Pulau Semau, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Kupang

Ide Wisata27 Dilihat


Pulau Semau menghadirkan pesona eksotiknya di Kupang dengan Pantai Letbaun yang mempesona memberikan pengalaman surgawi bagi pengunjung yang mencari keindahan alam yang tak terlupakan.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Onansila, Kecamatan. Semau Selatan, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Pulau Semau Kupang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju pulau ini cukup mudah dengan perahu tempel yang beroperasi setiap hari. Perahu ini merupakan satu-satunya akses dari Kupang menuju pulau tersebut.

Begitu sampai di pulau cantik ini, wisatawan akan terpikat dengan keindahan alam pulau yang mempesona ini. Pantai berpasir putih membentang hampir di setiap sudut pulau. Saat berkunjung ke pulau ini, wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Ada banyak pantai, gunung dan tempat-tempat menarik.

Jika Anda sudah berada di Kupang dan ingin merasakan sensasi berada di pulau kecil, cobalah datang ke Pulau Semau. Simak dulu ulasan pulau eksotis ini berikut ini, agar sesampainya di sana, kamu bisa langsung menuju spot-spot kerennya.

Pemandangan Pulau Semau

Pulau Semau
Foto oleh Wisnu E.V. di Google Peta

1. Pantai Lethbaun

Ada pantai yang bersih dengan pasir putih, air laut yang jernih, dan juga gua-gua yang eksotis. Ada tiga gua di pantai ini yang semuanya disebut Lethbaun. Pantai Lethbaun yang terletak di sebuah pulau kecil, dulunya digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut, sekaligus tempat produksi garam tradisional di Pulau Semau.

Terdapat karang besar di Pantai Lethbawn yang digunakan sebagai batu pemujaan. Ketiga gua yang ada di pantai ini letaknya tidak berdekatan satu sama lain. Setiap gua memiliki kolam, stalaktit, dan sumber air tersendiri.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Gua pertama terletak di dekat desa, airnya payau, untuk masuk ke dalam gua pengunjung harus turun.

Sumber goa yang kedua adalah air tawar yang terletak di dekat hutan, mulut goa cukup lebar dan ditumbuhi akar-akar pohon. Di dalam gua ini pengunjung dapat melihat banyak sarang burung walet. Gua ketiga terletak di dekat pantai dan paling sulit ditemukan.

2. Pantai Liman

Pantai Liman letaknya satu lokasi dengan Bukit Liman. Wisatawan biasanya melihat keindahan Pantai Liman dari puncak Bukit Liman. Pantai indah ini memiliki pasir putih. Pantai Liman memiliki pilihan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap di Pulau Semau di Kupang.

Baca Juga  Tebet Eco Park, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri di Jakarta Selatan

3. Pantai Otan

Tak jauh dari perlintasan ada Pantai Otan. Sesuai dengan namanya pantai ini terletak di desa Ontan, untuk mencapai lokasi pantai wisatawan perlu berkendara selama 45 menit.

Pantai eksotik ini juga memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Ditambah lagi gradasi warna air laut dan langitnya sangat indah. Di Pantai Otan, wisatawan juga bisa melihat aktivitas warga sekitar yang secara tradisional menangkap kerang.

4. Pantai Winian

Pantai unik di Pulau Semau Kupang selanjutnya adalah Pantai Winian. Tempatnya berada di pinggir tebing dan banyak terdapat pohon kelapa di sepanjang garis pantai. Nama Winian sendiri memiliki arti air kelapa.

Pantai dua sisi ini memiliki keindahan tersendiri: satu sisi berpasir putih halus dan sisi lainnya berupa bebatuan karang dengan ombak yang tinggi. Pantai Winian merupakan spot matahari terbenam terbaik di pulau ini, wisatawan sebaiknya datang ke sini pada sore hari untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Perpaduan antara birunya air laut, ombak yang agak berisik, dan bebatuan karang memang menjadi pemandangan terbaik dari East Island. Terdapat pula hotel berkonsep kayu yang bisa dipilih wisatawan sebagai tempat menginap selama berada di Pulau Semau.

5. Pantai Huimaque

Pantai Huimaque mungkin merupakan pantai yang paling sulit diakses dari Pulau Semau di Kupang. Untuk menuju pantai ini pengunjung harus melintasi dataran tandus yang lokasinya masih tersembunyi sehingga untuk menuju kesana harus mencari bantuan dari penduduk setempat.

6. Menangkan Pantai Bikin

Jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai Onanbalu. Keunikan dari Pantai Win Make adalah letaknya yang berada di bawah perbukitan, sehingga untuk mencapai pinggir pantai pengunjung harus mengikuti jalan setapak terlebih dahulu. Ciri khasnya adalah adanya tumpukan batu karang di sepanjang garis pantai.

7. Akomodasi di sebelah pantai alami.

Tidak semua pantai Pulau Semau di Kupang memiliki fasilitas akomodasi, namun beberapa pantai, terutama pantai terkenal seperti Liman, memiliki akomodasi yang sangat indah dengan konsep alami.

Baca Juga  Goa Batu Kapal, Goa Alami Tersembunyi Nan Eksotis di Solok Selatan

Di lokasi yang ada, pengunjung tidak memerlukan kipas angin atau AC karena angin laut sudah cukup.

