Pantai Mengening, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Badung Bali

Ide Wisata39 Dilihat


Nikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Mengening Badung, Bali sambil bersantai di spot favorit yang dikelilingi megahnya kehadiran Pura Gede Luhur Batungaus.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jemagi, Kecamatan. Mengwi, Kab. Badung, Bali; Map: Periksa lokasi

Bali terkenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai negara di dunia. Yang terkenal di Bali tentu tidak lepas dari pantainya.

Banyak sekali pantai di Badung sehingga nusantara mendapat julukan “Seribu Pantai”. Pantai Mengening di kawasan Chemagi menawarkan panorama alam yang indah.

Memang secara umum pantai-pantai tersebut memiliki pemandangan alam yang hampir sama. Air laut, hamparan pasir putih, bebatuan karang, dan pepohonan rindang di sekitar pantai menjadi pemandangan berbeda yang dimaksud.

Namun tentunya setiap pantai memiliki ciri khasnya masing-masing, baik dari bentuk, warna pasir, hingga kontur bebatuan karangnya.

Setiap pantai di Bali menawarkan panorama tersendiri. Ada yang unggul dari ombaknya, kejernihan air lautnya, atau bahkan hal-hal lain yang berhubungan dengan keindahan alam.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu alasan mengunjungi wisata bahari berupa pantai pastinya untuk menikmati pesona alamnya, dan hal tersebut juga berlaku di pantai ini.

Objek Wisata Pantai Mengening

Objek Wisata Pantai Mengening
Foto oleh Infowisatabali di Instagram

Mengapa mengunjungi Pantai Mengening? Ini mungkin pertanyaan pertama yang ditanyakan seorang kerabat atau teman kepada Anda. Jawabannya pasti karena keindahan dan panorama alam yang diberikannya. Buat kamu yang penasaran, berikut ini ada berapa objek wisata yang ada di salah satu pantai indah di Bali ini!

1. Panorama Pantai Mengening yang indah dan unik

Daya tarik pertama pastinya adalah keindahannya yang hampir tidak tertandingi oleh pantai lainnya. Kali ini tak hanya hamparan pasir saja, melainkan banyak bebatuan karang yang menghiasinya. Beberapa batu karang yang menjorok ke laut hingga ke tepi pantai membuat kita seolah-olah bisa berjalan menyusurinya dan keluar sedikit ke tengah laut.

Namun hal ini tentu tidak disarankan karena batuan karang terkenal tajam dan licin. Selain itu, gelombang besar yang tiba-tiba bisa berbahaya.

Nikmati saja keindahan Pantai Mengening dengan bebatuan karangnya. Jika memang membutuhkan atau menginginkan sensasi lain, naik saja ke atas batu karang tersebut, namun tetap memperhatikan kondisinya.

2. Pura Gede Luhur Batungaus terletak di sini.

Seperti halnya Pantai Tanah Lot, pantai indah dengan bebatuan karang yang unik ini juga memiliki pura Hindu Pura Gede Luhur Batungaus.

Baca Juga  Danau Tao, Wisata Alam di Padang Lawas Utara yang Pesonanya Mirip Danau Riffelsee

Posisinya pun serupa, yakni menjorok ke tengah lautan. Pengunjung yang menginginkan bonus pemandangan di Pantai Mengening hanya bisa menunggu hingga air surut.

Meski bisa dikunjungi saat air pasang, Anda harus naik perahu. Sayangnya, tidak semua orang bisa memasukinya; Anda hanya bisa melihatnya dari luar saja.

Pasalnya, setiap pura merupakan bangunan suci bagi pemeluk agamanya. Menikmatinya di luar ruangan pun tak kalah menarik dan cukup menambah kesan baru selama berlibur.

3. Pantai dengan suasana tenang

Berbeda dengan Pantai Kuta dan pantai Bali lainnya, Pantai Mengening tidak terlalu ramai. Terlepas dari kalah saing atau kurang promosi, faktanya keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di tempat lain.

Sepinya pengunjung ternyata menjadi salah satu daya tarik yang tidak dimiliki oleh pantai yang padat pengunjung.

Bisa jadi, di tempat wisata bahari ini Anda bisa merasakan suasana yang tenang dan tenteram. Minimnya pengunjung membuat suara deburan ombak yang menghantam bebatuan karang semakin terdengar jelas. Angin sepoi-sepoi melarutkan atmosfer sehingga perubahan waktu tidak begitu terasa.

4. Tempat melihat matahari terbenam

Tidak semua tempat wisata pantai bisa dijadikan tempat menikmati indahnya matahari terbenam. Hanya pantai yang menghadap ke barat saja yang bisa digunakan untuk mengagumi panorama alam keseharian ini.

Garis pantai Pantai Mengening memanjang ke utara dan selatan serta menghadap ke barat.

Di belakang pantai, di sebelah timur, banyak pepohonan hijau rindang. Sama seperti di pantai, pepohonannya didominasi oleh pohon kelapa.

Sedangkan di depan pantai atau di sisi barat terbentang lautan luas tanpa halangan. Ini merupakan atraksi dimana pengunjung dapat menikmati menyaksikan matahari hingga kembali ke tempat tidurnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mangening
Menangkan foto di Instagram

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Mengening silahkan langsung menuju Desa Chemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Jarak dari kawasan Gianyar pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Sedangkan jika saat ini Anda berada di kawasan Tabanan, maka jaraknya sedikit lebih jauh yakni sekitar 50 kilometer.

Rute yang harus diikuti tergantung pada arah kedatangan. Agar lebih mudah, mari kita ambil referensi jalan tol Munggu – Tanah Lot.

Baca Juga  Alun-Alun Kota Malang, Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Silakan gunakan instruksi sebagai panduan jika Anda tidak yakin. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Map jika masih bingung. Meski tidak terlalu terkenal, namun lokasinya memiliki kepentingan yang strategis.

Biaya masuk ke tempat wisata

Jika berkunjung ke Pantai Mengening tidak harus mahal. Secara umum berbeda dengan jenis pantai lainnya karena dikenakan biaya masuk. Masuk ke objek wisata ini gratis kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis. Silakan nikmati keindahan alamnya dan beragam aktivitas yang ditawarkannya.

Sebenarnya tidak sepenuhnya gratis, karena jika membawa mobil sendiri harus membayar biaya parkir. Bagi yang datang dengan mobil siapkan 5000 rupee, dan untuk sepeda motor hanya 2000 rupee.

Bisa dibilang biaya parkirnya sangat rendah. Tidak ada jam buka, jadi Anda bisa mengunjunginya kapan saja, namun tidak disarankan pada malam hari.

Aktivitas menarik di Pantai Mengening

Harga tiket Pantai Mangening
Foto oleh Sharka Mikhokova di Instagram

Selain karena daya tariknya, alasan wisatawan berkunjung ke Pantai Mengening karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini.

Beberapa di antaranya sama dengan pantai di tempat lain, namun kali ini pasti tidak bisa Anda manfaatkan untuk berenang karena terlalu berbahaya. Berikut ini mungkin bisa menjadi alternatifnya!

1. Menyaksikan matahari terbenam

Lokasinya yang ideal menghadap ke barat tanpa halangan apapun menjadikan pantai eksotis ini cocok untuk menyaksikan matahari terbenam.

Tentunya tidak hanya sekedar melihatnya saja, tapi juga menikmati keindahannya. Meski panorama alam ini bisa Anda saksikan setiap hari, namun Anda akan selalu merindukan cahayanya yang perlahan memudar seiring malam tiba.

Pantulan cahaya kuning cerah yang berangsur-angsur berubah menjadi oranye menjadi pemandangan unik tersendiri. Sebagian cahaya tidak dapat menembus jernihnya air laut dan terpantul sehingga menciptakan panorama indah lainnya.

Jika beruntung, Anda akan bisa menyaksikan pesona sinar matahari yang memudar terhalang gumpalan awan yang pastinya semakin eksotis.

2. Mengunjungi Pura Gede Luhur Batungaus.

Pantai Mengening tidak akan membuat pengunjung merasa bosan saat mengunjunginya. Sembari menunggu matahari terbenam, Anda bisa mengunjungi Pura Gede Luhur Batungaus. Anda dapat memilih jalan khusus karena merupakan jalan akses. Candi ini memiliki gapura berwarna hitam yang cukup tinggi.

Baca Juga  Tebing Keraton, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Bandung

Jika Anda berada di pantai, Anda harus melalui jalan utama terlebih dahulu. Pengunjung hanya diperbolehkan memasuki halaman dan tidak diperbolehkan masuk ke dalam pura. Namun menikmati keunikan arsitektur bangunan candi cukup menarik.

3. Memancing sambil menikmati keindahan pantai.

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika melihat air laut? Selain berenang dan bermain air, tentunya Anda juga terpikir untuk memancing, apalagi bagi Anda yang menyukai olahraga santai ini. Pantai Mengening menawarkan banyak ikan, terutama ikan bass. Pada dasarnya ikan bass merupakan ikan penghuni karang.

Pengunjung yang memancing biasanya memanfaatkan bebatuan karang yang menjorok ke laut. Bukan tanpa alasan ada lebih banyak peluang dibandingkan saat memancing di tepi pantai. Selain itu, cara melempar kail juga lebih mudah karena tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke bebatuan karang tempat ikan bersembunyi.

4. Temukan tempat-tempat indah untuk berfoto

Kegiatan selanjutnya adalah berburu spot foto, hampir pasti anda juga memikirkan kegiatan ini bukan? Sayang sekali jika panorama indah Pantai Mengening dilewatkan begitu saja dan tidak diabadikan.

Hampir setiap sudut lokasi menawarkan keindahan alam yang berbeda-beda, mulai dari bebatuan karang, deburan ombak, hingga pohon palem.

Anda tidak harus menjadi fotografer profesional untuk mengambil foto yang indah dan menawan. Pasalnya, tempat pengambilan fotonya sangat indah sehingga setiap jepretannya dijamin indah. Spot foto lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah pura di pantai eksotis Bali.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Aktivitas menarik di Pantai Mengening
Foto Lola Linda di Instagram

Akses jalan kategori baik menjadi properti pertama di Pantai Mengening yang akan Anda sukai. Meski tidak terlalu ramai, namun tetap ada fasilitas penting yang bisa Anda manfaatkan, seperti toilet dan tempat parkir.

Letaknya yang masih berada di pintu masuk jalan utama dan didukung oleh sebuah pura membuat banyak warung berjejer di sini dengan menu makanan dan minuman yang bervariasi.

Tujuan berlibur bukan hanya untuk mengisi waktu luang, tapi juga untuk bersenang-senang. Dengan hiburan yang tepat, pikiran Anda akan lebih segar dan siap menghadapi pekerjaan atau rutinitas sehari-hari.

Pantai Mengening menyediakan semua yang Anda butuhkan dalam hal destinasi liburan, sehingga wajar jika Anda memasukkannya ke dalam daftar destinasi wisata Anda selanjutnya.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *