Pantai Nunggalan, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Badung Bali

Ide Wisata84 Dilihat


Nikmati keindahan Pantai Nunggalan dengan pasir putihnya yang eksotik berhiaskan bangkai kapal yang menambah pesonanya, di Badung, Bali.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Batu Nunggalan, Kecamatan Pecatu. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Periksa lokasi

Ada banyak sekali pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Masing-masing mempunyai karakter yang berbeda dengan keindahan alamnya.

Salah satu tempat wisata di Badung yang cukup indah dan beragam adalah Pantai Nunggalan di Pecatu. Pantai ini tidak terlalu ramai bahkan mungkin belum banyak diketahui wisatawan mancanegara.

Bukan berarti tidak indah: keindahan pemandangannya bisa dinikmati dari segala sisi, sama seperti di pantai lainnya. Bahkan, tempat yang tidak terlalu ramai ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan, terutama yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk keramaian.

Pantai indah yang terletak di balik tebing ini menawarkan pesona kuno dan pemandangan hijau yang indah.

Lokasinya yang tersembunyi mungkin menjadi penyebab banyak orang yang belum mengetahui keberadaannya. Jika mereka sudah mengetahuinya, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi karena merindukan pesonanya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Memang perjalanan menuju pantai ini cukup jauh, namun bukan berarti menghentikan Anda untuk mengunjunginya.

Objek Wisata Pantai Nung Galan

Objek Wisata Pantai Nung Galan
Foto Agas Maha Astra di Google Maps

Gambaran singkat di atas belum tentu bisa menggambarkan keseluruhan daya tarik Pantai Nung Galan. Oleh karena itu anda perlu menyimak ulasan berikut ini agar lebih jelas, agar tidak terlalu penasaran dan segera kunjungi jika berminat.

1. Air Pantai Biru

Hampir setiap pantai indah di Bali memiliki air laut yang biru dan jernih. Pantai ini juga mempunyai tempat seperti itu, letaknya masih dekat dengan pantai Uluwatu. Terkadang hembusan angin kencang membawa ombak hingga ke tepi pantai dan tidak mampu mengubah warna biru air laut sekalipun.

Menariknya, setiap titik memiliki warna biru yang berbeda-beda. Di dekat pinggir pantai tampak biru tua, dan agak ke tengah berwarna biru cerah. Kedua warna ini terbentuk pada kedalaman air yang berbeda.

Warnanya yang agak gelap menandakan airnya tidak terlalu dalam. Sedangkan warna cerah justru sebaliknya, cukup dalam bahkan bisa dikatakan mendalam.

2. Perbukitan hijau yang indah

Pantai Nunggalan terletak di balik bukit tinggi yang dihiasi pepohonan rindang. Wajar jika daya tarik selanjutnya adalah suasana asri dan nyaman. Pengunjung tak hanya disuguhi panorama laut yang membosankan.

Baca Juga  Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi & Terlarang di Malang

Jika hal ini terjadi pada Anda, tak ada salahnya menengok ke belakang dan melihat perbukitan hijau. Apalagi kemiringan bukit yang agak landai menjadi hiasan dan terlihat eksotis. Hampir tidak ada pohon kelapa di sekitar lokasi, sebagian besar ditumbuhi tanaman tropis.

3. Sisa-sisa kapal karam

Tempat lain mungkin tidak memiliki pemandangan unik seperti Pantai Nung Galan. Ada sisa-sisa kapal karam di tepi pantai. Mayat terkadang tenggelam sedikit saat air pasang. Meski bukan separuh dari keseluruhan lambung kapal, namun kehadirannya saja sudah memberikan tampilan yang unik.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya memanfaatkan kapal karam tersebut untuk menghindari terik matahari. Banyak juga yang memanfaatkannya sebagai lokasi foto unik untuk diposting di media sosial. Jika Anda berkunjung, tak ada salahnya meniru apa yang dilakukan pengunjung lain.

4. Keadaan pantainya sepi dan tenang.

Berbeda dengan pantai indah Bali lainnya yang banyak pengunjungnya, Pantai Nunggalan tergolong sepi. Alhasil, keadaannya tetap alami, bahkan tidak ada bangunan yang dijadikan objek khusus, kecuali kios dengan berbagai produknya. Kondisi ini mungkin kurang menyenangkan bagi wisatawan yang datang berlibur dengan tujuan mengumpulkan banyak orang.

Berbeda halnya bagi mereka yang mendambakan keheningan dan suasana tenang. Pantai eksotis di Bali ini menjadi pilihan utama mereka. Deburan ombak terkadang cukup keras.

Suasana hijau pepohonan di sekitar lokasi masih alami, tanpa terpengaruh oleh tangan-tangan nakal masyarakat. Apalagi Anda bisa leluasa berolahraga, berlari atau berjalan-jalan di pinggir pantai.

5. Hamparan pasir putih yang lebar

Ketenangan pantai ini semakin didukung dengan luasnya kawasan Pantai Nung Galan yang cukup luas. Hamparan pasir putih terlihat sejauh mata memandang.

Kendalanya hanya perbukitan dan bebatuan yang menjorok ke laut. Pasir putih di pantai cantik ini memiliki tekstur yang halus bahkan bisa berkibar tertiup angin pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Nung Galan
Foto Katerina di Google Maps

Saat pertama kali melihat-lihat tempat wisata yang tersaji di atas, mungkin sebagian dari Anda akan semakin penasaran dan langsung ingin mengunjunginya. Silakan datang ke Jl. Batu Nunggalan, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Baca Juga  Pantai Kutang Lamongan: Harga Tiket Masuk, Alamat, Asal Usul dan Gambar Terbaru

Pantai Nunggalan masih segaris dengan Pantai Uluwatu sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi utama.

Jarak dari Uluwat tidak lebih dari 3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dengan mobil. Ada banyak tanda di sekitar, gunakan itu sebagai panduan utama Anda. Namun jika Anda masih ragu, gunakan fitur Google Maps di perangkat Anda masing-masing.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan Pantai Nung Galan tidak serta merta mengharuskan Anda mengeluarkan biaya masuk yang mahal. Hingga saat ini, tiket masuk ke pantai indah ini gratis bagi siapa saja yang berencana mengunjunginya, alias gratis. Namun selain biaya masuk, dikenakan biaya lain yaitu biaya parkir mobil.

Tidak terlalu mahal, bahkan bisa dikatakan murah. Pengendara sepeda motor hanya dikenakan biaya sebesar Rs 2.000. Sementara bagi yang datang dengan mobil, menyiapkan biaya sewa tempat parkir sebesar Rp 5.000. Anda bisa datang kapan saja jika Anda mau, pagi, siang, atau malam hari, namun tidak disarankan untuk datang pada malam hari.

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di Pantai Nung Galan
Foto oleh Nuraeni Fitri di Google Maps

Berhubung pengunjung masih sedikit, berbagai aktivitas bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Nung Galan. Hiburan yang dimaksud tentunya tak jauh berbeda dengan pantai-pantai di tempat lain, berikut detailnya!

Pelacakan ke lokasi

Sebagian besar aktivitasnya hampir sama dengan di pantai. Namun ada yang sedikit unik sekaligus membedakannya, yaitu jalur menuju lokasi. Berbeda dengan pantai lain yang biasanya terletak di pinggir jalan raya, sehingga Anda bisa langsung masuk setelah memarkir mobil.

Kali ini Anda harus berjalan kaki setelah sampai di tempat parkir. Perjalanan memakan waktu hampir setengah jam melalui tipikal medan berbukit dengan tanjakan dan turunan.

Namun jangan khawatir, perjalanannya tidak melelahkan karena Anda akan disambut indahnya pemandangan alam perbukitan. Selain itu, sebelum turun ke pinggir Pantai Nung Galan, terdapat kios yang bisa dijadikan tempat istirahat sejenak.

Berenang dan bermain air di Pantai Nung Galan.

Tak heran jika begitu datang ke pantai ini, Anda langsung ingin terjun dan berenang. Air birunya selalu mampu memukau pengunjungnya, meski Anda sudah berkali-kali mengunjungi objek wisata pantai tersebut. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas ini namun diminta untuk selalu berhati-hati.

Pasalnya ombak yang akan datang tidak dapat diprediksi, kadang tinggi kadang tidak besar. Bahkan ada kalanya tidak ada ombak sama sekali kecuali ada angin kencang.

Baca Juga  Pantai Watu Lawang, Pantai dengan Pemandangan yang Eksotis di Gunung Kidul

Perhatikan kedalaman laut dari warna airnya. Jika cuaca kurang mendukung dan sering datang ombak besar, ada baiknya Anda bermain air saja di pinggir pantai, karena di Pantai Nung Galan tidak ada penjaga pantai.

Bersantai sambil menikmati pemandangan

Katakanlah Anda terlalu malas untuk melakukan sesuatu atau Anda lelah selama perjalanan. Aktivitas yang cocok adalah bersantai sambil menikmati pemandangan alam Pantai Nung Galan.

Silakan berteduh di bawah pohon yang rindang sambil menikmati makanan dan minuman yang dibeli dari warung, atau membawa sendiri dari rumah.

Jika pohon terlalu jauh untuk mendengar suara ombak, gunakan sisa-sisa kapal yang tenggelam di pantai. Memang tidak terlalu melindungi Anda dari panas, namun terdapat cukup banyak puing yang membuat liburan Anda terasa lebih nyaman. Anda bisa menggunakannya sebagai spot foto karena bentuknya yang unik.

Kenikmatan bermain pasir

Jika Anda rombongan keluarga dengan anak-anak, bermain pasir mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok. Menurut informasi di atas, Pantai Nunggalan tidak memiliki penjaga pantai seperti pantai-pantai lain di Bali. Oleh karena itu, lebih baik bermain pasir bersama anak-anak, karena lebih aman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Harga tiket Pantai Nung Galan
Foto Putrayas Wayan di Google Maps

Pastinya Anda sudah membayangkan hal ini jika membaca semua ulasan di atas. Keindahan pantai ini masih belum terjaga dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki karena masih belum dikelola oleh pemerintah maupun swasta.

Salah satu fasilitas yang disediakan adalah kios yang disebutkan di atas, namun saat ini hanya ada satu.

Jika ingin menggunakan toilet harap mendapat izin dari pemilik warung karena didalamnya terdapat toilet yang bisa anda gunakan. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa meninggalkan mobil Anda di tempat parkir. Meski terbilang jauh dari kawasan wisata, namun kondisinya dijamin aman dan terkendali.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Nung Galan, mulai dari atraksi, aktivitas, hingga fasilitas yang disediakan. Tidak perlu kesal dengan kurangnya kondisi; Anda bisa menyiapkannya sendiri tanpa harus keluar rumah.

Informasi yang kami berikan dimaksudkan untuk memberikan gambaran situasi disana sehingga Anda dapat mempersiapkan segala kebutuhan Anda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *