Omah Kayu, Menikmati Panorama Alam Kota Batu dari Atas Rumah Pohon

Ide Wisata69 Dilihat


Omah Kayu menawarkan pengalaman unik dengan desain rumah pohon menakjubkan yang memungkinkan Anda menikmati panorama alam Kota Batu dari atas sambil merasakan keindahan arsitektur yang luar biasa.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Kech. Bumiagi, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Omah Kayu terletak di kawasan wisata bernama Gunung Banyak di Kota Batu. Penduduk setempat biasa menyebut tempat wisata ini dengan sebutan Rumah Pohon Paralayang. Tempatnya sendiri letaknya cukup dekat dengan pusat kota Malang sehingga mudah dijangkau oleh semua wisatawan. Untuk mencapai destinasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Batu ini terdiri dari beberapa rumah kayu yang menempel pada dahan pohon besar. Material utama dalam pembangunan rumah ini adalah kayu eucalyptus yang terkenal kuat dan kokoh sehingga anda akan merasa aman selama menginap disana. Meski letaknya di atas pohon, namun memiliki balkon yang cukup luas dan pagar di depannya.

Dinding rumah Omah Kayu dilapisi dengan kayu pinus sehingga Anda akan merasa hangat saat menginap disana. Rumah ini memiliki segala fasilitasnya seperti tempat tidur, bantal dan beberapa peralatan makan yang akan memudahkan Anda mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan. Sedangkan untuk kamar mandinya sendiri harus turun dari pohon karena berada di luar.

➥ Cek hotel murah di Batu Malang

Daya Tarik Omah Kayu

Shutterstock Daya Tarik Oma Kayu
Foto oleh Rohman Abdi di Shutterstock

Desain rumah unik

Omah Kayu memiliki balkon yang biasa digunakan wisatawan untuk berfoto dengan backdrop alam terbaik. Selain berfoto, Anda juga bisa duduk-duduk menikmati keindahan alam di sekitar kawasan wisata. Anda bisa melihat keseluruhan kawasan kota Batu atau sebagian aktivitas wisatawan paralayang.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Beberapa rumah yang sudah ditempati wisatawan lain tidak bisa didekati. Jadi, sebaiknya Anda tetap berada di dalam rumah untuk menikmati alam dari balkon Anda.

Harap dicatat bahwa setiap rumah berada di atas pohon. menampung maksimal 6 orang. Rumah yang dibangun juga memiliki desain bentuk segitiga yang menarik. Selain itu, pintu masuk rumah kayu yang berada di tengah menjadi keunikan dan daya tarik wisatawan.

Karena banyaknya wisatawan yang ingin berfoto atau melihat keunikannya, harus mengantri berjam-jam di lokasi wisata ini. Jadi, sesuai dengan slogan “Bukan Sekadar Rumah Pohon”, rumah kayu ini memiliki banyak fungsi.

Baca Juga  Telaga Pancar, Objek Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus di Majalengka

Ada banyak atraksi menarik

Saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak sekedar datang untuk berfoto atau menginap semalam saja. Masih banyak atraksi lain yang bisa Anda coba, seperti hammock raksasa. Objek wisata ini memiliki struktur mirip laba-laba, terdiri dari beberapa jaring dan digantung di pohon besar.

Anda bisa tidur nyaman di hammock sambil merasakan kesegaran udara sekitar. Mobil ini tentunya sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan saat bepergian. Ada juga atraksi lain seperti paralayang bagi Anda yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin.

Anda harus menggunakan parasut untuk melompat dari puncak gunung yang cukup tinggi. Kegiatan ini pastinya sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke tempat ini. Banyak wisatawan dari luar daerah yang mengunjungi tempat ini hanya untuk menikmati aktivitas hammock atau paralayang.

Kami menyarankan Anda mengunjungi rumah kayu ini bersama seluruh keluarga agar liburan Anda semakin lengkap. Anda bisa pergi ke berbagai atraksi bersama dan bermalam. Suasana malam akan semakin indah karena Anda akan menyaksikan kota Batu dengan banyaknya lampu rumah-rumah.

Dekat dengan tempat wisata lainnya

Daya tarik Omah Kayu selanjutnya adalah lokasinya yang dekat dengan tempat lain di Kota Batu. Jadi, Anda akan bepergian bersama seluruh keluarga ke suatu daerah khusus selama beberapa hari tertentu. Tempat wisata terdekat dari rumah kayu ini antara lain Sky Park dan Batu Paragliding.

Selain itu, terdapat Taman Kelinci di mana Anda bisa mengamati aktivitas hewan-hewan tersebut. Di sana Anda bisa berfoto atau memberi makan kelinci. Selanjutnya cobalah menuju kawasan Gunung Banyak yang terdiri dari beberapa kafe dan menawarkan makanan atau jajanan lezat dan mengenyangkan.

➥ Paket Wisata Petualangan Batu Off Road

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Omah Kayu
Foto oleh Farris Nourzali di Shutterstock

Omah Kayu terletak di Jalan Gunung Banyak, Desa Gunungsari. Tempat ini terletak di Kecamatan Bumiagi Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi rumah kayu tersebut, Anda harus menempuh perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor selama kurang lebih satu jam dan menempuh jarak 30 kilometer. Selama perjalanan, Anda akan mengunjungi berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Baca Juga  Pantai Kutang, Destinasi Wisata Bahari dengan Panorama Hutan Bakau Eksotis di Lamongan

Anda bisa memilih dua moda perjalanan yaitu dari pusat kota Batu atau kawasan Songgoriti. Selama perjalanan, sebaiknya gunakan Maps agar lebih mudah dan cepat. Jika mengambil jalan dari Kota Batu, bisa dimulai dari pasar induk. Pergilah ke Jalan Sultan Agung, Jalan Abdul Ghani dan Jalan Suropati dengan mobil.

Setelah itu, kendarai mobil Anda menuju Jalan Hasanudin. Jika sudah menemukan perempatan lain, belok kembali ke Jalan Trunojoyo. Lanjutkan perjalanan Anda menuju Jalan Songgoriti dan Radek Vesi. Dari sini mobil akan sampai di Jalan Omah Kaya dalam waktu kurang lebih 10 menit. Namun Anda harus berhati-hati karena kondisi jalan yang agak terjal dan berbahaya untuk mencapai tempat ini.

Sedangkan jika memutuskan untuk menggunakan angkutan umum atau bus wisata, kendaraan akan kesulitan mencapai tempat wisata. Pengemudi kendaraan harus ahli karena jalanannya ekstrim. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi saja untuk berwisata ke tempat ini.

➥ Wisata Kemping Malang Batu

Biaya masuk dan jam buka

Padahal, tiket masuk wisata Omah Kai sangat murah yakni hanya Rp 5.000 per orang. Namun jika ingin menginap di rumah kayu, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Terdapat dua pilihan paket: kamar reguler dan kamar keluarga untuk bermalam.

Jika ingin menginap di kamar biasa, Anda harus membayar Rp 350 ribu per malam. Sedangkan jika datang pada hari Sabtu atau Minggu, harga akomodasi naik menjadi Rp 450 ribu. Untuk kamar keluarga tentunya biayanya lebih mahal yakni Rp 650 ribu di hari biasa dan 100 ribu lebih di akhir pekan.

Harga ini belum termasuk perjalanan dan makan. Paling tidak, Anda akan dikenakan biaya sekitar satu juta rupee, termasuk uang transportasi jika Anda berasal dari Kota Batu. Anda bisa bermain di kawasan wisata ini mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Namun destinasi tersebut berlaku 24 jam bagi wisatawan yang menginap.

Kegiatan yang menarik

Acara Rumah Kayu Shutterstock
Foto oleh May.Chayakorn di Shutterstock

1. Ambil foto di Omaha Kai.

Anda bisa berfoto selfie atau foto seru lainnya di kawasan wisata Omah Kayu Batu. Tidak hanya bisa memotret keindahan alam saja, Anda juga bisa memotret saat matahari terbit atau terbenam. Bahkan, pemandangan yang diambil saat matahari terbit dan terbenam membuat hasil foto semakin indah.

Baca Juga  Goa Batu Kapal, Goa Alami Tersembunyi Nan Eksotis di Solok Selatan

2. Melihat pemandangan kota

Pemandangan kota Batu bisa disaksikan dari pagi hingga sore hari jika menginap di rumah kayu. Sejuknya udara di pagi hari serta keindahan alam di siang dan malam hari tentu membuat wisatawan puas dan senang saat bersantai di sini. Anda juga bisa merasakan indahnya Kota Batu sambil berinteraksi dengan teman atau keluarga Anda.

3. Kelas paralayang

Aktivitas menarik selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur di kawasan wisata rumah kayu ini adalah paralayang. Pastikan untuk mencobanya bersama teman-teman, ini akan membuat liburan Anda semakin menarik. Terjun payung pasti akan menjadi pengalaman yang benar-benar berbeda jika berkunjung ke tempat ini.

4. Mengenal bibit tanaman yang ada.

Di Omah Kaiu, Anda akan belajar tentang beberapa bibit tanaman yang khusus disediakan gratis oleh pihak pengelola kawasan wisata alam ini. Bahkan, Anda bisa membawa bibitnya dan menanamnya di rumah. Anda juga bisa menambah pengetahuan tentang bercocok tanam yang baik dengan memberikan benih-benih ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Objek Omah Kayu
Foto: Mai Chayakorn melalui Shutterstock

Omah Kaiu memiliki fasilitas yang memadai seperti toilet umum yang akan digunakan wisatawan selama berlibur. Terdapat juga tempat parkir dan tempat tinggal sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Jika bermalam di rumah kayu, Anda tidak akan kesulitan mencari makan, karena terdapat kantin yang menjual berbagai jenis minuman dan makanan. Hal ini memudahkan wisatawan karena tidak perlu membawa tas berat berisi perbekalan makanan dari rumah. Harga setiap makanan dan minumannya relatif murah sehingga tidak memakan banyak biaya.

Selain itu terdapat gazebo untuk keluarga yang berlibur disana. Biasanya wisatawan memanfaatkan gazebo ini untuk bersantai atau makan siang bersama keluarga. Banyak juga wisatawan yang mengambil foto di gazebo tersebut.

Demikianlah beberapa informasi Omah Kayu Tour yang patut Anda coba saat berkunjung ke Kota Batu dan sekitarnya. Selama liburan Anda, Anda dapat menikmati alam yang indah dan tenang. Saat berlibur, pastikan Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk memudahkan perjalanan Anda.


databaru.my.id