Floating Market Lembang, Destinasi Wisata Unik dengan Konsep Menarik di Bandung

Ide Wisata118 Dilihat


Jelajahi keunikan Floating Market Lembang, tempat wisata di Bandung yang menakjubkan dengan konsep menarik, menawarkan banyak tempat unik untuk liburan yang tak terlupakan.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Quech. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Pembahasan mengenai destinasi wisata Lembang sepertinya tidak ada habisnya. Selain kebun binatang, tebing atau bukit, ada satu lagi tempat di kawasan ini yang masih ada di Bandung, yaitu Pasar Terapung Lembang.

Nama tersebut diambil dari stand dagang tempat para pedagang berjualan di atas perahu. Namun, ini bukan Pasar Terapung Lok Baintan yang hanya pedagangnya saja yang menggunakan perahu. Sedangkan pembelinya masih berada di darat, yakni di bantaran sungai.

Konsep yang dianut membawa daya tarik dan daya tarik tersendiri, tak heran sejak dibuka hingga saat ini masih ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Walaupun pada saat itu objek wisata ini belum luas dan mempunyai tempat yang terbatas. Namun berkat antusiasme warga dan pengunjung yang selalu ramai, pengelolaan Pasar Terapung Lembang akhirnya diperluas hingga mencakup beberapa tempat yang kini bisa dinikmati wisatawan.

Meski berada di perkotaan, namun tempatnya berada di dataran tinggi, sehingga udara masih terasa dingin jika tidak menggunakan jaket. Wilayahnya cukup luas sehingga pengunjung dapat menjelajahi seluruh sudut yang ada. Meski sedikit lelah, Anda tetap mendapatkan pengalaman seru yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Tiket Pasar Terapung Lembang

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik Pasar Terapung Lembang

Shutterstock Daya tarik Pasar Terapung Lembang
Foto oleh ShidaPixeL di Shutterstock

Banyak pengunjung yang tertarik dengan daya tarik Pasar Terapung Lembang itu sendiri. Atraksi apa yang sedang kita bicarakan? Di bawah ini kami telah mengumpulkan informasi lengkapnya!

Konsep yang menarik

Tentunya dalam konsep yang dibuat daya tarik utamanya adalah pasar terapung atau sesuai dengan nama objek wisatanya yaitu pasar terapung. Pengunjung dapat merasakan sensasi bersantap di tepi danau dengan gaya pemesanan yang unik. Tenaga penjualan di kapal dengan cepat melayani pelanggan yang sudah ada.

Tidak perlu mencari tempat duduk, karena pengunjung bisa menyantap makanan yang dipesan di tempat yang telah disediakan. Seperti halnya restoran, pengunjung dapat memesan terlebih dahulu dan kemudian duduk di kursi yang telah dipilih sebelumnya.

Kondisi cuaca dan lingkungan

Bagi warga lokal hal ini mungkin bukan menjadi daya tarik. Namun bagi pendatang dari luar daerah, apalagi saat cuaca panas, Pasar Terapung Lembang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Letaknya yang masih dekat dengan pegunungan dan perbukitan kecil membuat suasana sejuk dan menyegarkan.

Baca Juga  Laut Bekah, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Lautan dengan Pesona Alam Memukau di Gunung Kidul

Apalagi dengan banyaknya pepohonan di sekitar lokasi, dijamin suasana sejuk akan kamu dapatkan. Selain itu, pemandangan alam di sekitarnya juga tidak bisa diabaikan. Pepohonan yang rindang dan hijau seolah tak pernah lepas dari pandangan Anda.

Tempat romantis

Tak sedikit pengunjung yang datang kesini karena terkesima dengan daya tarik romantis tempat tersebut, terutama bagi para pasangan muda dan muda. Hal ini tidak ada salahnya karena tempat seperti pasar terapung bisa dijadikan tempat bersosialisasi sambil mengisi perut yang kosong.

Keberadaan Taman Pelangi juga bisa dijadikan alasan: pengunjung bisa menghabiskan waktu di sana dengan mengambil foto-foto asyik. Bunga yang cantik dan berwarna-warni juga bisa membuat suasana semakin romantis.

