

3. Bersantai di dek observasi

Lokasi ini hampir pasti tidak akan Anda temukan di tempat lain yaitu Dek Observasi. Di sana Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama alam menakjubkan yang tercipta dari volume air yang terus mengalir.

Dari kejauhan terlihat sangat indah dan mempesona, karena hamburan air sebelum dan sesudah titik akhir seolah membentuk kabut tipis.

Ada juga banyak pohon hias di sekitar dek observasi. Mata tak lepas dari warna hijau pohonnya. Anda bisa berdiri atau duduk karena tersedia kursi yang nyaman dengan meja bundar kecil.

Baca Juga  Bali Countryside Sidemen, Menikmati Panorama dengan Hamparan Sawah Nan Hijau

4. Lihat Air Terjun Pelangi

Kehadiran lampu warna-warni di sekitar air terjun, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, membuat air terjun seolah-olah memancarkan cahaya seperti pelangi. Sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, kecil kemungkinannya Anda akan menemukannya di tempat lain. Inilah aktivitas yang sering menjadi hal utama bagi wisatawan. Sekilas pandang saja dari jauh sudah cukup membuat hati merasa puas.

Untuk menikmati keindahan ini, disarankan menunggu hingga sore atau malam hari. Jangan khawatir, waktu tutup masih lama yaitu jam 8 malam. Jadi Anda masih punya waktu sekitar 3 jam untuk menikmatinya.

5. Berburu spot foto

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Kurug Cimahi adalah berburu spot foto. Padahal, hal inilah yang menjadi alasan utama pengunjung datang ke lokasi tersebut. Banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tempat berfoto, sehingga Anda perlu mempersiapkan kamera sebaik mungkin.

Misalnya, saat Anda berada di pos pengamatan, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil foto menakjubkan dengan latar belakang air terjun dari jauh. Pepohonan rindang tumbuh di sebelahnya, hampir menutupi air terjun. Memiliki sudut pandang yang baik, Anda bisa menciptakan karya fotografi yang unik.

Tempat lain yang diharapkan untuk berfoto adalah pada malam hari, tepatnya saat teramati fenomena air terjun pelangi. Siapa yang tidak ingin mengabadikan momen yang hanya bisa ditemukan di tempat ini, bukan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Air Terjun Simahi
Foto oleh Pradirvan di Shutterstock

Tidak menutup kemungkinan suatu saat Kurug Pelangi akan semakin terkenal dan akan selalu banyak pengunjung yang datang ke sana. Saat ini ratusan pengunjung datang ke sini setiap harinya untuk menikmati pemandangan alam air terjun.

Oleh karena itu, pemandu memberikan kesempatan untuk menunjang perjalanan Anda. Tempat parkirnya cukup luas dan fasilitas utama yang akan Anda temukan adalah musala dan toilet yang nyaman.

Fasilitas lainnya adalah restoran dengan menu bersama yang bervariasi, yang biasanya terdapat di daerah Jawa. Terdapat juga pusat informasi dan pos keamanan yang siap membantu dan menjawab pertanyaan. Tak lupa juga terdapat area piknik yang bisa dijadikan tempat nongkrong dan bersosialisasi bersama rombongan.

Sekian informasi mengenai tempat wisata di bandung yaitu Curug Cimahi. Jangan lupa untuk memakai sepatu anti slip yang akan sangat berguna saat naik turun tangga yang licin.

Persiapkan stamina khusus terlebih dahulu, jalanmu mudah namun cukup panjang, apalagi saat pulang ke rumah karena harus melewati 587 langkah.


databaru.my.id