Cantiknya Danau Weekuri, Danau Indah Ditengah Samudera di Sumba Barat Daya

Ide Wisata22 Dilihat


Danau Uekuri di barat daya Sumba merupakan sebuah danau indah yang terletak di tengah lautan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Kalena Rongo, Kecamatan. Cody Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Danau Uekuri merupakan salah satu tempat wisata di barat daya Mbala, NTT yang menawarkan begitu banyak pesona. Berbeda dengan danau pada umumnya yang airnya segar, di sini sedikit unik karena airnya asin.

Tidak ada alasan mengapa hal tersebut terjadi karena tempat ini berada tepat di sebelah laut atau pantai yang dibatasi oleh tebing. Selain menikmati keindahan telaga, wisatawan juga bisa menyaksikan pantai yang terhampar luas di hadapannya.

Berbeda dengan kawasan pantai yang umumnya gersang, justru terkesan asri karena banyak dihiasi tumbuh-tumbuhan hijau. Tentunya disini cukup damai dan tenang, karena tempat ini jauh dari kebisingan kota yang mengganggu.

Menurut mitos, danau ini terbentuk karena sebuah desa atau dusun tenggelam akibat air pasang.

Namun tentu saja hal tersebut hanya mitos belaka, karena jika melihat lokasinya, akan lebih logis jika hal tersebut terjadi akibat proses alam. Nama Weekuri sendiri sebenarnya mempunyai arti yaitu Wee yang berarti air dan Kuri yang berarti percikan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan Danau Veekuri

Pemandangan Danau Veekuri
Foto oleh Juan Fitrianto di Google Maps

Sebelum berkunjung, ada baiknya melihat terlebih dahulu apa saja daya tarik yang dimiliki danau eksotik ini. Tempat ini selalu ramai pengunjung meski tidak terlalu ramai. Di hari-hari biasa, hanya sedikit yang terlihat dengan segala aktivitas seru dan menarik yang mereka jalani.

1. Keunikan Danau Veekuri

Meski namanya telaga, namun jika dilihat lokasinya, terlihat seperti laguna yang berada di pinggir lautan. Katanya, ini benar-benar unik karena tidak mungkin menemukan di mana air laut masuk. Dengan kata lain, telaga ini terlihat tertutup dan bentuknya memanjang tidak beraturan.

Panjang totalnya diperkirakan 150 meter dengan lebar maksimal 50 meter. Semakin jauh dari laut bentuknya semakin mengerucut atau mengecil sehingga menyerupai botol.

Baca Juga  Pantai Klayar, Permata Tersembunyi di Pacitan dengan Panorama Alam yang Memesona

Jika Anda membawa drone, silakan lihat pemandangan di atas. Bentuknya yang demikian membuat kawasan wisata Danau Veekuri semakin eksotik sehingga memanjakan setiap mata yang memandangnya. Airnya asin karena merupakan reservoir air laut.

2. Air bening berwarna kebiruan.

Saat Anda berkunjung ke objek wisata di barat daya Mbale ini, Anda tidak hanya akan merasakan keunikannya saja, namun juga pesona keindahannya. Satu-satunya yang ditawarkan adalah air jernih kebiruan yang memenuhi seluruh bagian laguna.

Saking jernihnya, Anda bisa melihat dasar danau yang dipenuhi pasir putih bersih dan beberapa batu karang dengan ukuran berbeda.

Anda juga bisa melihat ikan-ikan kecil cantik berenang dengan lincah menghiasi Danau Weekuri di barat daya Mbala. Berbagai aktivitas air bisa dilakukan dan sangat memungkinkan.

Anda bisa berenang hingga ke tengah, karena kedalaman maksimum saat air surut hanya sekitar 1-2 meter. Namun jika air laut sedang tinggi, sebaiknya jangan berenang di tengah, karena di sini cukup dalam, mencapai 5 meter.

3. Suasana asri dan tenang.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat ini cukup jauh dari kota sehingga suasana disini tenang dan damai. Jarak dari pemukiman penduduk pun tidak terlalu dekat. Apalagi pengunjung yang datang belum banyak.

Artinya, wisatawan tidak memenuhi lokasi wisata meski saat libur panjang atau akhir pekan. Danau Veekuri tidak hanya tenang, namun juga terlihat sangat indah berkat banyaknya pepohonan yang menghiasinya.

Meski sebenarnya dikelilingi bebatuan karang, namun setiap bagian permukaannya ditumbuhi vegetasi hijau. Wisata alam ini cocok untuk segala jenis aktivitas mengisi liburan Anda, termasuk pengobatan, karena suasana di sini asri dan menenangkan.

4. Pemandangan pantai yang menakjubkan

Daya tarik terakhir adalah lokasinya yang dekat dengan laut atau pantai. Dengan kata lain pengunjung mendapatkan bonus keindahan pesona pantai yang menakjubkan. Jarak menuju danau hanya beberapa meter, bahkan terdapat pintu masuk berupa jembatan.