Banyak tempat unik

Selain pasar terapung yang unik, masih banyak tempat lain yang tak kalah unik dan menariknya. Di antaranya Lembang Mini Town, Taman Kelinci, Kereta Miniatur, dan Kampung Kandang. Yang tak kalah uniknya adalah dengan adanya tempat penyewaan kostum Jepang dan Korea. Pengunjung dapat memanfaatkannya untuk mengambil foto yang dapat diunggah ke akun media sosialnya.

Wisata Sehari Bandung: Tangkuban Perahu, Maribaya Lodge, Pasar Terapung dan masih banyak lagi

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pasar Terapung Lembang
Foto oleh Mustafa Ammar di Shutterstock

Bagi Anda yang berminat dan ingin berkunjung, mencari Floating Market Lembang bukanlah suatu pilihan karena masih berada di kawasan perkotaan. Pastikan untuk menuliskan terlebih dahulu alamat Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Anda selanjutnya dapat memilih jalur alternatif dengan mengendarai mobil menuju kota Lembang. Setelah itu kembali ke arah Bandung melewati Masjid Raya Lembang dan berakhir di Pasar. Lalu lurus saja ke pertigaan arah Bandung, nanti akan terlihat penunjuk arah selanjutnya. Lokasinya dekat dengan pertigaan sehingga mencarinya tidak sulit.

Hotel dekat Pasar Terapung Lembang

Biaya masuk dan jam buka

Sesampainya di tempat wisata, Anda bisa langsung menuju loket untuk membeli tiket masuk Floating Market Lembang. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, untuk satu orang di hari biasa hanya dibanderol Rp 20.000 saja. Sedangkan hari libur bisa memakan biaya hingga Rs 25.000.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar Rs 5.000 untuk sepeda motor dan Rs 10.000 untuk mobil. Di dalam lokasi terdapat berbagai arena permainan atau atraksi yang juga dikenakan biaya tersendiri, artinya belum termasuk biaya masuk.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Kegiatan Pasar Terapung Lembang
Foto oleh Adina Halim di Shutterstock

Selain atraksi di atas, masih banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Mulai dari atraksi bermain anak, rekreasi di danau, serta lokasi wisata terdekat. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan berikut ini dengan seksama!

1. Menikmati suasana dan kuliner di Floating Market Lembang.

Selama berada di pasar terapung, Anda tidak perlu membeli makanan atau minuman. Anda bisa sekedar duduk-duduk menikmati suasananya, atau bisa juga dijadikan spot foto. Konsep yang dibangun benar-benar cocok untuk aktivitas apa pun. Dengan perpaduan wisata kuliner dan pemandangan danau, Anda pasti akan mendapatkan suasana luar biasa yang menggugah selera.

Baca Juga  Makam Wali Pitu, Makam Bersejarah di Bali yang Menjadi Lambang Keberagaman

Ada hal menarik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain saat berwisata kuliner, yakni sistem pembeliannya. Anda harus membeli koin terlebih dahulu dengan mengisi ulang akun Anda. Nantinya, Anda akan menerima kartu tersebut sebagai pembelian, sama seperti kartu debit.

2. Gaya Jepang dan Korea

Hal-hal yang berkaitan dengan Jepang dan Korea tidak pernah ada matinya. Kecerdasan sang manajer memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi sorotan utama. Anda dapat menyewa kostum gaya Jepang atau Korea dari lokasi yang ditentukan. Banyak pengunjung yang memilih tempat ini, terutama kaum muda dan wanita. Jadi perlu bersiap-siap antre, karena jumlah kostumnya jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah pengunjung.

Jika Anda juga tertarik dengan keunikan ini, siapkan uang Rp 75.000 sebagai mahar untuk disewakan. Untuk jumlah ini Anda mendapatkan satu set jas, termasuk sepatu dan aksesoris.

3. Berkeliling danau dengan transportasi air.

Tidak hanya perahu yang bisa dijadikan kendaraan untuk berkeliling danau, tapi juga kano, perahu kayuh, dan kano. Lokasi Floating Market Lembang bisa Anda lihat dari berbagai sudut. Selain berjalan kaki, Anda dan keluarga juga bisa menikmati pemandangan air berupa ribuan ikan yang hidup di dalamnya. Anda juga bisa memberinya makanan dari waktu ke waktu, jadi pastikan untuk membawa makanan ikan atau roti.

Jika kita bicara secara detail, harga sewa angkutan air bisa dikatakan cukup bagus. Sebuah sampan yang dapat menampung dua orang berharga Rp 50.000. Sedangkan kano berharga Rp 70.000 dan mampu menampung empat orang. Ada juga pedalo yang sewanya seharga Rp 50.000 dan bisa digunakan oleh dua orang. Durasi keseluruhannya adalah 30 menit, jadi jangan buang waktu Anda.

4. Bermain dengan kelinci di taman kelinci.

Tidak hanya yang berhubungan dengan alam saja, namun ada juga yang berhubungan dengan hewan. Anda dan keluarga bisa mengunjungi Taman Kelinci yang pastinya akan menyenangkan anak-anak Anda dengan mamalia lucu ini.

Jalurnya sudah ditentukan: setiap berjalan, Anda akan bertemu dengan beberapa kelinci di dalam kandang dan beberapa di luar kandang. Dengan cara ini anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan mereka.

Untuk memasuki zona ini, siapkan uang tunai sebesar Rp 20.000 per orang. Tidak terlalu mahal dibandingkan melihat keceriaan buah hati Anda saat berjalan-jalan di sekitar Tama Kelinci.

Baca Juga  Sawah Lukis, Objek Wisata Hits dengan Hamparan Persawahan Nan Hijau di Binjai

5. Naik becak dan mobil mini.

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan anak-anak di tempat wisata Floating Market Lembang adalah menaiki becak mini. Ternyata tidak hanya becak saja, ada juga mobil mini yang juga bisa kamu kendarai. Permainan outdoor jenis ini memiliki jalur tersendiri yang dapat digunakan sebagai transportasi di sekitar tempat wisata alam ini. Berikan saja 20.000 untuk melihat betapa bahagianya si kecil dengan mainan barunya.

6. Jelajahi kota mini

Kota mini berkonsep Eropa menambah seru aktivitas khususnya bagi anak-anak. Dengan biaya 25.000, Anda dan keluarga bisa menjelajahi kota dalam waktu singkat. Waktu yang dibutuhkan pun singkat karena hanya berupa miniatur kota, tidak sebesar kota secara keseluruhan.

7. Fotoaktivitas

Baik itu foto maupun video, ini adalah dua aktivitas yang tidak akan Anda lupakan selama liburan. Apalagi jika tempat wisata yang memiliki konsep modern unik ini menawarkan banyak tempat yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut. Misalnya, “Taman Pelangi”, di mana Anda dapat membuat latar belakang bunga-bunga cerah yang indah.

Drama kostum ala Jepang dan Korea yang dibahas di atas juga cocok digunakan sebagai media fotografi. Pemandangan indah di luar studio pun tak kalah menarik dengan Taman Pelangi. Pemandangan yang dimaksud mengusung konsep Sakura Land, dengan banyak pohon bambu menghiasi kolam kecil di sebelahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Lokasinya cukup besar sehingga memungkinkan Anda membuat objek lengkap. Fasilitas wajib yang bisa Anda dapatkan adalah musala, toilet dan juga tempat parkir. Selain ketiga lokasi tersebut, terdapat Joglo dan Saung di beberapa titik yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Kedua ukurannya berbeda, sehingga kapasitasnya juga berbeda. Saung hanya bisa digunakan oleh 4-5 orang sedangkan Joglo mempunyai kapasitas lebih besar karena lebih besar.

Tak hanya itu, Factory Outlet juga bisa Anda manfaatkan untuk membawa pulang oleh-oleh, baik itu makanan ringan maupun aksesoris. Ada juga susu khas Lembang dengan rasa yang nikmat. Anda bisa mengunjungi gerai ini kapan saja karena buka setiap hari hingga objek wisata tutup.

Pastikan untuk meluangkan waktu mengunjungi Floating Market Lembang, terutama saat Anda sedang berada di Lembang, Bandung. Dimana lagi kalau bukan di sana banyak menemukan hal menarik di tempat unik dan kreatif yang menghadirkan keindahan alam dan konsep bangunan modern. Beberapa tips tambahan: Ingatlah untuk selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan untuk memastikan perjalanan Anda tidak terganggu.


databaru.my.id