Tebet Eco Park, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri di Jakarta Selatan

Ide Wisata46 Dilihat


Nikmati keindahan alam perkotaan di Tebet Eco Park, sebuah taman kota yang menawarkan suasana sejuk dan asri berkat keunikan Jembatan Infinity Link yang menghubungkan pengunjung dengan alam luas.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Kech. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasi

Tebet Eco Park merupakan taman kota yang terletak di Jakarta Selatan yang kini menjadi objek wisata alternatif. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track, area bermain anak, area tempat duduk dan ruang terbuka hijau untuk piknik.

Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, taman ini juga digunakan untuk kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Taman ini sering digunakan sebagai tempat diadakannya berbagai acara seperti kelas yoga, kelas memasak, dan seminar lingkungan hidup. Tempat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat karena terdapat wadah khusus di salah satu areanya.

Jika dicermati, destinasi wisata alternatif untuk keluarga ini tampak seperti oase di tengah gurun pasir. Pepohonan peneduh yang tumbuh subur di sekitar kawasan justru membantu menyerap polusi udara.

Dulunya tempat ini terbagi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan. Namun kini menjadi satu jembatan dengan jembatan sebagai penghubungnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

➥ Cek tiket waterpark The Wave Pondok Indah

Atraksi Tebet Eco Park

Shutterstock Pemandangan Tebet Eco-Park
Foto oleh Sariul Octavianto di Shutterstock

Tebet Eco-Park dibangun di atas lahan seluas lebih dari 7 hektar dengan berbagai kavling yang disediakan. Meskipun ini adalah tempat umum, ada banyak atraksi di sini. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang, mulai dari penduduk lokal hingga luar kota.

1. Taman bermain anak

Taman ini diciptakan tidak hanya untuk menghijaukan bagian tengah kota dengan berbagai pepohonan yang tumbuh subur. Selain itu cocok juga sebagai alternatif wisata keluarga.

Bagi Anda yang memiliki anak, tidak ada salahnya mengunjungi taman yang berada di kawasan Tebet ini. Pasalnya, banyak permainan anak yang tersedia untuk mereka.

Baca Juga  Buffalo Hill, Panorama Alam Eksotis dengan Hamparan Rumput Hijau di Garut

Taman bermain anak di ecopark Tebet sebagian besar didesain dengan konsep modern, meski dari segi permainannya tetap sama. Misalnya pada perosotan, anak perlu menaiki sebuah bangunan yang bentuknya seperti rumah yang mempunyai tangga, barulah ia dapat meluncur ke bawah. Selain itu, masih ada dua terowongan lagi berbentuk kapsul bundar yang dihubungkan dengan jembatan.

Jenis permainan lain yang tak kalah menarik adalah bangunan berbentuk buaya. Bangunan atau permainan ini bisa kita katakan sebagai simbol dari taman wisata tersebut.

Nah, banyak anak-anak yang tertarik dan ingin bermain di kawasan ini. Cukup besar sehingga anak-anak bisa masuk dari belakang dan keluar dari mulut buaya.

2. Area piknik

Daya tarik ecopark Tebet selanjutnya adalah adanya area khusus yang bisa digunakan untuk piknik. Seperti yang kalian ketahui, piknik merupakan sebuah acara yang memungkinkan kalian berkumpul di tempat terbuka. Berkat suasananya yang nyaman dan semak-semak, piknik di sini dijamin sangat menyenangkan.

Memang tidak banyak pemandangan alam di sini yang keindahannya bisa Anda nikmati. Tapi setidaknya ada banyak pepohonan untuk menaungi suasana.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai tanaman berbunga indah berwarna-warni. Di lokasi yang sama juga terdapat rawa yang dulunya tampak kotor, namun kini sangat bersih dan asri.

3. Keunikan jembatan Infinity Link

Infinity Link Bridge menjadi daya tarik saya berikutnya di Tebet Eco-Park. Ini adalah jembatan yang menghubungkan taman selatan dan timur.

Jembatan ini terbilang unik karena kolom pemisahnya memiliki gradasi warna yang kontras. Gradien merah putihnya terlihat sempurna, apalagi jika dilihat di malam hari.

Tidak ada alasan mengapa warna khusus ini dipilih, meskipun masih banyak warna lainnya. Pasalnya disesuaikan dengan pohon Leda yang ada disekitarnya.

Keunikan lainnya adalah bentuknya, berbeda dengan jembatan yang umumnya lurus. Jembatan ini melengkung mengelilingi pepohonan di sekitarnya hingga menyerupai angka delapan.

Baca Juga  Candi Kalasan, Candi Bersejarah di Sleman yang Identik dengan Kerajaan Hindu Budha

4. Taman komunitas

Tebet Eco-Park memiliki taman umum yang terletak di bagian selatan taman. Ini adalah lahan pertanian yang dikelola oleh masyarakat setempat dan digunakan untuk mengajarkan dan mempromosikan pertanian organik kepada masyarakat. Selain itu, Anda dapat memetik sayuran dan buah-buahan segar serta membeli makanan organik yang ditanam di kebun.

Daerah ini juga memiliki program pendidikan lingkungan yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja. Tujuannya adalah untuk mempromosikan keanekaragaman hayati dan menjaga kelestarian lingkungan.

Program ini tidak hanya dapat membantu pendidikan, namun juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi dan pembangunan berkelanjutan.

➥ Periksa tiket taman trampolin Bounce Street Asia

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Shutterstock Vamet Eco-Park
Foto oleh Adomon di Shutterstock

Mencari lokasi Tebet Eco-Park tentunya tidak akan sulit, karena terletak di pusat kota. Lokasinya sangat strategis, dekat dan dekat dengan pusat kota.

Dari Jakarta Selatan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menempuh jarak 9 kilometer. Alamat lengkap: Jalan Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jika Anda berangkat dari Jakarta Selatan, ambil Jalan Prapancha Raya, lalu lanjutkan ke Jalan Wijaya I dan Jalan Kapitan Tendin. Destinasi Anda selanjutnya adalah tugu patung Dirgantar. Jarak antara tempat wisata dan titik ini sekitar 1 kilometer, silahkan ikuti rambu untuk mencapai tempat tersebut.

Tebet Eco-Park dapat dicapai dari arah lain, namun tetap disarankan menggunakan mobil pribadi. Misalnya saja dari Jakarta Pusat bisa melalui Tol Dalam Kota dan keluar melalui Gerbang Tol Kuningan Barat. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan HR Rasun Said, Jalan Gatota Subroto hingga Jalan MT Haryono.

Mengunjungi taman ini gratis. Namun, Anda tidak akan bisa login begitu saja, karena Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Kamu bisa mendaftar melalui aplikasi JAKI, setelah itu kamu akan menerima barcode sebagai tanda login yang valid. Tempat ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari, silahkan sesuaikan waktunya.

Baca Juga  Bukit Bengkaung, Menyaksikan Pesona Alam dari Atas Ketinggian Sembari Kulineran di Lombok Barat

➥ Promosi hotel di Jakarta Selatan

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Eco-Park Vamet
Foto oleh Wulandari Wulandari di Shutterstockss

Pasti Anda tahu kalau Eco-Park Tebet bukan satu-satunya taman indah di Jakarta. Namun karena banyaknya objek wisata, wisatawan lebih memilihnya sebagai tujuan liburan. Ada juga banyak kegiatan yang dapat dinikmati oleh anak-anak dan orang dewasa.

Berjalan-jalanlah menyusuri Tebet Eco-Park.

Areanya yang sangat luas membuat tempat ini cocok untuk melakukan segala jenis aktivitas, seperti berjalan-jalan di taman. Udaranya yang sejuk karena banyak pepohonan yang menutupinya membuat kegiatan ini semakin menyenangkan. Jangan lupa menjelajahi rawa untuk pengalaman yang lebih seru seperti bertualang di alam liar.

Petualangan di taman bermain

Sedangkan untuk anak-anak, pastikan untuk mengunjungi taman bermain khusus di eco-park Tebet. Ada banyak jenis permainan yang dapat digunakan, sebagian besar dirancang untuk melatih ketangkasan anak.

Selain yang disebutkan di atas, ada juga konsep mainan berupa perosotan yang tidak terlalu tinggi sehingga anak-anak dapat memanjatnya dan kemudian meluncur dengan gembira.

Belajar bertani

Keberadaan taman komunitas semakin melengkapi pilihan Anda. Fungsi utama dibentuknya komunitas ini adalah sebagai pusat pembelajaran.

Kita berbicara tentang pertanian atau sesuatu yang berhubungan dengan tanaman. Selain berbagi informasi, Anda juga mendapatkan pemandu yang berpengalaman di bidangnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Eco-park Tebet
Foto oleh Wulandari Wulandari di Shutterstock

Tebet Eco Park memiliki banyak fasilitas yang memadai sehingga semakin layak untuk dikunjungi. Tempat parkirnya cukup luas, silakan pilih tempat yang nyaman untuk mobil Anda. Anda juga disediakan toilet jika perlu buang air kecil atau sejenisnya. Fasilitas lainnya di sini antara lain musala, alat olah raga, dan kios untuk penyewa.

Berikut ulasan tentang salah satu alternatif wisata keluarga ke Jakarta. Berdasarkan seluruh ulasan di atas, tempat ini layak untuk dikunjungi dan masuk dalam top bucket list perjalananmu saat berlibur. Tak hanya memiliki atraksi yang beragam, tiket masuk ke Tebet Eco-Park juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis.


databaru.my.id