Tujuannya untuk memudahkan wisatawan melihat keindahan pantai. Berbeda dengan pantai lain yang memiliki pasir putih atau hitam di sepanjang tepinya. Pantai di Danau Vekuri berbeda, karena berbatasan langsung dengan bebatuan karang.

Baca Juga  Goa Cerme, Destinasi Wisata Sejarah Favorit di Bantul Jogja

Pesona lautan birunya memukau semua orang. Ombak di sini cukup besar, bergulung-guling dan menghantam bebatuan hingga menimbulkan benturan keras.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Danau Veekuri
Foto oleh Irvan Augie di Google Maps

Sebelumnya telah disebutkan bahwa danau yang berpotensi indah ini terletak jauh dari perkotaan. Jarak dari pusat kota atau Tambolaki memang tidak dekat, melainkan sekitar 60 kilometer.

Pada kecepatan mobil normal, jarak ini biasanya dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Begitu pula jika kendaraan dalam kondisi normal atau tidak macet.

Meski jauh, akses menuju kawasan wisata Danau Veekuri tidak begitu sulit. Jalan menuju kawasan ini banyak yang beraspal atau setidaknya memiliki tanah keras yang dapat dilalui oleh sepeda motor atau mobil.

Secara administratif alamatnya adalah Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Silakan gunakan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik sesuai arah perjalanan Anda. Tidak banyak rambu jalan, jadi gunakan aplikasi peta digital.

Jangan lupa untuk aktif bertanya kepada penduduk setempat agar memudahkan Anda menemukan tempat tersebut dan menghindari tersesat. Berapa harga tiket masuk Danau Weekuri barat daya Mbale? Tentu tidak mahal, dan pembayaran dilakukan per kendaraan, bukan per pengunjung.

Jika datang dengan sepeda motor, siapkan biaya sebesar Rp 10.000. Sedangkan jika datang dengan mobil, biaya masuknya juga sudah termasuk biaya parkir sebesar Rp 20.000.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Danau Veekuri
Foto oleh Fernando Mulia di Google Maps

Jika Anda menemukan portal atau pos keamanan, Anda sudah sampai di lokasi wisata. Tempat wisata ini letaknya dekat dengan tempat parkir, silahkan berjalan kaki menuju lokasi. Anda kemudian bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti berikut ini!

Nikmati keindahan Danau Veekuri.

Kebanyakan pengunjung yang datang kesini tertarik untuk menikmati keindahan Danau Veekuri. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut karena unsur alam di sini sangat lengkap.

Mulai dari pantainya yang eksotik, bebatuan karang yang indah, airnya yang biru jernih dan suasananya yang indah. Silakan bersantai di tepi danau sambil menikmati seluruh panorama alam yang dipamerkan.

Baca Juga  Hutan Mangrove PIK, Menyaksikan Keindahan Hutan Mangrove di Tengah Kota Jakarta

Kunjungi pantai-pantai eksotis

Karena Danau Weekuri di barat daya Mbale dekat dengan pantai, tidak ada salahnya untuk mampir jika Anda punya waktu. Keindahan dan pesonanya mampu membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Pantai ini berbatasan langsung dengan danau dan dicapai melalui jembatan. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja sudah bisa melihat hamparan lautan biru luas.

Berenang dan bermain air

Aktivitas selanjutnya adalah berenang dan bermain air, hal ini wajib dilakukan jika anda sedang berkunjung ke kawasan wisata Danau Veekuri. Jernihnya airnya seakan menghipnotis, kesegarannya terasa.

Silakan berenang jika airnya sedikit karena lebih aman. Kalau sedang air pasang, mending main air di tepi danau saja dan dijamin tak kalah serunya.

Berburu foto

Untuk menyelesaikan berbagai hal saat berlibur, usahakan untuk tetap mengambil foto atau mencari tempat untuk mengambil foto. Selain untuk konten media sosial, Anda juga bisa menggunakannya untuk koleksi pribadi.

Lokasi yang paling banyak digunakan adalah jembatan, dimana latar belakangnya lebih sempurna dibandingkan titik lain di lokasi yang sama.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau Veekuri
Foto Median Jacqueline di Google Maps

Fasilitas di Danau Veekuri sudah cukup siap hanya untuk beberapa hal penting saja. Misalnya tempat parkir, toilet, dan warung yang menjual berbagai jenis makanan berat dan ringan.

Semua fasilitas ini dapat ditemukan dekat dengan kawasan pemukiman. Sedangkan saat berada di lokasi utama, Anda hanya akan menjumpai gazebo, tempat duduk, dan jembatan kayu.

Itu saja tentang salah satu tempat wisata di Sumba Barat Daya yang menarik untuk dikunjungi. Memang lokasinya jauh dan membutuhkan waktu lama untuk mencapainya dari pusat kota.

Meski begitu, berwisata ke Danau Veekuri dijamin tidak akan membosankan. Di sini Anda bisa melihat banyak sekali keindahan yang selalu diiringi dengan hijaunya alam yang bersahabat.


databaru.my.id