Sebelumnya, wisatawan yang ingin bermalam harus menginap di rumah-rumah penduduk karena tidak tersedianya fasilitas akomodasi di pulau tersebut. Sejak tahun 2020, pemerintah telah memulai pembangunan 5 hotel di sekitar Bukit Liman dan Pantai Whitiuhtuan.

Sedangkan di Pantai Otan terdapat hotel yang bersuasana dominan kayu. Penginapan dan hotel ini memang bukan sebuah resor mewah, namun cukup nyaman untuk ditinggali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau mana pun
Foto oleh Gilbert Amtiran di Google Maps

Pulau Semau adalah sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang terletak di sebelah barat kota Kupang. Pulau yang berpenduduk sekitar 8.000 jiwa ini mayoritas dihuni oleh anggota suku Helong.

Wisatawan memberi pulau indah ini julukan Pulau Perawan. Nama tersebut diambil karena kondisi alam dan lingkungannya yang masih asri.

Kondisi lahan di pulau cantik ini tandus, meski masih ada beberapa lahan yang dibuka untuk pertanian dengan menggunakan air hujan. Akses menuju pulau ini masih sulit karena tidak semua akses jalan sudah beraspal.

Perjalanan dari Kupang menuju pulau ini memakan waktu 30 menit dengan menggunakan perahu. Wisatawan bisa menempuh jalur dari Pelabuhan Tenau Kupang.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya menuju Pulau Semau juga terbilang terjangkau. Dari Kota Kupang menuju pelabuhan naik perahu dengan tarif Rp 20.000 per orang atau Rp 50.000-75.000 per orang dan satu kendaraan. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama, pengunjung bisa menyewa perahu.

Besaran biayanya tergantung pada jumlah penumpang dan muatan yang harus diangkut. Gerai persewaan sepeda motor tersebar di seluruh pulau, namun harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan pengunjung yang menyewa mobil di kota Kupang. Oleh karena itu, sebelum menyeberang jalan, pastikan Anda sudah menyewa sepeda motor.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pulau Semau
Foto oleh Celumiel Takaliuang di Google Maps

Bermain di pantai

Daya tarik utama pulau di sisi timur NTT ini adalah banyaknya pantainya yang indah. Setiap pantai mempunyai ciri khas dan keindahan yang berbeda-beda. Liburan di Pulau Semau sangat cocok bagi pengunjung yang mencari Vitamin Sea. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai, seperti:

  • Berenang
  • Bermain dengan pasir
  • Berjalan-jalan di sepanjang garis pantai
  • Menjelajahi gua di Pantai Lethbawn.
  • Naiki bukit di Pantai Liman.
  • Selfie yang keren
  • Berjemur
  • Penangkapan ikan
  • Olahraga dan banyak lagi
Baca Juga  Pulau Sanane, Pulau yang Menjadi Rumah dari Berbagai Terumbu Karang Eksotis di Pangkep

Liburan di Pulau Semau

Berlibur di pulau indah dengan banyak tempat menarik untuk dikunjungi adalah sebuah keistimewaan di Pantai Semau Kupang. Pengunjung akan merasakan serasa berada di pulau pribadi.

Tips memilih tempat liburan di pulau: pilihlah tempat yang letaknya dekat dengan berbagai fasilitas dan mudah dijangkau dengan kapal feri.

Berkemah

Wisatawan yang datang secara rombongan atau keluarga dapat mendirikan tenda kemah di sini, dengan syarat tenda dipasang di area yang diperbolehkan. Perkemahan mungkin terletak di dekat pantai.

Petualangan

Mereka yang berjiwa petualang pasti akan senang jika bisa berwisata ke pulau tak berpenghuni seperti Pulau Semau karena selain menawarkan keindahan, juga kedamaian.

Medan yang harus dilalui untuk mencapai lokasi pantai sangat memacu adrenalin. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar setelah Anda melihat keindahan pantainya.

Aktivitas petualangan yang bisa dilakukan antara lain menguntit, panjat tebing, penjelajahan gua, berkendara di jalan bergelombang dan masih banyak lagi aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Infrastruktur Pulau Semau
Foto oleh Jeffrey Unixon Bee di Google Maps

Pulau Semau dikelola oleh masyarakat setempat dengan bantuan pemerintah daerah, dalam hal ini dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah provinsi Nusa Tenggara Timur digunakan untuk pengolahannya.

Fasilitas yang ada terus ditingkatkan terutama kebutuhan telekomunikasi, sarana dan prasarana.

Setiap destinasi mulai berbenah dan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjungnya. Fasilitas umum yang dapat digunakan antara lain jalan masuk, rambu jalan, tempat parkir, persewaan mobil, dan pemandu lokal.

Ada juga sejumlah pilihan akomodasi yang tersedia di pulau ini. Fasilitas yang disediakan sudah memenuhi standar akomodasi, bahkan ada yang menerima pengunjung untuk menginap bersama mereka atau bersama keluarga.

Demikianlah pembahasan mendalam tentang Pulau Semau yang menawan di Kupang. Keindahan alam pulau cantik ini tidak perlu diragukan lagi, setiap tempat yang dikunjungi memberikan pengalaman dan pengalaman yang berbeda-beda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *