Curug Walet, Destinasi Wisata Alam dengan Beragam Spot Camping Memukau di Bogor

Ide Wisata34 Dilihat


Temukan ketenangan di Curug Walet Bogor, permata tersembunyi yang menawarkan suasana alam yang mempesona. Tempat ideal untuk berkemah dan pecinta alam.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Chasihan, Kecamatan. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan banyak tempat wisata alamnya yang menawan. Alamnya masih sangat terjaga sehingga kawasan ini memiliki suasana sejuk dan menyegarkan. Salah satu destinasi wisata tersembunyi dengan air terjun permata yang belum banyak diketahui orang.

Air Terjun Burung Walet Kurug menjadi salah satu objek wisata yang unik, karena tepat di puncak air terjun terdapat sarang Burung Walet Bogor. Spesies yang dihadirkan sangat tenang dan damai untuk penyembuhan. Ingin tahu lebih banyak tentang keindahan alam air terjun ini? Di bawah ini rinciannya.

Hotel Murah Bogor

Daya tarik Air Terjun Walet

Daya tarik Air Terjun Walet
Foto oleh Rusnadi Adhi di Google Maps

1. Permata tersembunyi yang menenangkan

Keindahan alam air terjun ini sungguh menakjubkan sehingga Anda tidak akan ragu lagi untuk mengunjungi Air Terjun Walet di Bogor. Panoramanya sangat menawan, aliran air terjunnya deras dan jernih sekali, cocok untuk berenang. Tebing batu yang menakjubkan membuat wisata ini terasa seperti percikan surgawi dari langit.

Ditambah lagi kawasan wisata ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang sangat sejuk dan menyegarkan. Diseluruh kawasan wisata udaranya sejuk dan tidak panas sama sekali. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat penyembuhan diri dari hiruk pikuk kota yang sangat melelahkan pikiran.

2. Berenang

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata alam Walet Kurug dapat dilakukan dengan berenang. Nikmati pemandangan sambil menentukan pilihan aktivitas yang tepat untuk menyegarkan tubuh. Pemandangan air terjunnya menakjubkan dan dikelilingi tanaman hijau.

Baca Juga  Curug Song, Air Terjun Tersembunyi di Banyumas yang Dilengkapi Berbagai Wahana Seru

Pengunjung yang ingin berenang di sekitar air terjun diimbau untuk tetap waspada dan menghindari berenang langsung di bawah air terjun. Arus di bawah air terjun sangat deras dan berbahaya. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk berenang di area yang ditetapkan sebagai zona aman.

Trip ke Air Terjun Hordeng dan Air Terjun Kembar Sentul

3. Pelacakan Wisata Kurug

Untuk mencapai Walet Kurug, wisatawan harus menempuh jalan setapak dengan pemandangan yang indah dan menyejukkan mata. Pasalnya, wisatawan dianjurkan untuk berjalan kaki dan berwisata melewati hutan dengan tanaman dan pepohonan hijau di sekitar kawasan wisata alam.

Jalan-jalan di alam terbuka tentu memberikan perasaan berbeda karena tempat wisatanya benar-benar tersembunyi, wisatawan harus berjalan di sepanjang jalur yang telah ditentukan. Jalannya cukup memadai dan masih bisa dilalui, Anda juga harus menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai tempat wisata tersebut.

4. Menikmati pemandangan air terjun dari dekat

Sesampainya di Curug Valet, pastikan untuk beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas lain yang direncanakan. Cobalah untuk menikmati suasana wisata yang menakjubkan. Kelelahan perjalanan menuju objek wisata menawan ini akan terbayar sudah.

Pemandangan air terjunnya sangat indah, apalagi air terjun ini juga memiliki beberapa tingkatan dari bawah hingga atas. Wisatawan yang ingin naik ke puncak bisa menggunakan tangga yang telah disediakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen ini dengan kamera.

Trekking menuju air terjun Chikava-Bogor

5. Area berkemah

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Curug Valet tentunya diperbolehkan, begitu juga dengan berkemah. Untuk menginap, Anda hanya perlu mengkonfirmasi izin kepada pengelola lokasi. Berkemah di alam terbuka akan memberikan Anda pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Baca Juga  Gardu Pandang Merapi, Menikmati Keindahan Gunung Merapi dengan View Alam Memukau di Sleman

Pasalnya, menghabiskan waktu berkemah sangatlah seru dan menyenangkan, apalagi ditemani keluarga atau teman tercinta. Mendirikan tenda dan menikmati keindahan serta kesegaran alam bisa menjadi pengalaman yang menenangkan. Salah satu petualangan tak terlupakan seumur hidup bagi wisatawan yang melakukannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun walet
Foto Boca Dekil di Google Maps

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun alami ini, destinasi wisatanya terletak di Desa Chasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tempatnya terletak di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, pada jarak sekitar 41,8 km dari pusat kota Bogor.

Wisatawan yang belum pernah mengunjungi Kurug Valet tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan jalur tersebut melalui Google Maps. Rute wisata dimulai dari st. Raya Pamijahan belok kanan melewati Jl. Jembatan Chasihan. Jalan lurus hingga sampai di Gunung Menir.

Sesampainya di Gunung Menear, belok kiri berjalan menuju Jl. KH. M.Partha. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti jalan menuju air terjun itu sendiri. Jika masih bingung, Anda bisa menanyakan lokasinya kepada penduduk setempat. Jalan tersebut masih bisa dilalui mobil dan sepeda motor.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin menjelajahi tempat wisata ini harus membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk memasuki kawasan desa Chasihan. Untuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung dikenakan biaya Rp 20.000 per orang, sudah termasuk tiket masuk ke Kurug Payung dan Leuwi Hejo.

Terdapat biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Untungnya jika anda mengunjungi tempat wisata ini tidak ada orang di pos keamanan, anda bisa leluasa masuk ke kawasan wisata tersebut secara gratis. Mengunjungi tempat wisata dalam suasana cerah adalah pilihan yang baik.

Air Terjun Walet Bogor buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Memiliki waktu luang yang cukup, wisatawan bisa menikmati wisata alam dengan senang hati, mulai dari weekdays hingga weekend. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hingga siang hari.

Baca Juga  The Lost World Castle, Objek Wisata Hits Mirip Benteng Takeshi di Sleman Jogja

Silakan coba untuk memeriksa ramalan cuaca sebelum mengikuti tur ini. Pasalnya, saat hujan deras, berkendara di beberapa ruas jalan cukup sulit karena beberapa bagian jalan berlumpur dan terdapat genangan air banjir. Menuju air terjun cukup beresiko jika jalanan licin dan berbatu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Air Terjun Walet
Foto oleh Muhammad Yoan Al Rasid di Google Maps

Karena letak objek wisata alam ini yang tersembunyi, maka daya tarik objek wisata ini masih terbatas dalam melayani wisatawan. Fasilitas yang diterapkan saat ini adalah toilet umum. Beruntungnya, toilet yang tersedia masih cukup untuk digunakan wisatawan, meski jarak toiletnya cukup jauh dari air terjun.

Sebagai informasi: toilet umum terletak di dekat gerbang masuk Kurug Valet. Oleh karena itu, wisatawan yang berada dekat dengan air terjun perlu kembali ke area pintu masuk wisata untuk menggunakan toilet. Jika ingin beribadah, terdapat musala kecil dengan ruang yang luas untuk beribadah.

Pengelola Curug Valet di Bogor juga menyediakan gazebo bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sejuk. Jangan khawatir kelaparan karena wisata ini masih dikelilingi oleh beberapa warung makan yang menawarkan kuliner lezat.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun ramah di kantong. Wisatawan yang datang bertamasya dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Karena manajemen menyediakan tempat parkir yang memadai. Demikian informasi menarik mengenai tempat wisata alam ini, semoga bermanfaat.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *