Pantai Pandansari, Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Mercusuar di Bantul Jogja

Ide Wisata7 Dilihat


Pantai Pandansari menawarkan pengalaman unik menikmati keindahan pantai dari atas mercusuar di Bantul, Yogya, ditambah atraksi agrowisata Kebun Buah Naga yang menawan.

Harga tiket: 3000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Vonoroto, Kecamatan Gadingsari. Sanden, Taksi. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Panorama alam berbagai daerah di Indonesia yang begitu eksotik membuat wisatawan dalam dan luar negeri kerap menjelajahi tempat wisata Indonesia. Oleh karena itu, sektor pariwisata menjadi salah satu andalan, sehingga setiap tahunnya bermunculan tempat wisata baru seperti Pantai Pandansari Bantul, Jogya.

Dilihat dari namanya, tidak semua wisatawan mengetahui pantai ini. Daerah Bantul memang terkenal dengan pantai pasir hitamnya. Seperti pantai-pantai lain di Bantul, terdapat keistimewaan yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Ada banyak tempat wisata di kawasan Bantul yang bisa Anda kunjungi untuk melepas penat. Wisatawan yang ingin menikmati suara ombak dan semilir angin khas pantai bisa datang ke Pantai Pandansari. Suasana di pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan Bantul, jadi pastikan untuk menyiapkan kamera atau smartphone Anda saat menuju ke sana.

Objek Wisata Pantai Pandansari

Shutterstock Objek Wisata Pantai Pandansari
Foto oleh Gleb Shabashny di Shutterstock

1. Memiliki ciri ikonik berupa mercusuar.

Ada beberapa pantai yang memiliki mercusuar di Yogyakarta, salah satunya adalah pantai yang juga dikenal dengan nama Patekhan. Mercusuar telah menjadi simbol pemujaan. Di Pantai Pandansari terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai penerang bagi para nelayan yang melaut pada malam hari.

Setelah menaiki beberapa anak tangga secara melingkar, wisatawan dapat mencapai puncak mercusuar, dari sana wisatawan akan melihat panorama alam dari atas. Ketinggian mercusuar ini sekitar 40 meter, sehingga pendakiannya memerlukan kebugaran jasmani yang sehat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pembangunan mercusuar berwarna putih bernama Mercusuar Kalajivamasti dimulai pada tahun 1996. Namun secara resmi mulai beroperasi pada tahun 1997. Jumlah pengunjung yang dapat menaiki mercusuar hingga ke puncak dibatasi maksimal 10 orang untuk menghindari kepadatan. saat naik dan turun tangga.

Baca Juga  Pesona Pantai Sigurgur, Spot Terbaik Menikmati Panorama Lautan Sembari Kulineran di Samosir

2. Berbeda dengan pantai lainnya.

Wisatawan biasanya disuguhi panorama pantai dengan hamparan pasir pantai yang luas dan pemandangan laut yang jernih. Pantai ini menawarkan panorama yang berbeda dengan pantai lainnya yang tidak memiliki pasir luas, meski pemandangan laut jernih tetap terjaga.

Keistimewaan Pantai Pandansari yang berbeda juga terlihat dengan adanya deretan pohon cemara laut. Sebagian besar wilayah pesisir didominasi oleh pohon jenis ini sehingga memberikan kesan seperti pagar pengaman. Biasanya pohon-pohon ini layu pada musim kemarau, hanya menyisakan batangnya saja.

Deretan pohon pinus tumbuh di sepanjang garis pantai. Jika pada musim kemarau daun-daun pohon ini layu atau rontok, berbeda dengan musim hujan, pohon pinus justru akan tumbuh subur dengan daun-daun hijau. Panorama ini membuat wisatawan betah.

3. Agrowisata di kebun buah naga.

Daya tarik lainnya adalah hadirnya agrowisata kebun buah naga yang terletak di dekat pantai. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan proses penanaman buah naga segar yang mempunyai ciri khas warna merah dan rasa yang sangat manis. Selain menikmati suasana Pantai Pandansari, wisatawan juga bisa datang kesini.

Seperti namanya, kebun buah-buahan memungkinkan wisatawan untuk ikut menanam buah-buahan bahkan memetiknya langsung dari pohonnya. Bahkan, wisatawan juga bisa menyantap buah-buahan manis langsung di kebun. Rasanya tentu akan berbeda dengan buah naga yang dibeli di pasaran.

Selain menyaksikan proses penanaman buah naga hingga pemanenannya, wisatawan juga bisa berfoto bersama buah naga tersebut. Beberapa wisatawan mungkin belum pernah melihat pohon buah naga secara langsung, jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Wisatawan juga bisa membawa pulang oleh-oleh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Pandansari
Foto oleh Gleb Shabashny di Shutterstock

Lokasi pantai ini berada di wilayah Kabupaten Bantul tepatnya di wilayah Sanden. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai di Desa Gadingsari dengan ciri khas mercusuar putih setinggi 40 meter ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rute menuju Pantai Pandansari mungkin melalui kota Yogyakarta.

Baca Juga  Petirtaan Watugede, Tempat Pemandian Kerajaan yang Menyimpan Berbagai Cerita Masa Lalu di Malang

Perjalanan dapat dilakukan dari pusat kota Yogyakarta menuju kota Bantul melewati Jalan Bantul. Sesampainya di Bantul, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Jalan Samas. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 12 km, wisatawan akan sampai di meja pengambilan yang ada di kawasan Pantai Samas.

Wisatawan yang sering berkunjung ke pantai-pantai di kawasan Yogyakarta pasti pernah menjumpai loket biaya dimana wisatawan diminta membayar biaya yang mencakup beberapa pantai sekaligus. Sama halnya dengan loket tol yang merupakan pintu masuk menuju pantai termasuk pantai tujuan.

Untuk menuju Pantai Pandansari, dari titik pengumpulan Anda perlu mengikuti jalan hingga melewati jembatan dan menemukan persimpangan. Dari ketiga simpang tersebut, pendaki bisa berjalan lurus atau ke barat menuju tujuan. Akses jalan tidak perlu khawatir karena sudah sangat bagus.

Biaya masuk dan jam buka

Sedangkan untuk tiket masuknya, wisatawan bisa menikmati panorama alam Pantai Pandansari yang terkenal dengan mercusuarnya, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, biaya masuknya hanya Rp 3.000 per orang.

Wisatawan yang ingin mencoba mendaki mercusuar harus membayar tiket lagi yakni Rp 5.000 per orang. Untuk mencapai puncak wisatawan harus menaiki tangga spiral, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 10 orang untuk menghindari berkerumun saat naik dan turun tangga.

Kemudian tarif parkirnya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Pandansari
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

Berburu foto

Suasana Pantai Pandansari berbeda dengan pantai lain di Kabupaten Bantul. Pantai ini bercirikan mercusuar berwarna putih dan deretan pohon pinus yang terletak di bibir pantai. Saat memasuki kawasan pantai, panorama pepohonan pinus terbuka.

Baca Juga  Grafika Cikole, Perpaduan Wahana Permainan & View Alam Indah di Bandung Barat

Naik ke puncak mercusuar

Aktivitas menarik yang bisa dicoba wisatawan saat berkunjung ke pantai populer ini adalah naik ke puncak mercusuar. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 10 orang, sehingga wisatawan harus mengantri terlebih dahulu jika ingin mencoba pendakian ke puncak mercusuar. Di sana wisatawan harus menaiki beberapa anak tangga spiral.

Bersantai dan nikmati suasana Pantai Pandansari.

Jika wisatawan hanya ingin meningkatkan kesehatan dan menghilangkan rasa lelah, mereka bisa menggelar permadani beratap kayu pinus di pinggir pantai. Pantai Pandansari tidak memiliki hamparan pasir yang luas seperti pantai kebanyakan. Namun pantai ini bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati suasana pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Pandansari
Foto oleh Gleb Shabashny di Shutterstock

Fasilitas yang tersedia disana cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir yang luas sehingga dapat menampung kendaraan roda dua, roda empat, dan bus.

Terdapat juga musala bagi umat muslim untuk beribadah. Selain itu, terdapat juga toilet umum yang bersih dan memadai. Di sekitar Pantai Pandansari juga terdapat beberapa warung makan.

Tak perlu khawatir soal tempat duduk karena tersedia kursi bambu serta beberapa gazebo. Wisatawan diharapkan bersih karena banyak tempat sampah di sini.

Pantai Pandansari merupakan salah satu tempat wisata menarik di kabupaten Bantul yang patut untuk dikunjungi. Belum diketahui nama pantainya, namun wisatawan bisa menambahkan pantai ini ke dalam daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *