Pantai Walakiri, Pantai Pasir Putih di Sumba Timur yang Dihiasi Tumbuhan Bakau Eksotis

Ide Wisata189 Dilihat


Pantai Walakiri di Mbale Timur merupakan pantai berpasir putih yang ditumbuhi hutan bakau eksotis dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pandawai, Kecamatan Watumbaka. Pandawai, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Jika saat ini Anda sedang berada di Mbale Timur, berkunjung ke Pantai Walakiri tidak ada salahnya. Destinasi wisata Sumba Timur ini menawarkan berbagai daya tarik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pesona cantiknya sungguh menakjubkan sehingga membuat siapa pun takjub.

Bak pemandangan alam, hamparan lautan luas dihiasi ombak dan pasir putih lembut. Airnya yang jernih seakan menghipnotis dan memikat wisatawan untuk berenang atau bermain air.

Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, setiap harinya selalu ramai. Jumlah mereka meningkat secara signifikan saat hari libur atau akhir pekan. Mengingat aktivitasnya yang berbeda, wisata bahari ini paling cocok dikunjungi secara berkelompok.

Pasangan muda sering menghabiskan waktu di sini, berbagi kegembiraan dan kebahagiaan. Mereka pun ingin mendapatkan momen terbaik dengan berburu spot foto.

Tanaman bakau yang unik semakin menambah jumlah lokasi yang tersedia. Secara keseluruhan, pantai ini cocok banget untuk dijadikan backdrop foto.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Pantai Valakiri

Atraksi Pantai Valakiri
Foto Fatoni di Google Maps

Destinasi tepi laut menawarkan atraksi yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, meski konsep wisatanya sama. Oleh karena itu, tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Bukan hanya warga lokal, tapi juga yang datang dari jauh bahkan wisatawan mancanegara.

Airnya berwarna biru transparan dan memberikan kesan murni.

Secara umum pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Sumba Timur, namun jika dilihat dari airnya sangat bersih. Ada dua warna yang menghasilkan gradasi sempurna, yakni hijau dan biru.

Airnya terlihat kehijauan di sekitar tepinya karena tidak terlalu dalam. Sedangkan agak ke tengah airnya berwarna kebiruan dan sangat bening. Wisata bahari termasuk pantai yang ombaknya tinggi, namun beberapa aktivitas air masih aman.

Baca Juga  Pulau Wisata Lakkang, Pulau Eksotis di Makassar yang Diapit Tiga Sungai

Wisatawan boleh berenang, namun tidak disarankan untuk pergi ke pusatnya. Apapun yang Anda inginkan, tidak ada salahnya untuk sekedar bermain air di pinggir Pantai Valakiri, karena dijamin sama serunya.

Pantai dengan pasir putih yang unik

Atraksi pasir berikutnya benar-benar unik. Sekilas tak ada bedanya dengan pantai-pantai indah lainnya di Sumba Timur, warnanya putih bersih. Butirannya terasa sangat kecil saat disentuh, ada pula yang menyerupai debu.

Ada pula yang berbentuk seperti merica, disertai teritip atau cangkang keong dan kerang. Keunikan dari wisata pantai Valakiri adalah pasirnya terdapat pada bagian yang terendam air.

Berbeda dengan garis pantai, bagian yang terendam membentuk gumpalan mirip semen. Bukan tanah liat atau tanah liat yang kalau diinjak pasti roboh. Pasir ini cukup keras, saat melewatinya tidak ada bekas menginjaknya.

Dihiasi tanaman bakau yang eksotik.

Tak heran jika pantai ini dihiasi tanaman bakau yang berjejer di tepinya. Bahkan ada juga yang cukup subur dan luas sehingga disebut hutan bakau. Kali ini tidak akan ada pemandangan seperti itu.

Pantainya hanya dihiasi sedikit tanaman bakau, dan letaknya agak bergeser di tengah. Pantai ini dianggap sebagai landmark Pantai Walakiri di Mbale Timur karena ukurannya yang tidak biasa.

Kalau umumnya tanaman bakau berukuran kecil, di sini ukurannya cukup besar. Ibarat pohon peneduh, batangnya besar. Saat senja, tanaman yang juga dikenal dengan nama bakau ini sering dijadikan spot berfoto.

Tempat ideal untuk melihat matahari terbenam

Semakin lengkap daya tarik Pantai Valakiri maka semakin perlu untuk dikunjungi. Wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam yang sempurna.

Arah pantainya adalah utara dan selatan, sehingga tidak ada hambatan sama sekali di depan kecuali garis ufuk atau ufuk barat yang berbatasan dengan langit.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat pantai Valakiri
Foto oleh Matthias Jung (Sumbainformation) di Google Maps

Kawasan Wisata Pantai Walakiri terletak di Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Menemukannya tidak terlalu sulit karena letaknya dekat pusat kota.

Baca Juga  Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menawan dengan Budaya & Tradisi Subak di Tabanan

Anda dapat mencapainya dengan mobil pribadi atau jasa wisata, karena di beberapa titik akses menuju tempat tersebut belum ada angkutan umum. Jika berangkat dari Taman Kota Waingapu akan memakan waktu sekitar 40 menit.

Kali ini jarak sekitar 22 kilometer ditempuh dengan kecepatan kendaraan normal. Jalurnya mengarah ke kawasan Melolo, salah satu kawasan terluas di Mbale Timur. Selanjutnya silahkan menghubungi Jalan Adam Malik, Jalan Profesor Yohanes dan Jalan Suprapto.

Dari sini Anda dapat mengikuti instruksi yang diberikan. Jumlahnya tidak banyak, jadi usahakan bertanya kepada warga sebanyak-banyaknya.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya untuk mendapatkan rute terbaik. Caranya dengan memasukkan nama objek wisata atau alamat lengkapnya.

Sesampainya di Pantai Walakiri di Mbale Timur, carilah tempat parkir yang aman dan nyaman lalu berjalan langsung menuju pantai.

Tidak ada biaya masuk, gratis. Hanya saja, semua wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi wajib membayar parkir. Datanglah kapan saja, wisata bahari ini buka setiap hari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Valakiri
Foto oleh Qemas Agam Iqbal di Google Maps

Lokasinya strategis, objek wisatanya banyak, dan tiket masuknya gratis. Semua ini bisa menjadi alasan utama mengapa Anda harus berkunjung. Apalagi kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan seru, berikut contohnya!

1. Menikmati suasana pantai

Hal menyenangkan pertama yang bisa dilakukan di Pantai Valakiri adalah menikmati suasana yang indah. Tidak dapat disangkal bahwa tempat ini menakjubkan dan terlihat sempurna.

Airnya bersih, ombaknya bergulung tinggi dan terlihat eksotik. Ditambah pasir putihnya yang unik dengan gumpalan-gumpalan berwarna coklat yang keras jika terkena air.

2. Berenang atau bermain air di Pantai Valakiri.

Hanya beberapa pantai yang cocok untuk berenang, tidak semua. Faktor cuaca, gelombang dan kedalaman harus diperhitungkan.

Keunikan dari Pantai Valakiri adalah bergejolak karena seringnya ombak tinggi datang. Namun, tetap aman untuk berenang dan bermain air, setidaknya di bagian paling pinggir.

Baca Juga  Pantai Tiga Warna, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Malang

3. Bersantai di pantai

Berjalan jauh menuju Pantai Valakiri bisa jadi melelahkan jika Anda datang dari luar kota. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa bersantai dan melepas penat sejenak.

Kegiatan ini tak kalah menariknya meski Anda hanya sekedar duduk diam atau berjalan-jalan santai. Tentunya menikmati segala keindahan yang dihadirkan agar semakin berkesan.

4. Saksikan matahari terbenam yang indah

Matahari terbenam di Pantai Valakiri menjadi salah satu atraksi yang wajib disaksikan. Ini juga bisa digunakan sebagai sarana penyelenggaraan acara, apalagi jika Anda tidak perlu menunggu dan menikmatinya.

Penantiannya kali ini tidak membosankan karena pesona jingga matahari terbenam terlihat sungguh memukau seiring dengan kegelapan yang menyelimuti.

5. Berburu tempat-tempat indah untuk berfoto

Aktivitas menarik yang terakhir di kawasan wisata Pantai Valakiri adalah berburu spot foto. Semua keindahan alam dan panorama yang ditawarkan cocok untuk mewarnai latar belakang foto Anda.

Misalnya saja pohon bakau yang memperlihatkan siluet sempurna saat senja. Belum lagi hamparan lautan biru luas yang dihiasi ombak dan awan yang menggantung di cuaca cerah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Valakiri
Foto oleh Akin Navia Rochana di Google Maps

Sama seperti wisata pantai yang pernah Anda kunjungi, beberapa fasilitas juga tersedia di sini. Memang tidak terlalu lengkap, tapi setidaknya Anda bisa menemukan beberapa dukungan.

Misalnya saja tempat parkir yang luas, nyaman dan aman, sehingga tidak perlu khawatir akan apapun. Di kawasan yang sama Anda juga bisa menemukan toilet dan warung dengan berbagai makanan.

Keindahan menjadi salah satu hal yang ditawarkan Pantai Valakiri. Keindahan ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas menyenangkan.

Nikmati, temukan spot foto dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, Anda tetap bisa menikmati olahraga air seperti berenang atau sekedar bermain di tepian pantai.


databaru.my.id