Intip Pesona Pantai Delegan, Pantai Pasir Putih yang Menakjubkan di Gresik

Ide Wisata80 Dilihat


Pantai Delegan di Gresik merupakan pantai yang mempesona dengan pasir putih dan keindahan alam yang mempesona.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Reggiodadi, Campurejo, Kec. Panseng, Kab. Gresik, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Gresik yang dikenal dengan kota Santry atau kota Pudak memang tidak banyak memiliki destinasi wisata bahari atau alam. Namun bukan berarti tidak ada. Salah satu contohnya adalah Pantai Delegan.

Daya tarik utama di sini adalah keindahan lautan yang tak berujung, serta berbagai aktivitas menarik di dalamnya. Garis pantainya cukup panjang, mencapai ratusan meter, pengunjung bisa melihat dari satu sisi ke sisi lain.

Wisatawan berenang dan bermain air di sepanjang garis pantai. Ada pula yang menyempatkan diri untuk bermain di pasir putih yang lembut. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh keluarga, pasangan muda atau rombongan sekolah.

Objek Wisata Pantai Delegan

Objek Wisata Pantai Delegan
Foto oleh Siyfaul Jinnan di Google Maps

Pantai ini merupakan tempat wisata di Gresik yang populer dan selalu ramai pengunjung. Memang di hari biasa agak sepi, biasanya hanya di sisi sekolah saja.

Jumlah wisatawan meningkat pada akhir pekan dan hari libur. Karena daya tariknya, berikut informasi yang bisa kami rangkum!

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Pantai ramah anak

Suasana yang dihadirkan cukup asri, hamparan laut lepas terlihat hingga ke kejauhan karena tidak ada penghalang yang menghalangi pandangan.

Pantai Delegan Gresik dinilai cocok untuk anak-anak karena ombaknya yang relatif tenang. Mereka bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang, mandi bahkan bermain air di pantai.

2. Dihiasi pasir putih.

Daya tarik wisata Pantai Delegan selanjutnya adalah dihiasi pasir putihnya. Tidak banyak pantai di Gresik yang memiliki desain seperti ini, sebagian besar pasirnya berwarna hitam atau dipenuhi lumpur.

Baca Juga  Air Terjun Siluman, Pesona Alam Eksotis Nan Alami di Langkat

Ternyata pasir ini tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja, tapi juga sebagai tempat bermain anak-anak. Mereka sering menggali lubang atau membentuk lokasi tertentu.

3. Permainan tersedia

Untuk melengkapi atraksi dan menarik wisatawan, pihak pengelola menyediakan beberapa atraksi. Silakan mencoba banana boat jika ingin memacu adrenalin. Anda juga bisa memesan perahu donat untuk pengalaman yang sedikit lebih santai.

Jika ingin menikmati suasana laut yang lebih santai, Anda bisa menaiki perahu bebek hingga ke tengah pantai.

4. Sebagai destinasi wisata kuliner.

Pantai Delegan memiliki lebih dari sekedar keindahan alam dan atraksi yang ditawarkan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner lezat yang banyak ditemui di tepi pantai.

Tak sulit menemukan warung makan dengan menu dan harga bervariasi. Jika ingin membawa oleh-oleh pulang, olahan ikan asap juga banyak tersedia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Delegan
Foto oleh Nurul Setiyaningsih di Google Maps

Pantai indah di Gresik ini letaknya jauh dari pusat kota, namun mudah untuk dijangkau. Pasalnya, akses jalan cukup baik, semuanya sudah beraspal hingga mendekati tempat wisata.

Dari Alun-Alun Gresik jarak 42 kilometer dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Kawasan wisata Pantai Delegan sendiri terletak di Desa Rejodadi, Kecamatan Delegan, Campurejo, Kecamatan Panseng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Gunakan Jalan Raya Daendles sebagai jalur utama karena lebih dekat dan kondisi jalan relatif bagus. Akan sangat membantu jika Anda menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Biaya masuk dan jam buka

Mengunjungi pantai indah di Gresik ini tidak memerlukan biaya yang besar karena harga tiketnya yang relatif murah. Tidak ada bedanya antara dewasa dan anak-anak, setiap orang diharuskan membayar sebesar Rp 10.000.

Baca Juga  Puncak Widosari Kulon Progo, Panorama Alam Menawan di Tengah Perbukitan Menoreh

Biaya parkir tambahan: Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Perlu diketahui bahwa biaya masuk Pantai Delegan yang tercantum di atas belum termasuk atraksi dan beberapa layanan berbayar.

Jadi harap membawa uang lebih banyak jika ingin menikmati perjalanan seru dan melengkapi aktivitas liburan Anda. Pantai ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Hiburan Pantai Delegan
Foto oleh Mohammad Nur Hidayat di Google Maps

Agar liburanmu semakin menyenangkan, jangan lupa untuk tetap beraktivitas. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan banyak hal. Kalau datang bersama keluarga atau rombongan dijamin lebih asyik, ini contohnya!

Berenang dan bermain air

Pantai indah ini relatif aman untuk berenang dan bermain air, karena ombak tinggi jarang mencapai tepian. Untuk menambah keamanan, Anda bisa menyewa ban atau jaket pelampung dari kios yang disediakan.

Airnya tidak terlalu jernih, namun selalu dijaga kebersihannya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling penting dan selalu dilakukan oleh wisatawan.

Cobalah permainan air di Pantai Delegan

Permainan air yang diusulkan dapat dijadikan kegiatan tambahan. Jika ingin berkompetisi, cobalah menaiki banana boat atau donut boat.

Perjalanan ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan jumlah maksimal 5 orang. Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih santai, perahu bebek bisa menjadi alternatif yang sama menyenangkannya.

Wisata belanja dan kuliner

Sebagai tempat wisata kuliner, Pantai Delegan Gresik menawarkan berbagai jenis makanan yang dijamin cita rasanya tinggi. Anda bisa mencoba rasa udang kelabang yang harganya sangat murah.

Anda juga bisa memesan soto, syron, bakso dan masakan khas Gresik. Sebelum pulang, pastikan untuk membawa oleh-oleh khas berupa asap dari berbagai jenis ikan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Delegan
Foto Novi Nanin Pujasari di Google Maps

Untuk menjamin kenyamanan wisatawan, pantai cantik ini menyediakan berbagai fasilitas. Tempat parkirnya sangat luas dan bisa menampung sepeda motor, mobil bahkan bus.

Baca Juga  Pantai Nglambor, Wisata Pantai yang Menawan di Gunung Kidul Jogja

Terdapat toilet di beberapa titik, biasanya di gedung yang sama dengan warung makan. Mushola, bangku permanen, dan gazebo juga tersedia gratis bagi seluruh pengunjung.

Hingga saat ini wisata bahari masih menjadi favorit wisatawan dari berbagai daerah. Tentu ada alasannya, yaitu keindahan alam dan suasana laut yang ditawarkannya.

Berdasarkan gambaran singkat di atas, Pantai Delegan masih layak menjadi destinasi utama Anda selama berlibur di Gresik karena banyaknya daya tarik yang dimilikinya.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *