Pantai Ngrumput, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Ide Wisata54 Dilihat


Pantai Ngrumput merupakan pantai menakjubkan di Gunung Kidul dengan hamparan pasir putih yang eksotis dan area camping yang menarik.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Desa Ngestireyo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Gunung Kidul, Jogya tak pernah gagal menawarkan pesona alam yang indah bagi para pemburu. Salah satunya adalah wisata pantai. Pantai Ngrumput mempunyai segala eksotisme yang memukau baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hamparan pasir putih bersih berpadu dengan bebatuan karang yang bertebaran menjadi keunikan tersendiri. Beberapa tebing tinggi dengan karang berlubang dan lorong gua di sepanjang pantai menjadi keunikan lain dari pantai indah ini. Eksotisme pantai inilah yang akan kita saksikan ketika berada di tempat ini.

Saat ombak datang, perlahan ombak menghantam lubang yang cukup besar di tepi karang yang berlubang. Keindahan alam yang disuguhkan dari wisata air ini, biota lautnya tetap terjaga karena kawasan lautnya tidak tercemar oleh sampah, limbah atau bahan kimia lainnya.

Birunya air laut yang memancarkan kemurnian dan kejernihan yang menggoda membuat pantai indah ini semakin eksotis. Anda bahkan bisa menikmati panorama Pantai Ngrumput dari puncak Bukit Kosakara yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Pantai Ngrumput

Bongkar Daya Tarik Pantai Ngrumput
Foto oleh Farhan Salimuddin di Unsplash

1. Pesona pantai

Siapa pun pasti terkesima saat berada di Pantai Ngrumput. Suara deburan ombak yang dipadukan dengan fenomena alam yang tercipta sungguh menakjubkan. Bebatuan karang yang tersebar berpadu dengan pasir putih dan beberapa tebing tinggi membuat wisata pantai ini semakin indah.

Pemandangan eksotis dan indah lainnya di pantai ini adalah tebing-tebing tinggi yang dipadukan dengan lorong-lorong gua dan lubang-lubang karang di tepi pantai. Saat ombak datang, ombak yang cukup besar akan melewati lubang-lubang karang yang berlubang.

Keindahan alam pantai ini membuat air lautnya yang biru sangat jernih dan bebas kotoran sehingga menggoda pengunjung untuk merasakan kesegarannya. Biota laut di pantai ini juga tetap terjaga karena tidak adanya pencemaran baik dari sampah, limbah maupun bahan kimia lainnya.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

2. Berkemah

Kawasan pantai berpasir putih yang luas menjadi daya tarik pengunjung untuk berkemah di Pantai Ngrumput. Keindahan eksotik pantai ini membuat pengalaman berkemah semakin nyaman bagi pengunjung. Menikmati suasana pantai di tengah keheningan malam dengan suara deburan ombak pasti akan menjadi kenangan tersendiri bagi para pecinta pantai.

Baca Juga  Makam Raja-Raja Imogiri, Wisata Ziarah yang Sarat Sejarah di Bantul Jogja

Fenomena alam matahari tentu akan menjadi suguhan mempesona bagi pengunjung yang memilih berkemah di pantai cantik ini. Pengunjung akan menyaksikan indahnya matahari terbenam dan matahari terbit saat berada di Pantai Ngrumput. Di sini terdapat sebuah bukit dimana pengunjung dapat melihat indahnya aktivitas matahari.

Perlengkapan berkemah tentunya harus dipersiapkan bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini, namun tersedia tempat penyewaan tenda bagi pengunjung yang belum siap untuk berkemah di pantai ini.

Tersedia persewaan tenda sehingga pengunjung tidak perlu khawatir atau bingung jika memutuskan untuk berkemah di pantai ini. Harga yang dipatok pihak pengelola juga terjangkau dan pastinya tidak akan mengosongkan dompet Anda.

Menikmati suasana malam dengan deburan ombak malam pasti akan membuat kegiatan ini sangat menyenangkan untuk keluarga dan orang tercinta.

3. Bermain air

Air lautnya yang biru bersih dan jernih tentu akan memikat pengunjung untuk sekedar bermain air dan merasakan kesegarannya. Terdapat perbukitan di kanan dan kiri yang membingkai Pantai Ngrumput, membuat suasana di pantai ini semakin sejuk. Kawasan ini menjadi spot favorit pengunjung untuk bermain air di antara bebatuan di pantai unik ini.

4. Lokasi strategis

Faktor utama pengunjung yang ingin berkunjung ke suatu tempat tentu saja adalah lokasinya. Semakin strategis lokasinya, semakin menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya Pantai Ngrumput, lokasinya yang dekat dengan pusat kota Yogya menjadikannya pilihan yang cocok untuk berlibur. Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan, seperti roda dua atau roda empat.

5. Tempat-tempat menarik untuk foto

Pantai Ngrumput memiliki suasana yang sangat alami sehingga menjadi pilihan favorit pengunjung yang gemar fotografi. Pantai ini memiliki siluet air laut biru yang berkilauan sehingga sayang jika tidak diabadikan. Bermain pasir putih dan membangun istana pasir merupakan aktivitas seru yang patut diabadikan.

Pantai ini juga memiliki pepohonan khas pantai yang bisa dijadikan tempat berswafoto oleh pengunjung. Tak kalah menariknya adalah mengabadikan momen terbenam dan tenggelamnya matahari. Pengunjung bebas mendokumentasikan aktivitas matahari.

Pengunjung juga dapat mengambil foto-foto indah dan menakjubkan dari puncak Bukit Cosacora yang terletak di dekat pantai. Pemandangan eksotis pantai ini bisa Anda nikmati dari puncak Bukit Cosacora.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Ngrumput
Foto oleh Remboll di Shutterstock

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 61 kilometer atau sekitar 1 jam 40 menit, dimana letak pantai ini di Gunung Kidul searah dengan objek wisata Pantai Drini. Lokasi tepatnya Pantai Ngrumput terletak di Kecamatan Gunung Kidul, Desa Ngestireho, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta.

Baca Juga  Bukit Lambosir, Objek Wisata Alam dengan Panorama Memukau di Kuningan

Jalur lain yang bisa ditempuh dimulai dari Chipayung, lalu Patuk, lalu ke Sambipithu, ke Lanud Gading TNI, lalu ke Jalan Siyono, lalu ke Bundaran Tuga BPD dan lurus ke arah timur.

Setelah itu anda akan sampai di Wonosari dan terus menuju Jalan Baron, lalu menuju Tanjungsari dan sampai di Pos Retribusi Pantai Gunung Kidul, lalu melanjutkan menuju Pantai Drini. Jika Anda sudah berada di Pantai Drini, maka pantai indah ini sudah dekat sekali.

Ada rute yang bisa dilalui pengunjung untuk mencapai pantai ini. Rute yang bisa Anda tempuh adalah dari pantai Drini. Jalur ini dapat diselesaikan dengan berjalan kaki menyusuri pantai yang jaraknya hanya sekitar 1 km ke arah timur, dekat dengan Pantai Drini.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua, sebaiknya memarkir kendaraannya di Pantai Drini. Akses jalan dari Pantai Drini hingga Pantai Ngrumput masih sulit bagi kendaraan roda dua, apalagi roda empat.

Setelah memarkir mobil di area yang telah ditentukan, pengunjung harus berjalan kaki melewati persawahan dan perbukitan sekitar 10-15 menit. Rasa penat dan penat setelah menempuh perjalanan yang sulit akhirnya terbayar dengan eksotisme pantai indah ini.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket pengunjung memungkinkan Anda menikmati keindahan eksotis Pantai Ngrumput dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp 10.000 per orang. Pantai ini buka setiap hari mulai dari jam buka 24 jam. Namun tentunya disarankan untuk pergi ke pantai ini pada pagi atau sore hari.

Jika pengunjung datang dengan kendaraan pribadi atau umum akan diarahkan ke tempat parkir Pantai Drini dan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per sepeda motor. Untuk kendaraan roda empat tarifnya Rp 5.000 per mobil dan Rp 20.000 per bus.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Ngrumput
Foto oleh Ibenk_88 di Shutterstock

Bersantai di pantai

Suasana sejuk dan angin sepoi-sepoi di tepi pantai membuat pengunjung betah duduk bersantai berlama-lama di Pantai Ngrumput. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai bersama teman atau orang tersayang.

Jika cuaca sedang panas, Anda bisa berlindung di bawah pepohonan di pinggir pantai sambil menikmati segarnya air kelapa. Hamparan pasir putih bersih juga bisa dijadikan tempat duduk bersantai sambil menemani si kecil bermain pasir dan membangun istana pasir.

Baca Juga  Hillpark Sibolangit, Nikmati Beragam Wahana Seru & Menarik di Deli Serdang

Setelah pengunjung puas bersantai atau berjalan-jalan menyusuri pantai indah ini, pengunjung bisa mendaki hingga ke puncak Bukit Cosacora dimana pemandangan alam pantai ini akan semakin indah dari atas bukit ini. Bukit ini dekat dengan pantai, anda hanya perlu sedikit usaha untuk mencapai puncak bukit ini.

Kuliner

Kegiatan ini tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung saat berada di Pantai Ngrumput. Di sini kita bisa membeli berbagai makanan dan minuman ringan. Kita akan mendapatkan minuman khas pantai seperti es kelapa muda.

Foto tempat berburu

Karena merupakan salah satu pantai yang indah, tak heran jika banyak tempat menarik yang bisa didokumentasikan. Anda bisa berfoto selfie di depan birunya lautan atau di hamparan pasir putih yang lembut.

Dengan latar belakang pepohonan khas pantai yang tumbuh subur, dihiasi siluet pantai yang indah ditambah dengan deburan ombak, semua orang akan tergoda untuk mengabadikan momen indah tersebut untuk foto-foto yang mempesona.

Birunya air laut yang begitu jernih dan terletak di antara dua bukit menghadirkan potret alam yang menakjubkan dan mempesona.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fitur Pantai Ngrumput
Foto oleh M. Qadri Afdillah di Shutterstock

Bicara soal fasilitas, destinasi wisata Pantai Ngrumput ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain:

1. Parkir pengunjung

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan baik roda dua maupun roda empat, atau menggunakan kendaraan umum, tersedia lahan parkir yang cukup luas sehingga mampu menampung kendaraan pengunjung. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki tempat parkir.

2. Tempat makan di pinggir pantai

Pengalaman kuliner dan menikmati keindahan Pantai Ngrumput menjadi hal yang patut dilakukan pengunjung saat berkunjung ke pantai ini. Terdapat kios-kios sederhana di sekitar pantai tempat Anda bisa membeli makanan dan minuman ringan, dengan harga terjangkau tentunya.

3. Toilet

Di sekitar pantai terdapat toilet yang cukup bersih yang dapat digunakan pengunjung untuk buang air kecil atau besar.

4. Sewa stasiun untuk peralatan wisata.

Bagi pengunjung yang memutuskan untuk bermalam di pantai ini namun tidak membawa perlengkapan berkemah, tersedia persewaan tenda di sekitar pantai indah ini. Tentunya Anda perlu menyiapkan anggaran untuk memanfaatkan peluang ini.

Pantai Ngrumput memiliki segala keindahannya yang eksotis. Birunya air laut berpadu dengan jernihnya air membuat siluet pantai semakin indah. Biota laut pesisir masih bertahan karena tidak terkontaminasi oleh sampah, bahan kimia atau bahan kimia lainnya.


databaru.my.id